Pilih Kategori Artikel

Siap Nikah, tapi Belum Punya Pasangan? Ini Tips Bertemu Jodoh Melalui Dating Apps
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Seiring berkembangnya zaman, kita lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain yang bahkan berada jauh dari kita. Bukan hanya digunakan untuk berkoneksi dan menjalin silaturahmi, media sosial kini bisa digunakan untuk berkenalan dengan orang asing. Bahkan, kini sudah ada banyak dating apps atau aplikasi yang digunakan untuk mencari teman kencan.

Melalui bantuan media yang satu ini, kita jadi bisa bertemu dengan berbagai macam orang baru dengan bantuan filtering yang bisa disesuaikan dengan preferensi. Jika beruntung, bukan tak mungkin kamu bisa menemukan jodoh yang bisa diajak ke jenjang yang lebih serius.

Namun, seperti aplikasi yang lainnya ada  plus minus serta berbagai pertimbangan sebelum memasang dan memulai pencarian jodoh melalui aplikasi ini. Nah, jika kamu sudah siap nikah, tapi belum ada pasangan dan berniat mencari melalui aplikasi pencarian jodoh, yuk, simak penjelasan berikut ini!

Plus minus menggunakan aplikasi pencarian jodoh

wm_article_img
Foto: pexels/Juan Pablo Serrano Arenas

Aplikasi ini sebenarnya memiliki berbagai manfaat yang bisa dimaksimalkan. Namun, ada berbagai jenis orang di dalamnya yang kadang menyalahgunakan aplikasi yang satu ini. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari dating apps.

Kelebihan

1. Memiliki pilihan yang lebih banyak

Jika kesempatanmu untuk bertemu dengan orang baru di dunia nyata hanya sedikit, melalui aplikasi pencarian jodoh, kamu bisa bertemu dengan lebih banyak orang yang juga beragam. Kamu bisa menemukan calon pasangan yang memiliki berbagai jenis latar belakang, hobi, hingga domisili yang berbeda-beda.

2. Waktu yang lebih efisien

Meskipun bagi sebagian orang berbicara dengan beberapa orang merupakan hal yang cukup menguras energi, sebenarnya kamu justru bisa menghemat waktu karena bisa berinteraksi dengan beberapa orang dalam waktu yang sama. Jika tidak cocok, kamu juga bisa langsung mengeliminasinya.

3. Filter bisa disesuaikan

Biasanya saat mendaftar di aplikasi kencan, kita akan diminta untuk mengisi profil dan preferensi sehingga saat memilih seseorang nantinya, kita bisa menyesuaikan filter dengan preferensi tersebut. Misalnya, apakah kamu menyukai seseorang yang rajin berolahraga, merokok atau tidak, memiliki kepercayaan tertentu, hingga mengenai musik atau film favorit.

4. Cocok untuk orang yang canggung

Ada tipe orang yang merasa canggung saat pertama kali bertemu dengan seseorang tanpa mengetahui latar belakang dan ketertarikannya terlebih dahulu. Melalui dating apps, kita sudah mengobrol terlebih dahulu sehingga baru bisa melanjutkan pertemuan di dunia nyata apabila merasa bahwa obrolan di aplikasi cocok dan nyambung. Hal ini akan mengurangi rasa canggung karena tidak tahu harus membicarakan apa.

Kekurangan

1. Banyak yang memanipulasi profil

Beberapa aplikasi kencan memang menyediakan sistem verifikasi profil untuk menghindari adanya penipuan. Namun, nyatanya masih saja banyak orang yang menggunakan profil dan data orang lain untuk membuat akun di dating apps. 

2. Kurang autentik

Saat bertemu di aplikasi kencan, artinya kita bertemu dengan persona yang ingin ia bangun untuk merepresentasikan dirinya di sana. Untuk membuat dirinya terlihat menarik, seseorang bisa saja menutupi jati dirinya dan menjadi orang lain supaya bisa tetap berkomunikasi. Akhirnya, lama-kelamaan saat sifat aslinya muncul, ia menjadi orang yang berbeda.

3. Ekspektasi yang tidak sesuai

Saat melihat profil dan mengobrol melalui aplikasi, kamu mungkin akan merasa bahwa kalian berdua cocok sehingga kamu memiliki ekspektasi yang cukup tinggi terhadapnya. Namun, saat bertemu bisa jadi ekspektasi tersebut tidak bisa dipenuhi sehingga kamu bisa saja kecewa apalagi jika waktu yang dihabiskan untuk mengobrol di aplikasi cukup lama.

4. Risiko keamanan

Walaupun aplikasi ini dibuat dengan tujuan untuk mencari pasangan kencan, tidak semua penggunanya memiliki tujuan yang baik. Makanya, perlu waspada dan selalu menjaga informasi pribadi termasuk alamat saat ia memaksa ingin menjemput pertama kali ketika bertemu.

Tips mencari jodoh melalui dating apps

wm_article_img
Foto: pexels/Tirachard Kumtanom

Jika kamu berniat untuk serius mencari pasangan di dating apps, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Beberapa tips di bawah ini bisa kamu jadikan panduan.

1. Buat profil yang menarik

Saat akan memilih seseorang, hanya profil yang bisa digunakan dalam menentukan langkah selanjutnya. Makanya, penting untuk membuat profil yang menarik dan mencerminkan minat serta bakat. Sertakan foto yang jelas dan deskripsi singkat mengenai dirimu.

2. Jujur dan terbuka

Meskipun profil perlu dibuat menarik, sebaiknya tetaplah jujur dalam mengisinya. Tidak perlu dilebih-lebihkan supaya kamu tetap bisa menjadi diri sendiri. Calon pasanganmu juga bisa mengenalmu dengan lebih apa adanya. Saat bertemu pun, ekspektasinya tidak akan jauh berbeda.

Jangan lupa juga untuk mengutarakan tujuanmu yang sebenarnya, yaitu ke arah yang serius pada bio. Pasalnya, banyak yang menggunakan aplikasi ini sekadar untuk mencari teman atau pacar saja, bukan ke arah serius.

3. Maksimalkan fitur penyaringan

Setiap aplikasi kencan biasanya memiliki fitur penyaringan yang bisa disesuaikan dengan preferensi. Ada beberapa kriteria yang bisa digunakan, seperti usia, lokasi, minat, hobi, nilai-nilai yang penting. Fitur ini akan memudahkanmu mencari orang dengan ketertarikan yang lebih mirip sehingga memiliki persentase kecocokan yang lebih tinggi.

4. Pilih aplikasi yang sesuai

Sebelum memasang dan menggunakan sebuah aplikasi, ada baiknya melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mengetahui karakteristik dan demografis masing-masing aplikasi karena biasanya platform yang berbeda akan memiliki pengguna yang berbeda pula. Kamu bisa mencari review melalui internet maupun bertanya dengan temanmu yang sudah menggunakannya sebelumnya. Pilihlah aplikasi yang paling membuatmu nyaman dan cocok dengan tujuan yang kamu miliki.

5. Lakukan komunikasi yang aktif

Komunikasi yang dilakukan melalui platform tersebut merupakan salah satu hal krusial yang akan menentukan keberhasilanmu dalam mencari pasangan yang sesuai ke depannya. Jangan ragu untuk mengirim pesan secara aktif kepada orang yang menarik perhatianmu. Jika mendapatkan tanggapan, jangan lupa untuk mempertahankan komunikasi dengan mencari topik pembicaraan yang kira-kira kalian sama-sama tahu. Gunakan kesempatan ini untuk mengenal satu sama lain. Jangan hanya menjawab pertanyaan saja tanpa menanyai balik supaya obrolan tidak berhenti dan menjadi membosankan.

6. Lakukan pertemuan di tempat umum

Setelah nyambung mengobrol biasanya langkah selanjutnya adalah bertemu. Salah satu hal yang harus kamu pertimbangkan di pertemuan pertama ini adalah pemilihan tempat. Usahakan untuk bertemu di tempat yang tidak terlalu sepi. Selain itu, alih-alih minta dijemput, sebaiknya kalian bertemu di tempat janjian untuk pertemuan pertama. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena kamu belum begitu mengetahui orang seperti apa orang yang akan kamu temui ini.

7. Sabar dan terus mencoba

Mencari jodoh melalui aplikasi mungkin terkesan lebih mudah karena komunikasi dengan orang asing bisa langsung dilakukan karena tujuannya sama-sama ingin berkenalan. Namun, hal ini bukan jaminan untuk bahwa kalian akan langsung cocok. Ada kemungkinan di tengah jalan, salah satu dari kalian akan menghilang dengan berbagai alasan sehingga komunikasi dengan orang baru harus dimulai lagi dari awal.

Ciri-ciri orang yang red flag di aplikasi pencari jodoh

wm_article_img
Foto: pexels/Andrea Piacquadio

Selain mengikuti beberapa tips tersebut, kamu juga harus mengetahui tanda-tanda orang yang red flag di aplikasi ini untuk menghindari hal buruk yang mungkin akan terjadi. Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Informasi profil yang tidak konsisten

Selain berkomunikasi, hal yang satu ini juga wajib kamu perhatikan. Jika dia tampak sering mengganti nama, usia, pekerjaan, atau bahkan foto yang digunakan, kamu wajib mencurigai orang ini. Yang ia lakukan bisa mengindikasikan bahwa ia sedang berusaha berbohong atau untuk menyembunyikan sesuatu. 

2. Gambar yang tidak jelas atau autentik

Orang yang menggunakan foto tidak jelas atau menggunakan foto yang diunduh dari internet bisa jadi sedang berusaha untuk melakukan manipulasi atau tidak jujur. Jika dari foto saja dia sudah memanipulasi, bukan tak mungkin ia akan melakukan penipuan lainnya.

3. Terlalu banyak membual

Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan perhatian orang yang menurutnya menarik. Namun, yang perlu diwaspadai adalah ketika ia mulai terlalu berlebihan dalam memuji atau membuat janji yang terlalu mengada-ada. 

4. Cerita hidup yang membuatmu tidak nyaman

Dalam menggunakan aplikasi, kita harus pandai-pandai membuat batasan. Jika tidak, yang terjadi adalah oversharing atau membagikan hal yang terlalu berlebihan. Jika ada orang yang melakukannya, kamu juga bisa berhati-hati. Misalnya, orang yang menunjukkan cerita yang terlalu dramatis hingga membuatmu merasa tidak nyaman. Pertimbangkan ulang untuk menanyai lebih lanjut atau menghindari mereka.

5. Terlalu banyak yang disembunyikan

Orang yang menyembunyikan terlalu banyak hal juga harus diwaspadai. Memang benar ada beberapa informasi yang sebaiknya tidak dibagikan untuk menjaga privasi. Namun, beberapa hal seperti usia dan pekerjaan seharusnya bisa dibagikan jika ia memang ingin mencari seseorang yang serius. Jika hal-hal ini disembunyikan, bahkan setelah kalian lama kenal, bisa jadi ia memang sedang menyembunyikan sesuatu.

6. Perilaku buruk

Ada berbagai macam orang yang menggunakan aplikasi untuk berkencan, termasuk orang dengan kepribadian buruk. Jika kamu menemukan orang yang berkomunikasi dengan kasar, suka merendahkan, atau agresif, kamu harus waspada. Apalagi, jika ia suka memaksa untuk memberikan informasi yang terlalu pribadi atau memintamu mengirimkan foto yang tidak seharusnya. Jika sudah begitu, sebaiknya putuskan hubungan sebelum ia semakin manipulatif.

7. Apakah sebaiknya mencari jodoh di aplikasi kencan?

Walaupun masih banyak anggapan miring mengenai aplikasi kencan, menggunakan aplikasi ini bukanlah hal yang buruk. Bahkan, aplikasi seperti ini bisa digunakan menjadi salah satu alternatif yang sangat membantu jika dalam kehidupan sehari-hari kamu jarang atau bahkan tidak pernah bertemu dengan calon pasangan yang potensial. Dengan catatan, kamu bisa mengikuti beberapa tips yang disebutkan dan tetap berhati-hati.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat akan menggunakan aplikasi kencan untuk mencari jodoh jika kamu sudah siap nikah, tapi belum ada pasangan. Semoga berhasil, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...