Pilih Kategori Artikel

8 Tips Hubungan Langgeng Buat Pasangan Baru, LDR, ataupun yang Sudah Lama Menikah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Kamu dan pasangan pasti menginginkan hubungan langgeng, minim masalah dan gak banyak drama, bukan? Namun, hal indah tak datang begitu saja tanpa adanya usaha dari kalian berdua. Setiap hubungan itu harus diperjuangkan, agar keharmonisan bisa tetap terjaga. Baik kamu yang masih sedang pacaran atau pasangan yang sedang LDR, berlaku pula bagi pasangan yang sudah menikah.

Lamanya suatu hubungan gak menjamin loh bakal terus awet hingga ke jenjang pernikahan. Begitupun bagi mereka yang sudah menikah bertahun-tahun, bukan berarti aman dari badai ujian pernikahan. Justru nih, setiap pasangan harus tetap memupuk rasa kasih sayang diantara keduanya, terus-menerus agar keharmonisan tetap terjaga. Lantas, gimana caranya? Tenang, untuk itulah artikel ini ditulis. WeddingMarket telah merangkum berbagai tips hubungan langgeng baik bagi pasangan baru, maupun kamu yang sudah lama menikah. Ajak pasanganmu untuk membaca dan memahami ulasan dibawah ini ya, supaya kalian bisa menerapkannya bersama-sama.

Tips 1: Jangan gengsi untuk tunjukkan kasih sayang

wm_article_img

Cara seseorang mengekspresikan rasa cintanya berbeda-beda. Ada yang bisa menyatakan langsung dengan kata-kata, ada pula tipe orang yang menunjukkan rasa sayangnya dengan tindakan, seperti memberikan perhatian, hadiah, atau menyisihkan waktunya untuk quality time bersama. Apapun bahasa cintamu, jangan gengsi untuk menunjukkannya, ya! Supaya bisa langgeng terus hubungannya. 

Sekalipun dilakukan setiap hari, ekspresi cinta atau love language yang kamu tunjukkan sangat penting sebagai afirmasi bahwa cinta dan rasa sayang itu masih ada dan tidak pernah berubah. Lalu, apabila pasanganmu mempunyai bahasa cinta yang berbeda, coba maklumi saja, ya. Jangan dipaksakan untuk selalu sama dengan caramu. Mengertilah, bahwa itu keunikan dirinya. 

Tips 2: Biarkan rasa rindu hadir

wm_article_img

Buat pasangan yang masih pacaran, gak perlu sering-sering bertemu biar terus kangen sama doi. Biarkan rasa rindu itu yang akan jadi bumbu-bumbu yang membuat hubunganmu dan pasangan langgeng. Jadi, nanti ada rasa deg-degan atau perasaan excited ketika kalian bertemu. Pasangan LDR pasti tahu betul gimana bahagianya ketika bertemu pasangan yang sudah lama tidak jumpa. 

Tips 3: Jaga komunikasi yang baik, jangan menghilang tanpa kabar

wm_article_img

Ungkapan klise yang bilang bahwa suatu hubungan akan berhasil apabila komunikasi kedua pasangan tersebut berjalan dengan baik adalah benar. Komunikasi yang baik akan membuat hubunganmu dan pasangan tetap harmonis. Meskipun kadang ada sedikit perbedaan pendapat, itu hal yang biasa, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Selama kamu dan pasangan saling terbuka perasaan satu sama lain, masalah perbedaan pendapat akan bisa dicari solusinya. 

Jadi, untuk menjaga hubungan langgeng dan minim perselisihan, coba deh untuk mengungkapkan apa yang sebetulnya dirasakan. Jangan mendem! Misalnya, kamu sedang sibuk bekerja, sementara pasanganmu tampaknya sedang merasa bosan dan butuh ditemani, coba kamu sampaikan baik-baik. Lalu cari solusinya, apakah sang kekasih diminta mencari kesibukan dahulu atau bersabar sebentar hingga kamu selesai dengan urusan kerjaanmu. Apapun itu, dikomunikasikan, ya, jangan ngilang tanpa kabar. 

Baca juga: Cara Menghadapi Stres dan Ujian Menjelang Pernikahan

Tips 4: Kalau cemburu sewajarnya aja dan jangan berlarut-larut, ya!

wm_article_img

Tips menjaga hubungan langgeng selanjutnya, agak susah-susah gampang, nih. Kalau melihat orang yang kita sayangi akrab dengan teman lawan jenisnya, memang kadang susah menahan diri supaya tidak cemburu, ya? Betul, itu hal yang wajar kok. Namun, jangan sampai meledak-ledak ya, tetaplah berpikir rasional dan sampaikan baik-baik kepada pasanganmu bahwa kamu tidak nyaman melihat kedekatan keduanya. 

Bisa jadi, kekasihmu tidak sadar yang ia lakukan membuatmu cemburu, karena baginya mungkin itu adalah teman lama atau teman masa kecil atau sekadar kenalan. Oleh sebab itu, posisikan dirimu sebagai pengingatnya, bukan menghakiminya. Lebih baik lagi apabila kamu bisa ikut mengakrabkan diri dengan kenalannya itu, siapa tahu kamu juga bisa mendapat teman baru, bukan? 

Tips 5: Sesekali selipkan humor, biar hubungan gak kaku-kaku amat

wm_article_img

Biar hubungan kamu dan pasangan gak terlalu kaku, sesekali boleh loh selipkan guyonan ringan. Supaya kalian bisa tertawa bersama dan mendekatkan diri satu sama lain. Hubungan yang terlalu serius itu gak sehat, karena rentan terjadi konflik. Untuk itu sesekali, munculkanlah  sisi lembutmu supaya hubungan bisa langgeng dan tetap lengket.  

Tips 6: Saling mendampingi dalam berbagai momen baik senang maupun ketika sedang ada masalah

wm_article_imgwm_article_img

Agar hubungan langgeng, kamu dan pasangan juga harus selalu ada untuk satu sama lain, baik dalam senang maupun ketika ada kesusahan, ya. Tentunya akan mudah apabila kondisinya sedang bahagia, sebaliknya ketika ditimpa kesusahan, maka saat itulah kesungguhan cintamu diuji. Namun, kamu harus tahu bahwa apabila kamu dan pasangan mampu melewati fase-fase sulit itu bersama, justru hal itulah yang akan membuat hubungan langgeng. Di masa depan pun demikian, apabila ada cobaan dalam hubungan ataupun pernikahan, kamu dan pasangan akan bisa mengingat kembali momen-momen sulit yang dilalui berdua. Kamu dan pasangan jadi semakin menghargai peran satu sama lain dan merasa bahwa hubungan kalian sangatlah berharga jika sampai diakhiri.  

Tips 7: Saling mengapresiasi meskipun hal-hal kecil

wm_article_img

Agar hubunganmu dan pasangan langgeng terus, jangan lupa untuk saling mengapresiasi satu sama lain. Hal ini sama pentingnya dengan menunjukkan rasa sayang, sekalipun pasanganmu hanya melakukan hal-hal yang tampaknya kecil. Ucapkanlah terima kasih dan pujilah ia ketika ia berhasil mencapai suatu hal. Kamu tidak akan bisa membayangkan seberapa dahsyatnya kekuatan kata-kata positif tersebut untuk membuat hubungan tetap harmonis.

Dengan apresiasi yang kamu tunjukkan, pasanganmu akan merasa dihargai sekaligus memacunya untuk selalu berusaha membanggakanmu. Nah, dampaknya kalian berdua akan menjadi sepasang kekasih yang saling memotivasi satu sama lain untuk menjadi lebih baik. Hubungan yang seperti ini, positif sekali ‘kan?!  

Tips 8: Usahakan untuk selalu menepati janji

wm_article_img

Well, tips hubungan langgeng yang terakhir cukup krusial karena menyangkut ‘kepercayaan’ satu sama lain. Yup, hubungan yang harmonis bisa dibangun dengan komitmen untuk saling menepati janji yang dibuat. Biarpun itu hal-hal yang sepele, jika kamu sudah berjanji maka tepatilah. Jangan sampai karena bersikap ingkar, rasa cinta diantara kalian diragukan, ya.

Ingatlah, bahwa selalu ada konsekuensi yang harus ditanggung setiap kali ingkar. Yang terburuk, kamu akan dicap sebagai pembohong oleh pasanganmu. Sekali dua kali mungkin hanya akan membuat kesal atau jengkel, namun apabila kamu ingkar berkali-kali maka akan timbul rasa ragu terhadapmu. Maka dari itu, pikirkan baik-baik ketika berjanji, oke?

Pada akhirnya, untuk menjaga hubungan tetap harmonis dan awet sampai kapanpun, semuanya kembali lagi kepada komitmen kamu dan pasangan yang menjalaninya. Tips hubungan langgeng tersebut bisa mempererat hubungan hanya apabila kamu dan pasangan saling menerapkannya, bukan hanya satu pihak saja. Entahlah kamu pasangan yang baru, sedang LDR atau pasangan yang sudah lama menikah. Penting juga untuk kalian memiliki waktu berkualitas bersama-sama ya, supaya bonding diantara kamu dan dia semakin kuat. Semoga bermanfaat, ya!

Foto ilustrasi | Cerita Tentang Senja

Baca juga: Persiapan Sebelum Menikah Untuk Calon Pengantin. Pertimbangkan Dulu Hal-hal Penting Ini

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...