Pilih Kategori Artikel

Ini Dia Tips Membuat Acara Pernikahan Sederhana Lebih Meriah dan Berkesan!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Banyak orang yang menggelar acara pernikahan dengan meriah karena momen ini dianggap sebagai momen sekali seumur hidup. Bahkan, sering terdengar berita bahwa sepasang kekasih harus meminjam sejumlah uang demi menggelar pernikahan mewah dan mengundang banyak orang. Mereka lupa bahwa acara pernikahan ini hanya digelar seharian, sementara kehidupan setelahnya masih akan terus berlangsung selamanya.

Pernikahan sebenarnya tidak harus digelar dengan mewah untuk membuatnya lebih berkesan. Tidak ada salahnya jika ingin menggelar pernikahan yang sederhana karena kita bisa membuatnya lebih istimewa dengan beberapa cara.

Berikut ini cara untuk membuat acara pernikahanmu lebih maksimal dan berkesan walaupun menggelarnya dengan sederhana. Simak yuk selengkapnya!

1. Undang tamu yang terdekat saja

wm_article_img
Foto via Bali Wedding Specialist

Tamu akan menjadi faktor utama yang membuat acara pernikahan sederhana menjadi acara pernikahan yang besar-besaran. Biasanya tamu ini bukan hanya diundang oleh kedua pengantin saja, tapi juga orang tua. Sering kali pengantin yang bersalaman dengan tamu tidak tahu siapa tamu yang diundang tersebut. 

Walaupun terlihat sederhana, mengurangi jumlah tamu akan menjadi sebuah PR tersendiri bagi calon pengantin. Pasalnya, jika dilihat-lihat semua tamu akan terasa penting. Namun, kamu harus tegas dalam menentukan hal ini. Mana yang kamu kategorikan dekat dan mana yang hanya sekadar kenal. Setelahnya, kamu bisa mengeliminasi orang-orang yang tidak terlalu dekat.

Selain itu, kemampuan untuk meyakinkan orang tua juga diperlukan. Jika kamu dan pasangan menggelar pernikahan dengan uang sendiri, beri tahukan bahwa kalian memiliki budget tertentu dan sudah merencanakan kehidupan ke depan sehingga harus membatasi jumlah tamu. Berikan juga pengertian bahwa kini pernikahan bisa dikabarkan melalui media sosial sehingga tidak semua orang harus diundang.

2. Pilih lokasi yang tepat

wm_article_img
Foto via Bali Wedding Specialist

Venue pernikahan menjadi salah satu hal yang akan membangun mood pernikahan. Jika digelar di luar ruangan, pernikahan biasanya akan lebih santai dan kasual. Sementara itu, pernikahan yang digelar di dalam ruangan akan membuat pernikahan menjadi terasa lebih formal.

Menyewa venue akan memakan budget yang cukup mahal, jadi kamu bisa mempertimbangkan untuk menggelarnya di rumah saja jika memungkinkan. Selain itu, jumlah tamu yang diundang juga membuatmu tidak memerlukan area yang terlalu luas seperti joglo atau ballroom hotel. Jika tetap ingin menggelar pernikahan di luar rumah, kamu bisa menyewa restoran atau kafe saja.

Untuk membuatnya lebih berkesan, usahakan memilih tempat yang memiliki pemandangan indah atau mendekorasinya dengan baik. Jika memiliki halaman belakang rumah, kamu bisa mendesain konsep picnic wedding yang menyenangkan. Jika ada taman yang bisa digunakan, manfaatkan area publik ini dengan maksimal.

3. Dekorasi tidak harus berlebihan

wm_article_img
Dekorasi: Beyond Decor Company

Dekorasi yang indah tidak harus menggunakan sesuatu yang mewah. Venue pernikahan tetap bisa terlihat indah dengan dekorasi yang sederhana asal pemilihan bahan dan penempatan yang tepat. Penggunaan bunga segar di beberapa bagian, kain putih sederhana yang ditata cantik sebagai backdrop pelaminan, hingga beberapa lilin untuk membangun mood yang romantis bisa ditambahkan untuk acara pernikahanmu. Metode DIY (Do It Yourself) bisa dipraktikkan untuk mendapatkan dekorasi yang sesuai dengan keinginan.

4. Makanan dan minuman

wm_article_img
Foto: Vessa Catering

Makanan dan minuman adalah sebuah hal yang akan diingat oleh banyak tamu. Oleh sebab itu, hal yang satu ini harus dipikirkan matang-matang. Untuk mendapatkan makanan yang berkesan, kamu tidak perlu menyediakan makanan dengan bahan yang mahal dan mewah. Rasa adalah nomor satu. Sisanya, kemampuan untuk mempresentasikannya dengan baik.

Jika berencana menyediakan makanan dengan cara prasmanan, tidak perlu menyediakan terlalu banyak jenis. Sebaiknya pilih beberapa menu saja, tapi pilih yang paling enak. Selain itu, kamu juga bisa menyediakan makanan secara BBQ untuk membuat para tamu bisa ikut mendapatkan pengalaman melihat proses makanan dimasak. 

Jika kamu memiliki beberapa tamu dari luar kota atau daerah yang berbeda, kamu bisa menyajikan menu makanan dan minuman yang khas dari daerahmu. Makanan tradisional bukan hanya akan memberikan rasa kenyang saja, tapi juga pengalaman yang baru. 

5. Membuat acara yang lebih personal

wm_article_img
Foto via Beyond Decor Company

Walaupun pernikahanmu direncanakan secara sederhana, acara ini tetap bisa lebih personal. Jumlah tamu yang sedikit akan membantumu untuk mewujudkan momen ini. Personalisasi ini bisa dimulai dari undangan yang bisa ditulis dengan font tulisan tangan dan berisi surat yang lebih personal. Kamu bisa menyematkan foto-foto bersama pasangan yang sebelumnya belum pernah dibagikan.

Kemudian, selama acara pernikahan berlangsung tamu juga bisa dilibatkan dalam acara, misalnya diajak untuk memberikan kesan pesan perjalanan selama mengenal kamu dan pasangan. Menyisipkan permainan yang seru juga akan membuat acara pernikahan lebih cair. Jangan lupa untuk membuat pidato berisi ucapan terima kasih dengan menyebut nama orang-orang yang ingin kamu sebutkan.

6. Pilih tema yang konsisten

wm_article_img
Foto via Bali Wedding Specialist

Meskipun sederhana, bukan berarti kamu tidak bisa memilih sebuah tema untuk pernikahan ini. Pilih sesuatu yang dekat dengan sesuatu yang kamu sukai. Misalnya, jika kamu suka film, kamu bisa memulai desain yang berkonsep film dari undangan. Jika undangan dibuat online, selain desain, kamu juga bisa memilih backsound berupa soundtrack dari film favorit. Untuk membuatnya lebih berkesan, kamu bisa juga meminta tamu yang datang untuk mengenakan dress code bertema sesuai dengan tema pernikahan secara keseluruhan.

Hal-hal lain dalam pernikahan mulai dari dekorasi hingga hiburan juga bisa disesuaikan dengan tema ini. Makanya, usahakan untuk memilih tema yang mudah dan murah untuk diterapkan.

7. Konsep foto unik

wm_article_img
Foto: LOL Photobooth

Foto akan mengabadikan memori yang bisa diingat dan dilihat lagi nantinya. Makanya, hal ini menjadi salah satu yang penting dalam pernikahan. Selain menyediakan fotografer profesional yang akan mengambil foto secara candid maupun foto bersama di pelaminan, kamu juga bisa menyediakan photobooth sederhana dengan berbagai properti lucu.

Jika ingin membuat pernikahan lebih modern dan para tamu bisa langsung mencetak dan menyimpan foto-fotonya sebagai kenang-kenangan, kamu bisa menyediakan foto polaroid di photo booth tersebut.

8. Suvenir yang berkesan

wm_article_img
Foto: Molusca Project

Suvenir adalah suatu benda yang biasanya berukuran kecil, tapi meninggalkan kesan bagi penerimanya. Melalui benda ini, kamu bisa bebas berkreasi. Usahakan untuk membuat suvenir yang memiliki fungsi sehingga nantinya bukan hanya akan disimpan atau bahkan dibuang oleh para tamu.

Selain melalui fungsinya, usahakan membuat suvenir yang personal supaya lebih menarik. Untuk mendapatkan suvenir yang fungsional dan personal ini, harga suvenir tidak harus mahal. Kamu bisa menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki. 

Beberapa suvenir yang bisa dipilih, misalnya makanan atau kue khas yang dibungkus dengan label berisi nama pengantin dan tanggal pernikahan, piring atau gelas khusus, satu set tanaman untuk berkebun, atau puzzle custom dengan fotomu dan pasangan.

Meskipun acara pernikahanmu digelar dengan sederhana, bukan berarti kamu tidak bisa membuatnya berkesan. Kuncinya adalah dengan menambahkan sentuhan personal dan kreativitas. Untuk menggantikan wedding organizer yang absen, jangan sungkan untuk meminta bantuan kepada teman-teman terdekatmu jika diperlukan, ya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...