Pilih Kategori Artikel

Tips Memilih Hand Bouquet Sesuai Konsep Pernikahan, Ada 11 Model Rangkaian Bunga!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ketika mempelai wanita berjalan dengan gaun pengantinnya menuju altar pernikahan, seluruh fokus perhatian tamu undangan akan tertuju padanya. Karena itu, setiap pengantin wanita ingin tampil secantik mungkin. 

Selain riasan menawan dan indahnya gaun pengantin, terdapat aksesoris lain yang akan membuat kamu tampil lebih anggun dan memesona ketika berjalan menuju altar pernikahan. Bahkan aksesoris ini juga tidak kalah penting dari detail pernikahan lainnya. 

Apa, tuh? Yap! Hand bouquet atau bunga pengantin yang biasanya digenggam mempelai wanita di acara pernikahannya. Bunga pengantin biasanya tersusun dari rangkaian bunga segar yang akan lebih mempercantik tampilan kamu.

Karena, berbagai jenis bunga bisa kamu gunakan sebagai aksesoris pengantin dan setiap kecantikannya memiliki makna tersirat. Jadi, selain memiliki ciri khas masing-masing, bunga-bunga tersebut juga ada maknanya sendiri, loh!

Sebagai calon pengantin wajib tahu jenis bunga apa saja yang cocok di hari pernikahan nanti. Karena arti dan ciri khas setiap bunga pengantin berbeda-beda, kamu bisa menyesuaikan pilihan sesuai tema atau konsep pernikahan. 

Oh iya, cara menyusun rangkaian bunga pengantin juga berbeda-beda! Nih, WeddingMarket akan memberi tips memilih bunga pengantin dan model rangkaian sesuai tema pernikahan.

Sini merapat!

Pilihan bunga berdasarkan suasana pernikahan

Karena jenis bunga ada banyak, kamu bisa menyesuaikan pilihan dengan suasana pernikahan. Berikut tipsnya!

1. Pernikahan sederhana

wm_article_img
Buket: Plum & Peach Floral

Biasanya, pernikahan sederhana menggunakan warna putih sebagai pemeran utamanya. Karena, warna putih melambangkan kesucian sama seperti pernikahan. Resepsi pernikahan yang diadakan dengan sederhana harus memikirkan detail dengan baik.

wm_article_img
Foto: Axioo

Setiap detail pernikahan harus memiliki makna dan memberi kesan pada seluruh tamu undangan dan pengantin tentunya. Oleh karena itu, untuk pernikahan sederhana dengan nuansa serba putih, kamu bisa memilih bunga dengan warna senada.

2. Pernikahan penuh warna

wm_article_img
Buket: Via Fleurs

Bagaimana dengan pernikahan yang penuh dengan warna-warni? Tenang saja! Tidak susah, kok, memilih bunganya. Kamu bisa sesuaikan warna bunga dengan gaun pengantin.

Pilihan pertamanya ialah warna putih. Ya, kamu pasti juga setuju kalau putih itu cocok disandingkan dengan warna apapun. Buat kamu yang anti ribet, bisa banget menggunakan bunga berwarna putih untuk pelengkap.

wm_article_img
Buket: Labloom Fleur

Selain putih, kamu juga bisa memilih warna yang sesuai dengan baju. Namun, jangan pilih warna yang persis sama dengan gaun pengantin. Pilihlah rangkaian bunga monokrom, di mana warna aksesoris tersebut masih satu palet dengan gaun pengantin.

wm_article_img
Foto: Unsplash.com/ Thomas AE

Jika kamu mengenakan busana pengantin berwarna cokelat muda, bunga pengantin warna cokelat tua bisa menjadi pilihan terbaik. Selain dengan dua pilihan tersebut, kamu bisa memilih warna bunga yang komplementer dari gaun pengantin.

Misalnya busana pernikahan dominan dengan ungu, kamu bisa memilih warna kuning untuk bunga pengantin. Jadi, warna bunga dan baju pengantin serasi saat disandingkan.

3. Pesta pernikahan berkonsep rustic

wm_article_img
Buket: Flora Botanica Designs

Konsep rustic dekat dengan elemen-elemen natural yang menonjolkan kesan alam seperti pedesaan. Dekorasi elemen kayu masih menjadi bintang konsep rustic hingga saat ini. Karakteristik warna-warna pastel mengelilingi tema rustic.

Hand bouquet buat wedding party kamu yang bertema rustic tidak luput dari warna-warna pastel. Tips berikut ini bisa bantu kamu menentukan bagaimana hand bouquet yang menggambarkan konsep rustic:

  • Hand bouquet berwarna putih dan cream sangat cocok di genggaman kamu. Kelembutan warnanya menjadi ciri khas rustic dengan pesona pastel. Kamu bisa coba membuat rangkaian bunga putih baby breath yang sedang menjadi tren masa kini.

  • Tenang, bukan hanya putih dan cream saja yang bisa kamu pilih. Ada bunga lili warna orange dan pink yang gak kalah menariknya.

  • Coba, deh, sandingkan bunga dari pohon pinus dengan baby breath. Beuh, udah kebayang gimana kerennya. 

  • Mau tampak lebih segar dan elegan? Kamu bisa memilih warna kuning dari bunga matahari disandingkan dengan gossypium dan beberapa bunga kering lainnya. Selain rustic, kamu bisa mendapatkan kesan elegan dari warna kuning, segar dari bunga yang mekar, dan vintage.

  • Ada lagi warna ungu dari bunga lavender yang juga punya banyak penggemar.

Memilih hand bouquet berdasarkan bentuknya

Nah, kalau kali ini, WeddingMarket akan ajak kamu untuk memilih hand bouquet berdasarkan bentuk-bentuknya. Penasaran? Check this out!

1. Round

wm_article_imgwm_article_img

Foto: Via Fleurs

Rangkaian hand bouquet ini merupakan salah satu bentuk yang paling sering digunakan. Hand bouquet berbentuk bulat seperti kubah. Bunga dirangkai dengan padat dan konsisten. Karena itu, look round hand bouquet ini terlihat rapi.

Hand bouquet satu ini cocok buat kamu yang ingin mengadakan pernikahan berkonsep mewah dan elegan. Bentuknya sederhana dan tegas. Biasanya, round hand bouquet dirangkai menggunakan bunga peony atau mawar. 

Bentuknya hampir sama dengan jenis composite. Namun, round hand bouquet dirangkai menggunakan sejumlah bunga utuh yang diikat menjadi satu, sedangkan composite merupakan susunan kelopak.

2. Composite

wm_article_imgwm_article_img

Foto: Flyboy Naturals Website

Ini dia rangkaian bunga yang mirip dengan round hand bouquet. Composite menggabungkan banyak kelopak untuk membentuk satu rangkaian bunga utuh yang mekar. Rangkaian bunga composite biasa disebut dengan buket glamelia. 

Susunannya terdiri dari hanya satu warna saja. Composite akan memberikan kesan sederhana, dramatik, dan juga unik. Buat kamu yang suka tampilan sederhana, glamelia merupakan pilihan nomor satu!

Kebanyakan pengantin menggunakan mawar, karena bunga ini melambangkan kesucian, keromantisan, dan kehangatan khas pernikahan. Karena membutuhkan banyak kelopak bunga, harganya tentu lebih mahal. So, siapin budget kamu, ya!

3. Crescent

wm_article_img
Foto: ichiecarpe.exblog.jp

Kalau tadi bentuknya bulat, kali ini idaman kamu yang suka sama bulan. Karena, crescent hand bouquet berbentuk bulan sabit melengkung. Nuansa hijau melekat pada hand bouquet berbentuk crescent ini. 

Rangkaian bunga akan disusun di atas helaian daun hijau. Juntaian daun membuat bunga lebih unik dan luwes. Warna rangkaian bunga bebas sesuai dengan kesukaan kamu dan pasangan. 

Cocok banget buat kamu yang mengadakan pernikahan dengan konsep international party berkesan glamour. 

4. Posy

wm_article_img
Foto: Via Fleurs

Hampir sama dengan model round, posy berbentuk bulat tetapi dengan jumlah bunga yang tidak terlalu banyak. Bunga dirangkai dengan padat dan menambahkan sedikit dedaunan untuk menyempurnakan dekorasi.

Karena buket tidak menggunakan banyak bunga, mempelai akan terlihat lebih manis ketika menggenggamnya. Kamu bisa juga menambahkan pita sebagai penghias tambahannya, loh. Posy hand bouqet dengan pita akan memberikan kesan klasik dan timeless.

5. Hand Tied

wm_article_img
Foto via Butterfly Event Styling

Jenis satu ini juga gak kalah populer dari bentuk lainnya. Hand tied berbentuk simple dan lebih kreatif. Karena, buket ini dirangkai tidak beraturan. Dengan menggunakan tali khusus, berbagai jenis bunga dirangkai secara acak menjadi satu buket.

Cocok di pesta berkonsep apa, nih? Konsep garden party, rustic, beach wedding, dan industrial wedding pas banget pakai hand bouquet yang atraktif seperti ini!

6. Nosegay

wm_article_img
Foto: Unsplah.com/ Benigno Hoyuela

wm_article_img
Buket: Flora Botanica Designs

Apakah kamu termasuk salah satu dari mereka yang lebih suka tanaman hijau seperti daun daripada bunga warna-warni? Berarti, buket nosegay ini bisa kamu pilih untuk menemani kamu selama pernikahan.

Bentuknya mirip dengan posy. Beberapa tangkai bunga akan dirangkai menjadi satu menggunakan pita. Namun, berbeda dengan posy, rangkaian nosegay didominasi dengan warna hijau atau dedaunan. Kuntum bunga hanya sebagai pelengkap saja.

7. Pomander

wm_article_img
Foto: Unsplash.com/ Orio Nguyen

Tipe buket bunga pomander terkenal dengan keunikannya. Biasanya digunakan sebagai pelengkap yang dibawa oleh para flower girls. Namun, pengantin wanita juga tidak jarang menggunakan buket jenis pomander ini. Bentuknya bulat sempurna dengan menambahkan untaian pita sebagai pegangan. Kebanyakan pomander dirangkai menggunakan bunga mawar berbagai warna.

8. Contemporary 

wm_article_img
Foto: Via Fleurs

Satu lagi buket bunga yang gak kalah unik. Bentuk bunganya tidak melengkung ataupun bulat tetapi berbeda dengan hand tied bouquet. Bentuk contemporary jauh lebih modern. Penggunaan bunga-bunga eksotis menjadi salah satu ciri khasnya.

Contemporary menggunakan rangkaian bunga calla lily, anthurium, delphinium, sweet peas, hyacinth, dan bunga unik lainnya. Kamu penggemar seni eksentrik pasti suka sama buket ini!

9. Cascade

wm_article_img
Foto: Via Fleurs

Kamu cari model buket yang menjuntai ke bawah? Ada cascade hand bouquet, nih! Susunan rangkaian bunga anggrek dan bunga wisteria yang menjuntai ke bawah bisa menjadi pilihan utamanya. Jangan lupakan bunga mawar, krisan, lili, atau bunga cantik lainnya untuk menemani anggrek dan wisteria.

10. Arm Sheath

wm_article_imgwm_article_img

Foto: via Beblooms Wedding | Askar Photography

Susunan bunga mawar, anggrek, dan lili memang menjadi bintang utama saat berbicara tentang hand bouquet. Kecantikannya berhasil membuat banyak orang terpesona. Susunan buket arm sheath ini juga seringkali menggunakan tiga bunga tersebut.

Bentuk rangkaian sama dengan cascade tetapi dengan versi lebih besar dan panjang. Karena itu, buket arm sheath lebih sering dibawa dengan menyandarkannya pada lengan. Bentuk ini memang terkesan klasik tetapi tidak ketinggalan zaman. Mau coba?

11. Single-stem

wm_article_img
Foto: Blumerie Florist

Single-stem hand bouquet hanya terdiri dari satu tangkai bunga yang mekar dengan sempurna. Menggunakan bunga garden roses dan peony yang memiliki kuntum besar bisa mewujudkannya!

Udah banyak banget, tuh, tips yang bisa kamu terapkan dalam memilih hand bouquet. Jadi, jangan bingung lagi, ya! Selamat memilih!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...