Pilih Kategori Artikel

Tips Menggelar Pernikahan di Rumah dengan Konsep Backyard Wedding
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ada berbagai jenis tema dan konsep pernikahan. Beberapa di antaranya terinspirasi dari tempat digelarnya acara ini. Salah satunya adalah backyard wedding atau pernikahan yang digelar di halaman belakang rumah. Pernikahan ini akan cocok jika kamu memiliki halaman rumah yang cukup luas untuk menampung tamu yang ingin diundang. Namun, jika kamu tidak memiliki halaman belakang pun, kamu bisa menyewa vila yang memiliki area ini untuk mendapatkan feel yang sama.

Backyard wedding akan memberikan kesan yang hangat dan intim. Namun, jika tidak pandai dalam mengelolanya, bukan tak mungkin acara pernikahan ini malah meninggalkan kesan yang kurang baik bagi para tamu. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menggelarnya simak dulu elemen backyard wedding dan tips untuk membuatnya lebih berkesan.

  1. Konsep acara

wm_article_img
Dekorasi: Its True Design Styling

Backyard wedding biasanya memang identik dengan acara yang lebih santai dan intimate. Kamu bisa membuatnya memiliki konsep picnic wedding yang menyenangkan. Kursi lipat atau bahkan tikar yang digunakan untuk duduk lesehan akan memberikan kesan yang seru. Namun, konsep yang lebih elegan dengan kursi-kursi berwarna putih yang ditata dengan rapi juga akan menjadi pernikahan yang cantik. 

  1. Dekorasi

wm_article_img
Dekorasi: Beyond Decor Company

Untuk membuat area yang memiliki ukuran relatif sempit, kamu bisa membuatnya terasa lebih lega dengan membuat dekorasi yang cocok. Ada suasana yang bisa dipilih, mulai dari yang santai dan menyenangkan maupun yang lebih elegan.

  • Lentera dan lampu

Tambahkan lampu gantung atau lampu taman di sekitar area pernikahan yang akan menciptakan suasana hangat dan romantis, terutama ketika malam tiba.

  • Altar atau pelaminan

Buatlah altar atau pelaminan yang indah di bagian depan halaman belakang. Kamu bisa menggunakan arch sederhana yang dihias dengan bunga-bunga, dedaunan, hingga kain putih untuk diselempangkan.

  • Bunga segar

Gunakan bunga segar untuk menghiasi area pernikahan, termasuk meja tamu, meja makan, hingga bagian lorong menuju pelaminan atau altar. Kamu juga bisa membuat karangan bunga atau guirlande untuk menambah sentuhan romantis.

  • Tenda atau payung

Jika cuaca tidak menentu, pertimbangkan untuk menyediakan tenda atau payung untuk melindungi tamu dari sinar matahari atau hujan. Tenda juga dapat digunakan sebagai bagian dari dekorasi, terutama di bagian meja untuk makanan.

  • Meja dan kursi

Hiasi meja dan kursi tamu dengan kain, sarung kursi, atau hiasan lainnya yang sesuai dengan tema pernikahan. Kamu juga bisa menambahkan sentuhan personal dengan menambahkan rangkaian bunga dan surat kecil di meja tamu. Lilin juga akan menjadi aksen dekoratif yang menambahkan kesan romantis.

wm_article_img
Dekorasi: Barn Event Hire

  • Area lounge

Jika ingin membuat suasana lebih santai dan memberikan ruang bagi tamu untuk berbincang, buat area lounge yang nyaman dengan sofa, kursi, dan meja kecil di sekitar halaman belakang.

  • Papan tanda

Gunakan papan tanda untuk memberikan petunjuk kepada tamu tentang lokasi dan detail acara. Kamu juga bisa menambahkan kutipan romantis atau pesan pribadi sebagai bagian dari dekorasi.

  • Photoboooth

Usahakan  untuk membuat spot yang satu ini menjadi area yang didekorasi dengan maksimal supaya saat para tamu mengambil foto mereka dan mengunggahnya, hasilnya pun akan maksimal.

  • Hiasan tambahan

Sempurnakan dekorasi dengan tambahan hiasan seperti bunting flag, lampion, atau tirai di sekitar area pernikahan. Jika ada kolam, kamu juga bisa menghiasnya dengan aksen dekoratif, seperti lilin terapung.

  1. Pakaian pengantin

wm_article_img
Foto via Barn Event Hire

Walaupun acara pernikahan digelar di rumah, bukan berarti kamu tidak bisa terlihat cantik dan outstanding. Beberapa pakaian berikut ini bisa kamu kenakan untuk memaksimalkan penampilan.

Pengantin wanita

wm_article_img
Foto: Mor Story

  • Gaun yang ringan

Pilih gaun pengantin yang ringan dan nyaman, seperti gaun berpotongan A-line dengan bahan seperti chiffon atau organza. Gaun yang simpel, tapi elegan cocok untuk suasana yang santai di halaman belakang.

  • Tea length dress

Gaun dengan panjang tea-length atau di bawah lutut bisa menjadi pilihan yang sempurna untuk pernikahan di luar ruangan. Model ini memberikan nuansa yang lebih santai, tapi tetap anggun.

  • Boho style

Jika kamu menginginkan gaya yang lebih bohemian, pertimbangkan gaun dengan detail renda, bordiran, atau aksen dekoratif dengan motif alam seperti bunga-bunga kecil.

  • Warna selain putih

Jika kamu ingin tampil berbeda, pertimbangkan untuk memilih gaun dengan warna non-tradisional seperti warna pastel, nude, atau bahkan yang bermotif  floral.

  • Aksesori simpel

Hindari aksesori yang terlalu berat dan pilih aksesori yang simpel seperti mahkota bunga, anting-anting berbentuk bunga, atau gelang yang ringan.

  • Sandals, wedges atau flat shoes

Sandal atau wedges dengan sol yang nyaman dan stabil adalah pilihan yang bagus untuk pernikahan di halaman belakang. Model ini memberikan kenyamanan dan tetap memberikan tampilan yang elegan. Flat shoes dengan desain yang indah juga bisa menjadi pilihan yang nyaman untuk pernikahan outdoor

  • Clean and natural makeup

Ciptakan tampilan kulit yang segar dan alami dengan foundation yang ringan dan breathable. Pilih eyeshadow netral seperti warna cokelat muda, nude, atau peach untuk memberikan kesan yang fresh dan cocok dengan venue luar ruangan. Aplikasikan blush dengan warna yang lembut dan natural pada pipi untuk memberikan sentuhan warna yang segar dan sehat.

Pengantin pria

wm_article_img
Foto: Ampictures

  • Kemeja dan celana chino

Untuk suasana yang santai, pria bisa memilih untuk mengenakan kemeja yang ringan dan celana chino yang nyaman. Warna netral seperti putih, krem, atau biru tua cocok untuk pernikahan di halaman belakang.

  • Vest kasual

Jika ingin menambahkan sedikit kesan formal, pengantin pria bisa memilih untuk mengenakan vest kasual bersama kemeja dan celana. Vest tanpa jas akan memberikan tampilan yang lebih santai, tapi tetap berkelas.

  • Sneakers atau loafers

Hindari sepatu formal dan pilih sneakers atau loafers yang nyaman untuk suasana outdoor.

  • Bowtie

Alih-alih mengenakan dasi yang terlalu kaku, kamu bisa menggantinya dengan bowtie yang agak formal, tapi bisa juga tetap santai.

  • Topi 

Untuk tampilan yang ekstra, pengantin pria bisa memilih untuk mengenakan topi atau topi fedora yang cocok dengan tema pernikahan dan suasana backyard.

  1. Makanan dan minuman

wm_article_img
Foto: Leguri & Co.

Makanan dan minuman yang disediakan serta cara penyajiannya harus cocok dengan suasana halaman belakang yang akrab. Berikut ini beberapa jenis menu sajian yang akan cocok dengan kesan tersebut.

Makanan

  • BBQ

Hal yang biasanya dilakukan di halaman belakang adalah pesta BBQ bersama orang terdekat. Pernikahan pun bisa mengusung konsep ini. Penyajian berbagai macam daging panggang seperti steak, burger, sosis, ayam panggang, atau ikan bakar bisa menjadi pilihan yang terbaik.

  • Set makanan piknik

Sajikan hidangan ala piknik seperti sandwich, salad, buah-buahan segar, dan keripik kentang. Makanan ini bisa ditaruh di dalam keranjang untuk membuat konsep semakin sempurna.

  • Food truck

Alih-alih meletakkan makanan di meja secara konvensional, sewa food truck untuk menyajikan makanan favorit seperti pizza, taco, atau kudapan lainnya yang disukai para tamu.

Minuman

  • Bar minuman

Pasang bar minuman dengan pilihan koktail, bir, dan soft drink. Pastikan untuk menyediakan juga opsi non-alkohol untuk para tamu yang tidak meminumnya.

  • Lemonade stand

Minuman segar akan cocok untuk disajikan pada saat cuaca panas. Berbagai minuman yang bisa disajikan, seperti lemonade, iced tea, atau mocktail di sebuah stan minuman.

  • Infused water

Sediakan dispenser berisi infused water dingin dengan campuran buah-buahan menyegarkan untuk memberikan opsi minuman segar dan sehat.

  • Coffee bar

Setelah acara makan, sediakan bar kopi dengan berbagai pilihan kopi, teh, dan makanan penutup kecil.

  1. Hiburan dan aktivitas

wm_article_img
Foto: Venus Entertainment

Meskipun ruangan yang tersedia cenderung sempit, beberapa hiburan dan aktivitas tetap bisa dilakukan untuk membuat pernikahan jauh dari kata membosankan.

  • Permainan outdoor

Menyediakan permainan outdoor seperti badminton, bola voli, atau aktivitas lainnya bisa menjadi hiburan yang menyenangkan bagi tamu setelah acara pernikahan selesai.

  • Photobox

Pasang sebuah photobox dengan properti yang lucu dan sesuai dengan tema pernikahan. Tamu yang hadir bisa mengambil foto dengan hasil yang unik di area ini.

  • Musik

Sewa seorang DJ atau band live untuk menghibur tamu dengan musik dan lagu-lagu yang menyenangkan. Pastikan untuk menyediakan area dansa yang cukup untuk para tamu yang ingin menari.

  • Sesi karaoke

Jika pengantin dan para tamu suka bernyanyi, mengadakan sesi karaoke bisa menjadi tambahan aktivitas yang menyenangkan. Sediakan daftar lagu-lagu favorit tamu untuk dipilih.

  • Stasiun DIY

Buat stasiun DIY di mana tamu dapat membuat sesuatu sebagai kenang-kenangan, seperti membuat gelang, menghias topi, atau melukis totebag.

  • Pertunjukan api unggun

Jika memungkinkan, kamu bisa menyediakan pertunjukan api unggun di malam hari. Biasanya kegiatan ini akan menciptakan suasana yang hangat dan intim. Setelah selesai, kembang api juga bisa dinyalakan untuk menambah kesan festive.

  • Makan malam di luar

Jika cuaca memungkinkan, setelah pernikahan selesai, mengadakan makan malam di luar di bawah bintang-bintang bisa menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Pastikan untuk menyediakan pencahayaan yang cukup untuk suasana yang nyaman.

Itu dia elemen dan cara membuat acara pernikahan dengan konsep intimate ala backyard wedding lebih berkesan. Walaupun mungkin tempatnya tidak begitu luas, kamu tetap bisa memberikan pengalaman menyenangkan bagi para tamu yang datang. Namun, jangan lupa untuk memastikan tetangga dan orang di sekitar tidak merasa terganggu atau sudah memberikan izin atas acara yang kamu gelar, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami