Pilih Kategori Artikel

3 Tips Merencanakan Pernikahan Bagi Pasangan LDR. Jarak Bukanlah Penghalang
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR), memang menghadirkan sejuta tantangan buat pasangan yang menjalaninya. Apalagi, untuk kamu dan dia sudah memiliki rencana untuk menikah. Banyaknya persiapan pernikahan yang harus dipikirkan, tak jarang membuat pasangan tertekan secara batin.

Gak heran, ada pasangan LDR yang gagal menikah karena berbagai tekanan tersebut memicu masalah-masalah kecil yang akhirnya membesar. Namun, bukan berarti tidak bisa, loh! Di sisi lain, banyak juga kok pasangan yang bisa melalui ujian hubungan LDR dan berhasil mempersiapkan pesta pernikahan dengan sukses. Semoga kamu salah satunya!

3 Tips Merencanakan Pernikahan Bagi Pasangan LDR. Jarak Bukanlah Penghalang

wm_article_img

Memang benar, merencanakan pernikahan merupakan suatu hal yang rumit, sebab ada banyak elemen-elemen penting yang perlu didiskusikan secara matang diantara kamu dan pasangan. Ketika ada jarak yang memisahkan kalian, maka akan semakin sulit rasanya untuk mencapai suatu kesepakatan.

Apalagi, jika kalian tidak memiliki banyak waktu untuk bertemu menjelang hari H, pastinya akan sangat kewalahan mengatur berbagai printilan pernikahan itu. Duh, jangan sedih dulu dears, karena WeddingMarket punya solusinya untukmu.

Ada 3 tips yang bisa kamu coba terapkan supaya proses perencanaan pernikahan impian kamu dan sang kekasih berjalan mulus meskipun masih LDR. Ajak si dia baca artikel ini, yuk! Kemudian, coba aplikasikan dalam hubungan kalian, supaya perencanaan pernikahan lancar dan sukses.

1. Saling Berbagi Tugas

wm_article_imgIlustrasi | topweddingsites.com

Langkah pertama yang perlu kamu dan pasanganmu lakukan ketika kalian memutuskan untuk menikah adalah membuat daftar keperluan pernikahan. Pastikan dalam checklist persiapan pernikahan tersebut tidak ada yang tertinggal ya, mulai dari gedung pernikahan, dekorasi, catering, fotografer, sampai daftar undangan yang akan disebar juga harus masuk dalam list. Sebagai referensi, kamu bisa lihat apa-apa saja yang dibutuhkan untuk persiapan pernikahan dalam artikel WeddingMarket.

Setelah checklist persiapan pernikahanmu jadi, selanjutnya bagilah tugas agar masing-masing kalian dapat bekerja secara mandiri memeriksa berbagai keperluan menjelang pernikahan tersebut. Libatkan juga anggota keluarga atau kerabat yang bersedia membantu supaya beban kalian jadi lebih ringan.

Nah, dengan demikian, kamu dan pasangan memiliki target masing-masing yang harus diselesaikan menjelang hari H. Sambil menyelesaikan berbagai checklist pernikahan, komunikasi juga pada pasangan apabila ada kendala-kendala yang ditemui, ya. Biar bisa cepat dicari solusinya bersama-sama. Dengan begitu semua bisa terpantau dengan baik.

2. Berbelanja Kebutuhan Pernikahan Online atau Secara Virtual

wm_article_img

Biasanya, ketika membeli kebutuhan pernikahan, pasangan melakukannya secara bersama-sama, misalnya saat memilih busana pengantin, souvenir atau undangan  pernikahan. Untuk menyamakan selera dan preferensi masing-masing tentunya diskusi langsung saat melihat barang yang ingin dibeli akan jauh memberi kepuasan tersendiri. 

Namun, jika kondisi kamu dan pasangan LDR, maka hal tersebut tidak dapat dilakukan. Sebagai gantinya, kalian bisa berbelanja kebutuhan pernikahan online atau secara virtual. Meskipun berada di lokasi berbeda, kamu dan pasangan bisa mengakalinya dengan melakukan video call saat berbelanja. Misalnya, saat mencari bahan dan warna untuk baju pengantin, kamu bisa melibatkan kekasihmu juga, menanyakan pendapatnya dan memilih bersama-sama.

Hanya saja, akan sedikit sulit apabila ingin menentukan ukuran bajunya, karena dibutuhkan kehadiran masing-masing agar ukuran yang diperoleh tidak keliru. Kamu dan pasangan bisa meluangkan waktu di lain kesempatan atau meminta penjahit baju mengarahkan untuk melakukan pengukuran baju secara mandiri melalui sambungan video. Nah, dengan demikian jarak tak akan menjadi masalah besar untuk para calon pengantin LDR yang ingin mempersiapkan pernikahan bersama-sama. 

3. Atur Waktu Untuk Bertemu

wm_article_img

Meskipun sebagian besar checklist persiapan pernikahan bisa dilakukan secara terpisah, ada beberapa hal yang tidak dapat dilakukan secara virtual atau diwakilkan. Misalnya saat fitting busana pengantin, atau saat mengurus beberapa dokumen nikah yang tidak dapat diwakilkan, mau tidak mau kehadiranmu dan pasangan sangat diperlukan. Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk bertemu dan menyelesaikan berbagai urusan yang harus dilakukan secara langsung ini. 

Mempersiapkan pernikahan memang cukup menyita waktu dan tenaga, apalagi bagi pasangan yang sedang menjalani hubungan jarak jauh atau LDR. Jadi, meskipun tak bisa sering bertemu secara langsung untuk merencanakan segala persiapan nikah yang dibutuhkan, kamu dan pasangan tetap perlu melakukan komunikasi secara intensif.

Rasanya tidak akan sulit, karena saat ini teknologi sudah sangat mendukung. Kamu dan pasanganmu bisa berkomunikasi atau melakukan video call kapan saja sesuai dengan kesepakatan bersama. Yang terpenting, usahakan untuk tetap menjaga komunikasi yang baik walau sesibuk apapun kamu dan dia. Nah, dengan demikian semua kendala bisa dicarikan solusinya bersama-sama. 

wm_article_img

Agar lebih mudah dalam merencanakan pernikahan baik bagi pasangan yang sedang LDR ataupun tidak, kunjungi WeddingMarket store yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pernikahanmu mulai dari venue, WO, catering, MC, undangan, fotografer, busana pengantin dan berbagai kebutuhan lainnya.

Harga yang ditawarkan pun bisa menyesuaikan dengan budget pernikahan yang dimiliki. Yuk, konsultasikan rencana pernikahanmu dengan vendor-vendor WeddingMarket, supaya kami dapat membantumu mempersiapkan pernikahan impianmu.

Meskipun ada jarak yang memisahkan antara kamu dan pasangan, jangan lupa untuk tetap saling menguatkan dan support satu sama lain tatkala menemui hambatan-hambatan selama prosesnya. Semoga saja kalian bisa melaluinya dengan baik hingga pesta pernikahan terlaksana dengan lancar dan sukses. Semangat, ya!


Foto Ilustrasi: Calia Photography | Cerita Tentang Senja | Colory Photo | Iluminen

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...