Pilih Kategori Artikel

6 Tips Perencanaan Pesta Pernikahan Lebih Efisien Waktu, Tenaga dan Budget
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan mungkin adalah momen paling bersejarah seumur hidup, karena merupakan langkah besar yang diambil seseorang ketika ia sudah siap menanggalkan status lajangnya dan memulai kehidupan berumah tangga bersama pasangan yang dipilih. Tentu saja untuk momen sepenting itu perencanaannya tidak main-main. Bukan hanya sebulan atau dua bulan, banyak pasangan bahkan mempersiapkan perencanaan pesta pernikahan bertahun-tahun lamanya demi mendapatkan wedding dream yang diidam-idamkan.

Entahlah itu pernikahan sederhana yang hanya dihadiri oleh orang-orang terdekat, ataukah pesta pernikahan meriah dan mewah, langkah-langkah persiapannya tetap sama. Mulai dari menentukan budget pernikahan, menetapkan tamu undangan, memilih tempat pernikahan dan seterusnya. Secara garis besar mungkin kamu dan pasangan sudah mengetahui poin-poin penting yang harus dipersiapkan, seperti gedung, busana pengantin, dekorasi, catering dan lain sebagainya. Akan tetapi, ada baiknya juga kamu menyimak beberapa tips berikut ini sebelum membuat perencanaan pesta pernikahan bersama dengan pasanganmu.

1. Tetapkan Budget Pernikahan Sejak Awal

Kamu dan pasangan baru mau mulai merencanakan pesta pernikahan atau malah sudah memiliki tabungan nikah? Di tahap mana pun posisi kamu saat ini, yang pasti langkah pertama dalam merencanakan pernikahan adalah menetapkan anggaran pernikahan. Besaran budget yang dimiliki akan sangat mempengaruhi proses persiapan pernikahan selanjutnya. Misalnya, dana pernikahan yang dianggarkan 50 juta rupiah. Dengan dana segitu kamu akan bisa menentukan konsep pernikahan seperti apa yang mampu diwujudkan, berapa jumlah tamu yang bisa diundang serta berbagai elemen-elemen lainnya untuk pernikahanmu.  

Menentukan budget di awal juga akan membantumu dalam memetakan skala prioritas untuk membuat pengeluaran pernikahan seefisien mungkin. Sehingga, setiap pos-pos pengeluaran bisa berjalan sesuai dengan rencana awal. Kalaupun ada perhitungan yang meleset dari anggaran yang sudah ditetapkan, sebagai contoh budget awal untuk busana pernikahan 5 juta rupiah, ternyata harga gaun pengantin yang di dapat 6 juta rupiah, maka kamu bisa mencari kekurangannya dari pos-pos lain seperti mengurangi budget souvenir atau undangan pernikahan. 

2. Mencari Inspirasi dan Mengumpulkan Berbagai Referensi

Jika proses menentukan budget pernikahan cukup melelahkan dan membuat pusing, maka berbeda halnya dengan tahapan yang satu ini. Proses mencari inspirasi pernikahan dari berbagai sumber akan jadi bagian yang paling menyenangkan dari perencanaan pernikahan. Kamu perlu melihat referensi dari berbagai sumber untuk menyempurnakan pesta pernikahanmu. Ibaratnya, inspirasi yang diperoleh tersebut sebagai bekal yang akan kamu bawa untuk perjalanan panjang perencanaan pernikahan selanjutnya. Sekaligus, jadi momen untuk refreshing, melihat-lihat sambil merencanakan pesta pernikahan impian.  

Apa kamu sudah tau pesta pernikahan seperti apa yang ingin diwujudkan? Pesta pernikahan dengan sentuhan adat yang kental, ataukah international wedding dengan konsep modern? Palet warna apa yang ingin digunakan? Pernikahan indoor atau outdoor, serta hal-hal lainnya.   Pokoknya, cari referensi sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan. Mungkin saja setelah menjelajahi berbagai sumber, kamu tak hanya bisa mendapatkan inspirasi tapi juga solusi terbaik untuk mewujudkan pesta pernikahan impian. Seperti yang kamu lakukan saat ini, di salah satu gudangnya informasi seputar pernikahan, yakni WeddingMarket.

3. Membuat Daftar Tamu Undangan Pribadi dan Keluarga

wm_article_img
Ilustrasi Catering Pernikahan | Sonokembang Catering

Tentu saja bagian ini juga perlu diperhatikan. Percaya deh, membuat daftar tamu undangan dari jauh-jauh hari akan bisa meringankan beban di kemudian hari. Apalagi jika kamu merencanakan pernikahan yang besar dan mengundang banyak kenalan. Mendata nama-nama yang akan diundang ke pesta perkawinanmu akan mempermudah dalam mempersiapkan kebutuhan pernikahan lainnya. Sebab, kamu dan pasangan bisa mengestimasi berapa perkiraan kapasitas venue atau gedung pernikahan, catering yang harus dipesan, serta berbagai persiapan lainnya.

Satu hal lagi, jangan lupa tanyakan juga kepada orangtua dan calon mertuamu perkiraan tamu undangan dari masing-masing pihak. Bisa jadi, kamu dan pasangan hanya berniat mengundang sedikit teman atau kenalan, tapi ternyata dibalik itu ada tamu-tamu lain dari kolega keluargamu. Hal ini juga perlu diantisipasi dari awal, jangan sampai salah setting, ya. Tak heran mengapa tahap penetapan tamu ini menjadi cukup krusial, karena akan menyangkut masalah ketersediaan venue untuk menampung para undangan, jumlah makanan untuk jamuan dan biaya-biaya pernikahan lainnya. 

4. Memilih dan Survey Tempat Lokasi Pernikahan Sedini Mungkin Setelah Tanggal Pernikahan Ditetapkan

Anggaran sudah ditetapkan, jumlah tamu undangan sudah ditentukan, rencana tanggal pernikahan pun sudah dikantongi. Selanjutnya, mulailah tahap untuk mewujudkan semua mimpi-mimpi itu menjadi kenyataan. Sebelum ke detail-detail kecil pernikahan, hal pertama yang harus kamu tetapkan tentunya adalah lokasi atau tempat berlangsungnya prosesi penyatuan cintamu dan sang kekasih. Mau itu pernikahan di rumah, gedung atau tempat lainnya, putuskanlah secepatnya setelah rencana tanggal pernikahan ditetapkan. Terutama bagi kamu yang hendak menyelenggarakan pesta di tempat pernikahan selain rumah. 

Memilih venue atau gedung pernikahan jauh-jauh hari gunanya untuk mengantisipasi kemungkinan tempat itu penuh atau sudah dipesan oleh orang lain. Apalagi jika kamu memiliki dream wedding di tempat-tempat pernikahan yang cukup populer, maka wajib untuk survei lokasi secepatnya, ya! Disamping untuk mencocokkan dengan jadwal rencana pernikahan, memilih gedung atau tempat pernikahan dari jauh-jauh hari kadang juga ada promo-nya, loh. Seperti best venue deals di WeddingMarket. Lumayan ‘kan bisa menghemat pengeluaran pernikahanmu? Dananya bisa dipakai deh untuk kebutuhan pernikahan yang lain.

5. Menyebarkan Undangan di Waktu yang Tepat

wm_article_img
Undangan Pernikahan Mewah | The Burgundy Seal

Undangan pernikahan adalah salah satu hal penting diantara persiapan pernikahan yang tak boleh diabaikan, bahkan perannya sangat krusial karena menyangkut informasi dan detail tentang acara pernikahanmu. Kadang saking sibuknya dengan persiapan pernikahan yang begitu banyak, kedua mempelai tidak mempertimbangkan kapan saat terbaik untuk menyebar undangan pernikahan. Padahal, undangan pernikahan berkaitan langsung dengan kehadiran para tamu undangan. Oleh sebab itu, kamu perlu memastikan surat undangan pernikahan sampai tepat waktu di tangan para tamu undangan, tidak terlambat ataupun terlampau cepat. WeddingMarket pernah mengulas hal ini dalam artikel khusus terkait waktu menyebar undangan pernikahan terbaik, silahkan dicek langsung, ya. 

6. Mengurus Berbagai Surat dan Administrasi Pernikahan

Satu hal lagi yang tak kalah penting dalam proses perencanaan pesta pernikahan yakni mengurus berbagai surat administrasi yang diperlukan untuk mengesahkan pernikahan. Dari sekian banyak step-by step yang dilakukan dalam menyusun sebuah pesta pernikahan, sejatinya intinya adalah selembar surat pengesahan secara resmi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang, baik itu dari KUA atau Catatan Sipil Terkait. Untuk mendapatkan surat nikah resmi tentunya ada beberapa persyaratan administrasi yang perlu dilengkapi. Nah, jangan lupa untuk mempersiapkannya. Kalau bisa dari jauh-jauh hari akan lebih baik, mengingat semakin dekat hari H kamu dan pasangan pasti akan semakin disibukkan dengan berbagai hal terkait persiapan pernikahan. Jika belum mengerti tentang persyaratan nikah pun masih ada waktu untuk mempelajarinya sambil merencanakan berbagai kebutuhan pesta pernikahan yang lainnya.

wm_article_img
Ilustrasi Pernikahan | Fotografi: Symphotoworks

Nah, itulah beberapa tips terkait perencanaan pesta pernikahan yang bisa kamu terapkan bersama pasanganmu. Memang sih, mempersiapkan pernikahan tidaklah mudah. Kedepannya pun mungkin akan ada berbagai kendala yang akan dihadapi. Namun, jika kamu dan pasanganmu melakukan perencanaan secara matang, serta mempertimbangkan tips dan saran  dari yang lebih berpengalaman, tentunya persiapan pernikahan akan lebih efisien, hemat waktu, tenaga dan budget. Prosesnya tidak akan menjadi sesulit yang dibayangkan. Diskusikan dengan pasanganmu dan rencanakanlah bersama-sama ya, WeddingMarket siap membantu menyediakan berbagai kebutuhan untuk mewujudkan pesta pernikahan impianmu. Kunjungi laman store dan baca berbagai ulasan menarik dan tips pernikahan lainnya juga ya! Semoga rencana pernikahanmu bisa berjalan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...