Pilih Kategori Artikel

Tips Jitu Memilih Aksesoris Pengantin Wanita Hijab yang Tepat
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Bagi seorang wanita muslimah, menggunakan hijab merupakan suatu kewajiban. Bahkan di acara pernikahan sekalipun,  pengantin wanita muslimah juga menggunakan hijab yang bisa dimodifikasi dengan berbagai aksesoris. Dengan menggunakan aksesoris pengantin wanita hijab yang tepat, penampilan sang mempelai bisa dimaksimalkan. 

Menggunakan hijab tidak akan menghalangi sang pengantin wanita untuk bisa tampil totalitas. Sebab, ada banyak sekali alternatif aksesoris yang bisa digunakan oleh pengantin wanita muslimah untuk mempercantik kerudungnya. Namun, seperti halnya pengantin wanita yang tidak menggunakan hijab, memilih aksesoris pengantin hijab pun merupakan sesuatu yang riskan. 

Apabila model aksesoris yang dipilih tidak tepat, maka akan membuat tampilan sang pengantin menjadi kurang maksimal. Bahkan, ada kemungkinan aksesoris yang digunakan malah merusak look si pengantin. Karena itu, sangat perlu diperhatikan dalam memilih aksesoris pelengkap ini. 

Tips Untuk Memilih Aksesoris Pengantin Wanita Hijab 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, memilih aksesoris pengantin untuk wanita yang menggunakan hijab adalah hal yang cukup riskan. Jika salah-salah, bisa mengurangi keindahan tampilan pengantin wanita. Tentu saja, hal tersebut tidak diinginkan untuk terjadi. 

Karena itu, untuk memaksimalkan pesona pengantin wanita dengan hijab, WeddingMarket akan memberikan beberapa tips dalam memilih aksesoris yang bisa diikuti oleh para pengantin wanita yang menggunakan hijab. Ikuti panduan di bawah ini agar kamu bisa menemukan aksesoris dan tampilan yang tepat di hari pernikahanmu nanti!

1. Gunakan Hijab yang Polos 

wm_article_img

Jika pengantin wanita yang menggunakan hijab memang berencana untuk menggunakan aksesoris hijab, lebih baik untuk menggunakan hijab yang polos saja, hindari hijab dengan banyak payet atau motif lainnya. Pasalnya, jika hijab dengan motif atau payet ini dipadukan dengan aksesoris. Maka, akan menimbulkan kesan yang berlebihan. 

Apalagi, tampilan wanita muslimah pada dasarnya identik dengan kesederhanaan namun tetap cantik. Karena itu, tentukan salah satu saja, ingin menggunakan hijab yang bermotif atau berpayet ramai, atau menggunakan aksesoris hijab? Dengan begitu, para pengantin wanita hijab bisa menghindari kesan yang berlebihan namun tetap terlihat cantik. 

Hijab yang polos ini juga bisa mempengaruhi kenyamanan penggunaan hijab. Hijab dengan model payet tertentu, biasanya lebih berat dibandingkan hijab yang polos. Jika hijab ini ditambah dengan aksesoris pada bagian kepala, tentu saja rasanya akan semakin tidak nyaman digunakan oleh pengantin wanita. 

2. Sesuaikan dengan Tema Pesta dan Busana

wm_article_img

Dalam memilih aksesoris hijab wanita yang akan digunakan pada hari pernikahan, pastikan sudah menyesuaikannya dengan tema pesta pernikahan. Misalnya saja, jika tema pesta yang diadakan adalah elegan dan formal. Maka, aksesoris dengan warna-warna metalik seperti emas atau perak akan sesuai sebagai hiasan. Namun, jika pesta temanya semi formal dan tidak terlalu kaku, maka hiasan dengan warna yang ceria akan lebih sesuai dengan tema pesta. 

Selain itu, aksesoris pengantin pada wanita juga harus disesuaikan dengan tema busananya. Akan lebih baik, untuk memilih aksesoris yang senada dengan busana yang digunakan. Kemudian bisa juga menggunakan warna pendukung agar aksesoris nampak menonjol pada busana pengantin. Ketika mendiskusikan tema pesta dan busana pernikahan, aksesoris yang digunakan juga harus menjadi bagian dari pertimbangan. 

3. Pilih dari Bahan yang Tidak Mudah Berkarat 

wm_article_img

Sebagian besar aksesoris untuk pengantin berhijab biasanya terbuat dari metal. Seperti bros, crown, headpiece, ataupun mahkota pengantin adat. Aksesoris yang terbuat dari bahan ini rentan sekali dengan karat atau perubahan warna. Karena itu, penting untuk memilih aksesoris yang terbuat dari bahan yang tidak mudah berkarat atau berubah warna. Jangan hanya mempertimbangkan keindahan dari aksesoris yang dipilih. Namun, pertimbangkan juga dari segi bahannya. 

Jika memungkinkan, gunakan aksesoris yang berbahan murni seperti emas, perak, atau untuk menghemat biaya aksesoris dari bahan titanium bisa menjadi pilihan. Biaya yang dikeluarkan mungkin menjadi lebih besar, tetapi tentu saja hal tersebut tidak menjadi masalah besar untuk memaksimalkan tampilan pengantin wanita. Terutama, di hari pernikahannya sendiri pastinya ingin tampil dengan sempurna. 

4. Pastikan Aksesoris Nyaman Ketika Digunakan 

wm_article_img

Beberapa aksesoris pengantin wanita hijab yang dikenakan di kepala seperti mahkota atau rantai tipis. Memiliki kemungkinan untuk menimbulkan rasa tidak nyaman di bagian kepala. Terutama bila aksesoris semacam ini digunakan dalam waktu yang lama selama resepsi pernikahan. 

Kepala pengantin wanita mungkin saja merasa sakit dan pusing. Tentu saja, hal tersebut akan membuat ketidaknyamanan selama pesta pernikahan berlangsung. Begitu pula aksesoris yang digunakan pada bagian tubuh lainnya. Misalnya, gelang yang terlalu rapat atau bros yang terasa menusuk karena terlalu tajam. Karena itu, sangat penting untuk memilih aksesoris untuk pengantin wanita hijab berdasarkan faktor kenyamanan penggunaannya. 

Walaupun desain aksesoris indah dan sudah sesuai untuk digunakan bersama tema dan busana pestanya. Percuma saja jika akan menimbulkan perasaan tidak nyaman pada pengantin wanita. Hal ini malah akan membuat para pengantin wanita tidak bisa menikmati resepsi pernikahannya. 

5. Buat Model Hijab dengan Sederhana 

wm_article_img

Selain memilih hijab yang polos, jika kamu memutuskan untuk menggunakan aksesoris tertentu pada bagian kepala yang berhijab. Maka, sangat disarankan untuk menggunakan model hijab yang sederhana saja dan jangan yang terlalu rumit. Alasannya sama dengan poin pertama yang dibahas sebelumnya. Hal ini untuk mengurangi kesan berlebihan pada pengantin wanita.

Selain  itu, model hijab yang sederhana akan mempermudah pemasangan aksesoris. Sebab, tidak ada lipatan lain atau terlalu banyak jarum pentul yang akan menghalangi pemasangan aksesoris. Terutama, aksesoris pengantin yang dipasang di bagian kepala. Model hijab yang sederhana ini juga mempengaruhi kenyamanan penggunaan aksesoris dan hijab.

Jika pengantin wanita menggunakan model hijab yang terlalu rumit kemudian ditambah dengan aksesoris kepala yang juga cukup ramai, maka tentu saja rasanya akan kurang nyaman. Apalagi, jika digunakan selama pesta resepsi pernikahan yang memakan waktu sampai berjam-jam. 

6. Pilih yang Mudah Dilepas dan Dipasang 

wm_article_img

Tips selanjutnya adalah pilihlah aksesoris yang mudah untuk dilepas atau dipasang. Hal ini untuk mempermudah dan mempercepat para pengantin wanita ketika sedang bersiap-siap. Selain itu, dengan aksesoris yang mudah dilepas dan dipasang, para pengantin wanita tidak akan kerepotan setelah akhir acara nanti. Jadi, bisa berganti baju dengan lebih cepat. Pengantin wanita juga bisa melepas aksesoris kepala dengan mudah ketika ingin beristirahat. 

Walaupun terlihat sepele ternyata pemilihan aksesoris untuk pengantin wanita yang menggunakan hijab merupakan sesuatu yang krusial. Lihat juga penggunaan aneka mahkota pengantin adat di Indonesia yang dapat dimodifikasi dengan hijab. Rencanakan tema pernikahan, busana, dan aksesoris yang akan digunakan dengan vendor-vendor terbaik di WeddingMarket. Para pengantin bisa menciptakan pesta pernikahan yang sempurna sampai ke detailnya! 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...