Pilih Kategori Artikel

Veil Gaun Pengantin Barat, Jenis dan Tips Memilihnya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ladies, saat kamu memilih kostum untuk pernikahanmu, terutama yang tradisional atau Barat tentunya kamu menyadari bahwa ternyata baju pengantinmu itu sudah satu bagian dengan veil.

Keberadaan benda yang satu ini tentu akan semakin melengkapi penampilanmu. Kamu akan semakin merasa anggun dan cantik karena memakai veil gaun pengantin Barat.

Veil atau kerudung yang kamu pakai sebagai pelengkap gaunmu itu akan semakin menambah kesempurnaanmu dalam bergaun di hari pernikahan. Veil ini sendiri mempunyai beberapa macam jenis, yang pemakaiannya bisa disesuaikan dengan bahan, gaya, selera, dan bentuk tubuhmu.

Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis veil atau kerudung gaun pernikahan yang bisa kamu pakai pada hari pernikahanmu.

Jenis-jenis Veil Gaun Pernikahan

wm_article_img

Foto: Pinterest

1. Birdcage veil

Veil gaun pertama yang perlu kamu ketahui adalah birdcage veil. Dinamakan demikian karena tampilannya yang seperti sangkar burung. Bentuk veil hanya untuk menutupi wajah namun beberapa menutup hingga sebatas mata, hidung, bahkan seluruh wajah.

Kerudung pernikahan ini termasuk yang bisa dibilang jadul atau vintage karena terinspirasi pernikahan pada dekade 1950 atau 1960. Supaya serasi dengan gaun pengantin yang kamu gunakan, gunakan saja gaun lengan panjang ketika memakai veil ini lalu tambahkan beberaopa helai bulu atau bros vintage sebagai aksen.

Namun untuk memakai veil ini disarankan tidak memakai bulu mata palsu karena hal tersebut akan membuat kamu sulit berkedip.

2. Flyaway

Apabila kamu adalah orang dengan tipe yang sederhana dan menyukai situasi pernikahan yang santai, kamu bisa memilih model flyaway. Model ini merupakan veil gaun yang bersifat lembut karena dibuat dari material yang tipis, dan mempunyai ciri dengan panjang sebatas bahu.

Namun ada juga tipe yang jatuh tepat di belakang kepala. Untuk gaun pengantin yang sesuai dengan veil ini kamu bisa memadankannya dengan gaun pendek atau panjang yang tertutup, atau bahkan gaun tanpa ekor.

Kalau kamu berambut pendek, tempatkan veil ini di atas kepala sehingga akan terlihat lebih mengagumkan dengan tampilan yang sederhana.

3. Elbow

Veil gaun pengantin Barat lainnya yang bisa kamu pakai adalah elbow yang mempunyai ciri berukuran panjang sedang dengan lipayan kerudung yang cukup sedikit melewati bahu, serta berada di sepanjang lengan atas.

Untuk bagian paling panjangnya berada di atas siku. Veil ini merupakan yang favorit di tahun 1950-an dan bersifat kasual. Kelebihannya adalah ukurannya yang pendek membuatnya menjadi lebih praktis namun tetap dapat memberikan kesan yang anggun.

Gaun pengantin yang cocok dengan veil ini adalah gaun yang berciri santai, tidak terlalu panjang atau mempunyai ekor yang pendek. Jangan lupa untuk menyesuaikan dengan panjang gaun dan model rambut supaya tampak serasi dengan gaya yang kamu pilih.

4. Fingertip

Ladies, apakah kamu ingin tampil anggun seperti Kate Middelton? Kalau iya, kamu bisa memilih veil jenis fingertip. Veil ini mempunyai ciri panjang yang sedang dengan batas terpanjang pada ujung jari sehingga dinamakan fingertip lalu mengelilingi kepala dan menutupi bahu.

Fingertip merupakan veil yang paling populer pada dekade 1940-an dan 1950-an yang kemudian dipopulerkan lagi oleh Kate Middelton pada 2011.

Gaun pengantin yang cocok dengan veil ini adalah gaun panjang. Namun, buat kamu yang bertubuh mungil sebaiknya hindari memakai kerudung gaun ini karena akan membuatmu malah tidak terlihat atau tenggelam.

Untuk pemakaian sebaiknya tidak disarankan pada pernikahan yang digelar di malam hari karena akan menganggu kamu yang tentunya ingin melengkapi pestamu dengan berdansa ria bersama pasangan.

5. Waltz Veil

Apabila kamu menginginkan tampilan dengan sentuhan yang dramatis serta unik kamu bisa memilih Waltz veil. Veil yang dikenal sebagai kerudung balet ini biasanya memiliki panjang akhir antara betis dan pergelangan kaki, dan dipakai dengan lapisan ganda sekaligus menutupi bagian depan.

Kamu pun bisa memadankannya dengan gaun yang melekuk tubuh tanpa ekor atau dengan panjang gaun yang sangat pendek.

6. Sweep Chapel Veil

Sweep chapel veil adalah nama untuk menyebut kerudung  gaun pernikahan yang berbentuk panjang menyapu lantai atau lebih tinggi sedikit di atas lantai. Keduanya bisa ditampilkan dengan sempurna dan serasi jika dipadukan dengan gaun panjang dan yang memiliki ekor.

Karena terbuat dari material khusus veil jenis ini akan terlihat sangat mengagumkan sehingga dapat menambahkan kesan mewah dan dramatis.

7. Cathedral Veil

Jika kamu ingin benar-benar menjadi pusat perhatian saat hari pernikahanmu, gaun pengantinmu bisa dipadupadankan dengan Cathedral veil. Ini adalah veil yang mempunyai ciri dengan kerudung paling panjang, formal, dan paling dramatis dari semua jenis veil.

Dikatakan begitu dramatis karena veil gaun ini lebih sering menarik perhatian. Selain itu, kamu yang mengenakan veil ini akan terbawa oleh dampak visual yang indah serta menakjubkan di acara pernikahanmu.

Panjang kerudung gaun ini biasanya hingga lima meter yang tentu saja membuat kamu harus hati-hati dalam melangkah, dan harus dipegang oleh para pengiringmu supaya tidak rusak.

Meski begitu, kamu akan mendapatkan kesan yang mengagumkan saat diabadikan dengan jepretan kamera dan masuk dokumentasi.

Untuk pemakaian yang lebih baik, sebaiknya jangan dipadankan dengan gaun pendek. Kamu  bisa memadankannya dengan gaun mermaid, terompet, dan ball gown bermaterial halus. Tak lupa, sematkan juga hiasan dengan aksen menyala supaya terlihat lebih maksimal.

8. Mantilla

Veil gaun pengantin Barat terakhir yang bisa kamu kenakan adalah Mantilla. Asalnya dari Spanyol sesuai dengan namanya.

Veil yang satu ini memberikan pesona yang unik karena disematkan di pangkal kepala, dan terbuat dari material bertesktur pilihan pada bagian tepinya hingga mampu memunculkan sentuhan feminin pada kamu.

Itulah, Ladies, jenis-jenis veil yang bisa kamu pakai jika kamu mengenakan gaun pengantin Barat atau internasional pada hari pernikahanmu. Namun supaya lebih cocok juga ada baiknya kamu memperhatikan tips-tips berikut dalam memilih veil yang tepat.

Tips Memilih Veil

wm_article_img

Foto: Royal Wedding

1. Kenali Pribadimu

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam memilih veil adalah kamu harus mengenali pribadimu terlebih dahulu. Apakah kamu termasuk orang dengan pribadi yang gemar bergerak ke sana kemari saat pernikahan berlangsung untuk menyapa semua orang?

Kalau iya, sebaiknya pertimbangkan untuk memakai veil jika hal itu dirasa mengganggu dan menjadi beban buat dirimu. Namun, jika kamu ternyata orang yang sebaliknya kamu bisa memakai veil panjang jika ingin terlihat lebih glamor atau veil dengan panjang yang medium apabila kamu menyukai kesederhaan dan kepraktisan.

2. Carilah yang Mudah Dilepas

Memakai veil sebagai pelengkap gaun pernikahanmu berarti kamu juga harus mempertimbangkan tatanan rambut di kepalamu.

Supaya tidak merusak tatanan rambut kamu sebaiknya mencari veil yag mudah dilepas. Biasanya yang menempel pada headpiece.

3. Lokasi

Lokasi juga menjadi hal yang penting lho, Ladies, dalam memilih veil. Karena itu, kamu perlu mempertimbangkan cuaca, suhu pada saat acara. Hal yang perlu kamu pertimbangkan lagi adalah apakah veil cocok digunakan pada cuaca yang seperti itu.

Apabila kamu keukeuh dan ingin memakai di pernikahan outdoor, kamu bisa memakai veil pendek hingga setengah panjang untuk mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

4. Sesuaikan dengan Gaun

Tips terakhir adalah kamu harus memakai veil yang sesuai dengan gaun yang kamu kenakan. Karena tujuan veil ini adalah melengkapi penampilanmu dalam memakai gaun pengantin. Karena itu, jangan pilih veil yang desainnya mengalahkan gaunmu.

Apabila gaun yang kamu kenakan backless kamu lebih baik mengenakan kerudung gaun yang tipis untuk dapat menunjukkan area belakangmu yang backless dan anggun. Untuk hiasan dan warna, tidak melulu sama persis dengan gaun namun sebaiknya jangan saling tumpang-tindih.

Itulah tips-tips yang tepat bagi kamu dalam memilih veil gaun pengantin. Semoga bisa menjadi referensimu untuk pernikahanmu.

Nah, Ladies, apakah kamu sedang mencari veil gaun pengantin Barat yang tepat untuk hari pernikahanmu? Jangan ragu-ragu dan sungkan untuk mampir ke vendor gaun pengantin di Wedding Market ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...