Pilih Kategori Artikel

10 Tren Gaun Pengantin Terbaru dari New York Bridal Fashion Week Edisi Fall 2024
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Melangkah dalam dunia impian pernikahan, New York Bridal Fashion Week Edisi Fall 2024 telah memberikan sorotan luar biasa pada tren gaun pengantin yang memukau. Dengan setiap detail yang dipamerkan di atas panggung, koleksi ini tidak hanya merayakan keindahan, tetapi juga menghadirkan inspirasi bagi calon pengantin yang mencari gaun pernikahan sempurna. 

Dari desain elegan hingga yang penuh dengan nuansa modern, para perancang ternama mempersembahkan gaun pengantin yang tak hanya memikat, tetapi juga menciptakan kisah cinta timeless.

Pertunjukan dimulai dengan serangkaian gaun pengantin berpotongan princess yang memberikan sentuhan romantis dan mewah. Detail renda yang indah dan rok bervolume menciptakan kesan anggun tak terlupakan. Sementara itu, desain modern dan minimalis memberikan alternatif segar, memenuhi keinginan calon pengantin yang mengidamkan kesederhanaan tanpa mengorbankan keanggunan.

Koleksi ini juga memperkenalkan tren terkini dalam dunia gaun pengantin dengan model berpotongan asimetris yang mengeksplorasi keunikan dan kreativitas. Aksen modern seperti potongan geometris dan detail futuristik sangat sempurna untuk calon pengantin yang ingin tampil beda.

Sebagai inspirasi, kami membawa kamu menjelajahi lebih dalam tren terkini dari kecantikan dan keunikan setiap gaun pengantin yang mewakili visi para perancang terkemuka dalam New York Bridal Fashion Week Edisi Fall 2024 Collection. Setiap gaun dengan segala detailnya, memberikan inspirasi yang tak terbatas untuk pernikahan impian.

1. Gaun Bervolume

wm_article_img
Mark Ingram Bride | Foto: via New York Times

Kebanyakan pengantin wanita memiliki tiga sampai empat look gaun yang akan memeriahkan resepsi indahnya. Karena itu, popularitas gaun bervolume kian meningkat. Pengantin wanita akan memilih gaun ini sebagai look pertama sebelum berganti dengan busana ringan untuk pesta di malam hari.

wm_article_img
Anne Barge | Foto: via New York Times

Memilih gaun pengantin dengan look besar dan tebal merupakan pilihan menarik. Bentuk ramping dan sheath dress kerap menjadi pilihan siluet jika gaun pengantin sudah memiliki volume.

wm_article_img
Foto: Yelena Yemchuck via Brides

Di New York Bridal Fashion Week–Edisi Fall 2024 Collection menawarkan beberapa gaun bervolume dengan tipe ramping dan fit badan. Seperti tiga karya dari Mark Ingram, Anne Barge, dan Honor ini sama-sama memilih model A-Line Ball Gown yang bervolume di bagian bawah.

Penggunakan bahan silk mikado terlihat sempurna dan memberikan kesan elegan yang tampak mewah. Bagaimana menurut kamu? Siap tampil memesona di pernikahan tahun ini?

2. Peplum Dress

wm_article_img
Andrea Osei Bride | Foto via New York Times

Mendapatkan look retro, minimalis, dan vintage bisa menggunakan peplum dress yang menonjolkan keindahan pinggang pengantin wanita. Peplum dress ini merupakan model gaun yang populer di tahun 90-an, tetapi keindahannya tetap menarik perhatian hingga kini.

wm_article_img
Andrea Osei Bride | Foto via New York Times

Populernya dress dengan model peplum juga dikarenakan oleh bentuknya yang bisa dikenakan oleh siapa saja. Baik itu wanita dengan bentuk tubuh thin hingga tebal. Peplum dress akan memberikan tampilan anggun bagi setiap pengantin wanita.

Sebagai inspirasi buat kamu, WeddingMarket kembali memilih tiga gaun berbentuk peplum. Gaun pengantin putih milik Nadia Manjarrez, Andrea Osei, dan Milla Nova ini bisa menjadi inspirasi terbaik kamu!

wm_article_img
Andrea Osei Bride | Foto via New York Times

Masing-masing gaun pengantin memiliki keunikan tersendiri. Nadia memadukan peplum top dengan maxi skirt, Andrea dengan bawahan ringan berbahan tulle, dan Milla Nova menarik perhatian menggunakan desain cantik dari pleated skirt.

Buat kamu yang suka tampilan elegan, pilihan gaun milik Nadia akan terlihat sempurna. Namun, untuk tampilan lebih santai, maka gaun pengantin dengan pleated skirt dan rok tulle pasti cocok!

3. Aplikasi Motif Bunga

wm_article_img
Kaviar Gauche Fall 2024 Dress | Foto: via Brides

Membicarakan gaun pernikahan tidak lengkap kalau tidak menyebut motif bunga yang kerap hadir menghiasi suasana. Begitu pula dengan gaun pernikahan putih yang ditampilkan di New York Bridal Fashion Week untuk edisi musim gugur 2024.

Penggunaan motif bunga biasanya identik dengan musim semi, di mana bunga-bunga bermekaran. Namun nyatanya, di tahun 2024, tren gaun pengantin putih bermotifkan bunga populer tidak hanya di musim semi saja.

Tiga desainer terkemuka, seperti Kaviar Gauche yang memberikan sentuhan bordir kelopak bunga putih di atas mini dress cantik dengan veil sebagai aksesoris kepala. Pilihan gaun pengantin putih ini bisa menjadi look kedua kamu di malam pesta pernikahan. 

wm_article_img
Alexandra Grecco | Foto via Vogue

Kemudian, ada Alexandra Grecco menampilkan bunga mawar 3D dari kain organza dan brokat bermotif senada yang diaplikasikan pada bagian lengan. 

wm_article_img
Monique Lhuillier | Foto via Vogue

Selain itu, terdapat karya Monique Lhuillier yang memamerkan kelopak bunga putih dengan hint hijau di sepanjang gaunnya. Bentuk bunga 3D ini dipastikan akan menyempurnakan pesta pernikahan kamu mendatang. 

So, sudah tahu mau bentuk bunga seperti apa?

4. Model Sederhana

wm_article_img
Theia Fall 2024 Dress | Foto: via Brides

Tidak hanya gaun pernikahan bermodel unik saja yang ditampilkan pada perhelatan fashion akbar tersebut. Model sederhana tanpa banyak detail tambahan pun juga ikut memeriahkan acara.

Salah satunya adalah karya masterpiece dari Theia yang menonjolkan keindahan leher dengan tambahan lipatan di bagian atas gaun. Theia memilih bahan stretch crepe yang memberi tampilan klasik. Baik bentuk dan bahannya, Theia ingin menyampaikan kesan timeless dari gaun pernikahan putih ciptaannya.

wm_article_img
Halfpenny Secchi Dress | Foto: via Thewed

Selain Theia, koleksi Halfpenny juga bisa menjadi ide gaun pengantin kamu di tahun ini. Berbeda dengan Theia, gaun putih cantik dan sederhana ini berbahan dasar satin yang akan berkilau diterpa cahaya lampu pesta pernikahan. 

Dua gaun ini juga cukup menarik perhatian para desainer dan pengamat fashion lain karena bentuk dan model yang kecantikannya akan tetap abadi sampai kapanpun. Setuju, kan?

5. Tren Pants dan Jumpsuit

wm_article_img
Kaviar Gauche | Foto: via New York Times

Tren perpaduan pants dan jumpsuit akan menjadi populer di tahun ini. Terbukti dengan adanya desain gaun pernikahan putih yang menggabungkan elemen maskulin dan feminitas.

Penggabungan ini memberikan kesegaran baru di dunia fashion. Di tahun lalu, penggunaan pants maupun jumpsuit ini kurang populer. Namun, terdapat salah satu public figure tanah air yang menggunakannya, yaitu Gritte Agatha.

Ia mengenakan pants di malam pesta pernikahan yang terkesan lebih santai daripada acara siang hari. Para desainer yang menampilkan karyanya di New York Bridal Fashion Week juga sepakat dengan hal tersebut.

wm_article_img
Rime Arodaky | Foto: via New York Times

Penggunaan pants ataupun jumpsuit akan serasi dengan suasana malam pernikahan yang santai dan lebih nyaman. Seperti halnya atasan bustier bertekstur milik Kaviar Gauche dan crepe jumpsuits dengan chantilly lace milik Rime Arodaky.

6. High-Low Dress

wm_article_img
Reem Acra | Foto via Vogue

Untuk tampilan yang lebih dramatis, kamu bisa memilih high-low dress dengan perpaduan gaun mini dengan rok luar di bagian belakangnya. Dengan perpaduan keduanya, tampilan pengantin wanita akan terlihat tambah sempurna ketika berjalan menuju altar pernikahan.

Memiliki ‘ekor’ luar berupa rok panjang yang menjuntai memang menjadi busana khas pernikahan. Look mewah, meriah, dan cantik didapatkan sekaligus dengan satu gaun pernikahan. 

Pada perhelatan New York Bridal Fashion Week, karya Reem Acra memanjakan mata dengan paduan brokat bordiran bunga berwarna putih beralaskan satin yang dipercantik dengan rok panjang di belakang.

wm_article_img
Rime Arodaky | Foto via New York Times

Kemudian, terdapat karya Rime Arodaky yang telah kembali dengan gemilang ke panggung New York Bridal Fashion Week setelah absen selama lima tahun, ia memperkenalkan dirinya lewat gaun sifon sutra yang elegan berdesain tinggi-rendah, garis leher V off-shoulder dan lengan balon.

wm_article_img
Amsale | Foto via New York Times

Berbeda dengan Amsale yang memadukan tinggi-rendah model gaun pernikahan dalam satu desain. Ia juga menambahkan atasan korset desain abstrak yang menambahkan volume pada gaun pernikahan. Meskipun ruffle di bagian bawah sudah memberi volume, desain korset di atas tidak terlihat berlebihan. Semua desain, kain, dan model yang ditampilkan Amsale tampak luar biasa!

7. One Shoulder Neckline

wm_article_img
Jenny by Jenny Yoo | Foto via New York Times

Dipolpulerkan oleh Michelle Obama pada tahun 2009 di pesta pelantikan Presiden Obama, gaun pengantin putih satu bahu menciptakan tren mode yang pada awalnya mendapatkan banyak perhatian. Namun, sekarang telah memasuki periode baru dalam evolusi gaya fashion.

wm_article_img
Divine Atelier | Foto via New York Times

Desainer-desainer musim ini memberikan sentuhan segar pada tampilan tersebut. Peter Langner memperkenalkan gaun A-line dengan desain garis leher satu bahu yang terinspirasi dari elemen arsitektural.      

wm_article_img
Peter Langner | Foto via New York Times

Desainer Jenny by Jenny Yoo memberikan perhatian khusus pada detail pada gaun taffeta dengan menambahkan elemen tali satu bahu yang dihiasi pita. Di sisi lain, Divine Atelier memperlihatkan gaun taffeta asimetris yang elegan, dengan desain garis leher satu bahu yang mempesona dan memeluk bahu dengan anggun.

8. Warna Berani

wm_article_imgwm_article_img
Foto via Vogue

Dari tadi perasaan pembahasannya gaun pengantin putih mulu, yah. Apakah tahun ini hanya gaun putih saja yang akan populer? Oh, tentu tidak, ya!

wm_article_imgwm_article_img

Foto via Vogue

Seperti koleksi dari Ines Di Santo, Honor, dan LaPointe yang menampilkan warna pink dan biru pastel. Sementara itu, Galia Lahav dan Nadia Manjarrez juga mempersembahkan desain gaun pengantin berwarna hitam yang sangat cocok untuk pernikahan bertema gotik.

9. Bentuk Struktural

wm_article_imgwm_article_img

Ese Azenabor | Foto via Vogue

Di tengah penggunaan kain tulle dan renda khas pernikahan, Esé Azénabor hadir dengan keindahan dan keunikan desain gaun pengantinnya. Kehadiran desain avant-garde tersebut berhasil menarik perhatian semua pasang mata yang ikut menyaksikan.

10. Detail Ruffle Tambahan

wm_article_img
Ines Di Santo | Foto via The New York Times

Ines Di Santo, Francesca Miranda, dan Esé Azénabor hadir dengan menampilkan versi terkini dari model gaun yang sempat populer di tahun 90 an hingga awal 2000. Detail tambahan di bagian lengan membuat gaun pernikahan jauh lebih atraktif dan bergaya.

Model desain seperti ini cocok dengan balutan satin, kamisol, atau bolero. Tentunya, detail tambahan ini bisa menjadi jawaban bagi pengantin yang nggak mau ribet. Dengan satu desain, terdapat dua model gaun pernikahan lepas pasang yang akan memudahkan.

wm_article_imgwm_article_img

Foto via The New York Times

Ines Di Santo memperlihatkan strapless gown dengan hiasan bunga 3D dan pita oversize yang ditata di bagian bahu atau dilepaskan seperti selendang. Di samping itu, koleksi Esé Azénabor menjadikan manik-manik sebagai bintang yang dipadukan bersama pita Mikado. Ada juga Francesca Miranda yang menyatukan strapless gown dengan ruffle bolero. Pada cantik dan memesona, kan, gaunnya?

Dengan melibatkan inspirasi dan inovasi dari New York Bridal Fashion Week Edisi Fall 2024, para desainer telah berhasil menciptakan tren-tren gaun pengantin yang memukau. Dari gaun-gaun yang anggun hingga penuh pesona, setiap koleksi memberikan pandangan segar tentang estetika pernikahan modern di 2024. 

Siap menggebrak pernikahanmu dengan penampilan fresh, charming, and chic?

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...