Pilih Kategori Artikel

Fresh juga Elegan, 13 Inspirasi Make up untuk Akad Nikah
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Akad nikah merupakan acara inti dari pernikahan untuk menyatukan hati antara dua manusia. Pada saat inilah pernikahan akan diakui secara agama maupun secara negara. Tak heran bila acara akan berlangsung dengan haru dan sakral. Semua perhatian akan terpusat pada pengantin pada saat ini. 

Oleh sebab itu, pengantin khususnya wanita perlu memperhatikan makeup yang dipulaskan. Sebaiknya pilih makeup yang tidak terlalu berlebihan, tapi juga tidak mudah luntur untuk mengantisipasi terjadinya banjir air mata. Makeup ringan yang memberikan kesan elegan akan cocok untuk acara ini.

Beberapa tampilan makeup untuk akad para pengantin ini bisa dijadikan inspirasi untukmu yang nantinya akan menggelar pernikahan dalam beberapa waktu ke depan. Simak yuk seperti apa!

1. Makeup dengan nuansa nude 

wm_article_img
MUA: Cita Agustin MUA Jogja

Salah satu pilihan makeup yang paling sering dijumpai untuk acara akad adalah makeup dengan nuansa nude seperti ini. Alih-alih memilih alis berwarna hitam pekat, makeup yang ringan dapat didapatkan dari alis yang berwarna cokelat atau abu-abu. Sementara itu, eyeshadow yang memiliki warna senada dengan blush on dan lipstik bisa diaplikasikan tipis-tipis.

Untuk menegaskan mata supaya tidak terlihat terlalu kosong, eyeliner yang agak tebal bisa dipulaskan untuk membingkai mata. Sementara itu, lipstik yang diaplikasikan dengan teknik omber akan menambah volume pada bibir yang tipis. Lipstik berwarna nude bisa digunakan sebagai base, untuk bagian tengahnya bisa menggunakan lipstik dengan warna peach yang sedikit lebih pekat.

2. Makeup nude dengan riasan smokey eyes minimalis

wm_article_img
MUA: Hepi Herviani Wattimena

Masih makeup dengan nuansa nude. Riasan ini ternyata juga cocok digabungkan dengan paes yang biasanya identik dengan makeup yang bold. Alis bisa tetap dibingkai dengan warna hitam, sementara bagian mata bisa menjadi center of interest dengan pengaplikasian smokey eyes minimalis.

Warna cokelat yang lebih pekat disapukan di bagian luar kelopak mata, sementara bagian yang lebih cerah bisa ditaruh di bagian dalam. Untuk memberikan kesan yang minimalis, eyeliner bisa dibuat sangat tipis. Fake eyelash juga tidak perlu yang terlalu tebal. Untuk mengimbanginya, lipstik berwarna nude akan melengkapi penampilanmu.

3. Makeup bold, tapi tetap elegan

wm_article_img
MUA: Rozana Julani

Makeup yang satu ini memiliki look yang bold, tapi tetap elegan. Bagian alis dibuat dengan warna hitam pekat dan tebal mengimbangi riasan mata yang juga dibuat tebal. Warna gelap yang diterapkan hingga bagian bawah sudut mata membuat mata terlihat lebih besar dan tajam. Fake lashes yang dipilih memiliki volume yang lebih tebal melengkapi makeup bagian mata.

Jika ingin memakai lensa kontak, pilihan amannya adalah warna hitam karena warna lain bisa membuat makeup ini terlihat berlebihan. Untuk mengimbangi makeup mata tersebut, lipstik glossy yang memiliki warna netral seperti cokelat muda akan menjadi pilihan yang cantik. Begitu juga bagian blush on yang diaplikasikan di bagian tulang pipi.

4. Makeup matte dengan nuansa pink

wm_article_img
MUA: Mopi Noviana Makeup

Walaupun identik dengan pemilihan makeup yang ringan dan natural, bukan berarti kamu tidak bisa tampil segar. Makeup dengan nuansa pink bisa memberikan kesan segar, tapi tetap ringan ini. Caranya adalah dengan memilih warna pink yang lebih lembut. Di mana warna ini bisa diaplikasikan?

Pertama, di bagian mata. Eyeshadow dengan warna pink lembut bisa diaplikasikan dan dipadukan dengan fake lash minimalis. Selain itu, blush on dengan warna serupa bisa diterapkan di bagian pipi untuk kesan fresh selama acara berlangsung. Terakhir, lipstik dengan warna pink lembut dengan finishing agak glossy akan menjadi pilihan yang tepat.

5. Makeup segar dengan mata yang besar

wm_article_img
MUA: Indah Maulida

Makeup yang satu ini juga memiliki nuansa pink yang membuat segar. Bedanya dengan yang sebelumnya, makeup yang satu ini lebih fokus pada bagian mata yang tampak lebih lebar. Kunci dari makeup mata ini adalah eyeliner yang dibuat overline pada bagian sudut mata. Bagian sudut luar dibuat sedikit melebihi garis mata, sementara bagian dalamnya bisa dibingkai sampai ke bawah. Fake eyelash yang panjang, tapi tidak terlalu tebal akan pas untuk makeup yang tegas tapi elegan ini.

Kamu juga bisa memakai lensa kontak yang agak terang untuk memfokuskan perhatian ke bagian mata. Sementara itu, blush on dan lipstik bisa dibuat kompak berwarna pink yang lembut dengan sedikit sentuhan highlighter untuk membuat wajar lebih berseri.

6. Makeup nuansa pink yang cerah

wm_article_img
MUA: Cita Agustin MuaJogja

Jika nuansa pink yang lembut memberikan kesan elegan dan manis, makeup dengan nuansa pink yang lebih cerah akan membuatmu tampak lebih bersinar dan bahagia. Untuk membuatnya tetap terlihat ringan, pengaplikasian makeup harus dibuat ringan juga. Misalnya, pilihan warna alis abu-abu atau cokelat muda dan eyeshadow minimalis untuk memberikan warna pada mata.

Kamu bisa mengalihkan perhatian ke pilihan lipstik yang cerah dan diterapkan secara full ke bagian bibir. Untuk membuatmu tampak lebih bersinar, kamu juga bisa menerapkan blush on warna pink di pipi dan highlighter di bagian hidung. Highlighter ini juga sekaligus membuat hidungmu tampak lebih mancung.

7. Makeup natural mempertegas fitur wajah

wm_article_img
MUA: Kanya Putri

Makeup yang satu ini terlihat natural karena fitur-fitur pada wajah tidak diubah dengan mempoleskan terlalu banyak riasan, melainkan makeup digunakan untuk mempertegas fitur yang ada. Misalnya, jika biasanya bagian alis dibuat dengan dibingkai dan diisi dengan bentuk yang sempurna, pada makeup ini alis dibingkai dengan natural tanpa meninggalkan bentuk alis yang sebenarnya.

Makeup mata pun dibuat minimalis dengan eyeliner dan fake eyelash yang volumenya tidak terlalu tebal, tapi juga tidak terlalu tipis. Sementara itu, warna bibir juga dibuat mirip dengan warna asli.

8. Makeup natural tanpa paes

wm_article_img
MUA: Kanya Putri

Biasanya makeup Jawa dengan sanggul akan lengkap dengan paes juga. Namun, ada banyak yang tidak mengenakannya saat prosesi tertentu seperti siraman dan pengajian. Bahkan, ada juga yang memilih untuk tidak menggunakan paes untuk resepsi. Pilihan makeup yang clean dan natural ini akan cocok untuk melengkapi tampilan sanggul tanpa paes tersebut.

Kunci dari makeup yang clean ini adalah pemilihan foundation yang cocok dengan tone kulit. Kemudian, aplikasi makeup bagian lain seperti alis, mata, dan bibir bisa dibuat dengan natural juga mengikuti warna dan bentuk asli wajah.

9. Makeup segar untuk kulit sawo matang

wm_article_img
MUA: Kanya Putri

Saat menikah, banyak orang yang memilih makeup manglingi hingga mengubah warna kulit asli sampai beberapa tone di atasnya. Padahal, kamu juga bisa tetap tampil segar dengan warna kulit sawo matang yang dimiliki, lo. Penggunaan concealer untuk meratakan wajah yang memiliki hiperpigmentasi menjadi kunci.

Selain itu, warna-warna yang dipilih untuk membuat wajah terlihat lebih segar juga cukup tricky. Salah satunya warna yang bisa ditonjolkan adalah warna-warna peach, marun, atau terakota.

10. Makeup akad dengan lipstik merah

wm_article_img
MUA: Beauty by Aini

Walaupun biasanya identik dengan warna-warna nude atau warna lembut lainnya, kamu juga bisa menggunakan lipstik warna merah untuk makeup akad. Namun, pilih warna merah yang yang gelap, ya. Hindari penggunaan warna merah yang ngejreng.

Selain itu, pastikan untuk tone down warna-warna bagian yang lain supaya tampilanmu tidak terlalu menyolok dan malah membuat salah fokus para saksi yang datang. Makeup seperti ini akan cocok jika kamu menggunakan tampilan paes untuk acara pernkahan tradisional.

11. Mekup dengan finishing dewy yang fresh

wm_article_img
MUA: Alfistya 

Jika biasanya makeup akad nikah dipilih yang matte, kamu juga bisa memilih makeup dengan finishing dewy untuk hasil yang lebih fresh. Dewy makeup juga akan memberikan hasil akhir yang lembab dan membuat kulit terkesan sehat. Riasan ini akan cocok jika pernikahan memiliki tema internasional atau jika kamu ingin tampil dengan Korean look.

Namun, pastikan bahwa makeup yang dipilih menggunakan makeup yang waterproof supaya tetap aman jika ada momen menangis. Pilih warna-warna yang cerah seperti pink atau peach untuk membuatmu terlihat semakin segar.

12. Makeup flawless dengan warna lembut

wm_article_img
MUA: Desiana Nataliaa

Makeup flawless yang satu ini cocok untuuk yang ingin tampil manglingi tanpa harus berlebihan. Alis dibuat tebal, tapi bukan diblok secara penuh, melainkan diisi dengan bentuk tekstur serat sehingga seolah alis asli. Bagian mata yang dirias dengan smokey eyes tingkat sedang membuat bagian mata terlihat bold dan lebih tajam. Sisanya, riasan dengan warnna nude menuju cokelat membuat tampilan natural ini terlihat lebih manis.

13. Makeup dengan nuansa merah

wm_article_img
MUA: Mopi Noviana Makeup

Makeup ini memiliki komposisi yang seimbang walaupun memiliki warna yang berani. Bagian mata yang dibuat bold dengan pemilihan warna eye shadow yang gelap, ditambah dengan fake eyelash yang memiliki volume tebal membuat bagian mata terlihat menarik. Namun, alis yang tebal tetap dibuat berserat dan rapi sehingga tidak berlebihan.

Lipstik yang berwarna merah membuat tampilan ini tidak memiliki salah satu bagian yang lebih menonjol. Begitupun dengan tambahan blush on merah di pipi. Hindari mengenakan lensa kontak yang berwarna ngejreng supaya penampilanmu tidak aneh.

Itu dia beberapa tampilan makeup untuk akad pernikahan yang bisa kamu jadikan inspirasi. Ada beraneka pilihan yang bisa dipadukan dengan gaya rambut atau hijab yang berbeda-beda. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan tone kulit dan warna rambut atau aksesori lainnya, ya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...