Ciri Khas dan Tips Memilih Gaun Pengantin Simpel Tapi Elegan

29 May 2020 | By Wedding Market | 144
gaun pernikahan simpel tapi elegan
Foto: Suzhou Leader Apparel

Gaun pengantin yang ingin kamu kenakan di hari pernikahan sesungguhnya tidak harus mewah dan berkesan glamor jika kamu menginginkan mengenakan gaun pengantin simpel tapi elegan. Gaun pengantin yang sederhana dan polos ini bisa kamu kenakan apabila kamu menginginkan menjadi seseorang yang berkesan ramah dan simpel serta akrab dengan tamu undangan.

Untuk gaun seperti ini banyak sekali ragamnya. Mulai dari mermaid dress hingga off-shoulder, dan sangat cocok sekali kamu kenakan pada pernikahan outdoor yang membuat kamu bergerak di alas yang berupa tanah, rerumputan, atau pasir pantai.

Untuk warna, sudah dipastikan putih menjadi warna yang dominan pada model gaun ini meskipun warna-warna lain juga bisa diterapkan. Namun, putih menjadi warna yang pas warna netral tersebut melambangkan kesederhaan sehingga sangat cocok digunakan pada gaun simpel ini.

Dengan memakai gaun simpel tapi elegan pada hari pernikahanmu kamu sudah mendobrak pakem yang selama ini berlaku bahwa tampil anggun harus dengan gaun yang mewah. Namun itu semua tidak berlaku ketika Megan Markhle mengenakan gaun putih polos tanpa corak pada saat dinikahi oleh Pangeran Harry di tahun 2018.

Meski simpel, gaun tersebut malah membuat Megan Markhle menjadi terlihat elegan dan tetap seperti putri raja. Kamu tentunya yang melihat Royal Wedding tersebut berharap bisa tampil seperti itu, apa adanya namun tetap begitu berkelas. Supaya kamu tahu seperti apa ciri khas gaun pengantin simpel tapi elegan, di bawah ini adalah penjelasannya.

1. Memiliki Desain yang Seksi

Foto: Pinterest

Ciri khas pertama pada gaun pengantin simpel tapi elegan adalah mempunyai desain yang seksi terutama pada gaun yang menunjukkan keindahan punggung. Gaun ini juga mempunyai detail embellishment pada bateau neck yang menghiasi kedua bahu.

Bentuknya memanjang hingga ke pinggang bagian belakang. Untuk materialnya terbuat dari silk organza yang berwarna putih polos. Warna ini terlihat begitu lembut untuk menampakkan keindahan tubuh.

2. Tanpa Pernak-Pernik Sama Sekali

Foto: Pinterest

Ciri khas kedua dari gaun pengantin simpel ini adalah tidak adanya pernak-pernik sama sekali sehingga gaun pernikahan tersebut berkesan polos. Meski begitu, kesan elegan tercipta karena gaun simpel tersebut berwarna putih.

Gaunnya sendiri mempunyai gambaran hanya memiliki satu detail kecil berupa kerah slit front yang memberi celah cantik dari leher hingga ke garis pinggang sehingga mengesankan pinggang yang terlihat ramping, dan dipadukan dengan rok mermaid sebagai bawahan.

3. Mempunyai Detail yang Minimalis

Foto: Pinterest

Minimalis adalah kata yang cukup akrab untuk gaun simpel tapi elegan, dan menjadi ciri khas yang paling begitu penting. Untuk gaun ini kamu bisa memilih model gaun A-Line berkerah Sabrina.

Bahannya yang berupa warna putih polos dengan detail obi di pinggang ini dapat memberikan kemampuan untuk menyihir dirimu menjadi anggun serta menghadirkan kecantikan yang begitu polos dan menawan.

4. Mempunyai Detail Cantik di Pinggang

Foto: Pinterest

Detail cantik di pinggang juga merupakan ciri khas untuk gaun pengantin yang simpel tapi elegan, Dears. Detail cantik pada pinggang ini membuat ramai supaya tampilan tidak terlalu sepi.

Model gaun yang bisa kamu gunakan adalah off-shoulder yang akan memperlihatkan keindahan bahumu. Model dengan detail ini cocok kamu gunakan saat untuk pernikahan outdoor.

Selain dengan detail cantik di pinggang, kamu juga bisa memakai pita besar pengikat pinggang apabila kamu mengenakan gaun dengan kerah rok tumpuk melebar. Adanya detail cantik di pinggang ini membuat kamu juga terlihat elegan.

5. Ada Cape Sebagai Pelengkap

Foto: Pinterest

Cape adalah salah satu aksesoris pengantin yang biasanya berupa kain berbentuk panjang dengan diberi motif atau renda. Tujuannya untuk mempercantik tampilan mempelai wanita. Pada gaun yang simpel, cape ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meramaikan desain gaun yang polos tersebut.

Model gaun yang cocok dilengkapi dengan cape adalah gaun strapless dan gaun bertali spageti. Gaun yang terlihat anggun dan bersahaja ini akan mendapat sentuhan yang juga manis dengan cape tersebut.

Tips Memilih Gaun Pengantin

Itulah beberapa ciri khas dari gaun pengantin simpel tapi elegan yang bisa kamu ketahui. Selain ciri khas ini, supaya gaun simpelmu juga tepat kamu perlu memperhatikan beberapa tips dalam memilih gaun yang simpel tapi elegan

1. Sesuaikan dengan Budget

Hal pertama yang perlu kamu lakukan supaya gaun simpel yang kamu pilih sesuai adalah perhatikan dari budget yang kamu punya. Dana atau budget ini penting sekali karena membeli gaun pengantin itu membutuhkan pengeluaran yang cukup besar dan melebihi anggaran.

Karena itu, sebelum kamu  hendak membeli gaun pengantin simpel yang kamu inginkan, sebaiknya lihatlah dulu ketersediaan anggaran yang kamu punya. Jangan sampai anggarannya memakan anggaran pos yang lain yang lebih penting.

2. Be Yourself

Memiliki gaun pengantin yang simpel tapi elegan memang akan memberikan hal-hal yang praktis pada dirimu termasuk dana dan kesan yang ditampilkan. Akan tetapi, sebelum kamu memilih model gaun tersebut, hendaknya pertanyakan apakah model itu cocok dengan karaktermu atau kamu sekadar ikut-ikutan tren.

Apabila sesuai dengan karaktermu, berarti model tersebut sangat pas kamu kenakan dan bisa mencirikan pribadimu yang sebenarnya. Namun, jika sekadar mengikuti tren, kamu malah akan kesulitan menunjukkan siapa dirimu saat hari pernikahan.

3. Pilih yang Benar-benar Praktis

Ketika kamu kamu menghendaki memakai gaun pengantin yang simpel tapi elegan, sudah pasti kamu harus memilih gaun yang benar-benar praktis kamu gunakan saat di hari pernikahan terutama bagi kamu yang senang bergerak ke sana kemari untuk menyapa tamu undangan, saudara, dan bahkan berdansa dengan pasanganmu.

Sudah pasti hal tersebut akan menguras banyak tenaga sehingga gaun yang benar-benar praktis adalah solusi yang tepat. Karena itu, jangan sekali-kali memilih gaun yang begitu panjang yang akan menyulitkan pergerakanmu.

4. Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Kamu menginginkan memakai gaun yang simpel namun kamu juga harus memperhatikan bentuk tubuhmu. Jangan sampai gaun yang kamu pakai itu malah tidak cocok dengan ukuran tubuh sehingga hal tersebut membuat kamu menjadi tidak nyaman.

Jadi, buanglah jauh-jauh anggapan bahwa untuk tampil cantik harus mengikuti selera orang sehingga kamu kerap memaksakan diri membeli pakaian yang sebenarnya tidak pas, yang juga membuat tidak terlihat enak dipandang orang lain.

5. Pilih Bahan yang Nyaman

Salah satu faktor terpenting supaya gaun simpel tapi elegan yang kamu pakai itu tepat adalah pilihlah bahan yang nyaman pada kulitmu. Apabila kamu mempunyai kulit yang sensitif, sebaiknya jauhi bahan-bahan seperti lace yang mempunyai aksen bulu ataupun bahan lain yang dapat menyebabkan alergi.

Selain itu, pilihlah bahan yang mudah menyerap keringat dan nyaman dikenakan baik siang maupun karena gaun yang kamu kenakan tersebut akan kamu gunakan sepanjang hari pernikahan.

Itulah beberapa ciri khas dan tips yang bisa kamu terapkan pada gaun pengantin simpel tapi elegan yang kamu pilih untuk hari pernikahanmu. Apabila kamu sedang mencari gaun tersebut, kamu bisa mengunjungi vendor gaun Wedding Market yang menyediakan segala macam keperluanmu untuk hari pernikahan. Klik di sini!


Artikel Terkait



Temukan Vendor Untuk Pernikahan