Pilih Kategori Artikel

Tips Makeup Pengantin Hijab yang Wajib Kamu Ketahui
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bagi seorang muslimah, bisa memahami tips makeup pengantin hijab tentu menjadi hal yang sangat penting. Cara ini tentu akan menghindari banyaknya pertanyaan mengenai diperbolehkan atau tidaknya seorang muslimah merias wajah saat pernikahannya. Dengan mengetahui tips merias wajah untuk seorang pengantin muslimah, kamu tentu akan menyimpulkan bahwa merias wajah diperbolehkan saat pernikahan, namun dengan syarat tidak boleh terlalu mencolok dan berlebihan.  

Makeup pada wanita muslimah yang berhijab penggunaannya tentu jauh lebih sederhana. Islam mengajarkan bahwa kecantikan seorang wanita hanya diperuntukkan bagi suaminya kelak. Maka dari itu, merias wajah secara berlebihan tentu sangat tidak dianjurkan dalam Islam. Seorang wanita muslimah harus selalu berada dalam kesederhanaan termasuk saat melangsungkan acara pernikahan. Bagi kamu yang juga seorang muslimah, tips makeup pengantin hijab ini penting untuk kamu ketahui. Simak ulasannya.

1. Pemakaian Bedak dan Countour Wajah Tidak Berlebihan 

wm_article_img
Foto: RODNAE Productions from Pexels

Dalam merias wajah, kamu tentu sangat diperbolehkan untuk membentuk wajah dengan syarat tidak merubah bentuk yang sudah ada. Maksud dari membentuk wajah ini adalah dengan menggunakan countour wajah. Countouring wajah ini tentu tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Kamu bisa memberikan polesan shadow pada bagian kening. Agar countouring lebih sempurna, kamu bisa membentuk wajah pada bagian-bagian penting seperti rahang dan tulang pipi.

Agar makeup lebih tahan lama, kamu bisa menggunakan bedak yang terdiri dari compact powder dan loose powder. Kamu harus bisa menyesuaikan penggunaan keduanya dengan warna serta jenis kulit wajahmu.

2. Sesuaikan dengan Bentuk Hijab

Meskipun lebih umum, tips makeup pengantin hijab ini tentu sangatlah penting untuk diperhatikan oleh kamu sebagai seorang pengantin muslimah yang berhijab. Kamu harus bisa menyesuaikan pemilihan makeup dengan bentuk hijab yang kamu kenakan. Selain itu, kamu juga harus bisa memahami bagaimana pengaplikasian makeup yang benar agar bisa sesuai dengan bentuk hijab dan wajahmu. Jika menggunakan jasa vendor, kamu tentu tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal ini karena vendor makeup atau MUA tentu akan lebih memahami bagaimana makeup yang sesuai dengan bentuk hijabmu.

3. Tetap Sederhana Meskipun Menggunakan Pakaian Adat

Cara ini tentu harus kamu lakukan saat kamu ingin melangsungkan pernikahan dengan konsep adat. Menggunakan pakaian adat dalam acara pernikahan tentu masih diperbolehkan, selama konsep yang digunakannya tidak berlebihan, apalagi dalam hal riasan pada pengantin wanitanya. Tips makeup pengantin hijab ini harus benar-benar kamu perhatikan agar tidak menyalahi aturan Islam.

Kamu mungkin sudah paham betul bahwa kebanyakan, sebuah acara pernikahan bertema adat selalu menerapkan konsep yang bisa dibilang berlebihan, baik dari dekorasi, pakaian bahkan pada riasan pengantinnya. Ini tentu menjadi satu hal yang tidak dianjurkan dalam ajaran Islam. Selagi ada hal yang bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, hal yang bersifat berlebihan akan lebih baik untuk ditinggalkan.

Kamu harus bisa memilih jenis pakaian adat yang longgar dan bisa menutup auratmu dengan rapat. Pastikan juga kamu meminta pada MUA pilihanmu agar bisa memberikan riasan wajah yang sesuai dengan pakaian adat yang kamu pilih. Kamu juga harus meminta pada MUA agar tidak mencukur alismu saat merias.

Tips makeup pengantin hijab yang harus kamu garisbawahi adalah tidak adanya anjuran untuk mencukur alis. Mencukur alis adalah satu hal yang tidak dibenarkan dalam syariat Islam. Kalaupun ingin memantaskan, alis hanya boleh digambar atau dilukis dengan tidak mencukurnya sedikitpun. Justru, alis yang dihias atau dilukis akan membantu kamu untuk memberikan tampilan yang natural dan sederhana pada acara pernikahanmu.

4. Gunakan Maskara Waterproof

wm_article_img
Foto: RODNAE Productions from Pexels

Tips yang selanjutnya adalah dengan menggunakan maskara berjenis waterproof. Pengunaan maskara waterproof ini akan membuat tampilan pada matamu tidak menggupal. Jika kamu memiliki bulu mata yang tebal, kamu tidak perlu lagi menggunakan bulu mata tambahan atau bulu mata palsu. 

5. Pastikan Kosmetik yang Digunakan Halal

Tips makeup pengantin hijab yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan jenis makeup yang digunakan. Kamu harus bisa memastikan pada MUA pilihanmu bahwa makeup yang mereka gunakan untuk merias wajahmu adalah produk makeup yang halal. Islam tentu mengajarkan kepada kita agar selalu menerapkan konsep halal menurut agama dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini pun berlaku juga dalam penggunaan makeup.

Menggunakan produk kecantikan yang tidak halal tentu merupakan satu hal yang sifatnya mudarat. Untuk produk makeup halal sendiri sudah sangat mudah untuk dikenali. Jika masih ragu untuk membuktikan sendiri dengan melihat produknya secara langsung, kamu bisa menanyakan secara pasti pada MUA pilihanmu.

6. Niqab

Ini menjadi pilihan yang paling tepat untuk kamu para muslimah yang akan melangsungkan pernikahan. Penggunaan niqab pada acara pernikahan tentu bukanlah hal yang salah. Kamu hanya harus memberikan riasan makeup tipis pada wajah karena sebenarnya wajahmu pun tertutupi oleh niqab. Tidak perlu menganggap penggunaan niqab terlalu monoton untuk sebuah acara pernikahan, karena saat ini niqab sudah dirancang sedimikian rupa untuk membuat kamu tampil mempesona namun tetap sederhana.

Itulah beberapa tips makeup pengantin hijab yang penting untuk kamu ketahui. Perhatikan tips-tips tersebut agar kamu bisa melangsungkan acara pernikahan yang khidmat dan tentunya sesuai dengan syariat. Semoga bermanfaat.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...