Pilih Kategori Artikel

10 Ide Baju untuk Lamaran Wanita dengan Berbagai Tema, Mulai dari Tradisional hingga 1001 Malam

Sebelum menyelenggarakan pesta pernikahan, calon pasangan pengantin biasanya mengadakan prosesi lamaran terlebih dahulu. Acara ini bertujuan untuk mempertemukan kedua keluarga serta menentukan tanggal pesta pernikahan. Meski banyak yang mengusung konsep lamaran sederhana, tentu tidak afdol rasanya bila tidak mengenakan pakaian terbaik di momen yang bertindak sebagai gerbang pembuka menuju acara sakral ini. 

Mungkin saat ini, kamu sedang bimbang akan baju untuk lamaran yang cantik dan pantas untuk dikenakan. Namun tenang saja, Dears! WeddingMarket telah memilih beberapa baju untuk lamaran wanita yang bisa kamu sesuaikan dengan tema acara lamaran yang kamu usung. Tradisional atau modern? Tenang, ada semua, kok!

Jadi, yuk, simak! Siapa tahu bisa jadi inspirasi baju untuk lamaran impian kamu, lho. 

1. Kebaya dan kain tradisional

wm_article_img
Foto: Better Art

Busana untuk lamaran atau pertunangan yang paling umum digunakan oleh wanita Indonesia adalah kebaya. Biasanya kebaya dipadupadankan dengan kain tradisional seperti batik, songket, ataupun kain khas daerah lainnya. Nah, agar tampilan di hari istimewamu nanti jadi lebih memesona, kamu bisa memberikan variasi pada baju yang akan dikenakan dengan menggunakan berbagai model kebaya yang cantik.

wm_article_img
Foto: Mega Iskanti | Kebaya by Renzi Lazuardi

Kebaya yang satu ini cantik dan anti-mainstream banget, kan, Dears? Dengan tambahan kain yang menyerupai setengah gaun di bagian pinggang hingga mata kaki, baju untuk lamaran ini cocok untuk kamu yang ingin tampil elegan. Kebaya tradisional semi gaun seperti ini pun cocok dikenakan, jika kamu mengadakan acara lamaran di restoran fine dining atau hotel. 

2. Baju bernuansa India

wm_article_img
Foto: Aldi Photo | Attire: Asky Febrianti

Lamaran dengan konsep ala India? Kenapa enggak?! Agar lamaran kalian berbeda dari acara lamaran kebanyakan orang, dekorasi ala india yang bertabur kerlap-kerlip lampu dan berhiaskan kain satin bisa menjadi pilihan. Nah, baju untuk lamaran juga harus bertema India, ya. Kalian bisa memadu padankan dress dengan kain sari khas India atau menggunakan gaun dengan aksesoris khas India seperti gambar di atas. Cocok banget, lho, untuk momen indah lamaranmu, Dears!

3. Kaftan kerut untuk acara lamaran sederhana 

wm_article_imgwm_article_img
Dress by Renzi Lazuardi

Untuk kalian yang ingin mengadakan acara lamaran di rumah dengan pengajian, kaftan kerut simpel ini bisa menjadi pilihan. Kain polos dengan aksen bunga di bagian leher cukup untuk membuat kalian menjadi sorotan di tengah kedua keluarga, terlebih jika dipadukan dengan warna hijab yang senada. 

wm_article_img

Foto: Mega Iskanti | Dress: Binar

Baju untuk lamaran yang satu ini juga memiliki keunggulan, yaitu anti gerah karena tidak membentuk lekuk tubuh dan sangat longgar. Jadi, sangat cocok untuk digunakan saat mengadakan lamaran di rumah, karena sangat nyaman dan adem. 

4. Gaun 1001 malam

wm_article_img
Foto via Mega Iskanti | Attire: Heaven Lights

Lamaran dengan tema Arabian Nights sepertinya menarik untuk dicoba, nih! Baju untuk lamaran dengan tema senada pastinya juga cocok untuk kalian kenakan, lho, Dears. Dengan gaun bertabur payet dan bordir yang menjuntai hingga di bawah lutut serta rok tule yang estetik, membuat penampilan kalian semakin paripurna di hari pertunangan yang indah dan intimate

wm_article_img
Foto: Aldi Photo | Attire: Imel PC

Jangan lupakan pula selendang yang menghiasi bagian kepala dengan aksen rumbai di ujungnya. Oh iya, dress ini juga pas dikenakan oleh wanita yang tidak berhijab, lho. Cantik, kan?

5. Gaun sifon panjang dengan aksen cape

wm_article_img
Dress: laura.ca

Baju untuk lamaran yang satu ini bisa dijadikan sebagai referensi. Terlebih, jika kalian ingin mengadakan acara pertunangan dengan konsep simpel tetapi tetap elegan dan mewah. Tambahan aksen cape di pundak kanan dan kiri akan memberi sentuhan elegan dan mewah, meski detailnya sangat sederhana. Gaun model ini pun akan sempurna untuk acara pertunangan yang diadakan di malam hari, lho, Dears!

6. Gaun Cheongsam Modern

wm_article_img
Cheongsam by Adrian Gan

Tingjing merupakan tradisi lamaran Tionghoa yang diadakan sebelum prosesi Sangjit. Untuk acara Tingjing yang berkesan, tentunya baju untuk lamaran haruslah elok dan cantik dipandang, baik oleh keluarga maupun pasangan tercinta. Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada gaun dengan ekor panjang seperti gambar di atas, lho Dears

wm_article_img
Cheongsam Dress: Sparkling by Patricia

Dengan aksen bordiran bunga yang menutupi leher dan potongan garis lurus hingga atas lutut pada bagian rok, gaun ini membuatmu semakin elegan dan anggun saat prosesi Tingjing berlangsung. Ekor gaun bisa menggunakan bahan organza yang flowy dan mengkilap, sehingga menimbulkan kesan mewah saat kalian berjalan. Jangan lupa untuk memadukannya dengan high heels berwarna senada dengan gaunnya, ya!

7. Kebaya Modern

wm_article_img
Dress by Asky Febrianti

Tetap ingin mengenakan kebaya saat lamaran namun lebih chic? Kebaya modern dengan aksen bertumpuk ini bisa kalian jadikan referensi, Dears

wm_article_imgwm_article_img

Kebaya by Renzi Lazuardi
Kalian bisa memadukannya dengan dengan kain batik atau songket berwarna senada untuk dijadikan sebagai baju untuk lamaran. Berikan pula aksesoris berupa selendang dengan bahan sifon di lengan bagian kiri atau kanan yang seolah terlihat seperti sayap, agar semakin manis dan elegan. 

8. Midi dress ruffle untuk konsep lamaran yang minimalis

wm_article_img
Dress by us.shein.com

Acara pertunangan tak melulu soal kebaya atau jas, lho, Dears. Kamu dan pasangan bisa memilih outfit yang simpel tetapi tetap menggemaskan seperti gambar di atas. Cukup dengan midi dress favorit kamu yang memiliki aksen ruffle di bagian dada dan rok, outfit ini sudah cocok menjadi baju untuk lamaran. 

Jika kalian ingin mengadakan acara lamaran dengan konsep outdoor atau intimate dengan keluarga inti saja, tampilan cantik ini harus banget dicoba, ya. 

9. Dress bertabur bordiran bunga dan berlapis kain tule

wm_article_img
Dress by Moda Operandi

Dress yang dilapisi kain tule dan bertabur bordiran bunga ini begitu cantik dan elegan. Karet di bagian lengan akan membuat lenganmu terlihat ramping, ditambah lagi potongan gaun yang membuat tubuhmu tampak jenjang. 

Meski sederhana, tampilannya akan menjadi mewah bila sudah dikenakan olehmu saat acara lamaran nanti. Untuk yang berhijab, tenang saja. Baju untuk lamaran ini bisa dibuat versi hijabnya dengan menambahkan furing ke seluruh bagian baju, ya. 

10. Setelan Jas putih

wm_article_img
Foto: Through The Glass

Baju untuk lamaran yang terakhir adalah jas putih yang serupa dengan warna jas pasanganmu. Baju ini sangat cocok dikenakan, jika acara pertunangan yang kalian laksanakan begitu hangat dan intimate antara dua keluarga namun ingin kesan yang sedikit formal. Selain itu, outfit seperti ini pun dapat digunakan jika mengadakan acara lamaran di ruang terbuka, venue semi outdoor, atau restoran berkonsep outdoor

Agar tampilan tubuh tampak jenjang, kenakanlah celana putih dengan panjang di bawah mata kaki dan stiletto putih. Penggunaan riasan sederhana juga akan menambah kesan elegan dari baju untuk lamaran berupa jas putih ini. 

Bagaimana, Dears, sudahkah mendapatkan inspirasi baju untuk lamaran kalian nanti? Apabila belum yakin, kalian bisa menyampaikan rancangan baju lamaran impian ke salah satu dari banyak vendor yang tersedia di WeddingMarket. 

Memilih baju untuk lamaran memang susah-susah gampang. Namun dengan keinginan, tekad yang kuat, dan persiapan yang matang, rancangan baju impian bisa kalian wujudkan. Tetap semangat, ya, mempersiapkan hari bahagia kalian!

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store! Diskon hingga 20%*
Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...