Pilih Kategori Artikel

20 Inspirasi Konsep Prewedding Unik dengan Tema Heritage
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dengan begitu banyaknya konsep pernikahan modern, kini konsep minimalis lebih banyak diterapkan di berbagai elemen pernikahan termasuk dari saat prewedding. Namun, jika kamu ingin mengeksplor lebih banyak konsep prewedding yang lain, tema lawas seperti prewedding konsep heritage juga bisa kamu jajal. Konsep ini memiliki nuansa yang kental dengan sejarah, tradisi, dan warisan kebudayaan. Dengan begitu, ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan, mulai dari bangunan hingga pakaian dan properti lainnya.

Konsep prewedding dengan tema heritage ini juga bukan hanya bisa diterapkan dengan konsep jadul saja, tapi juga dipadukan dengan konsep yang modern. Jika kamu tertarik untuk mengeksplornya lebih jauh, berikut ini beberapa foto yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi. Simak sampai habis, yuk!

1. Berfoto di reruntuhan candi

wm_article_img

Candi merupakan salah satu warisan budaya khas Indonesia yang banyak ditemui di berbagai tempat. Kamu bisa memilih lokasi ini untuk tempat prewedding agar mendapatkan hasil foto yang estetik dan kental dengan bangunan yang penuh dengan sejarah. Tidak perlu memilih candi mainstream yang megah dan menjulang, kamu bahkan bisa menggunakan candi-candi yang sudah roboh sebagian dan jarang dikunjungi orang untuk mendapatkan hasil yang lebih autentik dan natural. Apalagi jika di sekelilingnya ada banyak pohon tua. Pastikan bagian mana yang boleh disentuh atau bahkan diduduki supaya tidak ada bagian yang rusak.

2. Berfoto di candi yang megah

wm_article_img

Masih di candi, kali ini lokasi yang dipilih memiliki bentuk yang lebih megah dan bangunannya masih utuh. Background ini memberikan kesan bahwa kamu dan pasangan merupakan seolah tokoh utama yang tinggal di kerajaan dalam bentuk candi tersebut. Makanya, jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang serasi saat berfoto dengan latar yang megah ini, misalnya dengan berkain. Konsep heritage yang membawa ke masa lalu juga bisa semakin kental dengan melepas alas kaki.

3. Berfoto di kota kuno

wm_article_img

Untuk mendapatkan suasana dan latar yang 100% memiliki nuansa heritage, tentu lokasi yang memang sudah memiliki suasana ini akan lebih mudah untuk membantumu mewujudkan konsep foto prewedding dengan tema heritage. Berbagai bangunan lawas yang menjulang tinggi akan mendukung penampilan eleganmu dan pasangan. Untuk mengimbangi kemegahan ini, jangan lupa untuk mengenakan pakaian formal yang juga membuat tampilan kalian berdua tak kalah elegan.

4. Berfoto di Turki

wm_article_img

Turki merupakan sebuah negara dengan arsitektur yang khas dan penuh cerita sejarah. Berfoto di gang saja akan memberikan kesan cantik pada fotomu. Bukan hanya bangunannya yang cantik, kain-kain dan printilan lainnya yang diletakkan di sana juga menambahkan kesan estetis yang kental. Kamu bisa berfoto dengan pakaian elegan yang formal atau smart casual ala turis yang nyaman. Untuk hasil yang natural, lakukan pose candid.

5. Berfoto di katedral

wm_article_img

Jika diizinkan, kamu bisa mengambil foto di katedral. Bangunan yang satu ini biasanya memiliki arsitektur dan interior unik yang akan memberikan kesan megah, terutama saat diambil dalam bentuk foto. Jika tidak bisa mengambil foto di dalam pun, kamu dan pasangan bisa mengambil foto dari luar karena bangunan ini biasanya juga tampak indah dari luarnya, apalagi yang sudah berdiri lama. Sesuaikan pakaian yang dikenakan dengan memilih pakaian sopan dan elegan.

6. Berfoto di rumah tradisional

wm_article_img

Selalu ada irisan antara konsep heritage dengan tradisional. Makanya, kamu dan pasangan bisa mengambil foto prewedding berkonsep heritage di dalam sebuah rumah adat lengkap dengan pakaian yang juga tradisional. Usahakan untuk memilih rumah yang benar-benar memiliki kesan tradisional untuk membangun konsep yang paripurna, seperti rumah yang terbuat dari berbagai kayu untuk dinding maupun perabotnya.

7. Berfoto dengan latar klasik ala Eropa

wm_article_img

Jika memiliki rencana untuk mengambil foto prewedding di negara-negara di Eropa, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan mengambil foto di lokasi-lokasi yang memiliki bangunan klasik dengan bentuk yang khas. Kamu bisa mengenakan pakaian cantik dengan konsep elegan untuk berfoto di lokasi ini. Selain tema heritage, kamu dan pasangan bisa tampil layaknya pemeran utama dengan latar negeri dongeng.

8. Berfoto dengan bangunan lama 

wm_article_img

Rumah-rumah lama atau bangunan yang sudah lama berdiri dengan ciri khas tertentu akan memberikan hasil yang estetis, misalnya bahan bangunan atau bentuk unik yang kini jarang ditemui. Kamu dan pasangan bisa mengambil foto-foto jenis ini di depan bangunan tersebut mengenakan pakaian yang tak kalah cantik, salah satunya adalah dengan mengenakan pakaian pernikahan yang memiliki warna dasar yang tidak mengganggu komposisi warna.

9. Berfoto di kereta kuno

wm_article_img

Salah satu cara lain untuk mendapatkan kesan heritage yang kental adalah dengan menggunakan properti lawas, seperti menaiki kereta ini. Kereta zaman dulu biasanya memiliki cerita yang menarik, tapi tak digunakan lagi karena adanya perkembangan yang membuatnya ditinggalkan. Saat ini biasanya kereta tersebut digunakan untuk berwisata. Jika ingin menggunakannya untuk berfoto, jangan lupa untuk mencari informasi dan meminta izin terlebih dahulu. Sesuaikan juga pakaian dengan tema heritage yang vintage.

10. Berfoto di restoran lama

wm_article_img

Selain untuk prewedding dengan konsep vintage, restoran yang sudah berdiri lama juga bisa digunakan untuk mengambil foto prewedding yang memiliki konsep heritage. Bedanya, pilih restoran yang memiliki nilai sejarah sehingga fotomu memiliki makna yang lebih mendalam. Untuk menyesuaikan dengan zamannya, kenakan pakaian yang memiliki konsep retro juga, ya.

11. Berfoto di hotel dengan konsep heritage

wm_article_img

Beberapa hotel memiliki jenis arsitektur dan interior dengan konsep heritage, baik karena memang sudah berdiri sejak lama atau dikonsep sedemikian rupa. Dengan mengantongi izin, kamu dan pasangan bisa mengambil foto di lokasi ini. Jangan lupa untuk memilih spot yang memiliki kesan heritage yang paling kental, ya. Misalnya, jika di bagian lobby ada bagian interior yang terbuat dari ukiran kayu yang menegaskan kesan bangunan penuh sejarah, spot ini bisa kamu gunakan untuk berfoto.

12. Berfoto di tangga

wm_article_img

Selain interior yang megah dan penuh dengan detail ukiran, ternyata tembok yang polos juga bisa digunakan sebagai background berfoto yang tak kalah cantik. Usahakan untuk memilih spot dengan satu poin menarik, misalnya seperti railing tangga hotel yang memiliki detail cantik walau terlihat sederhana dan merupakan sebuah ciri khas dari bangunan lama. Untuk lebih menyatu dengan konsep, jangan lupa kenakan pakaian gaun bagi perempuan dan setelan untuk laki-laki.

13. Berfoto dengan latar bangunan di Turki

wm_article_img

Sebagai salah satu negara Islam, Turki memiliki berbagai bangunan unik dengan sejarah yang kalah menarik. Makanya, negara ini akan menjadi salah satu negara yang cocok untuk dijadikan sebagai lokasi untuk mengambil foto prewedding, khususnya dengan konsep heritage. Pilih spot untuk berfoto yang juga memiliki keunikan lainnya, misalnya lokasi yang banyak dikunjungi burung-burung sehingga hasil fotomu akan terlihat semakin unik.

14. Berfoto dengan latar kuil Jepang

wm_article_img

Jika ingin memberikan sentuhan heritage dari negara lain yang masih di Asia, Jepang juga bisa dikunjungi. Alih-alih mengunjungi lokasi yang dipenuhi dengan kendaraan dan manusia yang berlalu lalang, kamu dan pasangan bisa memilih kuil yang megah untuk dijadikan sebagai latar foto. Kenakan pakaian yang sesuai dengan negara tersebut, seperti Kimono, untuk menghasilkan komposisi yang lebih harmonis.

15. Foto portrait ala zaman dulu

wm_article_img

Foto ini memiliki suasana seolah diambil pada zaman dahulu. Pemilihan lokasi di rumah lawas lengkap dengan berbagai properti yang mendukung, seperti perabotan dan berbagai kain serta karpet yang khas membuat hasil foto semakin lengkap. Sesuaikan juga pencahayaan untuk mendapatkan hasil  akhir yang semakin paripurna. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian adat yang sesuai. Pose elegan ala bangsawan cocok untuk konsep ini.

16. Menggunakan peta lawas

wm_article_imgwm_article_img

Kamu juga bisa menggabungkan konsep heritage dengan modern. Salah satunya adalah dengan tetap mengenakan style masa kini, tapi memilih tempat dan properti untuk foto yang lebih lawas dan mengandung cerita yang mendalam. Salah satu properti yang mudah ditemui dan bisa membuat fotomu estetis adalah peta lawas yang digambar di permukaan kanvas. Kalian bisa berpose seolah membaca peta ini sambil tersenyum.

17. Berfoto di bangunan lawas di India

wm_article_img

Bangunan lawas yang memiliki warna sudah memudar serta struktur bangunan tua akan memberikan kesan heritage yang kuat untuk fotomu. Jika kamu merupakan seseorang yang tertarik pada kebudayaan India, negara ini bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan lokasi foto dengan suasana yang cocok. Siapkan juga pakaian yang sesuai, ya.

18. Foto di dalam ruangan dengan kain tradisional

wm_article_img

Foto dengan konsep heritage yang diambil di dalam ruangan tidak melulu harus dilakukan di dalam rumah adat yang sudah tua. Kamu dan pasangan bahkan bisa mengambil foto ini di dalam studio. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan properti dan setting lokasi yang digunakan.

Pilihan paling sederhana, tapi tetap estetis untuk properti latar prewedding ini adalah dengan menggunakan kain tradisional, seperti batik. Kamu dan pasangan juga bisa mengenakan kain sejenis untuk dipakai. Jangan lupa untuk mempelajari jenis kain yang cocok sesuai dengan tujuan foto prewedding karena berbeda motif, berbeda pula peruntukannya.

19. Foto studio yang lebih simpel

wm_article_img

Selain menggunakan kain sebagai hiasan yang ditata serampangan di bagian background, kamu juga bisa memilih konsep yang lebih simpel dengan hanya meletakkan kain secara rapi di satu sisi saja. Selain itu, meja kuno juga bisa dijadikan sebagai properti untuk menaruh kain. Roncean bunga melati akan memberikan sentuhan tradisional dan heritage yang semakin kental.

20. Berfoto dengan berjalan di taman

wm_article_img

Melakukan sesi prewedding dengan berjalan bergandengan di taman mungkin biasa saja, tapi bagaimana jika taman yang dipilih merupakan taman yang memiliki nuansa yang berbeda? Kamu dan pasangan bisa mengunjungi bangunan lama yang memiliki taman ini untuk dijadikan sebagai spot foto untuk prewedding yang memiliki konsep heritage. Pastikan bangunan tua yang megah juga menjadi latar yang cantik.

Itu dia beberapa inspirasi foto prewedding unik dengan konsep heritage yang akan cocok untuk acara pernikahan dengan tema serupa. Jangan lupa perhatikan semua hal secara keseluruhan, mulai dari pakaian hingga posenya, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...