Pilih Kategori Artikel

Tampil Cantik di Hari Lamaran dengan 5 Inspirasi Kebaya Modern ala Anak Muda
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Sebagian besar pasangan pastinya ingin meresmikan hubungannya dalam ikatan pernikahan. Dalam hal ini pernikahan menjadi wujud keseriusan dua orang dewasa. Namun, sebelum dilangsungkannya acara pernikahan, biasanya pasangan akan melaksanakan acara lamaran terlebih dahulu. 

Sama halnya dengan pernikahan, acara lamaran juga perlu dipersiapkan secara matang. Selain karena lamaran menjadi pertemuan resmi antara kedua keluarga, juga pada acara tersebut menandai babak baru keseriusan hubunganmu dari sebelumnya.

Ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan untuk acara lamaran ini, diantaranya adalah konsep, tempat, dekorasi hingga pakaian. Khusus pakaian, mempelai wanita dapat menggunakan kebaya untuk acara lamaran. Sekarang pun ada banyak desain kebaya yang dapat dipilih, mulai dari model sederhana hingga yang mewah sekalipun.

Nah, bagi kamu yang akan mengadakan acara lamaran namun masih bingung dengan model kebaya lamaran yang ingin digunakan, simak rekomendasi berikut ini yuk!

1. Kebaya Peplum

wm_article_img

Rekomendasi kebaya pertama adalah peplum lace yang berbentuk tunik. Kebaya lamaran satu ini merupakan model baju lamaran dengan desain yang unik yaitu bagian bawahnya berbentuk peplum atau mengembang. Model kebaya yang mengembang ini memang populer di kalangan anak muda, terutama bagi mereka yang mempunyai bentuk badan kecil, karena dengan menggunakan kebaya peplum bisa menyeimbangkan bentuk tubuh sehingga terlihat lebih berisi.

wm_article_img

Selain itu, daya tarik kebaya peplum ternyata tidak hanya terletak pada bentuk mengembang di bagian bawahnya saja, dari segi pemilihan bahan pun bisa disesuaikan dengan keinginan. Untuk kebaya lamaran kamu bisa menggunakan bahan lace, brokat, organza, dan sebagainya. Dari segi warna, kebaya modern ini pun bisa disesuaikan dengan selera atau mengikuti tone warna kulitmu. Pilihannya sangat beragam mulai dari warna pastel, sage green, lilac, hingga warna yang lebih bold seperti navy dan maroon.  

2. Kebaya Model Baby Doll

wm_article_img

Untuk sebagian orang, kebaya jenis ini tidak terlalu familiar. Namun akhir-akhir ini kebaya baby doll populer di kalangan anak muda. Alasannya karena modelnya yang lucu dan dapat digunakan di berbagai acara resmi seperti  wisuda hingga lamaran.

Kebaya baby doll mempunyai model yang pas di badan dengan bagian bawah kebaya melebar seperti balon. Nama kebaya baby doll diambil dari warna soft pink yang biasa digunakan pada kebaya tersebut. Untuk menambah daya tarik, kamu dapat menambah aksen payet di beberapa bagian. Kamu juga dapat memadu padankan kebaya dengan kain batik atau songket sebagai bawahan.

3. Kebaya Lamaran Model Panjang

wm_article_img
Kebaya: Studio BOH

Jika tidak terlalu nyaman dengan kebaya yang memiliki model ketat, maka kamu dapat memilih kebaya model panjang untuk acara lamaran. Model kebaya ini seperti model kebaya pada umumnya dengan tambahan payet di beberapa bagian. Hanya yang membedakannya adalah jika kebaya biasa panjang kain hanya mencapai paha, maka kebaya panjang dapat mencapai tumit. Kebaya panjang ini bisa digunakan untuk kamu yang ingin tampil menarik tapi tetap syar’i. 

4. Kebaya Cape Sleeve

wm_article_img

Rekomendasi kebaya lain yang patut kamu gunakan untuk acara lamaran adalah kebaya cape sleeve. Selain karena terbuat dari kain lace yang membuat kebaya ini menjadi lebih formal, model cape sleeve yang membuat lengan mengembang juga memberikan kesan mewah bagi para pemakainya.

Di sisi lain, lengan mengembang ini juga sangat cocok untuk digunakan bagi wanita berbadan kurus yang ingin terlihat berisi. Pasalnya kebaya cape sleeve mempunyai bentuk yang tidak ketat dan mengembang di badan. Jika ingin memberikan kesan yang lebih cantik, kamu dapat menambahkan aksen tile menjuntai yang diletakkan di pundak. Jangan lupa, gunakan warna-warna soft pada kebaya agar tampilanmu terlihat lebih menawan.

5. Kebaya Beludru

wm_article_img

Kata siapa konsep adat hanya bisa diterapkan pada prosesi pernikahan saja? Faktanya banyak juga loh yang menggunakan konsep adat untuk acara lamarannya. Konsep adat ini tidak hanya dapat diterapkan pada desain acara namun juga pada desain baju lamaran yang digunakan.

Contohnya untuk konsep adat Jawa, kamu dapat mengenakan model kebaya beludru kutubaru. Sesuai namanya, kebaya yang satu ini memang menggunakan beludru sebagai bahan dasarnya. Walaupun terbuat dari beludru, namun tidak memberikan efek gatal ketika dipakai. Ketika menggunakan kebaya beludru, kamu dapat memadu padankan dengan kain batik sebagai bawahan dan sandal selop. Tujuannya untuk memperkuat kesan adat.

6. Kebaya Aksen Selendang

wm_article_img
Foto: Izara Batik

Rekomendasi terakhir adalah kebaya aksen selendang. Kebaya satu ini mempunyai bentuk seperti kebaya pada umumnya yang terbuat dari bahan brokat dan terdapat hiasan manik-manik. Hanya saja yang membedakan dengan yang lain adanya selendang yang ditempatkan di pundak.  Selendang tersebut biasanya menyatu dengan kebaya.

Kebaya selendang biasanya disukai oleh anak-anak muda. Hal ini tidak lepas dari desain yang sederhana namun tetap terlihat cantik. Jika kamu tertarik, kebaya satu ini punya berbagai warna-warna soft seperti baby pink, biru laut, coklat susu, dan lain-lain. Tentunya warna-warna tersebut disesuaikan dengan minat anak muda yang lebih suka warna soft daripada warna terang.

Itulah beberapa rekomendasi kebaya yang dapat kamu gunakan di acara lamaran. Walaupun lamaran skala acaranya tidak sebesar pernikahan, tapi tidak ada salahnya jika kamu tetap ingin tampil cantik dan menawan di acara tersebut. 

Selain memilih desain kebaya, tips lain yang harus kamu pertimbangkan sebelum memilih adalah menentukan konsep acara dan budget lamaran. Semua hal tersebut harus kamu lakukan agar terciptanya keserasian pada acara lamaranmu. Semoga bermanfaat!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...