Pilih Kategori Artikel

5 Konsep Pernikahan Sederhana yang Unik dan Simple Beserta Tipsnya!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Menikah bukan hanya menyatukan dua hati dengan ikatan pernikahan yang sah menurut agama dan hukum semata, niat menikah pun mestinya harus didasari dengan tanggung jawab serta meningkatkan ibadah kita kepada sang pencipta. Tentu, di hari bahagia setiap pasangan ingin pesta pernikahannya dikenang sepanjang masa, dan membuat tamu undangan serta keluarga merasakan kegembiraan yang dirasakan oleh pasangan yang baru menikah.

Ada banyak konsep pernikahan sederhana yang bisa diikuti agar momen pernikahan tetap khidmat dan unik. Mulai dari tema garden party, industrial hingga minimalis, kamu bisa sesuaikan dengan selera. Berikut WeddingMarket berikan referensinya untukmu.


1. Garden Party

wm_article_img
Foto: Silver Lace Weddings

Konsep yang pertama mengusung tema garden party atau pesta kebun, menciptakan kesan pernikahan yang kasual karena dilakukan di taman atau halaman. Mengusung nuansa simple atau sederhana, cocok diadaptasi bagi pasangan yang tidak mau ribet, nih!

Melalui garden party, pasangan bisa mengatur meja, payung, atau tanaman yang rimbun sesuai selera. Apalagi, jika menemukan venue konsep garden party di lingkungan perkotaan bisa jadi nilai tambah. Jika konsep pernikahan mengusung garden party, saat sesi pemotretan pun akan menghasilkan foto yang indah.

wm_article_img
Foto: Bali Event Hire

Tips agar lebih menarik:

  • Cari lokasi pernikahan di tempat outdoor, di tengah kota atau halaman dengan hamparan rumput perkebunan

  • Membeli bunga yang bervariatif agar menambah kesan hangat dan intim

  • Jangan takut untuk memadukan warna demi menciptakan kesan ceria

  • Jangan berlebihan dengan dekorasi karena bunga dan tanaman paling menonjol di konsep garden party

  • Tambahkan DIY dekorasi foto untuk memajang foto pasangan


2. Beach Wedding

wm_article_img
Dekorasi: Florette Bali

Pantai adalah tema pernikahan yang fantastis karena menggabungkan antara musim dan destinasi kunjungan yang populer. Tentu, jika ingin mengadopsi konsep ini, hal yang harus diperhatikan yakni memperhatikan musim. Jangan dilakukan saat musim hujan ya!

Pasangan yang akan menggunakan konsep pantai, bisa menuangkan dekorasi pernikahan vintage, seperti memadukan warna yang disukai, tambahkan hiasan bunga dan pasir akan menyatukan keintiman selama pernikahan. Konsep ini tidak perlu banyak dekorasi, karena suasana pantai yang indah sudah cukup menjadi saksi momen sakral pesta pernikahan.

wm_article_img
Dekorasi: Florette Bali

Tips agar beach wedding kamu jadi lebih menarik:

  • Ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan saat merencanakan pernikahan di pantai: tempat duduk, altar upacara pernikahan, dan lokasi

  • Tempat duduk harus diatur di tempat yang teduh, untuk menghindari panas matahari, disarankan lakukan pada sore atau malam hari

  • Jadikan lautan menjadi latar belakang saat upacara pernikahan

  • Mencari lokasi pantai yang private, karena kebanyakan karena beberapa pantai terbuka untuk publik

  • Coba konsep dekorasi ala piknik, agar nuansa pernikahan terasa lebih intim dan hangat


3. Konsep Warna Pastel

wm_article_imgwm_article_img

Wedding stylist: Behind the Vows

Seperti namanya, secara umum, warna pastel menyajikan skema warna yang polos, muda, cerah namun tetap lembut saat dipandang mata.

Konsep nuansa pastel juga melambangkan "berkelas" dalam hal tema pernikahan. Warna Biru muda atau hijau akan tampak sempurna apalagi diberikan dekorasi seperti bunga dan pita. Jika berencana menggunakan konsep ini, pastel terlihat menarik dan indah, dan tetap menjadi sorotan!

Tips agar lebih menarik:

  • Jangan ragu eksplorasi berbagai warna pastel seperti pink, hijau, kuning, dan biru

  • Jangan takut untuk memadukan warna-warna pastel untuk dekorasi

  • Untuk membuat palet yang sempurna dengan warna pengiring pengantin pastel dan buket pengantin kamu


4. Industrial Wedding

wm_article_imgwm_article_img

Foto via pinterest.com

Walaupun terkesan jadul, industrial wedding termasuk konsep pernikahan sederhana yang bisa dicoba lho! Bertemakan industrial adalah pilihan tepat bagi pasangan yang menyukai gaya kontemporer. Walaupun terkesan ‘suram’ karena didominasi warna netral, konsep yang populer dengan nama rustic industrial ini bisa memadukan kayu, bohlam dan tanaman kering menjadi ciri khas tersendiri.

Tips agar pernikahan berkonsep industrial lebih menarik:

  • Pilih lokasi yang bisa menerapkan konsep ini seperti di restoran, gedung, atau rumah

  • Gunakan kombinasi warna seperti metalik, warna murun, putih, atau skema warna yang gelap

  • Jangan berlebihan dengan dekorasi, agar pernikahan tidak terlalu formal


5. Minimalist Wedding

wm_article_img
Dekorasi: Ailuosi Decor

Sebagian pasangan menganggap warna putih sangat cocok untuk konsep pernikahan minimalis, ditambah konsep ini juga bisa diterapkan bagi pasangan yang ingin tampil sederhana namun tetap cantik. Warna putih merupakan warna yang menjadi simbol kesucian dan kesederhanaan, itulah sebabnya tidak sedikit pasangan yang menginginkan pernikahannya tetap elegan, untuk menampilkan sebuah konsep pernikahan sederhana.

Pasangan yang hendak mengadopsi konsep ini, hanya memadukan dekorasi-dekorasi manis sebagai pelengkap dan hiasan yang sesuai, sehingga menambah kesan suci dan sakral pada saat pernikahan.

wm_article_img
Dekorasi: KAIU Deco

Tips agar lebih menarik:

  • Beberapa tip gaya kunci untuk melakukan tampilan ini di tengah menjaga kekacauan di meja seminimal mungkin, pergi dengan tema warna netral dan dekorasi yang ramping.

  • Jangan banyak barang di meja

  • Padukan dengan tema warna netral seperti putih dan dekorasi yang tidak besar

  • Kombinasikan warna earth tone dengan perpaduan dekorasi kayu, bunga liar, dan lampu gantung untuk menambah kesan hangat, romantis dan intimate


Nah, itu tadi beberapa konsep pernikahan sederhana yang bisa menjadi referensi pasangan ketika hendak menikah. Jadikan momen bahagia bersama pasangan menjadi lebih spesial dengan menerapkan konsep pernikahan yang unik dan menarik. Cari tahu juga berbagai tips dan inspirasi pernikahan lainnya dalam ulasan artikel WeddingMarket. Semoga penjelasan di atas bisa membantu dalam menentukan ide untuk pesta pernikahan ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...