Pilih Kategori Artikel

5 Tips Dekorasi Pernikahan Sederhana Buatan Sendiri Untuk Menghemat Biaya
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Salah satu hal yang harus dipersiapkan sejak jauh-jauh sebelum kamu dan pasangan memutuskan untuk menikah adalah biayanya. Hal ini karena biaya yang kamu butuhkan untuk melangsungkan prosesi akad hingga resepsi pernikahan tidaklah sedikit. Kamu perlu menyiapkan budget untuk membuat undangan, dekorasi, katering, hingga sewa gedung jika ingin menggelar pernikahan besar.

Kendala biaya memang bisa menghalangi keinginang menggelar pernikahan besar nan mewah, tapi tenang saja, kamu bisa memangkas biaya pernikahan dengan dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri yang bisa dibuat bersama pasangan, keluarga, dan teman dekat. 

Pada kesempatan kali ini, WeddingMarket akan memberikan beberapa tips dan dekorasi pernikahan buatan sendiri apa saja yang bisa kamu coba untuk membuat prosesi pernikahan yang sakral namun lebih hemat dan tetap terlihat elegan. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, ya!

Pentingnya Membuat Dekorasi Pernikahan

wm_article_img
Dekorasi: Aerin Decora

Mungkin ada beberapa pasangan yang tidak terlalu memusingkan dekorasi pernikahan mereka dan cukup mengikuti setelan yang ditawarkan oleh pihak venue atau vendor. Padahal, dekorasi pernikahan itu penting untuk menonjolkan visual pernikahanmu, loh. Dekorasi ini bisa mendukung suasana di acara akad dan resepsi.

Seperti misalnya saja dekorasi pernikahan dengan warna serba putih akan memberikan kesan bersih, simpel, rapi, dan sakral. Sedangkan warna pink pastel akan memberikan kesan acara yang manis dan elegan. Tidak hanya pemilihan warnanya saja yang turut mempengaruhi suasana, namun pemilihan dekorasi atau ornamen juga turut menghidupkan acara pernikahanmu.

Tujuannya tidak hanya untuk kepentingan estetika saja, namun dekorasi pernikahan juga mampu menunjukkan kepribadian kamu dan pasangan di hari pernikahan. Contohnya saja kamu dan pasangan adalah tipe orang yang minimalis. Maka kamu pasti akan lebih memilih dekorasi pernikahan yang sederhana dan menghindari pemakaian ornamen yang tidak diperlukan, bukan. Begitu juga sebaliknya.

Inilah mengapa dekorasi pernikahan sangat penting untuk dirancang dan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak agar sama-sama puas dan nyaman dengan dekorasi yang dipilih. Tidak sedikit juga pasangan yang merancang dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri agar sesuai dengan selera mereka.

Tips Membuat Dekorasi Pernikahan Sederhana

wm_article_img
Dekorasi: Moist Decoration

Membicarakan biaya untuk pernikahan memang cukup sensitif. Untuk beberapa orang yang menginginkan pernikahan sederhana, ada yang cukup dengan melangsungkan pernikahan di KUA saja. Namun ada juga yang tidak bisa melakukannya karena tuntutan keluarga atau alasan lainnya. Inilah mengapa banyak pasangan yang mencari cara untuk memangkas biaya pernikahan agar mereka tetap bisa menggelar pernikahan yang layak dan mewah. Salah satu cara yang efektif adalah dengan membuat dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri.

Berikut adalah beberapa tips membuat dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri yang bisa kamu lakukan:

  1. Tentukan Tema Pernikahan

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Tips pertama dalam membuat dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri adalah kamu harus menentukan tema pernikahan terlebih dahulu. Dari tema pernikahan inilah kamu bisa membayangkan dan memilih dekorasi apa saja yang dibutuhkan. Seperti misalnya saja kamu memilih tema pernikahan adat Jawa. Maka kamu membutuhkan banyak persiapan dekorasi mengingat ada banyak tahapan dalam upacara pernikahan adat Jawa dari prosesi pra nikah hingga acara resepsinya. 

Sedangkan tema pernikahan modern akan lebih sederhana dibandingkan dengan tema pernikahan adat karena bisa kamu sesuaikan sendiri detailnya sesuai selera dan kebutuhan. Jadi, pastikan kamu dan pasangan menentukan tema pernikahannya terlebih dahulu, ya!

  1. Pilih Lokasi

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Hak kedua yang perlu ditentukan adalah lokasi pernikahan. Apakah kamu dan pasangan ingin melangsungkan pernikahan secara indoor atau outdoor. Lokasi ini sangat penting untuk dilakukan karena dekorasi untuk pernikahan di dalam dan luar ruangan tentunya akan berbeda.

Contohnya saja dekorasi pernikahan di dalam ruangan tidak akan membutuhkan tenda. Sedangkan pernikahan yang dilangsungkan di luar ruangan akan membutuhkan tenda untuk melindungi tamu undangan dari paparan sinar matahari maupun hujan. Kemudian misalnya saja kamu ingin ada dekorasi bunga. Maka bunga asli akan lebih tahan lama jika dipakai untuk menghias acara pernikahan indoor dibandingkan outdoor.

  1. Pastikan Jumlah Tamu Undangan

wm_article_img
Dekorasi: Flora Botanica Designs

Jumlah tamu undangan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhitungkan untuk membuat dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri, loh. Misalnya saja kamu hanya mengundang 300 orang saja. Tentunya jumlah undangan, kursi tamu undangan, porsi makanan, souvenir, dan ukuran venue-nya akan lebih sedikit atau kecil dibandingkan dengan pernikahan dengan 1.000 tamu undangan, bukan? Hal ini juga turut mempengaruhi dekorasi pernikahan yang akan kamu siapkan.

Semakin banyak tamu yang diundang, maka akan semakin luas pula area yang dibutuhkan. Hal ini juga berarti kamu membutuhkan lebih banyak ornamen untuk menghias lokasi pernikahan agar acara pernikahanmu tidak terlihat kosong dan hampa. Jadi, hitung tamu undangan dengan baik dan tepat, ya.

  1. Buat Sketsa

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Jika ketiga poin di atas sudah ditentukan, maka kamu bisa membuat sketsa untuk merancang dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri. Buat rancangan mulai dari area pintu masuk, pengisian buku tamu, area prasmanan, hingga rute ke pelaminan. Tentukan area mana saja yang ingin kamu tonjolkan agar terlihat lebih rapi dan indah. Rancang juga dekorasi macam apa yang ingin kamu pasang pada beberapa area tertentu agar terlihat lebih unik dan menarik.

  1. Tentukan Anggaran

wm_article_img
Dekorasi: Gold Creative Decoration

Last but not least, jangan lupa untuk menentukan anggarannya. Tentu membuat dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri akan lebih hemat dibandingkan dengan menggunakan jasa sewa dekorasi pernikahan profesional. Namun uang yang tidak akan kamu keluarkan ini harus diganti dengan waktu karena kamu harus membuatnya sendiri.

Pastikan untuk meminta bantuan kepada keluarga dan teman agar kamu tidak kelelahan karena mengerjakan semuanya sendirian. Selain itu, persiapkan juga dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri ini sejak jauh-jauh hari agar tidak mengganggu kesehatan mental maupun fisik sebelum melangsungkan pernikahan. 

Dekorasi Pernikahan Sederhana Buatan Sendiri

Setelah membaca penjelasan di atas, berikut kami berikan beberapa saran mengenai dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri yang bisa kamu aplikasikan di hari bahagiamu:

  1. Pilih Warna Kain yang Sesuai

wm_article_img
Dekorasi: Lavagold Design

Pemakaian tirai dan kain dalam upacara pernikahan adalah hal yang wajar dilakukan. Tirai sendiri bertujuan untuk menutupi latar belakang atau bagian dari lokasi pernikahan yang tidak seharusnya dilihat oleh para tamu undangan pernikahan. Tentu jika tidak ada tirai, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan kain lebar sendiri dengan warna yang sama atau senada.

Namun jika kamu memutuskan untuk memakai tirai, kami sarankan warnanya senada dengan konsep dan tema pernikahan yang sudah ditentukan. Seperti misalnya saja kamu dan pasangan mengenakan busana berwarna hijau saat resepsi. Kemudian tirai yang kamu pilih berwarna kuning. Tentu kedua kombinasi warna ini kurang cocok untuk disandingkan, bukan?

Kami sarankan agar kamu memilih warna yang netral dan hindari tirai bermotif. Kamu bisa memilih warna putih, krem, pastel, hingga hitam. Pemilihan satu warna yang sama atau kombinasi dua warna yang pas akan memberikan tampilan yang sederhana namun tetap rapi dan elegan. Jadi, jangan sampai salah pilih warna background, ya!

  1. Dekorasi Tempat Akad

wm_article_img
Dekorasi: Rustique Decoration

Dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri bisa kamu mulai dari prosesi akad nikahnya. Akad pernikahan bisa dilangsungkan di dalam rumah, halaman rumah, pelaminan, atau masjid. Semua bisa kamu pilih sesuai dengan tema pernikahan yang sudah ditentukan. Namun ada 2 cara yang umum untuk dilakukan, yaitu akad dengan cara lesehan atau duduk mengelilingi meja.

Lesehan akan lebih sederhana persiapannya karena kamu hanya membutuhkan karpet, meja, dan taplak mejanya saja. Sedangkan jika akad dilangsungkan dengan cara duduk, maka kamu perlu menyiapkan meja dan kursi untuk pasangan pengantin, penghulu, wali, dan saksi. Tentu kamu bisa menggunakan perabotan rumah sendiri jika ada. Namun jika kamu tidak memiliki perabotan yang memadai dan cocok untuk dipakai dalam akad, maka kamu perlu menyewa seperangkat meja dan kursi untuk prosesi akad ini.

  1. Dekorasi Pelaminan

wm_article_img
Dekorasi: Rustique Decoration

Pelaminan adalah tempat di mana kedua pasangan pengantin duduk bersama menghadap para tamu undangan untuk melakukan resepsi. Biasanya, dekorasi di area pelaminan inilah yang paling mendapatkan banyak perhatian mengingat kamu dan pasangan adalah raja dan ratu sehari yang menjadi pusat perhatian.

Area pelaminan biasanya dihiasi dengan ornamen bunga, lampu, kain tambahan, inisial pasangan pengantin, dan hiasan lainnya agar terlihat lebih mewah dan elegan. Kursi yang digunakan pun bukan kursi biasa, melainkan kursi yang didesain secara khusus untuk area pelaminan.

Tapi tenang aja, kamu bisa membuatnya lebih sederhana dan lebih terjangkau, kok! Kamu bisa menggunakan sofa di rumah yang memiliki warna yang senada dengan tema pernikahan yang ditentukan. Tambahkan juga tanaman dan pernak-pernik lainnya agar area pelaminan tidak terlihat kosong dan hampa.

Sebenarnya, kamu bisa menambahkan apa saja, kok, sebagai hiasan di area pelaminan. Bisa pasang foto polaroid dengan pasangan, lampu tumblr warna-warni, koleksi boneka, origami, hingga perlengkapan hobi juga bisa kamu jadikan sebagai alat dekorasi. Jadi, dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri ini tidak ada aturan dan batasnya. Semua bebas sesuai dengan selera dan kreativitasmu.

  1. Dekorasi Prasmanan

wm_article_img
Foto: Akasya Catering&Co.

Sebenarnya, area prasmanan tidak membutuhkan banyak dekorasi yang berlebihan karena malah akan menyulitkan tamu yang akan menikmati hidangan di acara pernikahanmu. Cukup pastikan bahwa alur, penempatan alat makan, dan porsinya sudah sesuai dengan jumlah tamu yang diundang.

Jika kamu juga menyediakan stand makanan ringan, pastikan agar stand makanan tersebut disebar di berbagai lokasi pernikahan agar tamu undangan tidak hanya berkumpul di satu titik saja. Tenang, untuk makanan ini juga bisa kamu buat sendiri, kok. Jadi kamu tetap bisa menghemat biaya untuk melangsungkan acara pernikahan, ya!

  1. Dekorasi Area Tamu

wm_article_img
Dekorasi: Cassia Decoration

Dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri selanjutnya yang tidak kalah penting adalah di area tamu undangan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, menentukan jumlah tamu undangan adalah salah satu hal terpenting. Hal ini karena kamu perlu mengukur area untuk tempat duduk para tamu undangan.

Jika lokasi yang dipilih cukup kecil, hindari untuk mengundang terlalu banyak orang karena nantinya ditakutkan tidak semua tamu undangan mendapatkan tempat duduk. Begitu juga sebaliknya. Jika kamu mengundang sedikit orang, hindari memilih lokasi yang terlalu luas karena nantinya acara pernikahanmu akan terlihat sepi dan terlalu banyak ruang kosong.

Perhatikan juga penempatan kursi antar-tamu undangan. Kamu bisa coba sendiri terlebih dahulu ketika menyusun kursinya. Apakah kamu merasa kesempitan atau sudah cukup leluasa untuk bergerak selama duduk. Pastikan jarak antar kursi atau baris cukup lebar mengingat setiap orang memiliki ukuran tubuh yang berbeda.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai dekorasi pernikahan sederhana buatan sendiri yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan dan referensi dalam mempersiapkan pernikahan minimalis dan tetap mewah. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami