Your Smart Wedding Platform

6 Tips Beli Cincin Kawin Online, Supaya Belanja Aman dan Nyaman

22 Feb 2023 | By Dyar Ayu Wedding Market | 2673
Foto cincin kawin: V&Co Jewellery

Menjadi perlambang cinta yang tak pernah putus antara kamu dan pasangan, tentunya membeli cincin kawin tak boleh sembarang. Tak sulit memang menemukan toko perhiasan terdekat sebagai tempat membeli cincin. Namun setelah adanya toko daring dan media sosial, membeli kebutuhan apa pun, termasuk cincin jadi lebih mudah dengan variasi yang jauh lebih beragam. 

Sayangnya, membeli cincin untuk pernikahan secara online tak selamanya mudah dan menguntungkan. Sering kali ada masalah seperti hasil akhir yang berbeda dengan foto, ukuran yang tak pas dengan jari, sampai terkena penipuan. Meski begitu, kamu tak perlu terlalu khawatir jika ingin beli cincin kawin online. Tim WeddingMarket telah menyusun tips supaya kamu dan pasangan bisa belanja dengan tenang. Check this out!

Menemukan toko perhiasan yang terpercaya

Cincin: V&Co Jewellery

Wajar jika kamu dan pasangan tetap memiliki rasa khawatir akan hasil cincin pernikahan yang tak sesuai ekspektasi. Apalagi jika beli secara online yang kamu tak bisa melihat barang aslinya dan hanya dari gambar atau foto.

Di zaman sekarang sangat mudah menemukan toko perhiasan online di media sosial. Saking banyaknya, pasti bisa membuatmu bingung. Sebelum melangkah lebih lanjut, pikirkan lebih dulu apakah kamu mencari toko yang masih satu domisili denganmu atau dari luar kota pun tak masalah. Jika dari luar kota tak masalah, maka pencarian akan lebih lebar lagi. 

Saat ini tak sulit kok menebak apakah toko online tersebut menghasilkan barang yang berkualitas atau tidak. Misalnya dengan membaca ulasan dan testimoni yang datang dari pembeli sebelumnya. Testimoni ini biasanya bisa ditemukan di media sosial toko online baik berupa gambar, komentar, sampai video. 

Tidak cuma di media sosial, ada juga yang memiliki situs pribadi sehingga kamu juga bisa memeriksanya. Bisa juga kamu memeriksa melalui ulasan dalam google maps yang semua foto akan ditampilkan secara lebih jelas. 

Pastikan toko cincin kawin memiliki komunikasi yang baik

Cincin: Fifth Bloom

Setelah kamu menentukan beberapa pilihan toko cincin yang disukai, jangan ragu untuk menghubungi dan menanyakan perihal desain, bahan, atau biaya. Toko yang terpercaya setidaknya memiliki beberapa pilihan media komunikasi dengan customer seperti e-mail, media sosial, aplikasi percakapan, dan sebagainya. 

Lihat bagaimana mereka merespons pertanyaanmu, apakah mereka bersedia melakukan panggilan video untuk menunjukkan beberapa contoh cincin buatannya. Pastikan juga mereka memiliki bahasa yang menyenangkan, bukan hanya chat yang dibalas robot, termasuk tanggapan yang cepat untuk merespons pertanyaanmu.

Memilih bahan cincin yang sesuai ketentuan

Cincin: Fourher.id

Selamat karena kamu sudah menemukan toko perhiasan terbaik! Jangan salah, ini bukan akhir dari perjalanan. Kamu dan pasangan masih harus menentukan bahan cincin yang akan digunakan. 

Calon pengantin perempuan bisa memilih bahan apa pun, termasuk cincin kawin emas. Namun jika kalian beragama Islam, lelaku tak diperkenankan mengenakan perhiasan berbahan emas. Walau begitu masih ada bahan lain untuk cincin kawin laki-laki, kok. 

Setidaknya setiap toko perhiasan memiliki beberapa bahan rekomendasi. Umumnya ada palladium, titanium, dan perak. Berikut ini adalah kelebihan masing-masing bahan tersebut: 

  • Palladium

Palladium adalah salah satu jenis logam yang umum dipilih oleh laki-laki muslim. Cincin palladium sendiri biasanya akan dicampur dengan perak supaya lebih mudah dibentuk, tahan terhadap oksidasi, juga kokoh. 

  • Titanium

Jika mencari referensi bahan cincin yang lebih terjangkau, ada logam titanium yang jadi solusi. Meski murah meriah, kamu tak perlu khawatirkan kekuatannya. 

  • Perak

Ingin memiliki cincin dengan tekstur atau bentuk yang unik? Perak adalah jawabannya! Logam ini mudah dibentuk sesuai selera, selain itu juga murah jika dibandingkan bahan lain. Sayangnya. jika tak bisa merawat dengan baik akan cepat pudar baik warna dan kilaunya.

Pastikan cincin kawin sesuai ukuran

Cincin: Le Prive Lux

Sudah menunggu lama untuk mendapatkan cincin yang diidamkan, tentu tak mau 'kan harus menanti lagi karena cincin yang terpaksa resize karena ukurannya tak sesuai? Ini adalah salah kekurangan saat beli cincin online. Beruntung jika kalian sudah tahu sebelumnya soal size, jadi saat dipasangkan pada jari untuk cincin nikah, langsung melingkar tanpa ada masalah kebesaran atau malah terlalu sempit. 

Saat kamu menemukan cincin yang disukai, lihat informasi ukuran di situs web toko atau pada keterangan media sosial. Kebanyakan pembuat perhiasan akan menggunakan sistem ukuran universal, tapi tak menutup kemungkinan ada versi lain. Apabila kamu atau pasangan belum tahu soal ukuran cincin, berikut tips untuk menemukan yang sesuai: 

  • Datangi salah satu toko perhiasan terdekat. Ukur jari dengan cincin yang ada di sana dan ingat nomornya. 

  • Kalau tak sempat pergi, kamu bisa mengukur manual. Sebelumnya siapkan kertas atau benang, penggaris, gunting dan alat tulis. Rekatkan salah satu ujung kertas atau benang pada jari kemudian lingkarkan sampai menyentuh ujung kertas tadi. Gunting, lalu ukur dengan penggaris. Ingat, jangan terlalu longgar tapi juga jangan terlalu erat. 

  • Tanya langsung pada vendor cincin kawin pilihanmu. Beberapa toko menyediakan dan bersedia mengirim alat bantu ukur jari sehingga lebih akurat. 

Jangan sampai salah saat mengukur jari, ya. Apalagi jika kamu ingin menggunakan cincin dengan banyak batu di sekelilingnya karena akan lebih sulit untuk diubah ukurannya.

Sesuaikan budget yang dimiliki 

Cincin: Rockologist

Tak kalah penting saat membeli cincin nikah adalah soal budget. Ada berbagai faktor mengapa harga sepasang cincin bisa berbeda-beda di setiap toko baik online atau offline meski secara bentuk hampir sama. Misalnya saja seperti kualitas bahan, merek, keterampilan teknis, dan sebagainya. 

Apalagi jika kamu request cincin kawin kustom, biasanya bisa lebih mahal lagi karena toko hanya akan memproduksi sesuai permintaan, pun jika desainnya rumit, jangan terlalu berharap bisa dapat yang murah. 

Namun tak masalah jika ingin riset dengan bertanya dari satu vendor ke vendor lainnya yang siapa tahu, ada yang sesuai budget kalian. Jangan ragu buat bertanya soal kualitas atau 'apa yang membuat cincin ini mendapat angka tersebut?' karena jawabannya bisa menjadi perspektif bagi kamu.

Lakukan pemesanan cincin 3 bulan sebelum pernikahan

Cincin: V&Co Jewellery

Setelah deal dengan harga cincin nikah, jangan lupakan soal waktu pemesanan. Setidaknya lakukan pemesanan cincin dalam waktu tiga bulan sebelum pernikahan. Kenapa sangat lama? Untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi. 

Sebut saja kesalahan pada ukir nama, kotak cincin yang rusak, resize, dan sebagainya yang mau tak mau mengulur waktu persiapan. Pertimbangkan juga kemungkinan antrean pada vendor sehingga proses pembuatan jadi lebih lama. Belum lagi soal waktu pengiriman jika kamu memesan dari toko online berbeda kota.

Cincin kawin itu akan menjadi the one and only. Meski setelah menikah kamu bisa membeli cincin couple lain, rasanya tak akan sespesial yang pertama. Tak perlu mahal, asal kamu dan pasangan suka dan nyaman. Jangan sampai keistimewaannya rusak karena kesalahan pilih vendor. Semoga, setelah mengikuti tips di atas, kamu dan pasangan tak bingung lagi dalam menentukan, ya!


Artikel Terkait



Artikel Terbaru