Pilih Kategori Artikel

7 Inspirasi Undangan Pernikahan Unik dan Lucu untuk Pesta yang Berkesan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ketika ingin mengadakan pesta pernikahan, pastinya setiap pasangan ingin mengundang keluarga dan orang-orang terdekat. Hal ini dilakukan karena mereka ingin turut serta membagikan rasa suka cita kepada orang lain.

Ada banyak cara yang dilakukan pengantin untuk mengundang orang-orang terdekat untuk datang ke pesta pernikahan, tetapi yang sering digunakan adalah memberikan undangan pernikahan. Undangan pernikahan sendiri punya banyak desain, namun yang umum dan banyak beredar di pasaran adalah undangan pernikahan yang terbuat dari bahan kertas. 

Seiring berkembangnya waktu, undangan pernikahan mengalami perkembangan, terutama dari segi desain. Jika sebelumnya undangan pernikahan berdesain formal dengan background warna yang itu-itu saja, sekarang desain undangan ada banyak ragamnya, contohnya saja seperti undangan pernikahan dengan desain unik dan lucu.

Jika kamu sedang mencari inspirasi desain undangan pernikahan, dengan desain unik dan lucu, simak informasinya di bawah ini :

Desain Undangan Amplop

wm_article_img
Undangan: Arsanti Invitation

Rekomendasi desain yang pertama adalah undangan dengan desain bentuk amplop. Undangan satu ini terbuat dari kertas yang dapat dibentuk sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah amplop. Hal yang menarik dari desain undangan ini adalah detail-detail seperti lukisan bunga dan kupu-kupu yang dijadikan sebagai background tulisan. Tentunya dengan penambahan detail tersebut mempunyai tampilan undanganmu tidak hanya cantik tetapi juga terlihat lucu. 

Undangan Desain Kalender

wm_article_img
Undangan: Undangankoe

Desain undangan lain yang lucu dan menarik adalah desain undangan berbentuk kalender. Undangan tersebut terbuat dari tiga lembar hard cover yang setiap sisinya mempunyai isi berbeda, seperti halaman pertama berisi tanggal lengkap selama 12 bulan, halaman kedua informasi tentang nama pengantin beserta tanggal pernikahannya, dan halaman ketiga berisi gambar denah diadakannya acara.

Tentunya agar undangan tersebut dapat dibentuk menjadi kalender, bahan yang digunakan haruslah hardcover yang dapat dilipat menjadi tiga hingga dapat dibentuk menjadi sebuah kalender. 

Undangan Desain Tradisional

wm_article_img
Undangan: Undangankoe

Selain undangan berkonsep modern, saat ini juga banyak berkembang undangan desain tradisional. Biasanya undangan tersebut digunakan bagi pengantin yang mengadakan pesta pernikahan dengan konsep tradisional juga.

Salah satu desain undangan tradisional yang dapat menjadi inspirasi adalah undangan berdesain adat Batak. Undangan ini terdiri dari dua bagian yaitu hardcover dan amplop. Pada bagian amplop, memiliki bentuk seperti amplop biasa yang mempunyai ukuran besar yang dilengkapi dengan desain motif kain ulos.

wm_article_img
Wedding card: Undangankoe

Di sisi lain, untuk bagian isi, terdiri dari dua hardcover yang pertama adalah hardcover yang menampilkan foto kedua pasangan, sedangkan untuk hardcover yang lain berisi informasi tentang nama pasangan, tanggal dan tempat diadakannya acara. Kamu juga bisa request untuk menambahkan detail tambahan seperti denah lokasi agar para tamu undangan dapat lebih mudah menemukan tempat pesta pernikahan.

Undangan Warna Pastel

wm_article_img
Wedding card: Undangankoe

Apa yang kamu ketahui mengenai warna? Hijau, biru, ungu dan hitam? Seiring berkembangnya waktu, ternyata warna tidak terbatas pada warna basic saja, tetapi juga mengalami perkembangan hingga tercipta warna pastel.

Pastel adalah warna yang mempunyai basic warna putih yang dicampur dengan warna lain sehingga menciptakan warna yang lebih muda dan cerah. Warna pastel disukai oleh banyak orang karena tampilannya yang lembut dan tidak terlalu mencolok. Tidak heran karena hal tersebut, warna pastel juga diaplikasikan dalam hal pernikahan, seperti dijadikan sebagai warna dasar sebuah undangan.

wm_article_img
Wedding card: Arsanti Invitation

Salah satu desain undangan unik yang cocok dengan warna pastel adalah undangan dengan desain amplop unik. Amplop tersebut berbeda dari amplop lain yang cenderung polos, amplop satu ini mempunyai warna dasar hijau pastel yang di bagian depannya terdapat ukiran nama pengantin, tanggal diadakannya acara serta tempat pesta diadakan. Sementara di bagian belakang dilengkapi stiker sebagai penutup amplop. 

Selain desain amplop yang menarik, penggunaan kertas tebal sebagai isi undangan juga memberikan daya tarik tambahan. Hard cover dengan warna background hijau pastel yang dipadu padankan dengan gambar dan tulisan warna putih, memberikan kesan visual yang lebih lembut. 

Undangan Bentuk Gunungan

wm_article_img
Undangan: CC Wedding Invitation

Selain undangan adat Batak, terdapat undangan desain adat lain yang bisa kamu gunakan yaitu undangan bentuk gunungan yang diambil dari salah satu unsur wayang di adat Jawa. Sesuai namanya, desain undangan ini berbentuk gunung yang terbuat dari hardcover. Untuk membuat tampilan menarik, hardcover tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian alas dan bagian penutup.

wm_article_img
Undangan: CC Wedding Invitation

Pada bagian penutup, mempunyai desain seperti pintu yang dapat dibuka tutup dimana ketika pintu tersebut dibuka memperlihatkan bagian utama undangan yang didesain dengan kombinasi warna putih dan biru tua. Pada salah satu bagiannya ditambahkan detail lain seperti ukiran batik dan foto pengantin.

Undangan Bentuk Passport

wm_article_img
Undangan: CC Wedding Invitation

Desain undangan lain yang mempunyai bentuk unik adalah undangan bentuk passport. Sama halnya dengan passport yang mempunyai ukuran kecil, ukuran undangan ini juga berukuran persis seperti passport yaitu 125 mm x 88 mm. 

Untuk membuat tampilannya menjadi lebih mirip passport, pada bagian cover diberikan gambar burung garuda disertai dengan tulisan passport di atasnya. Hanya saja untuk membedakan dengan paspor asli, pada bagian atas undangan disertakan tulisan “wedding invitation” dan ditambahkan juga nama pasangan pengantin di bagian bawah.

wm_article_img
Undangan: CC Wedding Invitation

Untuk bagian isi, kamu dapat menggunakan hardcover yang terdiri dari tiga bagian, dengan bagian pertama berisi perjalanan pengantin dapat bertemu hingga memutuskan ke pelaminan, lembar kedua berisi tentang informasi nama pengantin, tanggal pernikahan, serta lokasi pesta diadakan, dan lembar ketiga adalah denah lokasi.

Undangan Desain Kartun

wm_article_img
Undangan: CC Wedding Invitation

Rekomendasi desain undangan terakhir adalah undangan bergambar kartun. Cocok untuk kamu yang ingin undangan dengan desain simpel namun tetap terlihat lucu. 

Berbeda dengan undangan-undangan sebelumnya yang terbuat dari hardcover, undangan kartun terbuat dari kertas biasa namun dengan ukuran yang lebih tebal. Selain menjadikan kartun sebagai daya tarik utamanya, kamu juga dapat memberikan desain lain seperti membuat warna putih sebagai background utama dan menambahkan gambar bunga serta daun sebagai hiasan.

Itulah tujuh rekomendasi desain undangan lucu dan unik yang dapat kamu gunakan. Referensi tersebut tentunya disesuaikan kembali dengan konsep pernikahanmu nanti. Jika kamu menggunakan konsep pernikahan adat, maka desain undangan yang cocok digunakan adalah undangan adat. Di sisi lain, jika kamu ingin mengadakan pesta pernikahan berkonsep simpel, maka undangan desain pastel dan kartun menjadi pilihan yang pas. Demikianlah, semoga kamu bisa menemukan wedding card yang paling berkesan, ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...