Pilih Kategori Artikel

7 Tips Memilih Paket Nikah All In Biar Nggak Rugi!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menyiapkan pernikahan bukanlah perkara yang mudah. Untuk bisa mewujudkan resepsi pernikahan impian, kamu akan membutuhkan waktu hingga berbulan-bulan untuk bisa memenuhi setiap kebutuhannya. Inilah mengapa banyak pasangan pengantin yang memilih untuk membeli paket nikah sekaligus agar tidak perlu repot-repot mengurus setiap kebutuhan pernikahan satu per satu.

Untuk itu pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa tips dalam memilih paket pernikahan all in agar kamu lebih hemat biaya, waktu, dan tenaga. Paket nikah yang dicari biasanya sudah termasuk dekorasi, katering, riasan, fotografi, MC, hingga hiburan. Untuk itu, yuk simak tips dalam memilih paket pernikahan all in di bawah ini!

  1. Tentukan Konsep Pernikahan

wm_article_img

Ketika akan memilih paket pernikahan, kamu harus memiliki konsep pernikahan terlebih dahulu, apakah acara pernikahan ingin dilakukan di dalam atau di luar ruangan. Hal ini karena kedua konsep pernikahan tersebut memiliki kebutuhan yang berbeda mulai dari segi lokasi, tata letak, dekorasi, makanan, dan kebutuhan lainnya. Pihak vendor pun biasanya juga akan memberikan penawaran yang berbeda tergantung dari konsep pernikahannya.

Seperti misalnya saja untuk pernikahan di dalam ruangan, pihak vendor akan menyediakan blower atau AC standing agar hawa ruangan tetap terjaga dan tidak gerah. Sedangkan pada pernikahan outdoor, kedua alat tadi tidak dibutuhkan karena adanya sirkulasi udara alami, sehingga tidak akan menimbulkan suasana yang sesak.

Konsep pernikahan ini juga termasuk dengan tema pernikahan yang diinginkan. Seperti misalnya saja kamu dan pasangan merupakan penggemar berat seri Harry Potter dan ingin melangsungkan pernikahan seolah-olah kamu sedang berada di Hogwarts. Maka akan ada banyak detail mulai dari dekorasi, lokasi, makanan, dan detail lainnya yang berhubungan dengan tema pernikahan ini.

  1. Tentukan Anggaran

wm_article_img

Langkah berikutnya dalam memilih paket nikah adalah kamu perlu menyiapkan anggarannya terlebih dahulu. Biasanya, venue dan vendor menyiapkan berbagai macam jenis paket yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Dengan memiliki anggaran yang jelas, kamu akan lebih mudah dalam memilih paket pernikahan agar sesuai dengan jumlah tamu, dekorasi yang diinginkan, hingga catering yang ditawarkan.

Selain itu, menentukan anggaran juga akan membantu kamu untuk terhindar dari over budget atau bahkan terpaksa membayar biaya tambahan lainnya yang tidak diperlukan. Pastikan untuk melakukan banyak riset mengenai biaya pernikahan di daerah atau lokasi yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu dan pasangan setidaknya memiliki gambaran dan patokan biaya yang sekiranya perlu dikeluarkan.

Biar bisa lebih hemat, kamu juga perlu menentukan tanggal pernikahan agar bisa menyewa tempat terlebih dahulu dan tidak keduluan dengan pasangan lain. Kami sarankan untuk menghindari kombinasi tanggal cantik yang biasanya banyak diminati oleh pasangan muda dalam merayakan hari bahagia mereka.

Tips lainnya adalah kamu bisa memilih tanggal pernikahan di hari kerja karena biasanya harga sewanya lebih murah dibandingkan di akhir pekan. Agar tamu undangan tetap bisa hadir, kamu bisa memilih waktu resepsi pernikahan di sore atau malam hari.

  1. Cari Kenalan Wedding Organizer

wm_article_img

Tidak sedikit wedding organizer yang menyediakan paket nikah dengan harga ekonomis dengan layanan yang lengkap. Untuk itu, kamu bisa mulai mencari kenalan atau meminta rekomendasi wedding organizer dari orang terdekat agar mendapatkan WO yang tepat. Selain itu, bekerja sama dengan WO yang sudah kita kenal akan memudahkan proses komunikasi dan negosiasi terkait acara pernikahan yang kamu inginkan.

Selain itu, pastikan kamu mulai mencari WO sejak jauh-jauh hari agar bisa menemukan WO yang tepat. Tanyakan detail mengenai paket yang mereka tawarkan apakah sudah termasuk dekorasi, perabot, catering, dan kebutuhan lainnya. Jika kebutuhan kamu tidak bisa terpenuhi oleh penawaran WO yang pertama, kamu masih memiliki banyak waktu untuk mencari WO lainnya yang sesuai.

Hindari mencari WO yang mepet dengan waktu pernikahanmu, karena semakin mendekati hari pernikahan, maka akan semakin minim juga pilihan yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, harga yang ditawarkan pun akan semakin mahal karena pihak WO jadi memiliki lebih sedikit waktu untuk mempersiapkan kebutuhan yang kamu mau.

  1. Pilih Vendor yang Sudah Bekerjasama dengan Gedung

wm_article_img

Tips memilih paket nikah berikutnya adalah kamu bisa memilih vendor yang sudah bekerjasama dengan gedung. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mencari gedung lagi. Selain itu, vendor juga sudah familiar dengan seluk beluk gedung, sehingga proses dekorasi dan perlengkapan yang mereka miliki pun sudah sesuai dengan kebutuhan gedung.

Tidak hanya itu, biasanya vendor juga sudah menyiapkan beberapa jenis dekorasi yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Pihak vendor juga akan lebih mudah untuk menyesuaikan kebutuhan dekorasi pernikahan kamu dengan anggaran yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki gambaran dan preferensi sendiri mengenai dekorasi, jangan lupa tanyakan kepada pihak vendor apakah kamu bisa melakukan perubahan kecil agar bisa mewujudkan pernikahan yang sesuai dengan konsep yang telah ditentukan. Lakukan diskusi mendalam dengan vendor pilihan agar mereka bisa menyediakan barang dan peralatan yang dibutuhkan.

  1. Sesuaikan dengan Tamu Undangan

wm_article_img

Tamu undangan menjadi pertimbangan penting dalam memilih paket nikah. Beberapa pihak vendor akan menyediakan paket pernikahan per pax atau per kepala. Jumlahnya sendiri bisa dimulai dari 50 atau 100 orang saja untuk intimate wedding. Namun ada juga pihak vendor yang menyediakan katering dalam bentuk prasmanan yang bisa kamu pilih jumlah menu dan banyaknya setiap makanan.

Pastikan untuk memiliki jumlah tamu yang sudah pasti agar setiap tamu undangan yang hadir bisa mendapatkan tempat duduk dan menyicipi jamuan dengan nyaman tanpa ada yang tidak kebagian. Kamu bisa konfirmasi ulang kepada tamu undangan apakah mereka akan datang sendiri, membawa pasangan, atau anak. Dengan begitu, kamu memiliki data mengenai seberapa banyak orang yang sudah pasti akan hadir atau tidak.

Hal ini merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengantisipasi kelebihan atau kekurangan pada jamuan makanan. Dengan begitu, tamu undangan pun akan merasa nyaman dan dihargai di hari pernikahanmu, karena kamu mengutamakan kenyamanan mereka.

  1. Pilih Vendor di Kota yang Sama

wm_article_img

Jika kamu melangsungkan resepsi pernikahan di kota tertentu, pastikan juga kamu menggunakan vendor dari kota tersebut. Hindari menggunakan jasa WO dari kota yang berbeda karena hal ini akan menyulitkan kedua belah pihak. Koordinasi antara kamu dengan pihak vendor akan lebih sulit dilakukan. Begitu pula dengan pihak vendor yang perlu mengangkut barang dan peralatan mereka ke lokasi yang lebih jauh. Bahkan, besar kemungkinan pihak vendor akan meminta biaya lebih untuk transportasi.

  1. Take Over Wedding

wm_article_img

Tips memilih paket nikah yang terakhir bisa kamu lakukan jika tidak ada kendala pada biaya atau waktu pernikahan, yaitu dengan take over wedding. Sesuai dengan namanya, take over wedding adalah mengambil alih pernikahan orang lain. Eits, ini bukan berarti kamu menyerobot ke pernikahan orang lain, ya. Namun kamu bisa mengambil alih lokasi dan tanggal pernikahan mereka.

Take over wedding bisa dilakukan jika pasangan yang sudah menetapkan tanggal dan lokasi tertentu untuk menikah, memutuskan untuk menunda, mengubah tanggal, atau bahkan membatalkan pernikahan mereka. Fenomena ini memang tidak sering terjadi, namun tidak menutup kemungkinan juga kamu bisa menemukan hal ini.

Biasanya, pasangan yang sudah melakukan reservasi pada suatu vendor dan gedung di tanggal tertentu sudah membayar uang muka sebesar 50%. Tidak sedikit gedung yang menetapkan peraturan bahwa uang muka tersebut tidak bisa dikembalikan dengan alasan apapun. Inilah mengapa tidak sedikit vendor yang menawarkan jasa dan lokasi dengan biaya yang lebih murah dari pernikahan yang dibatalkan tadi agar mereka tidak rugi.

Tentunya hal ini akan menguntungkan karena kamu tidak perlu lagi memilih tanggal dan mencari tempat lagi. Bahkan jika kamu tidak keberatan dengan dekorasi yang ditawarkan serta jumlah tamunya juga tidak membutuhkan banyak perubahan, kamu bisa langsung memilih tanggal dan lokasi tersebut. Sangat hemat dan menguntungkan, bukan?

Itu dia 7 tips dalam memilih paket nikah secara lengkap yang bisa kamu coba. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba!


Foto cover: Alinea via BrideMarket

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...