Pilih Kategori Artikel

Asal Usul Bulan Madu dan Apa Saja yang Harus Dipersiapkan

Bagi sebagian pasangan, bulan madu menjadi elemen esensial dalam sebuah pesta pernikahan. Pasalnya, agenda ‘wajib’ pasangan suami istri yang baru menunaikan ijab Kabul ini sering kali dilaksanakan tepat setelah pesta pernikahan usai. Namun sebenarnya, apa, sih, makna bulan madu itu sendiri?

Secara harfiah, bulan madu adalah perjalanan yang dilakukan oleh pasangan pengantin baru untuk merayakan terselenggaranya pesta pernikahan. Aktivitas ini dianggap normal di Indonesia, terlebih di kalangan pasangan muda. Biasanya, tempat untuk melakukan bulan madu adalah tempat-tempat yang tenang, jauh dari keramaian, romantis, dan pemandangannya cantik. Salah satu destinasi bulan madu terpopuler di Indonesia adalah pulau Bali. 

Namun, pernahkah kalian berpikir dari mana asal usul bulan madu? Simak artikel berikut ini, ya, untuk mendapatkan jawabannya!

Pengertian Bulan Madu

wm_article_img
Foto: anekatempatwisata.com

Bulan madu adalah tradisi yang sudah ada sejak tahun 1542 dan berasal dari bahasa Inggris kuno “hony moone”. Istilah ini muncul pertama kali melalui tulisan Samuel Johnson. Arti “hony moone” dimaknai sebagai fase yang telah dilalui setelah menikah. Hal ini merujuk pada bulan pertama setelah menikah, yang biasanya dipenuhi dengan kebahagiaan serta kasih sayang dari masing-masing pasangan. 

Istilah ini bukan berarti periode satu bulan kebahagiaan, tetapi menggambarkan kasih sayang yang perlahan memudar seiring pergantian bulan. Tulisan ini menyampaikan bahwa cinta akan memudar seiring berjalannya waktu. Makna yang terasa miris, bukan?

Namun, pada awal abad ke-19, makna bulan madu bergeser menjadi perjalanan yang dilewati oleh pengantin baru setelah pesta pernikahan usai. Saat itu, bulan madu dilakukan dengan mengunjungi tamu atau anggota keluarga yang tidak dapat menghadiri pesta pernikahan mereka. Jadi, bukan untuk menikmati destinasi cozy nan eksotis seperti yang kita kenal saat ini. 

Lalu pada akhir abad ke-19, barulah bulan madu diisi dengan pergi ke tempat-tempat indah dan menyenangkan, sebagai waktu untuk membahagiakan satu sama lain setelah menikah. Bahkan, bulan madu kerap menjadi waktu terbaik untuk mengenal pasangan lebih dalam atau merencanakan memiliki momongan. 

Saat ini, banyak pasangan pengantin yang menyisipkan bulan madu dalam rangkaian acara pesta pernikahan mereka. Biasanya, bulan madu langsung dilakukan sehari setelah pesta pernikahan selesai, agar tidak terlalu mengulur waktu dan tidak memperpanjang cuti bagi karyawan. 

Destinasi bulan madu di Indonesia juga cukup banyak. Apabila tidak ingin terlalu jauh dari Jakarta, daerah Bandung, Garut, atau Pangandaran bisa menjadi pilihan. Sementara jika memiliki cuti yang sedikit lebih lama, kamu dan pasangan bisa memilih destinasi eksotis, seperti Jogja, Bali, Lombok, Karimun Jawa, atau Bintan. 

Selain itu, destinasi luar negeri juga tak kalah menarik. Kalian bisa memilih Korea Selatan, Jepang, Thailand, Vietnam, Singapura, Paris, atau Swiss, untuk jadi destinasi pilihan saat bulan madu nanti. Menarik, kan?

Persiapan Sebelum Bulan Madu

Meski tampak sederhana, yaitu menghabiskan waktu berdua dengan pasangan halal, persiapan bulan madu tidak main-main. Jika kamu dan pasangan memutuskan untuk mengambil bulan madu setelah menikah, pastikan beberapa hal ini terpenuhi agar tidak mengganggu kenyamanan bulan madu kalian:

1. Memilih lokasi bulan madu sesuai bujet 

wm_article_img
Foto: brit.co

Ingin memiliki foto bulan madu yang estetik dengan latar belakang Namsan Tower di Korea Selatan boleh-boleh saja. Namun, pastikan bujet kamu dan pasangan sesuai dengan lokasi yang dituju. Jangan memaksakan diri untuk melakukan perjalanan bulan madu, apalagi sampai berhutang. Jika kondisi finansial belum mumpuni untuk melakukan bulan madu ke destinasi idaman, tundalah sebentar hingga bujetnya terpenuhi. Tidak ada salahnya melakukan perjalanan bulan madu beberapa bulan setelah pesta pernikahan digelar. 

Namun, bila kamu dan pasangan tetap ingin melangsungkan bulan madu dengan bujet minimalis setelah pesta pernikahan, buatlah destinasi realistis yang sesuai dengan bujet. Bulan madu ke tempat yang dekat seperti Bandung juga tak akan mengurangi esensi kebersamaan dan kebahagiaan yang kalian lewati. 

2. Mengemas barang untuk bulan madu sebelum akad nikah dilangsungkan 

wm_article_img
Foto: Instagram @tanianadiraa

Persiapan yang satu ini penting dilakukan oleh pasangan yang akan bulan madu langsung setelah pesta pernikahan, agar tidak keteteran setelah acara selesai. Pastikan seluruh barang yang ingin dibawa dimasukkan ke dalam koper, maksimal semalam sebelum akad nikah dilangsungkan. 

Teliti kembali barang yang diperlukan agar tidak ada yang ketinggalan. Cara ini juga membuatmu menghemat waktu dan tidak terburu-buru saat menuju stasiun, bandara, atau terminal, yang akan membawa kalian ke destinasi bulan madu impian. 

3. Memilih moda transportasi terdekat dari lokasi acara dan jadwal perjalanan yang pas

wm_article_img
Foto: The Honeymoonist

Pilihlah moda transportasi yang dekat dengan venue pernikahan kalian. Hal ini bertujuan untuk mempersingkat waktu tempuh dan menghindari keterlambatan. 

Namun, jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, pilihlah jadwal moda transportasi yang tidak mepet. Hitung dengan saksama waktu perjalanan dari venue pernikahan menuju moda transportasi yang diinginkan. Apabila harus ditempuh dalam waktu 2 jam menuju bandara, sediakan waktu 4 jam sebelum jadwal keberangkatan untuk mengantisipasi kemacetan ataupun antrian check-in bagasi. 

4. Memperhatikan prakiraan cuaca lokasi bulan madu yang dituju 

wm_article_img
Foto: phinemo.com

Bulan madu adalah waktunya untuk bersenang-senang dengan pasangan. Namun, apa jadinya bila kalian mengunjungi pantai saat musim hujan? Ini bisa menjadi momen menyebalkan sekaligus merusak keindahan bulan madu. 

Oleh karena itu, lihat kembali prakiraan cuaca lokasi bulan madu yang ingin dituju. Hindari musim hujan saat akan berbulan madu di pantai atau di gunung. Selain itu, pilihlah cuaca terbaik, jika kamu dan pasangan ingin mengunjungi negara 4 musim. Musim gugur atau semi merupakan musim romantis, yang bisa menjadi rekomendasi waktu untuk bulan madu. 

5. Mempersiapkan outfit yang tepat 

wm_article_img
Foto: tripzilla.id

Selain prakiraan cuaca, kamu juga sebaiknya memeriksa suhu rata-rata saat kalian tiba di lokasi tujuan. Hal ini dapat membantu kamu dan pasangan memilih outfit yang tepat, agar tidak salah kostum yang berakhir menjadi kepanasan atau kedinginan. Jika suhu sedang terik, usahakan untuk tidak membawa baju berbahan tebal agar tidak memenuhi barang bawaan di koper. 

6. Menentukan aktivitas seru saat bulan madu 

wm_article_img
Foto: atvbali.net

Bulan madu nggak hanya bisa diisi dengan rebahan saja, lho, Dears. Kamu dan pasangan juga dapat mencoba aktivitas menarik yang akan menambah kedekatan kalian. Aktivitas bulan madu ini juga dapat mengasah kemampuan komunikasi dalam berumah tangga, serta bagaimana cara kalian menyelesaikan masalah nantinya. Intinya, jangan hanya berdiam diri di kamar. Nikmati waktu liburan ini untuk mengembalikan energi dan mengenal pasangan lebih baik.   

Nah, itu dia asal usul bulan madu beserta apa saja yang harus kalian persiapkan. Bulan madu adalah waktu untuk bermanja-manja dengan pasangan, setelah sebelumnya dipusingkan dengan urusan seputar pesta pernikahan. Maka dari itu, nikmati setiap detik waktu yang berharga ini, agar kalian punya kenangan manis yang mengawali bahtera rumah tangga ini. 

Untuk persiapan pernikahan, temukan berbagai inspirasinya di pameran pernikahan WeddingMarket Festival pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom. Kamu dapat menemukan berbagai vendor untuk memenuhi kebutuhan pernikahan, mulai dari wedding organizer hingga gaun pengantin.

Segala kerepotan jelang pernikahan berhasil dilewati dengan lega, kini saatnya kamu dan pasangan menikmati bulan madu romantis berdua! Ah, bicara soal destinasi wisata pilihan, kalian pasti sudah mengantongi banyak ide, lokasi, sampai kegiatan untuk mengisi agenda pacaran dengan pasangan sah kali ini. Kira-kira, mau melancong ke dalam atau luar negeri, nih

Benar, ini adalah momen paling mendebarkan di mana kamu dan pasangan bisa pacaran halal sekaligus healing. Namun tak harus dilakukan di luar negeri, kok, ada banyak sekali tempat indah nan romantis di Indonesia yang bisa kalian berdua pilih. Berikut ini rekomendasi tujuan honeymoon di Indonesia versi tim WeddingMarket, khusus buat kamu. Pertimbangkan, ya! 

Yogyakarta

wm_article_img
Foto: Waduk Sermo Glamour Camping

Memiliki tagline 'Yogyakarta itu terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan', kota gudeg tak hanya layak jadi tempat study tour buat anak-anak, tapi juga destinasi pacaran halal. Selain hotel berbintang dan hostel murah meriah, kini ada banyak tempat glamping yang menawarkan pengalaman menginap yang lebih syahdu karena dekat dengan alam. 

Biasanya, glamping di Yogyakarta berlokasi tak jauh dari tempat wisata, sebut saja seperti Sermo Glamour Camp yang sesuai namanya berlokasi dekat dengan Waduk Sermo di Kabupaten Kulon Progo, ada juga Bukit Lintang Sewu yang berlokasi dekat Hutan Pinus Dlingo. Paket lengkap, bisa menginap sekalian jalan-jalan, nih. 

Setiap bulannya, ada berbagai agenda wisata di Yogyakarta 2023 yang diisi mulai dari konser musik, pameran seni, sampai upacara tradisional. Sayang sekali kalau dilewatkan!

Bandung

wm_article_imgwm_article_img

Foto: Orchid Forest Cikole

Cuaca dingin memang paling enak buat berpelukan dengan pasangan sah, nih. Kalau memang setuju, kamu bisa menunjuk Kota Bandung sebagai tujuan wisata sekaligus bulan madu bersama doi. 

Tempat wisata di Bandung yang terkenal romantis adalah Orchid Forest Cikole. Berupa hutan pinus yang luas, kalian bisa menikmati udara segar yang mungkin jarang dirasakan di kota asal. Fasilitas dan wahananya terbilang  lengkap, mulai dari tempat makan, flying fox buat si penyuka tanaman, atau sekadar berjalan-jalan di taman anggrek.

Kamu dan pasangan lebih suka wisata yang santai di pusat kota? Nah, kunjungi Jalan Braga yang terkenal di Bandung yang sekitarnya dipenuhi kafe dan tempat makan enak. Jangan lupa berfoto bersama buat kenang-kenangan, ya!

Bali

wm_article_img
Foto: instagram/tanadewaubud

Tak lengkap membahas rekomendasi bulan madu romantis tanpa menyebut Bali. Sebagai destinasi populer dunia, pastinya ada banyak sekali hal yang bisa kalian lakukan untuk bersenang-senang. Terlebih setiap daerah di Bali memiliki daya tarik yang berbeda-beda. 

Sebut saja Ubud, jauh dari hingar bingar kota, memiliki pemandangan pedesaan dan sawah yang menyegarkan mata. Kamu dan pasangan bisa menyewa sepeda kemudian berkeliling, atau jika menyukai wisata yang memacu adrenalin ada rafting arung jeram yang dijamin seru.

wm_article_img
Foto: Ubud Rafting ATV Adventure

Nah, saat jelang sore hari jajal makan malam di restoran tepi pantai seperti di Jimbaran atau Kuta. Kapan lagi 'kan menikmati seafood sambil melihat golden hour yang magical?

Pulo Cinta, Gorontalo 

wm_article_imgwm_article_img

foto: instagram/pulocinta

Alih-alih menghabiskan waktu dan biaya yang tak sedikit dengan pasangan untuk jalan-jalan ke Maldives, coba pertimbangkan buat datang ke Pulo Cinta di Gorontalo. Pulo Cinta adalah sebuah pulau kecil berbentuk hati yang juga dilengkapi dengan resor terapung berfasilitas lengkap. Cukup romantis 'kan?

Hal menyenangkan pertama yang akan kamu rasakan jika berkunjung ke Pulo Cinta adalah bisa menikmati matahari terbenam dan matahari terbit dari teras resor yang mungkin akan jarang ditemui di tempat lain. Selanjutnya, agendakan buat diving atau snorkeling berdua, melihat biota laut yang beraneka ragam. 

Jika ingin menikmati Pulo Cinta lengkap dengan wahana serunya, kamu bisa mencari vendor bulan madu yang menyediakan paket honeymoon yang lengkap. Kamu dan pasangan tak perlu repot-repot membuat jadwal perjalanan sampai mencari akomodasi karena semuanya telah disediakan oleh vendor.

Labuan Bajo

wm_article_img
Foto: instagram/labuanbajo.trip.id

Masukkan juga Labuan Bajo dalam list kota romantis di Indonesia, ya! Berada di Indonesia bagian Timur, desa ini terkenal dengan lanskap alamnya yang eksotis. Terlebih jika kamu mengejar pemandangan matahari terbenam, pilihan tempatnya cukup banyak seperti Puncak Amelia, Puncak Silvia, dan Bukit Cinta. 

Tak jauh dari Labuan Bajo, ada wisata Taman Nasional Komodo di mana kalian dapat melihat langsung binatang purba tersebut. Pun dari Labuan Bajo kamu bisa sampai ke Pulau Komodo dengan menunggang kapal cepat atau kapal feri.

Sebelum pulang, jangan lupa belanja oleh-oleh khas Labuan Bajo untuk keluarga dan teman di kota asalmu. Yang terkenal yaitu berupa kain songket dengan beragam motif indah seperti ranggong atau laba-laba yang menyimbolkan kejujuran dan kerja keras, ntala atau bintang yang bermakna harapan dan doa baik, dan sebagainya.

Belitung

wm_article_img
Foto: instagram/wonderfulindonesia

Apa artinya bulan madu kalau tak mengunjungi wisata pantai? Ya, seperti di Belitung yang kian terkenal sejak jadi lokasi syuting film Laskar Pelangi dengan pantai pasir putih dan laut jernihnya. Juga dikenal dengan nama Belitong, setidaknya ada dua pantai yang wajib dikunjungi jika kamu dan pasangan datang kemari. 

Yang pertama adalah Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini sangat cocok dikunjungi jika kamu ingin main air atau berenang karena ombaknya yang cenderung tenang. Selanjutnya yaitu Pantai Tanjung Kelayang yang memiliki garis pantai panjang sehingga cocok untuk snorkling atau olahraga air lain.

Jangan sampai melewatkan Museum Kata jika datang ke  Belitung. Museum tersebut dibuka oleh penulis film Laskar Pelangi, Andrea Hirata, yang berisi lukisan, sastra, dan hiasan khas Belitung yang menggemaskan. 

Pulau Lombok

wm_article_img
Foto: Lime Lombok Villas

Rekomendasi tempat honey moon di Indonesia yang terakhir adalah Lombok, Nusa Tenggara Barat. Jangan salah, banyak wisatawan asing yang juga telah melirik Lombok sebagai destinasi honey moon di Indonesia mereka juga, loh. 

Bukan tanpa alasan, Lombok memiliki pesona yang unik, apalagi wisatanya. Gili Trawangan misalnya, kamu tak lengkap jika ke Lombok tanpa mengintip surga dunia yang terkenal untuk aktivitas surfing, snorkeling, sampai berkuda. Selanjutnya adalah Bukit Malimbu, spot terbaik menyaksikan matahari terbenam dari ketinggian di Lombok.

Well, ada baiknya kamu menggunakan jasa vendor honeymoon jika ingin trip to Lombok. Segala perjalanan telah direncanakan dengan matang, kendaraan telah dipersiapkan, biayanya pun tak kelewat mahal. Kamu juga bisa request wisata kuliner dalam paket bulan madu. Rekomendasi kuliner dari warga lokal, dijamin tak akan gagal! 

Tak masalah kok jika kamu dan pasangan mampu serta lebih ingin honeymoon ke luar negeri. Namun, melihat destinasi bulan madu di Indonesia di atas memiliki pesona yang tak kalah menawan, rasanya eman kalau tak dikunjungi bersama pasangan halal. Kegiatan bulan madu mulai dari wisata alam, wisata yang memacu keberanian, sampai kuliner, ketujuh tempat di atas punya semua. Yuk, jalan-jalan di dalam negeri!

Nah, buat kamu dan pasangan yang masih dalam tahap merencanakan pernikahan, kamu juga bisa temukan berbagai kebutuhan untuk hari bahagiamu kelak dari vendor-vendor pernikahan profesional berpengalaman dengan mengunjungi pameran pernikahan WeddingMarket Festival pada 18-19 Februari 2023 di The Krakatau Grand Ballroom.

Dapatkan juga berbagai promo menarik dan beragam activation selama pameran berlangsung, seperti:

  • Kesempatan memenangkan Grand Prize (1 Unit Mobil Daihatsu Sigra, 1 Unit Motor Honda Scoopy, 1 Honeymoon to Bali 2D1N, 1 Unit Smartphone Samsung)
  • Hadiah langsung berupa produk dan jasa vendor partisipan
  • Promo menarik dari berbagai vendor partisipan
  • Voucher diskon untuk berbelanja selama pameran
  • Serta berbagai dekorasi estetik dan photobooth menarik
  • Nikmati juga Free Test Food dan rasakan suasana MAGICAL GARDEN dalam pameran ini

Pesan Tiket Masuk Gratis dengan klik di tautan ini. Selamat menentukan destinasi bulan madu dan mempersiapkan acara pesta pernikahan, ya, Dears!

Kunjungi WeddingMarket Festival Gratis!
Menangkan Berbagai Hadiah Menarik
Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...