Menyulap Gang Sempit Menjadi Dekorasi Pernikahan Mewah Seperti di Hotel Bintang Lima - Wedding Market

Menyulap Gang Sempit Menjadi Dekorasi Pernikahan Mewah Seperti di Hotel Bintang Lima

14 May 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 539
Menyulap Gang Sempit Menjadi Dekorasi Pernikahan Mewah Seperti di Hotel Bintang 5
Dekorasi: De Lavender Decoration

Memutuskan untuk menikah tidaklah seperti membalikan telapak tangan. Tentu perlu banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan dengan matang. Mengingat pernikahan adalah momen yang tak akan terlupakan sepanjang hidup, tentu untuk memilih konsep pernikahan juga tidak boleh asal-asalan, ya! Mulai dari busana, tata rias hingga dekorasi yang akan digunakan nantinya di hari H haruslah benar-benar dipersiapkan sebaik mungkin agar menjadi kenangan yang memorable.

Berbicara mengenai dekorasi pernikahan, memang banyak sekali konsep dan warna yang bisa dijadikan pilihan. Begitu juga dengan lokasi atau venue untuk acara resepsi. Karena banyak orang menginginkan melangsungkan pernikahan di rumah, maka banyak pula yang bisa mengaplikasikan berbagai tema pernikahan semenarik mungkin bak pernikahan di gedung, resort mewah atau hotel-hotel berbintang.

Namun, tidak semua orang memiliki halaman rumah luas yang memungkinkan untuk berkreasi. Acara pernikahan pun juga bisa dilangsungkan di gang sempit. Yang terbayang dalam benak kita ketika menggelar pernikahan di lahan sempit umumnya adalah sesuatu yang sumpek, berdesak-desakan sehingga tidak leluasa, bukan? Pernikahan di lokasi yang sempit ini sering kali terjadi, tetapi siapa sangka pengaturannya ternyata tidak terlalu ribet. Beberapa waktu lalu, media sosial sempat dihebohkan dengan dekorasi pernikahan viral di gang sempit yang terasa seperti pernikahan di hotel bintang lima, seperti di bawah ini: 

Sumber: instagram.com 

Ini adalah salah satu contoh dekorasi pernikahan di gang sempit. Acara pernikahan ini digelar di daerah Bekasi pada tahun 2021. Mereka memanfaatkan kondisi lokasi yang ada, disulap menjadi terlihat mewah seperti dekorasi hotel berbintang. Video itu diabadikan oleh salah satu MC pernikahan tersebut yaitu Saptra Jaya dan diunggah di akun TikTok miliknya. Postingan itu pun mendapat banyak respon kagum dari banyak pihak. Bagaimana tidak?! Pernikahan di gang sempit serasa di hotel bintang lima, sesuatu yang luar biasa, bukan? 

Sumber: Tangkapan layar akun TikTok @saptrajaya


Terlihat bahwa pintu masuknya pun sudah disambut dengan lilin cantik serta karpet yang membentang menjadi alas bagi tamu undangan seperti lorong masuk acara pernikahan di hotel bintang lima. Selain itu, juga masih ada tempat untuk makan prasmanan dengan ruangan yang nampak luas. Tak hanya sampai di situ saja, dekorasi pelaminan pun bisa disusun dengan konsep istana menggunakan sofa bertema warna putih dan aksen lilin di sekitar pelaminan. Dekorasi pelaminan putih itu membawa kesan yang sangat mewah dan elegan, seperti pada foto di bawah ini.

Sumber: instagram.com 

Untuk hiburan pun, mereka bisa menyediakan panggung yang nampak cukup besar untuk menghibur tamu undangan yang sedang menikmati sajian makanan yang dihidangkan. Sungguh menarik, bukan?! Hal ini menunjukan bahwa venue apapun jika disusun dengan tepat bisa menghasilkan dekorasi yang cantik. Tentu, tak ada lagi alasan keterbatasan lahan untuk bisa mewujudkan pernikahan impianmu!

Desain Dekorasi Pernikahan di Lahan Terbatas

Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengakali space yang minim untuk dekorasi pesta pernikahan seperti pernikahan viral di atas. Kamu bisa memanfaatkan lahan yang ada semaksimal mungkin untuk menciptakan ambience menyeluruh yang mendukung tema pernikahanmu. Berikut WeddingMarket memberikanmu beberapa referensi untuk memanfaatkan lahan sempit sebaik mungkin. Kamu bisa mengadaptasinya untuk pesta pernikahan mewah di rumah!

  1. Meja makan elegan untuk tamu di sudut ruang makan

Banyak orang yang menganggap bahwa hidangan adalah hal terpenting dalam sebuah pesta pernikahan. Bagaimana tidak, kamu sudah mengundang para tamu tersebut untuk datang menyempatkan waktunya ke pesta pernikahanmu. Oleh karena itu, sungguhan dan treatment harus mereka dapatkan dengan baik dong!  Nah, jika kamu memiliki sedikit space di halaman rumah, kamu bisa menyulap dekorasi table setting menjadi menarik dengan hidangan yang istimewa untuk para tamu undangan, seperti di bawah ini:

Dekorasi: Elior Design

Pilih warna taplak meja dan aksesoris dekorasinya mengikuti warna tema pernikahan. Kamu juga bisa menempatkan beberapa ornamen seperti lilin-lilin dan rangkaian bunga kecil sebagai pemanis. Pengaturan meja makan seperti ini cocok untuk pernikahan berskala kecil (minimony). Namun, jika kamu mengundang cukup banyak tamu, jadikan dekorasi clean dan elegan seperti ini untuk meja prasmanan. Dengan demikian, tak akan membuat venue pernikahanmu menjadi penuh dan sumpek. Alih-alih, meja makan ini akan menambah keunikan dan keindahan dekorasi pernikahan yang membuatnya terkesan lebih mewah. 

Dekorasi: Elior Design

Untuk pernikahan di rumah yang sempit, kamu bisa menempatkan kursi-kursi alih-alih meja makan untuk para tamu undangan. Cara ini tentu akan lebih efektif untuk menghemat space dan tidak membuat ruangan menjadi penuh dan sesak. Sebisa mungkin perhatikan penataannya ya, tak perlu banyak warna atau ornamen mencolok karena dekorasi minimalis akan lebih enak dipandang untuk ruangan yang cenderung tidak terlalu luas.

  1. Pelaminan minimalis dengan minimal space

Pelaminan akan menjadi pusat perhatian para tamu undangan yang datang, tentu tampilannya harus nampak sempurna, bukan?! Selain itu, dekorasi pelaminan yang menarik akan membuat foto pernikahanmu nampak jauh lebih cantik. Manfaatkanlah sebaik mungkin space kecil yang kamu miliki. Hindari penggunaan sofa panjang agar pelaminan sederhana milikmu tak terlihat sempit. Kamu bisa mengakalinya dengan menggunakan kursi yang lebih kecil atau memilih sofa berukuran sedang seperti di bawah ini.

Dekorasi: Messy yet Pretty

  1. Menghias lorong masuk yang sempit dengan dekorasi yang mewah

Lorong sebagai jalan masuk tamu undangan dan pengantin menjadi salah satu komponen yang tak bisa kamu lewatkan, sebab dekorasi ini akan menjadi kesan pertama mengagumkan.  Space sempit dengan sisi kanan dan kiri tembok pun dapat disulap sedemikian rupa supaya nampak mewah seperti konsep pernikahan di gang sempit yang viral itu. Berikut referensi dekorasi yang bisa kamu adaptasi untuk pesta pernikahanmu:

Dekorasi: De Lavender Decoration

Siasati dinding-dinding pada gang sempit untuk menciptakan dekorasi yang mengagumkan! Contoh inspirasi dekorasi di atas. Kamu bisa menghias dinding-dinding gang dengan foto-foto prewedding pernikahanmu. Sehingga, sejak kali pertama para tamu undangan memasuki lokasi, ia sudah bisa merasakan ambience pernikahanmu. Tak lupa pula tambah hiasan bunga-bunga atau lampu-lampu yang dipasang menjuntai di langit-langit lorong untuk memunculkan kesan dreamy. Dengan demikian, tak akan ada yang menyangka bahwa lorong tersebut semula adalah gang sempit yang tak terawat. Jika dinding gang tersebut masih cukup bersih, kamu juga bisa menempatkan bunga-bunga yang ditempel untuk menghiasnya supaya terlihat lebih cantik.



Foto: Elior Design | marthastewartweddings.com

Ada banyak cara untuk menyulap gang sempit seolah-olah lorong di venue mewah. Salah satunya dengan memanfaatkan tirai atau kain tulle yang biasa dipakai untuk tenda dekorasi. Tutupi seluruh bagian dinding lorong dengan kain tersebut, kemudian hiasi dengan tanaman merambat dan lampu tumblr. Hasilnya? Sungguh magical, bukan?!

Dekorasi: Elior Design

Cara lainnya untuk menghidupkan gang sempit menjadi lebih romantis dan hangat, yakni dengan menggunakan lampu-lampu yang dipasang sepanjang lorong. Tak lupa pula tempatkan gugusan bunga-bunga berwarna lembut sehingga memberikan kesan yang anggun dan elegan. Dengan cara ini, gang sempit pun bisa menjadi lebih hidup dan berwarna, tak kalah dengan hotel bintang lima 'kan?

Apakah kamu akan mengadakan pesta pernikahan di rumah dan terinspirasi dari dekorasi pernikahan mewah yang viral itu? Sepertinya banyak yang berpihak padamu. Esensi dari pesta pernikahan adalah sakral dan khidmat acaranya. Tak peduli dimanapun lokasinya kamu tetap bisa mendapatkan pernikahan sesuai apa yang kamu impikan selama ini. Kuncinya adalah persiapan budget dan pemilihan vendor yang tepat. Saat ini kamu bisa dengan mudah menemukan beberapa vendor dalam satu platform sekaligus di WeddingMarket. Jadi, jangan sampai kamu mengecewakan dirimu sendiri karena salah memilih vendor, ya! Semoga artikel ini bermanfaat dan pernikahanmu berjalan dengan lancar!

Wujudkan Pernikahanmu di Venue Impian dengan
WeddingMarket Venue Deals

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?