Pilih Kategori Artikel

6 Inspirasi Dekorasi Pelaminan Minimalis untuk Pernikahan Indoor dan Outdoor Modern
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dekorasi adalah seni menghias yang memiliki tujuan untuk membuat objeknya menjadi cantik atau lebih hidup. Dalam dekorasi pernikahan, bisa dikatakan pelaminan yang menjadi focal point-nya, dimana semua mata akan tertuju ke sana. Oleh karena itu, singgasana kedua mempelai pengantin tersebut perlu didekorasi seindah mungkin layaknya sebuah karya seni. 

Untuk mendapatkan kesan cantik dan indah, apakah dekorasi pelaminan harus selalu mewah? Tentu saja tidak! Ada banyak cara kok untuk membuat pelaminan sederhana, baik pada dekorasi pernikahan indoor maupun outdoor tampak mengesankan. Bahkan, terkadang kamu tak perlu banyak menggunakan elemen-elemen, sebab dengan dekorasi pelaminan sederhana hasil yang didapat akan lebih maksimal. Sesuai dengan prinsip minimalis itu sendiri, dimana hanya mengedepankan elemen-elemen pentingnya saja, dan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu. 

Ada beberapa perbedaan pada dekorasi pelaminan outdoor dan indoor. Sesuai dengan namanya, dekorasi outdoor memang didesain untuk pernikahan yang memiliki konsep di luar ruangan, entah itu di halaman rumah, taman, hutan, danau ataupun pantai. Sehingga, untuk dekorasi pelaminan sendiri tidak membutuhkan terlalu banyak elemen. Apalagi jika pernikahan diadakan di venue yang memiliki suasana asri, dengan latar belakang nan indah seperti gunung, laut, atau pepohonan yang rindang.

Sementara itu, untuk dekorasi pelaminan indoor berbeda lagi. Venue pernikahan indoor seperti di rumah pengantin atau gedung pernikahan, membutuhkan tambahan elemen-elemen dekoratif untuk menjadikan suasana lebih hidup. Kesan ruang tertutup yang monoton perlu diubah agar para tamu undangan dapat merasakan nuansa pesta pernikahan sesuai dengan tema yang diinginkan oleh mempelai pengantin.

Apakah kamu penggemar gaya dekorasi minimalis yang sederhana namun elegan? Jangan khawatir, entah itu konsep pernikahan indoor maupun outdoor, keduanya tetap bisa menerapkan gaya dekorasi pelaminan minimalis modern yang effortless, tanpa harus mengeluarkan dana lebih. Seperti apa dekorasi pelaminan minimalis yang bisa kamu terapkan untuk pernikahan impianmu? Mari simak ulasannya berikut ini.

1. Dekorasi Pernikahan Indoor bergaya Taman Bunga

wm_article_img
Ilustrasi dekorasi pelaminan | daisgallery_

Berbicara tentang dekorasi pernikahan, memang selalu identik dengan elemen bunga-bunga. Baik pernikahan indoor maupun outdoor, bunga pernikahan seakan menjadi item wajib untuk mempercantik tampilan dekorasi pelaminan. Bunga yang dipilih dapat menghidupkan suasana dan menghadirkan ambience yang diinginkan. Saat ini pun, untuk menciptakan dekorasi pelaminan sederhana dengan suasana alami, kamu tidak harus selalu menggelar pesta di sebuah taman. Sebab, kini banyak dekorator yang dapat membantumu menciptakan konsep pelaminan bertema alam dalam ruangan.

wm_article_imgwm_article_img

Ilustrasi Dekorasi Pelaminan | jayandieventsnikmohdhafizulabkadir

Dekorasi pelaminan minimalis bergaya indoor garden atau taman dalam ruangan membutuhkan bunga-bunga sebagai elemen utamanya. Untuk menampilkan kesan fresh dan juga estetis dalam ruangan. Dengan catatan, memilih warna bunga dengan tone yang netral dan tidak terlalu ramai. Bisa juga memanfaatkan unsur dedaunan atau sulur-sulur tanaman, agar kesan asri lebih terasa. Sulur tersebut lalu ditempatkan menjadi backdrop pelaminan sehingga suasananya terasa seperti taman sungguhan.

2. Dekorasi Pelaminan Berlatar Belakang Danau atau Laut

wm_article_imgwm_article_img

Ilustrasi dekorasi | stylemepretty.com | noivaansiosa.com.br

Intimate wedding di sekitar pantai atau danau menjadi salah satu konsep pernikahan impian banyak pasangan, mungkin kamu salah satunya? Jika kamu memilih venue pernikahan yang berhadapan langsung dengan bibir pantai atau danau, maka dekorasi pelaminan minimalis saja sudah cukup. Tak perlu terlalu banyak elemen, sebab nuansa alami sudah bisa tercipta dengan sendirinya. Sungguh sangat effortless, bukan?

Dekorasi pelaminan minimalis berlatar belakang danau hanya perlu hiasan sederhana seperti kain dekoratif, bunga atau lampu tumblr yang digantung di atas arch atau bingkai yang dipasang. Tak perlu backdrop pelaminan khusus, karena pemandangan indah dari laut atau danau sudah lebih dari cukup untuk menyegarkan mata. Berbagai bentuk hiasan arch bisa kamu coba, mulai dari yang berbentuk bingkai, lingkaran, busur ataupun asimetris. Untuk menghiasnya pun cukup sederhana, kamu bisa menggunakan bunga-bunga berwarna pastel untuk kesan romantis, atau dengan rumput pampas apabila ingin mendapatkan unsur dekorasi pelaminan rustic.

Sebagai tips, untuk menciptakan suasana yang lebih intimate, pesta pernikahan di pinggir pantai atau danau dapat diadakan pada saat senja hingga malam hari. Karena pada saat itulah kamu dapat menangkap momen sunset bersama dengan para tamu undangan. Selain itu, jika kamu menambahkan hiburan berupa live music, maka suasana akan lebih hangat dan santai. Kamu juga bisa loh berkeliling bersama pasangan menghampiri tamu satu persatu dan berbaur bersama sehingga suasana yang tercipta lebih menyenangkan. Pernikahan impian banget, ya!

Baca juga: 7 Keunggulan Menggunakan Backdrop Lamaran Rustic pada Momen Bahagiamu

3. Dekorasi Pelaminan Natural Garden Wedding

wm_article_imgwm_article_img

Ilustrasi Pelaminan Outdoor stylemepretty.com | therawphotographer.com 

Ingin tempat pelaminan yang lebih sejuk dan asri? Jika demikian, pilihlah venue pernikahan outdoor di taman, hutan kota atau botanical garden. Seperti yang kamu tahu bahwa sekarang banyak lokasi wisata yang menyediakan tempat untuk menggelar pesta pernikahan, salah satu spot favorit yang sering digunakan sebagai tempat dekorasi adalah pohon besar. Yup, pohon besar menjadi backdrop pelaminan natural. Pada venue pernikahan tersebut kamu bisa memasang beberapa hiasan sederhana, sehingga pohon yang digunakan tampak semakin cantik dan indah sebagai panggung alami dalam resepsi pernikahan bertema natural ini.

Alasan lain digunakannya pohon besar sebagai backdrop pelaminan, karena pohon besar bisa memberikan suasana yang sejuk kepada pengantin dan para tamu, terutama di cuaca yang sedang terik-teriknya. Dekorasi pelaminan minimalis pun bisa diterapkan untuk menghias pohon besar, seperti dengan floral arches atau dengan kain dekoratif yang dililitkan diantara percabangan pohon. Agar lebih indah, tambah bunga-bunga disekitarnya, ya. Natural dan sederhana sekali, bukan?

4. Dekorasi Pelaminan Simetris

wm_article_img

ilustrasi pelaminan minimalis | id.pinterest.com

Rekomendasi pelaminan minimalis yang satu ini menggunakan panel-panel simetris untuk menonjolkan kesan modern. Pelaminan minimalis modern ini bisa diaplikasikan di pesta pernikahan dengan konsep outdoor maupun indoor. Dekorasi pelaminan simetris bisa dibuat dengan menggunakan beberapa elemen, salah satunya adalah kain filamen. Kain tersebut sangat cocok untuk digunakan terutama untuk pernikahan konsep indoor. Dengan menyusun kain filamen secara berlayer-layer, kamu bisa menciptakan backdrop pelaminan yang cantik dan indah dipandang. 

Selain menggunakan kain filamen, dekorasi pelaminan simetris juga bisa diciptakan dengan menggunakan panel yang disusun sedemikian rupa hingga menjadi background yang unik. Kamu juga bisa menempatkan beberapa bunga dengan warna senada di sekitar panel untuk menciptakan dekorasi yang nampak lebih cantik. Selain itu, menempatkan kursi berwarna cream, beige ataupun putih juga bisa menambah kesan serasi pada dekorasi pesta pernikahanmu.

5. Dekorasi Pelaminan dengan Nuansa Kayuwm_article_img

Ilustrasi dekorasi | Mella Wedding

Jika kamu tidak terlalu menyukai dekorasi pelaminan yang dipenuhi dengan bunga, maka bisa mencoba dekorasi dengan konsep nuansa kayu. Konsep dekorasi ini memang menggunakan backdrop berbahan kayu sebagai poin utamanya. Papan kayu yang sudah di pernis dengan warna khas kayu ataupun yang berwarna natural dapat dipajang sebagai backdrop pelaminan. Kemudian, tempatkan beberapa kursi berwarna senada di depannya.

Agar suasana pelaminan tidak membosankan, kamu bisa memberikan sentuhan sulur-sulur tanaman hijau di atas backdrop kayu serta lampu-lampu pijar berwarna kuning. Selain membuat suasana lebih hidup, sulur tanaman juga bermanfaat untuk memberikan kesan natural. Sementara itu, cahaya hangat dari lampu-lampu pijar membuat suasana menjadi romantis dan lebih intimate.

wm_article_img

ilustrasi | farmateaglesridge.com

6. Dekorasi Pelaminan Tanpa Sofa

wm_article_imgwm_article_img

Ilustrasi | bellethemagazine.com | id.pinterest.com

Ada lagi gaya dekorasi pelaminan minimalis modern yang unik, tanpa menggunakan sofa. Ya, sofa yang umumnya digunakan sebagai kursi pelaminan, diganti dengan elemen lain yang lebih natural. Bisa itu kursi rotan, bangku kayu, gelondongan batang pohon atau bahkan tanpa tempat duduk sama sekali. Gaya dekorasi ini akan cocok dengan pesta pernikahan berkonsep rustic, natural atau bohemian.

wm_article_img

ilustrasi | id.pinterest.com

Penggunaan elemen dekorasi yang berkesan natural, selain dapat menghadirkan nuansa alami, tujuannya juga mampu membangun suasana pesta pernikahan menjadi lebih intimate dan hangat. Konsep dekorasi pelaminan minimalis bergaya natural seperti ini juga bisa kamu terapkan apabila kamu menyukai konsep pernikahan unik, anti-maistream dan tentunya berbeda daripada yang lain.

7. Dekorasi Pelaminan Tenda Minimalis

wm_article_imgwm_article_img

Ilustrasi dekorasi pelaminan tenda outdoor weddingforward.com | wedmegood.com

Dekorasi pelaminan dengan tenda adalah yang paling umum dan lazim digunakan. Sudah bukan hal yang asing lagi, mengingat kebanyakan pengantin Indonesia yang menggelar pernikahan di rumah pasti menggunakan tenda sebagai dekorasinya. Walaupun begitu, bukan berarti dekorasi tenda menjadi dekorasi mainstream ataupun membosankan. Justru jika kamu tipe orang yang kreatif, dekorasi tenda bisa menjadi bentuk dekorasi yang lebih menarik dari dekorasi lain. Misalnya agar pelaminanmu nampak mewah, kamu bisa menggunakan tenda gabungan antara warna emas dan putih. Gabungan kedua warna tersebut juga membuat pelaminan terlihat lebih luas. 

Selain dengan cara tersebut, ada opsi lain yang bisa kamu pakai untuk membuat dekorasi pelaminan tenda terlihat lebih berbeda. Tentunya sesuai dengan topik bahasan kita, yakni dekorasi pelaminan minimalis modern. Alih-alih menggunakan tenda mainstream untuk panggung yang megah, dekorasi minimalis ala intimate wedding justru hanya perlu beberapa helai kain dekoratif saja untuk membentuk sepetak pelaminan sederhana sebagai tempat singgasana sang mempelai pengantin. Dekorasi semacam ini sangat simple, namun tak kehilangan kesan sakralnya. Dekorasi pelaminan minimalis dengan tenda ini sangat cocok untuk pernikahan outdoor ataupun semi outdoor.

wm_article_img

Ilustrasi dekorasi minimalis tenda | id.pinterest.com

Itulah beberapa ulasan terkait dengan model dekorasi pelaminan minimalis yang bisa kamu terapkan di pesta pernikahan nanti. Dekorasi sederhana yang tidak membutuhkan terlalu banyak elemen-elemen dekoratif ini bisa juga menjadi alternatif apabila kamu ingin memangkas budget pernikahan agar lebih hemat. Walaupun dekorasi pelaminan minimalis cenderung terlihat simple, tapi hasilnya tetap elegan dan tentunya sangat etetis, bukan? Semoga setelah membaca ulasan ini, kamu tidak bingung lagi memilih dekorasi pernikahan dan bisa langsung menentukan konsep dekorasi yang ingin digunakan untuk pernikahan impianmu, ya. Jangan lupa temukan referensi dekorasi pelaminan serta inspirasi pernikahan lainnya di WeddingMarket. Semoga persiapan pernikahanmu lancar!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...