Pilih Kategori Artikel

9 Inspirasi Gaun Pesta Muslimah untuk Hari Pernikahan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Untuk kamu yang berhijab, memilih gaun pengantin harus dilakukan dengan matang. Selain harus membuatmu tampil cantik dan memukau, ia juga harus menutup aurat sebagaimana syariat Islam dalam berpakaian. Ada banyak inspirasi gaun pesta muslimah untuk pernikahan yang bisa kamu coba.

Ini merupakan dampak dari banyaknya desainer yang memberikan perhatian pada umat Islam, sehingga banyak pakaian yang sekarang juga bisa dibuat semodis mungkin, namun tetap tertutup sebagaimana pakaian sehari-hari wanita muslimah. 

Kalau kamu tertarik menggunakan gaun pesta model ini, kamu bisa mulai mencari atau merancangnya mulai dari sekarang. Berikut ini merupakan beberapa ide, desain, dan inspirasi gaun pengantin mewah muslimah untuk pesta pernikahan muslimah yang bisa kamu pertimbangkan. 

9 Rekomendasi Gaun Pesta Muslimah

wm_article_img
Foto: anissa.rb from Instagram

Banyak dress yang bisa kamu coba untuk hari pernikahanmu, sebab dress merupakan busana yang sering digunakan dalam acara tipe formal seperti ini. berikut adalah dress atau gaun muslimah yang bisa kamu coba. 

1. Dress Muslim Peplum

wm_article_img
Foto: Mira min from Pinterest

Dress ini bisa digunakan untuk kamu yang berhijab karena dikombinasikan dengan menggunakan kebaya modern. Model ini sedang tren dan bisa kamu gunakan sebagai gaun di pesta pernikahan. Untuk memberi kesan yang elegan, kamu bisa menambahkan brokat pada gaun pesta muslimah ini. 

Kamu bisa membuat posturmu lebih baik dengan menggunakan gaun ini, sebab ia bisa kamu buat fit to body, sehingga pas dengan postur tubuhmu. Kamu juga bisa memberikan ruffle dari bahan organza agar memberikan kesan ramping pada tubuh jangan berlebihan karena bahannya cukup kaku. 

2. Gaun Pesta Ball Gown

wm_article_img
Foto: inspirationalbridal.myshopify.com

Ingin tampil menarik dan menjadi pusat perhatian? Tidak ada salahnya kamu menggunakan ball gown untuk tampil tanpa cela bak putri raja di hari pernikahan. Kamu bisa menggunakan gaun tersebut dengan warna hijab yang serupa agar tidak tabrak warna. 

Kamu akan tampil anggun dan mempesona dengan ukuran gaun yang lebar dan besar. Pilih dari warna emas dengan detail pita atau laces yang serasi, maka penampilanmu akan membuat mata tamu undangan tak bisa lepas darimu. 

Jika ingin tampil anggun dengan menggunakan gaun pesta muslimah ini, tidak ada salahnya menggunakan long laces guna memberikan kesan classy. Tambahkan tiara diatas hijabmu untuk memberikan kesan manis dan cantik. 

3. Gaun Mermaid Tails

wm_article_img

Foto: wedding-gowns-on-line.com

Kalau kamu punya bentuk tubuh jam pasir dan ingin menonjolkannya tanpa terlihat norak, kamu bisa menggunakan gaun dengan model mermaid tails. Gaun pengantin muslimah tersebut tetap bisa kamu padu padankan dengan hijab berbagai model. 

Ingat untuk melakukan fitting sebelum pembuatan baju tersebut. Tentu kamu tidak ingin bajunya kekecilan atau kebesaran ketika dikenakan pada pesta pernikahan. Perhatikan juga sepatu yang kamu kenakan, karena gaun ini pada bagian bawahnya lebar karena memiliki banyak ruffle. 

4. Model Klasik

wm_article_img

Foto: thepotomoto from Instagram

Walaupun model gaun ini terbilang sederhana dan terkesan klasik, namun ia banyak digunakan di pesta pernikahan karena memberikan kesan minimalis. Material yang digunakan untuk model ini biasanya menggunakan kain yang berbahan lembut. 

Untuk memberikan kesan elegan, kamu bisa menambahkan sedikit aksen pada bagian lengan dan juga bahu. Gunakan warna yang lembut, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan model jilbab yang lebih variatif. Tidak ada salahnya menggunakan model ini untuk tampil cantik, minimalis, namun tetap anggun. 

5. Dress Bordir

wm_article_img

Foto: kabayarefashion.com

Model lain yang cukup populer untuk gaun pesta muslimah adalah dress bordir yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kain dan bentuk tubuh. Menggunakan bordir bisa memberikan kesan modern, tanpa khawatir dengan akses modern yang sudah kamu pilih. 

Jika acara pernikahan dilakukan di siang hari, kamu bisa menggunakan warna yang lembut. Sehingga kamu lebih terkesan feminim karena menggunakan tone yang sesuai dengan kepribadian. Apabila ingin menggunakan warna yang lebih terang, kamu bisa memakainya di malam hari. 

6. Model Tunik 

wm_article_img

Foto: Nita Nurul from Instagram

Ingin tampil santai namun terlihat elegan? Kamu bisa menggunakan dress dengan model gaun pesta tunik. Dress ini akan membuatmu terkesan feminim, minimalis, namun tidak meninggalkan kesan anggun yang ingin kamu coba tampilkan. 

Kamu bisa menggunakan atasan dengan model tunik yang dipadukan dengan bahan lace, akan lebih baik jika sudah dilengkapi dengan bordir. Menambahkan sedikit payet pada gaun pesta muslimah juga bisa kamu lakukan. Warna yang bisa kamu coba adalah peach, cream, pink ataupun warna pastel lainnya. 

7. Gamis Etnik 

wm_article_img

Foto: Ida Royani

Menggunakan gamis etnik juga bisa kamu lakukan untuk pesta pernikahan yang santai. Kamu akan terkesan lebih ‘ramah’ jika menggunakan desain ini, namun pastikan kamu menggunakan gaun yang memang modis dan sesuai dengan bentuk tubuh.

Gamis yang kamu pilih juga tidak boleh sembarangan, karena jika kurang mewah dan menarik, kamu kemungkinan akan kalah dengan baju tamu undangan lain. Agar terlihat anggun, gunakan desain yang modern yang berbeda dengan gamis pada umumnya. 

8. Kebaya Tradisional 

wm_article_img

Foto: fitriasalyaf from Instagram

Tidak ada salahnya menggunakan kebaya tradisional ketika hari pernikahan berlangsung. Ada banyak model kebaya yang bisa kamu pilih, sesuaikan saja dengan budget dan model yang kamu inginkan. Begitu pula dengan warna, jangan sampai memilih warna yang berbeda dengan konsep pernikahan yang kamu langsungkan. 

Jika kamu menggunakan gaun kebaya tradisional, biasanya warnanya sudah ditentukan oleh adat. Namun bukan berarti kamu tidak bisa menggantinya dengan warna yang lain. Tapi jangan lupa untuk mendiskusikannya terlebih dahulu dengan pasangan. 

9. Kebaya Payet

wm_article_img

Foto: keweskebaya from Instagram

Kamu juga bisa menggunakan gaun pesta muslimah kebaya dengan aksen payet. Selain memberikan kesan feminim dan formal, kamu juga bisa terlihat mewah menggunakan gaun tersebut. Kamu bisa memilih dress langsung atau menggunakan kebaya dengan roknya. 

Agar penampilanmu semakin memukau, jangan lupa memberikan hiasan pada hijab yang kamu gunakan. Gunakan tiara, kalung, atau akses kepala lain yang membuat penampilanmu semakin menarik. Kenakan sepatu dengan warna senada untuk melengkapi penampilan 

Banyak bukan pilihan bagi muslimah untuk mengenakan gaun pengantin muslim di hari pernikahan? Kamu bisa mempertimbangkan salah satu dari berbagai desain berikut, sehingga kamu tampil makin cantik di hari pernikahanmu. 

Gaun pesta muslimah bisa mulai kamu persiapkan sekarang jika ingin menikah dalam waktu dekat. Tidak ada salahnya membuat sendiri gaun pengantin untuk kamu kenakan, sebab momen pernikahan hanya berlangsung sekali seumur hidup. Namun jangan memaksakan diri untuk melakukannya jika tidak memungkinkan. 

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...