Pilih Kategori Artikel

Berapa Umumnya Harga Paket Dekorasi Pernikahan di Indonesia ?
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Tahukah kamu jika harga paket dekorasi pernikahan yang ada di Indonesia ini sangat beragam, mulai dari yang ramah kantong hingga besar-besaran yang mengeluarkan banyak biaya. Namun, kamu harus pintar dalam melihat peluang dan relasi ketika akan memilih paket harga pernikahanmu.

Indonesia juga salah satu negara yang memiliki adat istiadat pernikahan yang banyak, tergantung dari mana sang mempelai berasal. Sehingga ada banyak jenis harga paket dekorasi pernikahan.

Jumlah suku di Indonesia sangat beragam mungkin ini menjadi salah satu faktor penyebab mengapa sampai akhirnya paket pernikahan di negara ini menjadi bervariasi. Ada dari suku Sunda, Batak, Jawa, Dayak sampai dengan suku Melayu, tentu saja masing-masing diantara suku tersebut memiliki karakteristik budaya dan adat yang berbeda.

Tentu saja karena adanya perbedaan suku di Indonesia ini membuat banyak pasangan pengantin yang bingung menentukan budget pernikahan karena harus disangkut pautkan dengan konsep budaya apa yang akan ditampilkan. Tapi tahukah kamu berapa sebenarnya harga paket dekorasi pernikahan yang ada di negara Indonesia ini pada umumnya ? mari simak artikel berikut ini.

1. Dilihat dari Tema Dekorasi yang Digunakan

wm_article_img

Foto: F29 Studio

Pernikahan adalah impian setiap insan di dunia ini, dan sebagai salah satu momen sakral dan langka sehingga konsep dan tema yang dipakai sering beragam. Wajar karena banyak orang dari kamu yang beranggapan jika hal ini akan datang sekali seumur hidup, sehingga harus dipersiapkan secara matang.

Mulai dari dekorasi, pemilihan tempat, hidangan apa saja yang disajikan, musik apa saja yang akan dinyanyikan hingga bagaimana nanti tamu-tamu bisa menikmati sajian pesta pernikahan yang disuguhkan.

Tentu saja hal yang disebutkan diatas juga akan berpengaruh terhadap harga atau budgeting dari biaya pernikahan yang harus dikeluarkan. Tema dan dekorasi yang biasa digunakan oleh orang Indonesia ini beragam ada yang ingin ala tradisional, modern, atau campuran antar keduanya. Dan hal tersebut lahir karena Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku dan budaya sehingga nuansa dari pernikahan yang tercipta disesuaikan berdasarkan darimana mempelai berasal.

Jika Anda berasal dari suku Jawa mungkin terkenal dengan adat istiadatnya yang cukup rumit, ada tradisi gebyok yang membuat nuansa pernikahan menjadi sakral. Tema dekorasi lain yang biasanya dijadikan alternatif untuk memangkas biaya pernikahan adalah pesta kebun, namun pesta ini cocok dilaksanakan ketika musim panas tiba karena kan beresiko jika diselenggarakan ketika musim hujan.

Sehingga harga dekorasi pernikahan yang disesuaikan oleh tema dekorasi ini bisa kamu perhitungkan dengan cara melihat konsep dan desainnya seperti apa, kira-kira membutuhkan banyak ornamen dengan harga mahal atau tidak. Jika menggunakan tema adat istiadat biasanya akan lebih mahal.

Ambil contoh saja adat Jawa yang memiliki alur panjang dalam prosesi pernikahannya, serangkaian upacara itu juga masuk dalam budget pernikahan. Biaya yang dikeluarkan memang tidak sedikit yakni berkisar antara Rp50 sampai Rp60 jutaan dan sudah termasuk dalam 6 prosesi.

2. Disesuaikan dengan Tempat yang Akan Digunakan

wm_article_img
Foto: jdvweddingplanner


Selain tema dan konsep pernikahan hal yang tidak kalah penting untuk kamu perhitungan juga penyewaan tempat, kamu bisa memilih akan melangsungkan di gedung, villa, kebun atau mungkin di rumah sendiri.

Hal tersebut juga tentu saja akan sangat berpengaruh dengan besar kecilnya biaya dekorasi pernikahan kamu. Di Indonesia sendiri ada banyak ragam tempat yang biasa digunakan, hal tersebut tergantung dengan kesepakatan antara kedua belah pihak.

Umumnya total harga paket dekorasi pernikahan yang ada di Indonesia itu beragam tergantung juga dengan tempat dilangsungkannya pernikahan dan konsepnya akan seperti apa. Misalnya saja jika kamu memilih menggunakan gedung sebagai tempatnya karena akan mengusung konsep adat istiadat biayanya bisa mencapai puluhan juta.

Tetapi jika kamu memiliki alternatif lain misalnya di kebun dengan konsep dekorasi pernikahan garden party yang tidak terlalu banyak membutuhkan tempat duduk, kamu bisa memangkas biaya tersebut mencapai belasan juta rupiah.

Atau mungkin saja kamu terpikirkan untuk menikah di rumah sendiri karena memiliki lahan yang luas untuk mengadakan pesta harga atau budget yang dipatok yakni berkisar antara Rp5 juta sampai dengan Rp7 juta rupiah. Sekali lagi hal tersebut juga tergantung dengan ornamen apa saja yang ingin ditampilkan. Karena selera masing-masing pasangan bisa sangat berbeda antara satu sama lainnya, sehingga harga juga akan lebih bervariasi.

3. Sesuaikan dengan Catering Atau Makanan Hidangan

wm_article_img
Foto: uprint.id

Paket dekorasi pernikahan juga disesuaikan dengan makanan hidangan untuk tamu seperti apa saja yang akan disuguhkan. Karena yang namanya pesta selain identik dengan keindahan kepuasan makanan yang disajikan juga bisa menjadi nilai tambah dari sebuah pesta yang digelar. Jika kamu berpikiran untuk menyuguhkan makanan tradisional harga paketannya juga bisa sedikit miring.

Tapi jika kamu lebih memilih menggunakan makanan western food alias makanan barat, harga paket yang ditawarkan juga akan semakin tinggi karena paketan pernikahan biasanya include dengan jenis hidangannya. Harga paketan dekorasi pernikahan yang sekaligus masuk dalam catering makanan apa yang disuguhkan, biasanya harga untuk cateringnya saja berkisar R15 juta.

Jadi kamu bisa mempertimbangkan sendiri makanan apa yang akan disuguhkan, dan harga paket dekorasi pernikahan mana yang akan kamu dapatkan.

4. Bisa Memilih Konsep Pernikahan Rustic

wm_article_imgFoto: asihwedding from Instagram

Dekorasi pernikahan rustic adalah salah satu alternatif yang bisa dipilih, karena dekorasi ini sedang menjadi favorit dari banyak pasangan pengantin. Rustic ini bisa kamu gunakan karena konsepnya yang sangat natural namun tetap romantis, dengan nuansa alam yang penuh dengan kicauan burung dan pepohonan membuat keromantisan akan muncul dengan sendirinya.

Konsep dekorasi ini akan sangat memangkas harga paket dekorasi pernikahan yang kamu siapkan, karena bisa dikerjakan secara mandiri. Tinggal diciptakan dengan sedikit kreativitas yang terbuat dari beberapa kayu yang dibentuk sedemikian rupa, kemudian kain untuk menambah dekorasi. Dengan beragam dekorasi rustic yang ada kamu juga bisa bebas memilih salah satunya.

Misalnya kamu memilih dekorasi rustic untuk pernikahan maka harga paketan yang perlu kamu keluarkan hanya Rp8 juta saja. ini merupakan salah satu alternatif jika kamu ingin memiliki pesta pernikahan yang murah namun tetap romantic, jadi kamu tidak harus melakukannya di rumah bisa meniru gaya rustic ini.
Bisa ditambahkan dengan lampu-lampu hias yang digantung pada pepohonan atau bunga-bunga cantik yang telah dirangkai sedemikian rupa. Sehingga memanfaatkan apa yang ada di alam, ini bisa menjadi tips buat kamu yang sedang bingung mencari harga paketan pernikahan yang murah tapi tidak murahan.

Banyak pasangan di Indonesia yang menggunakan konsep ini sebagai pesta pernikahan impiannya.
Harga yang ramah kantong tersebut tentu saja akan disesuikan dengan kebutuhan dan konsep yang kamu buat, itulah beberapa referensi sekaligus harga paket dekorasi pernikahan impianmu yang bisa kamu pilih.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...