Pilih Kategori Artikel

Mengulik Tentang Henna Night, Tradisi Menjelang Pernikahan ala Pengantin Arab
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Seni menghias tangan dengan pacar atau henna tentu sudah tak asing lagi di Indonesia. Tradisi ini biasanya dilakukan oleh calon pengantin menjelang hari pernikahannya. Khususnya bagi para calon pengantin yang memiliki darah keturunan Arab atau Timur Tengah, pemasangan henna menjelang pernikahan ini dilaksanakan pada malam sebelum akad nikah dilangsungkan atau disebut dengan malam pacar (henna night). 

Henna night kerap menjadi salah satu hari yang paling ditunggu-tunggu oleh para calon pengantin. Tradisi yang berasal dari Timur Tengah ini menjadi momen berharga dimana calon pengantin dapat menghabiskan saat-saat terakhir masa lajangnya bersama keluarga, sahabat dan kerabatnya sebelum ia dipersunting sang pujaan hati.

Sejumlah publik figur di tanah air yang berdarah Arab seperti artis Nabila Syakieb, selebgram Tasya Farasya, Tania Nadira, Tasya Sayyed, bahkan Aurel Hermansyah pun turut menggelar pesta henna night menjelang hari bahagianya. Yang terbaru, ada Mutiara Baswedan, putri dari mantan gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, yang juga tak mau ketinggalan menggelar henna night sebelum pernikahannya. 

wm_article_img
Fotografi: Morden via Naura Wedding

Tradisi henna night memang sudah mengakar bagi para pengantin berdarah Arab. Oleh karena itu, jarang sekali ada pengantin yang mau melewatkannya. Nah, buat kamu yang penasaran seperti apa pelaksanaan acara henna night itu, atau mungkin tertarik untuk menggelar acara serupa? Berikut beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui:

  • Henna night digelar pada malam sebelum akad nikah 

Malam pacar atau henna night ini biasanya dilaksanakan oleh pihak mempelai wanita pada malam sebelum hari pernikahan digelar. Menurut tradisi asalnya, tamu yang boleh diundang pada malam henna ini hanya dari kalangan keluarga dan sahabat wanita, loh! Dengan kata lain, girls only ya! Terkecuali para pria dari keluarga inti, mereka boleh bertemu calon pengantin di malam henna tersebut. 

wm_article_img
Fotografi: Morden via Naura Wedding

  • Pemasangan henna 

Sesuai dengan namanya, pada malam henna ini, dari ujung jari pergelangan tangan hingga kaki calon pengantin akan dilukis indah oleh henna artistSelain itu, para tamu dan kerabat yang hadir juga ikut berpesta henna dengan menghias jari-jemarinya, tentunya dengan bantuan henna artist profesional agar hasil gambar henna tampak lebih indah. Meskipun demikian, henna yang dipakaikan kepada tamu tidak sebanyak henna yang dilukis pada si calon pengantin.

wm_article_img

wm_article_img
Henna by Salmasellina Mashabi

  • Dekorasi ala Arabian atau Middle East

Biasanya, pada malam henna ini dekorasi ruangan khusus dihias dengan tema ala Arabian atau Timur Tengah. Beberapa ornamen khas Timur Tengah seperti karpet tebal, guci, lampu lentera, lilin, dan juga bantal duduk pun ditambahkan untuk menghidupkan suasana di ruangan tersebut. Bahkan, tak jarang beberapa keluarga pengantin juga menyemprotkan parfum atau aromatik natural beraroma rempah atau musk khas Timur Tengah.  

wm_article_img

wm_article_img
Fotografi: Morden via Naura Wedding

  • Mengenakan Dress Code

Hal unik lainnya yang dapat terlihat saat pesta henna ala pengantin Arab yakni para tamu dan undangan yang hadir menggunakan dresscode yang colorful dengan warna-warna terang seperti merah, kuning, hijau, biru atau gold. Biasanya busana yang dikenakan seperti pakaian abaya khas negara Arab, Turki, India, Pakistan atau Palestina. 

  • Menu Makanan 

Tak sampai disitu saja, agar makin totalitas jangan lupa sajikan hidangan dengan cita rasa khas Timur Tengah juga, ya! Atau, bisa juga disesuaikan dengan selera tuan rumah, misalnya jika suka kamu bisa memilih kuliner dari India, Pakistan, bahkan Sri Lanka. Pilihan menunya pun beragam, namun biasanya pilihan makanan ringan yang mudah dihidangkan seperti samosa, kebab, roti maryam dan berbagai teh aromatik khas timur tengah. 

wm_article_img
Foto via gulfnews.com

  • Acara dan Hiburan

Selain menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat, serta pemasangan henna untuk menghias tangan dan kaki pengantin, pada acara henna night juga ada pengajian, doa bersama, dan qasidah Islami. Puncaknya, kadang dari pihak keluarga juga menampilkan belly dance atau tarian perut dengan iringan musik khas Timur Tengah sebagai hiburan. Pada malam tersebut, sang calon pengantin bersama para tamu akan berpesta sambil bernyanyi dan berjoget bersama. Bahkan para ibu-ibu, tante dan para nenek-nenek pun ikut bergoyang bersama menikmati pesta.   

  • Kadang dijadikan ajang perjodohan

Ketika kamu menghadiri pesta henna night, jangan heran ya kalau nanti akan ada ibu-ibu yang menjodohkanmu dengan anaknya atau anak saudaranya. Karena acara ini dihadiri oleh para wanita, tak jarang para ibu-ibu menjadikannya sebagai ajang perjodohan untuk anaknya. Hal tersebut sudah menjadi sesuatu yang lumrah dalam acara henna night. 

wm_article_img
Fotografi: Morden via Naura Wedding

Well, itulah hal-hal seputar henna night yang perlu kamu ketahui. Meskipun identik dengan pernikahan Arab, di beberapa daerah di Indonesia pun ada acara yang mirip seperti henna night. Memakaikan inai atau pacar di tangan pengantin seperti ini juga dilakukan pada pernikahan adat seperti tradisi malam Bohgaca di Aceh, malam bainai di Minangkabau, Mapacci yang dilaksanakan suku Bugis, malem pacar yang dilakukan masyarakat Betawi dan Peta Kapanca di NTB. 

Sejatinya, henna night bukan hanya sekedar pesta henna. Terlepas dari itu, acara malam henna dapat mempererat hubungan calon pengantin dengan keluarga, kerabat maupun sahabat-sahabatnya sebelum ia resmi menyandang status baru sebagai seorang istri. Meskipun tak punya darah keturunan Arab, tradisi menjelang pernikahan yang satu ini menarik untuk dicoba, bukan?  

Itu tadi ulasan mengenai tradisi unik pengantin Arab, henna night. Supaya lebih afdol, cari tahu juga informasi menu catering pernikahan ala Timur Tengah untuk melengkapi sajian istimewa di hari pernikahanmu nanti. Semoga bermanfaat!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...