Your Smart Wedding Platform

Inspirasi 20 Suvenir Pernikahan Murah Harga Rp5000-an

18 Sep 2024 | By Nurma Arum Wedding Market | 56
Cover Foto: Alfriandra Souvenir

Souvenir pernikahan adalah sebuah benda yang bisa diberikan kepada tamu sebagai kenang-kenangan dari acara pernikahan. Barang yang satu ini juga sering dijadikan simbol ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu yang sudah meluangkan waktu untuk menghadiri pernikahan. Makanya, diharapkan semua tamu yang datang bisa mendapatkan benda yang satu ini. Namun, jika jumlah tamu yang diundang cukup banyak, akan muncul persoalan baru mengenai anggaran untuk menyediakan suvenir.

Untuk mengatasi hal ini, kamu tak perlu khawatir. Ada banyak suvenir yang bisa diberikan pada tamu dengan harga yang relatif murah. Beberapa di antaranya bisa didapatkan dengan harga Rp5000-an saja, lo. Meskipun harganya murah, kualitas dan fungsi yang dimiliki tak kalah bagus. Berikut ini beberapa suvenir yang bisa kamu pertimbangkan untuk diberikan kepada para tamu yang datang. Simak sampai habis!

1. Sabun handmade

Foto: Peony Polly

Sabun adalah bagian dari kebutuhan yang diperlukan oleh seseorang sehari-hari. Kamu bisa memberikannya dalam bentuk yang  lebih unik berupa sabun handmade. Sabun alami dengan bahan-bahan seperti minyak kelapa, zaitun, atau madu akan menjadi pilihan suvenir yang bermanfaat. Sabun ini bisa dikemas dalam bentuk unik seperti hati atau bunga dari kertas cokelat yang menarik.

2. Kipas lipat

Barang yang satu ini akan bermanfaat terutama jika pernikahan digelar saat cuaca sedang panas. Selain bisa digunakan ketika acara pernikahan, kipas lipat juga praktis dibawa ke mana-mana. Tak perlu khawatir cepat rusak, kamu bisa memilih bahan yang paling awet seperti kain. Tak heran jika benda yang satu ini menjadi populer. Jika ingin membuatnya lebih unik, kamu bisa membuat desain sendiri yang lebih menarik.

3. Pouch kecil

Pouch berbahan kain, seperti kanvas atau katun, bisa digunakan tamu untuk menyimpan barang-barang kecil seperti koin atau perhiasan. Kamu bisa membuatnya dengan desain yang lebih modern agar para tamu semakin senang membawanya. Pouch ini pun bisa menjadi barang yang praktis dan serbaguna.

Foto: Alfriandra Souvenir

4. Gantungan kunci/tas

Walaupun sudah sering dijadikan suvenir, kini gantungan menjadi sebuah hal yang kembali ngetren, lo. Untuk membuatnya terlihat naik kelas, pilih desain yang lebih kekinian dan dibuat dari bahan yang awet sehingga para tamu bisa menggantungnya di kunci atau selalu membawanya di tas mereka. Pertimbangkan bahan-bahan seperti akrilik, kayu, benang yang kuat, atau logam.

5. Pembuka botol

Terlihat sederhana, barang ini sebenarnya sangat berguna, lo. Kamu bisa memberikan barang kecil ini kepada tamu sebagai suvenir yang fungsional. Pilih yang berbentuk hati atau ilustrasi pasangan pengantin untuk membuatnya tetap sesuai dengan tema. Kamu juga bisa menambahkan personalisasi dengan menuliskan nama dan tanggal pernikahan. Jika ingin membuatnya lebih bermanfaat lagi, pembuka botol ini juga bisa didesain seperti gantungan kunci.

6. Sticker custom

Stiker dengan desain eksklusif sesuai tema pernikahan bisa menjadi suvenir yang menyenangkan, terutama bagi tamu yang suka menghias barang-barang pribadi mereka. Supaya tetap terlihat lucu, kamu bisa menuliskan quote lucu singkat seputar kehidupan asmara. Inisial dan tanggal pernikahan kalian juga bisa ditambahkan ke dalam set.

7. Notes kecil

Buku catatan kecil dengan desain yang cantik dan elegan dapat menjadi suvenir bermanfaat. Tamu bisa menggunakan notes ini untuk mencatat hal-hal penting atau sekadar sebagai barang dekoratif di meja mereka. Desain cover dengan sesuatu yang mengingatkan para tamu pada acara pernikahanmu.

8. Cermin lipat mini

Cermin sangat dibutuhkan oleh seseorang. Saat bepergian mereka akan membutuhkan cermin dengan ukuran yang lebih kecil. Oleh sebab itu, cermin lipat kecil akan praktis untuk dibawa-bawa dan dimasukkan ke dalam tas. Cermin ini dapat didesain dengan warna-warna menarik atau tulisan khusus yang membuatnya terlihat eksklusif.

Foto: Fine Souvenir

9. Bookmark

Penanda buku yang elegan dari bahan kayu, logam, atau kertas dengan desain yang menawan bisa menjadi hadiah sempurna bagi tamu yang gemar membaca. Penanda buku ini dapat dihias dengan motif cinta atau pesan inspiratif. Kutipan seputar romansa dari buku favoritmu juga bisa ditambahkan.

10. Kain lap

Kain lap dengan bahan katun berkualitas akan bisa menjadi pilihan suvenir yang sederhana, tapi tetap bermanfaat. Tamu dapat menggunakan lap ini di dapur mereka. Setiap kali digunakan, mereka akan teringat akan momen spesial pernikahanmu. Pilih warna pastel yang cantik dan sesuai dengan acara pernikahan.

11. Teh celup herbal

Paket kecil berisi teh celup herbal seperti chamomile, mint, atau rosella bisa menjadi suvenir yang unik dan sehat. Para tamu bisa meminumnya untuk bisa mendapatkan pengalaman relaksasi yang menenangkan. Kemas dengan wadah yang menarik dari kertas atau mika.

Foto: ikisouvenir_

12. Sumpit kayu

Memberikan alat makan akan selalu menjadi pilihan suvenir yang bermanfaat. Namun, selain memberikan sendok dan garpu, kamu bisa mepertimbangkan untuk memberikan sumpit dari kayu. Selain bermanfaat, sumpit juga menyimbolkan kesejahteraan sehingga bisa menjadi bentuk harapan bagi para tamu untuk mendapatkannya.

13. Magnet kulkas

Kulkas menjadi sebuah sarana yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai kenang-kenangan dan oleh-oleh dari tempat yang dikunjungi oleh pemiliknya. Kamu bisa memberikan magnet kulkas untuk melengkapi kulkas para tamu dan membuat mereka selalu teringat pada pernikahanmu. Jangan lupa untuk memilih desain yang cocok dengan berbagai jenis arsitektur rumah.

14. Hand sanitizer

Kini hand sanitizer sudah menjadi bagian yang penting untuk kebersihan. Pun, sudah ada semakin banyak vendor yang menyediakan barang ini dalam jumlah banyak. Kamu bisa memberikan hand sanitizer dengan ukuran mini dan memiliki desain yang cantik sesuai selera pribadi dan konsep pernikahan.

15. Tanaman sukulen 

Sukulen adalah tanaman kecil yang mudah dirawat dan tahan lama karena terus tumbuh. Tanaman ini biasanya dikemas dalam pot kecil dan memberikan kesan hijau serta melambangkan kehidupan kepada penerimanya. Mereka juga membawa simbol pertumbuhan dan keberlanjutan yang cocok dengan tema pernikahan. 

Foto: Pexels/Burak Evlivan

16. Kue kering kecil

Selain memberikan suvenir dalam bentuk barang, kamu juga bisa memberikan suvenir yang bisa dimakan, seperti kue kering. Berikan kue kering kecil dalam kemasan yang menarik untuk para tamu. Makanan ini akan meninggalkan kesan manis setelah para tamu meninggalkan acara resepsi pernikahanmu.

17. Pin custom

Pin juga bisa digunakan sebagai penghias pakaian hingga tas. Ukurannya yang kecil akan membuatnya mudah dibawa. Desain dan bentuknya pun kini bisa disesuaikan. Kamu bisa membuat desain yang masih berhubungan dengan pernikahan, tapi tidak terlalu kentara agar para tamu anak muda masih bisa percaya diri memasangnya.

18. Mangkok kecil

Mangkok kecil sering dibutuhkan oleh banyak orang, tapi tidak dimiliki karena mungkin terlupa saat akan membeli. Barang ini bisa digunakan untuk menyiapkan saos atau kegunaan lainnya. Memberikannya sebagai suvenir pernikahan adalah langkah yang tepat. Pilih warna netral, seperti putih atau pastel khas pernikahan.

Foto: Alfriandra Souvenir

19. Alas minuman

Alas minuman ternyata menjadi salah satu barang yang cukup populer untuk diberikan kepada para tamu. Bentuknya sederhana, tapi justru bisa dikustomisasi sesuai dengan selera. Mulai dari kayu hingga kaca, bahan yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan tema acara.

20. Alat tulis

Alat tulis akan selalu menjadi barang yang berguna bagi semua orang. Meskipun lebih banyak yang suka mencatat menggunakan notes di smartphone, alat tulis tetap dibutuhkan untuk catatan yang lebih praktis atau saat kondisi darurat. Kamu bisa memberikan peralatan yang satu ini dengan hiasan yang menarik untuk membuatnya terlihat naik kelas.

Memberikan suvenir pernikahan tidak harus yang memiliki harga mahal. Yang paling penting adalah manfaat yang bisa didapatkan oleh para tamu yang datang. Jadi, meskipun suvenir pernikahan hanya memiliki harga Rp5.000-an, tamu bisa jadi ikut terkesan.


Cover Foto: Alfriandra Souvenir


Artikel Terkait



Artikel Terbaru