Your Smart Wedding Platform

12 Cara Mewujudkan Resepsi Pernikahan Unik dengan Tema Film

06 Sep 2024 | By Nurma Arum Wedding Market | 92
Foto: Kerry Hayes SMPSP/IMDb

Film dengan tema pernikahan sudah ada banyak di Indonesia maupun di dunia. Namun, pernikahan bertema film rasanya masih jarang diterapkan di sini, padahal dengan tema yang satu ini kamu bisa mengeksplorasi berbagai elemen dengan lebih kreatif. Jika kamu dan pasangan merupakan penggemar berat sebuah judul film atau penggemar berat film secara keseluruhan, kalian bisa menjadikan hobi yang satu ini sebagai ide dasar untuk membuat acara pernikahan yang menyenangkan.

Lalu, bagaimana cara untuk mewujudkan pernikahan yang satu ini, apalagi jika tamu belum tentu mengeri dunia film? Tenang, mereka tetap bisa menikmatinya asal kamu melakukan beberapa hal berikut ini. Simak yuk cara membuat resepsi pernikahan dengan tema film berikut ini!

1. Memilih film dan genre yang tepat

Foto: via Unconventional Wedding

Ada begitu banyak genre dan judul film yang bisa digunakan untuk inspirasi maupun referensi. Kamu harus memikirkan hal yang satu ini dengan hati-hati dan penuh pertimbangan. Kamu dan pasangan bisa memilih film yang berkesan, seperti film yang pertama kali kalian tonton bersama atau sekadar film yang sama-sama disukai. 

Jangan lupa untuk mempertimbangkan genrenya juga sehingga kamu bisa mendapatkan gambaran seperti apa jika genre film ini diterjemahkan ke dalam dekorasi pernikahan. Misalnya, jika kalian memilih tema sci-fi, apakah memungkinkan jika memasukkan elemen-elemen futuristik ke dalam pernikahan. Jika temanya thriller apakah tetap bisa diterapkan ke dalam pernikahan?

2. Pilih venue yang sesuai

Sebenarnya setiap venue bisa saja diubah menjadi set film dengan bantuan berbagai dekorasi yang ditambahkan. Namun, memilih venue yang tepat tetap menjadi salah satu langkah penting supaya tema pernikahan bisa semakin maksimal. Misalnya, jika kamu memilih film The Great Gatsby, venue yang cocok adalah ballroom hotel yang mewah. 

Kemudian, dekorasi juga harus dibuat dengan maksimal dan sesuai dengan film yang dipilih. Gunakan backdrop yang terlihat seperti setting film, lighting yang memberikan efek dramatis, dan elemen-elemen dekoratif seperti poster film, hingga video dengan potongan adegan penting. Properti yang menyerupai objek ikonik dari film juga tak kalah penting.

3. Undangan

Berikan hint tema kepada para tamu dengan memberikan undangan yang berbentuk seperti tiket bioskop atau poster film. Jangan lupa untuk memperhatikan hingga detail, seperti font, warna, hingga elemen yang dibuat semirip mungkin dengan yang digunakan pada film. Misalnya, jika kamu dan pasangan merupakan penggemar Star Wars, undangan bisa dibuat dalam format yang mirip dengan pembuka film tersebut.

Jangan lupa tambahkan ‘easter eggs’ dalam undangan, seperti kutipan terkenal dari film atau referensi visual tertentu yang hanya dikenali oleh penggemar film tersebut. 

4. Pakaian pengantin


Pakaian pengantin juga menjadi salah satu bagian penting dalam pernikahan tema yang satu ini. Misalnya, jika kamu mengusung tema Beauty and The Beast, kamu bisa mengenakan ball gown dengan desain yang klasik berwarna kuning yang akan mengingatkan pada karakter Belle. Untuk tema The Great Gatsby, pertimbangkan gaun dengan potongan lurus, dihiasi manik-manik dan fringe yang akan mengingatkan pada era 1920-an.

Untuk pengantin pria, kamu juga tetap bisa menyesuaikan dengan karakter film favorit. Misalnya, jika tema pernikahan adalah James Bond, tuxedo hitam yang elegan dengan dasi kupu-kupu adalah pilihan yang tepat. Untuk tema Lord of the Rings, pengantin pria bisa mengenakan kostum bergaya pahlawan fantasi dengan jubah panjang dan aksesori seperti bros atau pedang hiasan.

Jika ternyata film yang kamu pilih tidak memiliki kostum tertentu yang bisa diterapkan di acara pernikahan, pertimbangkan untuk memilih pakaian pengantin dengan palet warna yang sesuai dengan film tersebut.

5. Dress code untuk tamu

Bukan hanya pakaian yang dikenakan oleh pengantin saja, apa yang dipakai tamu juga akan membuat acara pernikahan semakin paripurna. Makanya, kamu bisa meminta mereka untuk berpakaian yang sesuai dengan karakter atau film yang dipilih. Jika tema pernikahan adalah Harry Potter, kamu bisa meminta para tamu untuk mengenakan baju sihir atau pakaian sesuai dengan asrama Hogwarts mereka. 

Jika kamu ingin tetap membuat suasana lebih formal, tetapi sesuai dengan tema, kamu bisa memberikan panduan untuk warna dan aksesori yang terinspirasi dari film. Contohnya dasi berwarna sesuai dengan asrama Hogwarts atau pin kecil yang menggambarkan karakter film.

6. Makanan dan minuman

Kamu bisa menyajikan menu unik yang terinspirasi dari film. Misalnya, kamu bisa menyajikan sup krim dari film Ratatouille, olahan lorjuk dari film Aruna dan Lidahnya, atau makanan khas ala film Howl Moving Castle, yaitu bacon and eggs. Jangan lupa untuk menyiapkan makanan ringan dan juga minuman yang sesuai dengan film yang kamu pilih.

7. Kue pernikahan

Foto via Bored Panda

Selain makanan dan minuman yang disajikan untuk para tamu, ada satu lagi hal yang bisa terinspirasi dari film bertema pernikahan, yaitu kue pernikahan. Pemotongan kue ini bisa menjadi salah satu bagian dari acara pernikahan yang krusial. Kamu bisa membuat kue simpel maupun bertumpuk dengan berbagai hiasan yang identik dengan film. Misalnya, taruh karakter pasangan dari film Up atau balon-balon warna-warni di bagian permukaan maupun atasnya untuk memberikan makna bahwa kalian akan bersama-sama selamanya.

8. Dekorasi dan table setting

Alih-alih menggunakan nomor meja, beri nama meja-meja tersebut dengan nama karakter, tempat, atau elemen dari film. Sebagai contoh, dalam tema Harry Potter, meja bisa dinamai berdasarkan lokasi dalam buku seperti "Hogwarts", "Diagon Alley", atau "Forbidden Forest".

Setiap meja bisa memiliki centerpiece yang terinspirasi dari film. Misalnya, lilin bercahaya yang mengingatkan pada Beauty and the Beast, atau miniatur Death Star untuk tema Star Wars.

9. Musik dan hiburan

Musik akan menjadi salah satu elemen yang mendukungmu dalam menciptakan suasana yang semakin sempurna. Pilih musik-musik yang menjadi soundtrack film. Kemudian, kamu juga bisa memberikan backsound pada setiap acara seolah seperti scoring pada film.  Pertimbangkan untuk mengadakan pertunjukan bertema film, seperti tarian yang diiringi oleh lagu dari film, atau drama singkat yang menggambarkan adegan dari film favoritmu. Hal ini akan memberikan pengalaman berkesan bagi para tamu.

10. Photobooth sesuai tema

Foto: via Malenge Creative

Photobooth menjadi salah satu hal penting di pernikahan zaman sekarang. Di sana para tamu bisa mengambil foto dengan berbagai properti yang disediakan. Jika ingin pernikahan bertema filmmu semakin lengkap, kamu bisa membuat bagian ini menjadi lebih maksimal dengan berbagai barang yang identik dengan film. Misalnya, jika tema film adalah Harry Potter, pilih photobooth dengan latar belakang kastil Hogwarts lengkap dengan kostum penyihir dan tongkat sihir.

11. Suvenir

Berikan tamumu suvenir yang terinspirasi dari film, seperti miniatur item dari film, DVD film favoritmu, atau barang-barang bertema yang bisa mereka gunakan sehari-hari seperti tatakan gelas dengan gambar karakter film. Kemasan suvenir bisa dibuat menyerupai item dari film, misalnya kotak yang menyerupai buku mantra dari Harry Potter atau kotak popcorn untuk tema bioskop klasik.

12. Wedding vow

Wedding vow atau janji pernikahan biasanya berisi janji-janji yang disesuaikan dengan diri sendiri. Namun, tak ada salahnya jika kamu ingin memasukkan kutipan janji pernikahan dari film favoritmu yang memiliki scene menikah di dalamnya. Ada berbagai pilihan berbeda, mulai dari wedding vow romantis hingga yang lebih humoris. Jika ada sebuah line yang ikonik, kamu bisa menggunakannya sebagai referensi.

Itu dia beberapa cara untuk mewujudkan resepsi pernikahan dengan tema film yang sesuai dengan hobi para sinefil. Tak hanya membuat resepsimu semakin menyenangkan, acara pernikahanmu pun akan lebih lama dikenang banyak orang karena konsepnya yang unik dan berbeda dari pernikahan lainnya.


Ilustrasi foto cover: via IMDb


Artikel Terkait



Artikel Terbaru