Pilih Kategori Artikel

Inspirasi Dekor Bunga Pelaminan yang Unik dan Cantik
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Dekor bunga pelaminan sering menjadi pusat perhatian bagi setiap orang yang hadir pada acara tersebut. Pelaminan menjadi tempat yang paling utama untuk dikunjungi oleh setiap orang yang hadir. Di sana pengantin akan bersiap menerima tamu yang akan bersalaman mengucapkan selamat kepada mereka. 

Dibandingkan tempat lainnya, pelaminan akan dihias lebih menonjol dibandingkan dengan bagian lainnya. Berbagai ide kreatif dan berbeda sering dituangkan pada dekorasinya. Setiap orang yang mendekor juga akan mengutamakan hiasan pada bagian ini sebelum menghias bagian lainnya di tempat acara pernikahan. 

Umumnya dekorasi akan menggunakan bunga, backdrop, background kayu atau gypsum, kain, dan hiasan lain yang mendukung dekorasinya.

Dengan menggunakan berbagai macam hiasan tersebut maka hari pernikahanmu bisa menjadi lebih berkesan dan tidak terlupakan. Hal ini tentu sangat diinginkan oleh siapapun. 

Dekor bunga pernikahan untuk pelaminan bisa disesuaikan dengan tema yang akan digunakan seperti tradisional, modern, rustic, atau sejenisnya.

Tema tersebut biasanya akan menjadi patokan hiasan seperti apa yang akan digunakan. Jika kamu memiliki desain tersendiri, kamu juga bisa menuangkannya pada dekorasi pelaminan tersebut. 

Jika kamu masih membutuhkan inspirasi lain yang bisa digunakan pada acara pernikahanmu, kamu bisa menggunakan beberapa  dekorasi pelaminan berikut ini. 

1. Bunga Mengumpul di Area Sudut Background

wm_article_imgFoto: indowebsited.github.io

Salah satu dekorasi pelaminan yang cukup unik dan menarik ialah dengan menyimpan hiasan bunga pada background yang digunakan. Background tersebut bisa terbuat dari kain polos maupun kayu khusus yang biasa digunakan sebagai background. Biasanya bunga akan dibuat berderet atau memanjang pada bagian atas. 

Agar dekor bunga pelaminan menjadi lebih unik kamu bisa menyimpan atau menata bunga-bunga tersebut dengan fokus pada satu sudut saja. Kamu bisa menyimpan pada area sudut kanan paling atas sehingga membentuk segitiga. Selebihnya kamu bisa menyimpan sedikit bunga-bunga hingga ke tepi lainnya. 

Untuk warnanya bisa menyesuaikan dengan tema yang kamu sukai. Kamu bisa menggunakan gradasi atau campuran warna sesuai kreativitasmu. Hasilnya akan menjadi perpaduan yang sangat indah dan berbeda dari biasanya. Dekorasi seperti ini juga cukup menonjol untuk digunakan pada pelaminan. 

Hiasi dengan sedikit lampu-lampu cantik agar detail dari masing-masing bunga dan hiasannya terlihat lebih jelas. Kamu akan memiliki dekorasi pelaminan yang berbeda dari biasanya dengan menggunakan tampilan seperti ini. Dekor bunga pelaminan tersebut akan membuat acara pernikahanmu lebih berkesan dan tidak terlupakan. 

2. Kain Silang 

wm_article_imgFoto: msweventplannersdubai.over-blog.com

Model yang bisa kamu gunakan selanjutnya ialah menggunakan kain yang ditata hingga membentuk huruf x atau silang. Dekorasi seperti ini cukup sederhana namun sangat cantik ditambah dengan hiasan bunga di bagian atasnya. Untuk penempatan bunga kamu bisa menggunakan dekorasi seperti biasa secara berderet menghiasi bagian atas. 

Sementara itu pada area bawahnya kamu tak perlu menambahkan dekorasi lain hanya perlu menata kain dekorasi secara menyilang. Dekor bunga pelaminan ini cukup unik dan jarang digunakan di pernikahan pada umumnya. Jika kamu ingin memilih dekorasi yang berbeda dari biasanya maka dekor seperti tadi bisa kamu pilih. 

Kain yang kamu gunakan tidak perlu terlalu lebar dan panjang. Untuk lebarnya kamu cukup menggunakan ukuran 15 sampai 30 cm. Jika ingin lebih simpel lagi kamu bisa melipatnya menjadi 2 bagian kemudian memasangnya secara menyilang. Untuk panjangnya maksimal 3 meter atau jika ingin menggunakan satu kain saja maka panjangnya bisa dua kali lipatnya. 

Dekor bunga pelaminan seperti ini cukup sederhana namun sangat berbeda dari biasanya. Pelaminan yang kamu pilih pada acara pernikahannya bisa berubah menjadi pelaminan yang sangat cantik dan menawan. Acara pernikahanmu bisa menjadi momen yang tidak terlupakan sampai kapanpun. 

3. Ukiran 

wm_article_imgFoto: Shadi khana from Facebook

Contoh lainnya yang bisa kamu gunakan adalah menggunakan background yang menonjolkan ukiran pada kayu atau gypsum yang digunakan.

Ukiran tersebut akan mempercantik bagian pelaminan sehingga tidak terlihat terlalu polos. Dengan menggunakan ukiran yang detail pada bagian background maka pelaminan akan tampak lebih sederhana namun elegan. 

Jika kamu ingin menggunakan dekor bunga pelaminan yang tidak terlalu mewah maka penggunaan background dengan ukiran ini bisa kamu pilih.

Kamu tidak perlu lagi menambahkan jenis hiasan lainnya pada bagian tersebut. Kamu cukup menambahkan sedikit bunga pada area atasnya dibuat berjajar atau sedikit menjuntai. 

Bunga yang kamu perlukan pun tidak perlu terlalu banyak karena detail dari setiap ukiran juga sudah cukup jelas. biasanya ukiran tersebut sering digunakan untuk pernikahan tradisional dengan background kayu.

Kamu bisa menggunakan background kayu berwarna putih atau gypsum yang memiliki ukiran yang tidak terlalu tradisional. 

Hasilnya meskipun sederhana pelaminan yang akan kamu tempati akan menjadi lebih elegan dan mempesona. Kamu bisa memiliki pernikahan impian yang sederhana namun tetap tidak terlupakan dengan menggunakan dekorasi seperti ini.

Dekor bunga pelaminan tersebut tetap membuatmu tampil mempesona dan tak terlupakan. 

4. Backdrop 

wm_article_imgFoto: weddingz.in

Pelaminan dengan menggunakan backdrop akhir-akhir ini semakin banyak digunakan karena cukup simpel namun menarik. Backdrop ini biasanya berupa kayu atau ranting yang dibuat melingkar dengan hiasan bunga serta daun di sekitarnya.

Di sekitarnya kamu juga tak perlu menyimpan terlalu banyak bunga karena sudah fokus pada bagian backdrop. 

Untuk area belakangnya kamu bisa menggunakan kain polos atau kau tidak menggunakan penutup lainnya dan mengandalkan latar asli dari tempat yang digunakan.

Dekor bunga pelaminan tersebut cukup sering di gunakan untuk pernikahan yang diselenggarakan di dalam rumah maupun secara outdoor. 

Sementara itu, untuk pernikahan yang diselenggarakan di sebuah gedung backdrop ini cukup jarang digunakan. Sebab, ukurannya yang lebih kecil dan simple tidak begitu cocok untuk pelaminan di gedung yang biasanya berukuran lebar.

Namun jika kamu tetap ingin menggunakannya konsultasikan dengan pihak dekorasi untuk menyulapnya menjadi lebih cantik. 

5. Bunga Melingkar

wm_article_imgFoto: qhomemart.com

Berikutnya, konsep dekorasi pelaminan yang bisa kamu gunakan adalah berupa bunga yang dihias secara melingkar pada bagian tengah pelaminan. Bagian atasnya tetap diberi hiasan bunga dan daun seperti biasa. Bunga yang melingkar tersebut juga bisa ditambahkan tulisan nama kedua mempelai. 

Dekor pelaminan pernikahan ini cukup unik dan bisa kamu pilih untuk digunakan pada acara pernikahanmu. Penggunaan dekorasi seperti ini akan membuat hiasan lebih fokus pada area tengah pelaminan khususnya pada bagian tempat duduk pengantin.

Sementara itu, untuk area depannya kamu bisa menyesuaikan dengan keinginan atau kreatifitas dari dekorator. 

Untuk warnanya kamu bisa memilih sesuai keinginanmu apakah ingin dibuat lebih cerah atau justru menggunakan warna yang cenderung lebih bold.

Lengkapi dengan aneka lampu-lampu hias yang cantik sehingga menjadi perpaduan yang sangat indah. Kamu bisa memilih jenis dekorasi ini pada acara pernikahanmu nanti. 

Itulah beberapa inspirasi dekor bunga pelaminan yang bisa kamu pilih sebagai hiasan pada pelaminan di acara pernikahanmu. Kamu bisa memilih salah satunya karena contoh diatas tetap unik dan menarik untuk bisa digunakan. Ketahui juga ragam bunga pernikahan yang bisa kamu gunakan, serta siskusikan dengan pihak vendor dekorasi yang akan menangani pernikahanmu nanti. 

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...