Pilih Kategori Artikel

5 Rekomendasi Dekorasi Akad Nikah yang Cantik nan Elegan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bagaimana dengan persiapan pernikahanmu? Apakah sudah rampung? Atau justru kamu masih bingung memikirkan dekorasi yang unik untuk hari pernikahanmu? Nah, kalau kamu masih bingung, kamu bisa coba nih melihat-lihat beberapa rekomendasi dekorasi akad nikah yang sedang tren akhir-akhir ini, siapa tahu kamu jadi terinspirasi bukan?

Sebenarnya, untuk dekorasi akad nikah ini sendiri bisa dibilang disusun dalam bentuk yang lebih fleksibel. Karena dekorasinya tidak akan memakan tempat seperti dekorasi pelaminan, sehingga kamu bisa menyiapkannya dengan lebih simpel tetapi tetap terlihat cantik dan juga elegan. Nah, beberapa contoh dekorasi pernikahan saat melaksanakan akad.

1. Dekorasi Akad Nikah dengan Konsep Backdrop Elegan

wm_article_img
Foto: rumahkampungdecor on Instagram

Yang pertama, kamu dan pasangan bisa mencoba untuk menggunakan dekorasi backdrop untuk akad nikahmu nanti. Gunakan backdrop polos dengan dihiasi rangkaian bunga pada bagian atas backdrop-nya. Usahakan kamu menggunakan backdrop yang senada dengan meja dan kursi akad nikahnya.

Untuk lebih mudahnya, kamu bisa menggunakan dekorasi akad nikah dengan nuansa warna putih, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk mempersiapkan backdrop, kursi, meja dan dekorasi lainnya yang senada. Untuk lebih menambahkan kesan glamour, kamu bisa juga mengkombinasikan warna putih dengan warna gold, sehingga venue akad nikah akan tampil lebih elegan.

Pada bagian kursinya, kamu bisa menambahkan ornamen kain yang diikatkan dengan pola pita pada bagian sandaran kursinya. Atau kamu juga bisa menambahkan beberapa ornamen bunga dengan warna yang senada dengan backdropnya. Jika kamu kesulitan untuk menemukan kursi dan meja yang mempunyai warna yang senada dengan backdrop, maka kamu bisa menggunakan kain dengan warna senada untuk mengantisipasinya.

2. Dekorasi Akad Nikah menggunakan Konsep Chandelier

wm_article_img
Foto: esensinuansa on Instagram

Selain menggunakan konsep dekorasi dengan backdrop papan, kamu juga bisa berkreasi untuk membuat membuat backdrop yang lebih simpel dari seuntai kain putih. Kain putih ini bisa kamu kombinasikan dengan menambahkan berbagai ornamen rangkaian bunga-bunga pada bagian atas serta pada bagian tengahnya.

Agar dekorasi akad nikah yang kamu gunakan terlihat lebih cantik lagi, maka kamu bisa menambahkan ornamen chandelier atau lampu gantung yang disusun tepat di sela-sela rangkaian bunga yang menjuntai. Untuk kesan yang lebih harm dan dreamy, kamu bisa menggunakan lampu yang berwarna kuning, bukan yang putih terang.

Dekorasi pernikahan elegan seperti ini sangat cocok untuk digunakan di area indoor, tetapi di area outdoor pun juga bisa digunakan tetapi sebaiknya pada akad nikah yang dilangsungkan pada waktu sore menjelang malam hari. Sehingga, chandelier-nya bisa menjadi sorotan tersendiri dan bisa lebih menghidupkan suasana dalam akad nikah yang kamu adakan.

Untuk dekorasi meja dan kursi akad nikahnya sendiri, kamu bisa menggunakan meja dan kursi berwarna putih polos. Hal ini dilakukan untuk lebih menetralisir warna, sehingga tidak akan bertabrakan dengan rangkaian bunga dan chandelier-nya yang sudah cukup meriah. Cukup tambahkan hiasan kain menjuntai pada sandaran kursi, dan gunakan taplak meja serta tambahkan bunga di bagian mejanya.

3. Dekorasi Akad Nikah dengan Konsep Rustic Area Outdoor

wm_article_img
Foto: eliordesign on Instagram

Saat ini konsep rustic bisa dibilang sebagai tema yang sedang naik daun. Hampir semua hal mengusung tema dan konsep yang satu ini, mulai dari desain kafe, desain rumah, bahkan sampai ke dekorasi akad nikah pun sampai mengusung konsep yang satu ini. Untuk penerapannya sendiri, konsep ini bisa kamu gunakan baik di area indoor maupun outdoor. Namun, untuk hasil yang lebih memuaskan, kamu bisa menerapkannya di area outdoor. 

Hal yang perlu disiapkan pun tidak banyak, kamu hanya perlu mencari kursi dan meja dengan warna coklat alami tanpa perlu diberi kain penutup. Agar kursi dan mejanya terlihat lebih cantik dan elegan, maka kamu bisa menambahkan ornamen rangkaian bunga tepat di bagian sandaran kursinya. 

Kemudian, siapkan pula rangkaian bunga dengan ukuran yang lebih besar untuk ditempatkan pada bagian meja. Untuk dekorasi pendukung lainnya, kamu bisa menyiapkan beberapa kayu penyangga yang akan digunakan untuk menyangga beberapa helai kain putih yang akan difungsikan sebagai dekorasi backdrop-nya. 

Tambahkan pula ornamen rangkaian bunga tepat di bagian tengah backdrop-nya. Untuk lebih menonjolkan kesan dekorasi pernikahan rustic, kamu bisa menambahkan dua buah box kayu atau dalam bentuk yang lainnya yang difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan bunga tepat di bagian samping backdrop. 

4. Dekorasi Akad Nikah dengan Konsep Duduk Lesehan

wm_article_img
Foto: eazyglam.ru 

Jika biasanya kamu melihat venue akad nikah selalu menggunakan kursi dan meja, maka kamu bisa menggunakan konsep lain agar terlihat lebih unik dari yang lainnya. Nah, disini kamu bisa menggunakan konsep duduk lesehan. Pasti kamu dan pasangan juga sudah pernah melihat konsep yang satu ini bukan?

Karena sebenarnya konsep lesehan ini banyak dilakukan pada pernikahan-pernikahan zaman dahulu, tepatnya yang melangsungkan pernikahan di tempat peribadatan, seperti di masjid, rata-rata selalu duduk dalam posisi lesehan. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak wedding organizer yang mengatur akad nikah dengan posisi duduk dalam kursi dan meja.

Nah, untuk menggabungkan konsep tradisional dan juga modern ini, maka kamu bisa menggunakan dekorasi akad nikah dengan konsep duduk lesehan tetapi tetap trendy. Untuk mejanya, kamu harus menyediakan meja khusus untuk lesehan, yang pastinya lebih rendah dari meja duduk pada umumnya.

Kemudian, untuk alas duduk lesehannya, kamu bisa menggunakan bantal duduk dengan warna yang senada dengan konsep yang akan kamu usung dalam pernikahanmu. Untuk lebih mudahnya, lebih baik kamu menggunakan bantal duduk yang berwarna putih, karena kebanyakan dekorasi untuk akad nikah pun menggunakan warna putih yang melambangkan kesucian dari prosesi akad nikah itu sendiri. 

Kemudian, agar terlihat lebih modern, kamu bisa memasang backdrop dengan warna yang senada. Untuk membuat backdrop ini kamu tidak perlu merasa kesulitan, cukup siapkan kain putih kemudian hias dengan ornamen rangkaian bunga. Kemudian, kamu juga bisa menambahkan ukiran inisial nama kamu dan pasangan pada backdrop tersebut.

5. Dekorasi Akad Nikah dengan Konsep Bunga Serba Putih

wm_article_img
Foto: eliordesign on Instagram

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dalam dekorasi akad nikah memang cenderung untuk menggunakan item berwarna putih. Nah, untuk itu kamu juga bisa menggunakan konsep dekorasi pernikahan putih ketika melangsungkan akad nikah. Mulai dari alas, meja, kursi, sampai ke backdrop-nya.

Untuk alasnya sendiri, kamu bisa menggunakan karpet yang dipenuhi bunga berwarna putih, kemudian gunakan kursi dengan ornamen kain yang menjuntai dan rangkaian bunga putih, gunakan meja dengan ornamen yang senada dengan kursi, serta pasang backdrop yang dipenuhi dengan nuansa putih. Tambahkan pula beberapa lampu untuk membuat suasana lebih elegan dan cantik.

Nah itulah beberapa contoh rekomendasi dekorasi akad nikah yang bisa menjadi salah satu inspirasi kamu dan pasangan dalam mempersiapkan dekorasi di pernikahan kalian nantinya. Semoga terbantu!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...