Pilih Kategori Artikel

5 Ide Desain Gaun Pengantin Islami Terbaik untuk Kamu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Bicara mengenai gaun pengantin yang islami tentu tak bisa terlepas dari maraknya tren hijrah. Banyak orang berlomba-lomba menjadi pribadi yang lebih baik dan menutup aurat, sehinggatak heran jika banyak yang kemudian membutuhkan gaun pernikahan syari untuk hari pernikahannya.

Saat ini akan mudah bagi kamu untuk menemukan ide gaun pengantin berhijab, baik di internet maupun di majalah fashion. Karena penggunaan hijab sudah sangat umum, banyak juga desain gaun pernikahan islami yang ternyata tidak sesuai dengan ketentuan Islam. Bagi kamu yang belum tahu, menggunakan hijab bukanlah satu-satu syarat yang sesuai dengan ketentuan agama Islam. 

Lantas, seperti apa gaun pernikahan yang sesuai dengan ketentuan islam?

  1. Tidak menggunakan kain warna kulit
  2. Tidak ketat
  3. Tidak menggunakan hiasan berlebihan
  4. Menutupi lekukakan tubuh

Meski ada beberapa aturan yang harus diperhatikan saat memilih gaun pengantin islami, kamu tidak akan kesulitan menemukan ide untuk gaun pernikahan yang syari sekaligus tetap menawan. Jika memang benar-benar bingung, kamu bisa mengikuti 5 ide gaun pengantin islami berikut ini!

1.Kombinasi Desain Ball Gown dengan Atasan Model Cape

 wm_article_img

Foto: Marwa Mahmoud from Pinterest

Mengingat  pernikahan merupakan peristiwa yang penting, wajar jika perempuan menginginkan gaun yang bisa membuatnya menjadi ratu sehari. Desain gaun ball gown yang identik dengan negeri dongeng atau seperti gaun pesta dansa kerajaan merupakan impian banyak perempuan. Namun, gaun model ball gown dapat membuat lekuk tubuh lebih tampak karena model ini cenderung ketat di bagian pinggang dengan rok yang mengembang.

Jika kamu ingin mengenakan gaun ball gown, tapi tanpa kehilangan kesan syari, padukan ball gown dengan atasan model cape yang dapat menutupi bagian dada hingga pinggang dengan sempurna. Dengan begitu, keinginan kamu untuk mengenakan gaun layaknya ratu negeri dongeng tetap bisa terwujud tanpa mengorbankan ketentuan yang telah ditetapkan.

2. Menutup Dada dan Lekuk Tubuh dengan Jilbab Panjang

 wm_article_img

Foto: Elif Zaim

Jika kamu menemukan gaun pernikahan yang indah dan sangat sesuai dengan keinginan, tapi terlalu ketat dan tidak menutupi bagian dada dengan baik, kamu bisa mengakalinya dengan memilih menggunakan hijab yang panjang sehingga bagian dada serta lekuk tubuh dapat tertutup.

Ada banyak jenis dan cara mengenakan hijab, mulai dari turban yang hanya menutup kepala hingga telinga, tapi menyisakan leher yang terbuka; hijab gaya turki yang melingkar dan cocok untuk kamu yang berwajah bundar karena bisa membuat tampak tirus; dan berbagai desain lainnya.

Namun, kamu juga bisa mencoba desain yang sederhana, tapi setidaknya menggantung panjang hingga dada, setelahnya kamu bisa menghiasinya dengan flower crown atau mahkota kecil di atas kepala yang indah agar tidak tampak terlalu polos.

3. Memilih Desain Rok Column yang Menutupi Lekuk Tubuh dengan Sempurna

 wm_article_img

Foto: MS Nora Salim from Pinterest

Ball gown, empire line, mermaid, hingga column adalah sejumlah ragam silhouette dress yang ada saat ini. Memilih gaun pengantin muslimah dan islami yang sesuai bentuk tubuh memang penting, tetapi memilih yang sesuai dengan ketentuan agama tetap harus menjadi pertimbangan utama.

Alih-alih memilih gaun model mermaid yang sangat ketat hingga menonjolkan lekuk tubuh atau model empire line yang memiliki potongan dada yang rendah hingga membuat payudara tampak jelas, coba model column yang memiliki bentuk persegi panjang, lurus, dan longgar. Dengan begitu, kamu bisa menyamarkan bagian dada, pinggul, serta pantat dengan baik. Jika ingin menggunakan potongan column, pilih kain yang ringan sehingga kamu tetap dapat nyaman bergerak.

4. Menambahkan Ekor pada Gaun Pengantin 

 wm_article_img

Foto: maulida putri from Pinterest

Beberapa tahun terakhir, gaun pengantin muslim dengan ekor panjang sedang banyak diminati di kalangan pengantin muda yang ingin tampil anggun dan mewah. Jika kamu  sudah bertekad untuk mengenakan gaun pengantin islami, bukan berarti kamu tidak dapat menambahkan ekor sesuai tran beberapa tahun terakhir, lho!

Penambahan ekor gaun pengantin bisa menjadi siasat untuk menutupi lekukan pada bagian pinggang dan pantat. Kamu juga bisa memilih jenis ekor yang menggantung pada bahu sehingga tampak seperti jubah atau ekor yang menggantung mulai dari pinggang. Namun, kamu tidak perlu membuat ekor gaun yang terlalu panjang karena justru akan terasa berlebihan.

5. Menggunakan Kebaya Modern yang Anggun

wm_article_img 

Foto: lindswell_k from Instagram

Beberapa perempuan ragu menggunakan kebaya karena bahan yang digunakan transparan di beberapa tempat dan membuat lekuk tubuh terlihat jelas. Namun, kamu tak perlu ragu! kamu bisa mengenakan kebaya tanpa meninggalkan ketentuan agama dengan memakai pakaian dalam lengan panjang yang senada dengan warna kebaya. Tambahan dalaman ini merupakan penutup untuk bagian yang transparan.

Untuk menyiasati lekuk tubuh yang lebih menonjol karena kebaya, kamu  bisa memilih kebaya panjang hingga mata kaki dan hindari kebaya umum yang biasanya hanya sepanjang pinggang. Nah, jika perempuan lainnya mengenakan rok batik lilit yang ketat, kamu bisa menggantinya dengan rok batik yang lebih longgar. Tampil anggun dengan kebaya syari? Menarik sekali, bukan?

Jadi, mana desain gaun pengantin islami yang paling mencuri hati? Jika masih bingung juga, mungkin kamu bisa berbincang dengan vendor gaun pengantin berhijab yang bisa mewujudkan gaun impianmu. Temukan vendor gaun pengantinmu di Wedding Market, platform dan marketplace pernikahan yang menyediakan ribuan wedding vendor profesional dan dipercaya banyak calon mempelai pengantin di Indonesia.

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...