Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Menu Prasmanan Catering untuk Pernikahan di Indonesia
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Prasmanan merupakan cara makan dimana kamu mengambil sendiri makanan yang diinginkan. Untuk menikmati makanan prasmanan, kamu diperbolehkan memilih mana jenis makanan yang disukai. Oleh sebab itu, menu prasmanan catering harus dipersiapkan dengan matang untuk mengantisipasi selera tamu undangan yang beragam. 

Pernikahan merupakan tempat yang identik dengan menu prasmanan, dimana kamu bisa memilh sendiri jenis makanan yang disediakan oleh keluarga mempelai. Menu yang disediakan tentunya beragam, dan menggunakan catering lebih banyak dipilh karena hal tersebut memudahkan persiapan pernikahan. 

Untuk kamu yang hendak melangsungkan pernikahan dalam waktu dekat, kamu bisa memilih beberapa menu makanan dibawah ini yang memang sering ditemukan di menu prasmanan. Kamu tidak harus memasukkan semua menu makanan yang tersedia, cukup pilih mana yang sekiranya penting dan banyak dicari. 

Rekomendasi Menu Makanan di Prasmanan Pernikahan 

wm_article_img
Foto: LElik83 on iStock

Memilih menu yang tepat prasmanan penting dilakukan sebagai bentuk terima kasih kamu kepada tamu yang hadir. Jika makanan yang kamu sediakan kurang berkenan, tentunya kamu akan membuat tamu undangan kecewa. 

Untuk masyarakat Indonesia, menu catering pernikahan prasmanan sebenarnya tidak terlalu rumit. Panduan berikut ini akan membantumu menghidangkan sajian yang tidak hanya enak, namun menggugah selera mereka. 

1. Nasi

Sebagai salah satu menu makanan pokok di Indonesia, menyajikan nasi menjadi wajib di meja prasmanan karena ia menjadi menu makanan sehari-hari. Banyak yang berkata tidak makan kalau tidak mengkonsumsi nasi. 

Nasi yang kamu sediakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan, nasi putih menjadi pilihan yang banyak digunakan karena rasanya yang mudah diterima oleh lidah Indonesia. Nasi putih juga mudah dikombinasikan dengan berbagai lauk, sesuai selera tamu undangan. 

2. Sup

Sayuran juga masih menjadi menu catering pernikahan prasmanan yang disukai banyak orang, kamu bisa menyajikan sayuran dalam bentuk sup yang menyegarkan. Agar rasanya tidak tawar, kamu bisa menambahkan berbagai menu makanan lain di dalamnya, misalnya daging dan bakso. 

Menu prasmanan dalam bentuk sup akan lezat jika disajikan selagi hangat, karena itu sediakan pemanas agar sup tersebut tetap hangat. Tamu undangan tentu akan senang menikmati makanan yang tidak hanya lezat, namun juga masih segar dan hangat. 

3. Lotek atau Karedok

Tidak semua tamu undangan ingin mengkonsumsi nasi ketika datang di acara pernikahan. Karena itu kamu harus menyiapkan menu makanan lain yang bisa menggantikan nasi putih, sehingga tamu undangan tetap nyaman menikmati hidangan. 

Salah satu pilihan yang direkomendasikan adalah karedok atau lotek, campuran antara sayuran dengan bumbu sambal kacang yang lezat ini bisa menggugah selera. Ia juga bisa disajikan di berbagai konsep pernikahan, dari pernikahan adat hingga pernikahan minimalis. 

4. Olahan Daging atau Ayam

Ayam masih menjadi olahan primadona di berbagai menu catering pernikahan prasmanan. Kamu bisa mengolahnya menjadi apa saja, dari ayam goring, panggang, hingga hidangan lain yang enak dan lezat. 

Selain itu, menu prasmanan catering dari jenis ayam juga mudah dibuat, bahannya juga mudah didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Kamu bisa dengan mudah melakukan koordinasi dengan vendor catering yang kamu gunakan.

Makanan Pelengkap di Prasmanan

wm_article_img
Foto: SonjaBK on iStock

Setelah mengetahui berbagai rekomendasi menu yang bisa kamu hidangkan di prasmanan, kamu juga bisa menambahkan menu pelengkap dibawah ini. Menu pelengkap tidak harus kamu jadikan sebagai main dish, kamu bisa meletakkanya di pinggir dan menjadi pilihan opsional tamu undangan. 

Makanan atau menu pelengkap misalnya kerupuk dan sambal, dua opsi tersebut memang banyak digunakan sebagai pelengkap makanan. Namun tidak semua orang menyukai kerupuk atau sambal dalam makananya. 

Meletakkan menu tersebut di pinggiran meja prasmanan akan mempermudah barisan atau antrian tamu. Jika mereka tidak berminat untuk mengambil kerupuk atau sambal, mereka bisa langsung melewati meja tanpa merasa sungkan.  Selain kerupuk atau sambal, berikut merupakan menu prasmanan catering yang bisa kamu tambahkan, diantaranya:

1. Buah

Kamu bisa menyajikan buah sebagai makanan penutup, sehingga tamu undangan bisa mendapatkan sajian yang lengkap dan segar. Agar memudahkan tamu undangan mengkonsumsi buah yang kamu sediakan, kamu bisa memotongnya menjadi ukuran yang kecil. 

Kamu bisa menyajikan satu jenis buah saja sebagai menu penutup, namun mencampurannya dengan buah yang lain juga bisa menjadi campuran yang tepat. Ia juga bisa menambah cita rasa yang kamu sediakan di meja prasmanan. 

2. Air Mineral

Ketika menyajikan makanan prasmanan, jangan lupakan minuman seperti air mineral. Kamu bisa menyediakan dalam bentuk gelas atau botol, dan membebaskan tamu undangan untuk memilih yang sesuai dengan selera. 

3. Teh

Selain air mineral, menu prasmanan catering lain yang bisa kamu gunakan adalah teh. Teh bisa kamu sajikan dengan berbagai cara, baik panas atau dingin. Kalau cuaca panas, memberikan es teh dengan potongan lemon tentu akan menyegarkan. 

Pilihan Menu Catering Alternatif untuk Pernikahan 

wm_article_img
Foto: bonchan on iStock

Masih kurang puas dengan rekomendasi menu prasmanan tersebut, kamu bisa menyediakan beberapa pilihan berikut ini untuk disajikan selama pernikahan. Makanan tersebut merupakan makanan tradisional, sehingga kamu tidak peru khawatir dengan rasa yang dihadirkan. 

1. Menu Aneka Sate

Sate masih menjadi menu makanan catering pernikahan yang lezat dan disukai oleh masyarakat Indonesia. Kalau kamu tertarik untuk menyediakan sate sebagai menu prasmanan, kamu bisa memilih pilihan menu sate ayam atau sapi. 

Kedua sate tersebut memiliki rasa yang gurih dan bisa disajikan dengan berbagai menu lain tanpa rasa perbedaan rasa yang terlalu kontras. Hindari menyajikan makanan dengan menu daging yang berbau tajam, misalnya sate kambing atau gulai kambing. 

2. Bakso 

Kamu tentu sudah tidak asing dengan bakso, yang merupakan menu prasmanan catering yang sedap. Ia juga mudah dibuat dan disukai oleh lidah masyarakat Indonesia, selain itu resepnya juga bisa ditemukan dengan mudah. 

Bakso bisa kamu sajikan dengan nasi atau tanpa nasi, baik dalam bentuk mangkuk kecil yang sudah diatur atau mempersilahkan tamu undangan mengambil sendiri bakso tersebut. 

3. Siomay

Siomay tidak hanya menjadi camilan yang enak, ia juga menjadi menu makanan yang enak untuk disajikan dalam meja prasmanan. Sebagai menu makanan yang ringan, ia bisa memberikan pilihan yang lebih variatif kepada tamu undangan. 

Jangan lupa sediakan serbet atau tisu ketika menyajikan siomay, karena saos atau toppingnya bisa membuat baju ternoda. Sebaiknya gunakan mangkuk kecil yang usudah diatur, sehingga tamu hanya perlu mengambil langsung makanan tersebut. 

Selain beberapa menu prasmanan tersebut, masih banyak menu lain yang bisa kamu masukkan dalam meja prasmanan. Kamu bisa berdisuksi dengan vendor catering untuk menentukan makanan yang tidak hanya enak, namun juga pantas disediakan. 

Itulah beberapa menu prasmanan catering yang bisa kamu pertimbangkan, sehingga kamu bisa memberikan sajian yang terbaik untuk tamu yang sudah menyempatkan diri hadir dalam pernikahanmu. Semoga ia menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu, terutama yang masih bingung menentukan menu catering. 


Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...