Pilih Kategori Artikel

Rincian Prosesi yang Harus Ada dalam Susunan Acara Pengajian Pernikahan
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Saat mempersiapkan pernikahan, ada berbagai prosesi yang harus dilakukan. Salah satu prosesi yang harus dilakukan adalah pengajian sebelum nikahan. Untuk mempersiapkan prosesi ini, kamu tentu harus mengetahui terlebih dahulu susunan acara pengajian nikahan yang akan dilaksanakan.

Sama seperti proses penyusunan acara lainnya, mengetahui susunan acara yang akan digunakan dalam prosesi pengajian ini juga bisa sangat membantu saat mempersiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Proses penyusunan acara ini juga bisa dikondisikan sesuai dengan keadaan seperti penataan tempat dan lain sebagainya.

Meski memang bisa dibuat dengan fleksibel, namun pada dasarnya ada beberapa susunan acara yang lumrah digunakan oleh masyarakat luas saat mengadakan acara pengajian sebelum nikahan. Adapun beberapa susunan acara pengajian menjelang pernikahan di antaranya sebagai berikut. 

Rangkaian Susunan Acara Pengajian Pernikahan

1. Pembukaan Acara dan Sambutan

Serupa dengan acara syukuran lainnya, acara pengajian nikahan juga biasanya dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara dan sambutan dari pihak keluarga. Pengajian sebelum nikahan memang termasuk dalam susunan acara pernikahan Islami yang biasanya diadakan dengan mengundang kerabat dan tetangga terdekat.

Selain itu acara pengajian ini juga biasanya dilaksanakan dalam rangka memanjatkan doa agar acara pernikahan yang akan digelar bisa berjalan lancar. Hal inilah yang membuat banyak orang diundang saat acara pengajian ini.

Dengan banyaknya orang yang diundang ke acara pengajian nikahan ini, tentu acara sambutan dari keluarga yang mengadakan pengajian menjadi rangkaian acara yang cukup penting. Prosesi pembukaan dan sambutan ini juga dinilai menjadi salah satu hal yang wajib dilaksanakan agar acara pengajian bisa berjalan dengan khidmat.

2. Pembacaan Ayat Suci

wm_article_img
Foto: instagram.com/vannya.istarinda

Dalam susunan acara pengajian nikahan, pembacaan ayat suci Al-Qur’an tentu menjadi hal yang tidak bisa dihilangkan. Dengan membacakan ayat suci Al-Qur’an, tentu diharapkan acara pengajian yang diadakan bisa mendapat berkah dari Alloh SWT. Beberapa ayat suci Al-Qur’an yang biasanya dibacakan dalam acara pengajian pernikahan diantaranya sebagai berikut:

  • Q.S. An-Nisa ayat 1
  • Q.S. Ibrahim ayat 40-41
  • Q.S  Luqman ayat 12-14
  • Q.S  Ar-Rahman

Selain surat-surat di atas, beberapa kalangan masyarakat juga sering menambahkan Q.S. Yasin sebagai salah satu surat yang dibaca dalam pengajian menjelang pernikahan. Selain itu, pembacaan surat-surat pendek seperti Q.S. Al-Ikhlas, Q.S. Al-Falaq, Q.S. An-Nas, dan Q.S. Al-Fatihah juga sering ditambahkan dalam prosesi pembacaan ayat suci Al-Qur’an ini.

3. Pembacaan Doa

Bukan hanya pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dalam susunan acara pengajian nikahan juga sering dibacakan doa untuk menambah kekhidmatan dan berkah dalam pengajian tersebut. Prosesi pembacaan do’a ini biasanya dimulai dengan pembacaan istighfar, syahadat, dan sholawat.

Pembacaan doa ini biasanya dilakukan oleh seluruh orang yang hadir dalam pengajian secara bersamaan. Doa yang biasa dibaca dalam acara pengajia ini diantaranya doa untuk calon mempelai dan doa untuk orang tua. Proses pembacaan doa ini juga biasanya dilakukan beriringan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dengan terlebih dahulu membaca asmaul husna.

4. Tausyiah

Dalam susunan acara pengajian pernikahan, tausiyah menjadi acara yang pastinya tidak bisa terlewatkan. Saat sebuah keluarga mengadakan acara pengajian menjelang pernikahan, maka biasanya akan diundang ustadz tertentu untuk memimpin proses pengajian.

Ustadz yang diundang juga akan diminta untuk memberikan tausiyah yang membahas tentang pernikahan. Berbagai nasihat penting mengenai pernikahan akan disampaikan dalam acara tausyiah ini. Dengan adanya acara tausyiah ini diharapkan seluruh orang yang hadir dalam acara pengajian bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat mengenai pernikahan.

5. Sungkeman

Setelah proses pembacaan doa, ayat suci Al-Qur’an dan tausiyah selesai, prosesi lainnya yang sering hadir dalam susunan acara pengajian pernikahan adalah acara sungkeman untuk meminta restu orang tua. Sang calon mempelai pengantin akan meminta restu kepada kedua orang tua untuk melepasnya menuju jenjang kehidupan yang baru dalam prosesi ini.

Pengelola acara pengajian ini juga biasanya telah menyusun rangkaian kata-kata yang akan dibacakan saat meminta restu kepada kedua orang tua. Kata-kata tersebut nantinya akan dibacakan oleh calon pengantin selama prosesi ini berlangsung. Meski pada dasarnya kedua orang tua telah memberikan restunya, namun prosesi ini tetap dilakukan sebagai salah satu simbol pemberian restu dari kedua orangtua.

Itulah beberapa susunan acara pengajian pernikahan yang biasanya dilakukan di berbagai kalangan masyarakat. Setelah prosesi tersebut selesai dilakukan, acara terakhir yang biasanya dilakukan selama acara pengajian pernikahan adalah acara penyantapan hidangan.

Keluarga penyelenggara acara pengajian ini biasanya telah menyiapkan catering makanan untuk para tamu undangan yang ada. Tentu penyediaan hidangan ini biasanya dilakukan sebagai salah satu bentuk terimakasih dari keluarga calon pengantin kepada seluruh tamu yang bersedia ikut mendoakan kelancaran acara pernikahan yang akan digelar.

Mempersiapkan susunan acara pengajian pernikahan pada dasarnya bisa dilakukan oleh keluarga mempelai pengantin sendiri. Namun jika kamu ingin merasa tetap santai tanpa harus sibuk mempersiapkan acara pengajian, maka kamu bisa meminta bantuan team wedding organizer untuk mempersiapkan acara ini. Semakin baik persiapan yang dilakukan, maka semakin sempurna acara bisa dilaksanakan.

Namun perlu diketahui bahwa susunan acara pengajian pernikahan ini memangtidak terlalu wajib untuk dilaksanakan calon pengantin. Beberapa diantaranya hanya melaksanakan acara lamaran dan pernikahan. Untuk itu, bagi kamu yang ingin tahu bagaimana sususan acara lamaran dan susunan acara resepsi pernikahan yang umum dilakukan, segera baca hanya di artikel WeddingMarket.

Baca juga: Inspirasi Gaun Kebaya Pengajian Jelang Pernikahan Elegan dan Bersahaja ala Public Figure Tanah Air

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...