Pilih Kategori Artikel

Jangan Anggap Sepele, Loh! Ini Kelebihan dan Kekurangan Undangan Online yang Harus Kamu Tahu
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Sebagian besar pasangan yang akan menikah, tentunya ingin menyebarkan kebahagiaan kepada orang-orang terdekat dengan mengundang mereka datang ke pernikahannya. Salah satu cara untuk mengajak orang terdekat untuk ikut merayakan momen istimewa tersebut adalah dengan memberikan undangan pernikahan.

Saat ini undangan pernikahan mengalami perkembangan yang pesat. Perkembangan tersebut tidak hanya berdasar dari segi desain namun juga dari bentuk undangan pernikahan itu sendiri. Jika pada zaman dahulu undangan pernikahan pernikahan terbatas pada undangan fisik yang terbuat dari kertas biasa maupun hard cover, seiring berkembangnya waktu, saat ini muncul undangan online yang tidak perlu melalui proses percetakan. Undangan pernikahan online hadir menjadi solusi praktis di zaman modern yang serba canggih ini. 

Namun, seperti halnya dengan undangan fisik yang mempunyai kelebihan dan kekurangan, undangan online juga memiliki plus dan minusnya. Jika kamu dalam waktu dekat ingin mengadakan pernikahan dan tertarik untuk membuat undangan online, simak penjelasannya berikut ini, yuk!

Kelebihan Undangan Digital

wm_article_img

1. Lebih Simpel

Salah satu alasan undangan digital banyak diminati oleh orang-orang karena undangan online lebih simpel daripada versi cetak. Hal tersebut berdasarkan dari undangan online yang tidak perlu melalui proses cetak yang membutuhkan banyak waktu serta biaya.

Di sisi lain, undangan online juga lebih mudah dalam penyebarannya. Kamu hanya perlu menyebarkan link undangan melalui aplikasi chat entah Whatsapp ataupun line, maka undangan tersebut sudah sampai ke orang yang dituju. Berbeda sekali dengan undangan fisik yang sering kali harus diantarkan langsung ke orang yang bersangkutan. Selain menghabiskan waktu, biaya yang dikeluarkan juga menjadi membengkak karena dihabiskan untuk transportasi saat pengantarannya.

2. Murah

Selain simpel, biaya pembuatan undangan digital juga jauh lebih murah dibanding undangan fisik. Hal ini tidak lepas dari undangan digital yang tidak memerlukan kertas, tinta hingga biaya cetak sehingga budget yang dikeluarkan dapat ditekan. Dengan begitu, kamu dapat mengalokasikan sisa dana untuk kebutuhan lain, atau bahkan dapat ditabung.

3. Desain Lebih Kreatif

Desain undangan zaman sekarang sudah berkembang pesat. Desain tersebut tidak hanya sebatas pada menggunakan foto pengantin atau kombinasi warna serta gambar kartun saja, namun ada banyak yang menggabungkan dengan unsur budaya. Hal ini bertujuan untuk membuat undangan terlihat lebih unik dan menarik minat orang-orang untuk melihat dan membacanya.

Perkembangan desain tersebut tentunya tidak terbatas pada undangan fisik, namun juga merambah di undangan digital. Bahkan dibandingkan undangan fisik, desain undangan digital jauh lebih kreatif. Hal ini tidak lepas dari undangan digital yang tidak perlu melalui proses cetak sehingga tidak perlu mengkhawatirkan terkait warna yang tidak sesuai dengan tinta yang tersedia ataupun hasil yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Selain itu, undangan digital sekarang juga banyak yang dibuat menjadi video yang berisi tentang perjalanan cinta calon pengantin dari awal pertemuan hingga menuju ke jenjang pernikahan. Kamu pun juga bisa tambahkan lagu favoritmu ke dalam undangan pernikahan digital supaya lebih romantis. Menarik kan!

4. Ramah Lingkungan

Seperti yang kita tahu bersama bahwa kertas yang menjadi bahan baku undangan fisik terbuat dari kayu. Dalam proses pembuatan kertas, kayu tersebut didapatkan dari penebangan pohon di hutan yang dilakukan oleh manusia. Banyaknya pohon yang ditebang secara otomatis akan menimbulkan kerusakan pada lingkungan yang memberikan efek negatif pada manusia.

Oleh karena itu, banyak pihak yang melakukan berbagai cara untuk mengurangi penebangan pohon dalam proses pembuatan kertas. Salah satunya adalah munculnya inovasi undangan digital. Dengan adanya undangan digital, pengantin tidak memerlukan lagi untuk mencetak kertas undangan sehingga jumlah pohon yang ditebang pun dapat dikurangi. Dengan begitu, secara tidak langsung kamu ikut serta dalam gerakan menyelamatkan bumi.

5. Undangan Tidak Hilang atau Rusak

Salah satu kekurangan dari undangan fisik adalah mudah rusak dan hilang. Contohnya saja, undangan fisik sering kali terbuat dari kertas. Undangan yang terbuat dari kertas tipis dan buka hard cover, cenderung mudah rusak, entah sobek ataupun basah terkena air. Selain itu, undangan kertas juga mudah sekali hilang.

Berbeda dengan undangan kertas yang mudah hilang dan sobek, undangan digital justru sebaliknya. Dalam hal ini, undangan digital biasa disebarkan melalui aplikasi chat sehingga undangan tersebut mudah untuk diakses serta disimpan oleh para tamu di handphone atau gawai pribadinya. Terlebih lagi, pada zaman sekarang handphone menjadi barang yang sering digunakan, sehingga undangan digital yang kamu sebarkan akan lebih mudah diakses.

Kekurangan undangan digital

wm_article_img

Setelah membahas kelebihan dari undangan digital, selanjutnya yang akan dibahas adalah kekurangan dari undangan digital. Sama halnya dengan undangan fisik yang memiliki kekurangan, undangan digital pun memiliki kekurangannya sendiri. Apa sajakah itu? simak penjelasannya di bawah ini:

1. Sulit Diakses

Seperti yang kita tahu bersama bahwa tamu yang diundang di acara pernikahan terdiri dari berbagai usia, tidak hanya anak muda saja namun juga para orang tua juga banyak yang datang di pesta pernikahan. Khusus untuk orang tua, banyak yang tidak familiar dengan teknologi sehingga mereka akan kesulitan untuk mengakses undangan digital.

Hal ini tidak lepas dari undangan digital yang biasa disebarkan melalui aplikasi chat yang tidak semua orang tua tahu dan familiar dengan aplikasi tersebut. 

Untuk mengatasinya, orang-orang akan membuat dua tipe undangan yaitu digital dan fisik. Undangan digital akan diberikan kepada tamu berusia muda, sedangkan untuk tamu para orang tua dapat dikirimkan undangan kertas. Dengan begitu, undangan tetap dapat tersampaikan dengan baik kepada penerimanya.

2. Kurang Formal

Kekurangan undangan digital selanjutnya adalah sifatnya yang kurang formal. Hal ini tidak lepas dari bentuknya yang berupa berkas digital dan dikirimkan melalui link dan chat langsung kepada penerima. Bagi orang-orang terdekat, hal tersebut tidak menjadi masalah, namun untuk tamu seperti orang tua ataupun atasan akan lebih baik menggunakan undangan fisik. Hal ini dilakukan agar tamu-tamu tersebut merasa lebih dihargai dan tetap merasa dihormati.

3. Tidak Bisa Menjadi Kenang-kenangan

Pernikahan menjadi momen yang akan diingat oleh sebagian besar pasangan. Ada banyak hal yang dapat menjadi media untuk mengingat momen tersebut, salah satunya adalah dengan menyimpan undangan. Memang betul bahwa undangan digital juga dapat disimpan oleh pengantin di handphonenya, namun perasaan untuk mengenang tersebut akan berkurang karena undangan digital tidak dapat digenggam secara fisik ataupun dipajang sebagai hiasan.

Khusus untuk kenang-kenangan, sebagian besar orang biasanya menggunakan undangan fisik dan menyimpannya sebagai kenang-kenangan. Cara menyimpannya pun beragam, mulai dari meletakkan undangan tersebut di album foto hingga memasukkan undangan ke dalam figura dan meletakkannya sebagai hiasan dinding.

Itulah pembahasan terkait kelebihan dan kekurangan dari undangan digital. Dari pembahasan tersebut, kamu dapat menyimpulkan bahwa setiap bentuk undangan, baik fisik maupun digital mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jika kamu ingin menggunakan undangan yang sederhana dan lebih praktis, maka undangan digital adalah jawabannya. Di sisi lain, jika kamu tidak keberatan mengeluarkan tenaga maupun uang lebih untuk sebuah undangan, maka undangan fisik menjadi pilihan terbaik. Selamat memilih!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...