Pilih Kategori Artikel

7 Tips yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Cetak Undangan Pernikahan
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Ketika dua orang akan menikah, banyak hal yang perlu mereka persiapkan. Salah satunya adalah undangan pernikahan. Fungsi undangan wedding di sini adalah untuk menyebarkan informasi sekaligus mengundang orang-orang terdekat untuk hadir di pesta pernikahan.

Hanya saja, ketika mempersiapkan undangan pernikahan, kamu tidak hanya mempertimbangkan dari segi desain. Namun, juga perlu memikirkan dari aspek lain, seperti menyiapkan konsep, mencari referensi desain, hingga mengatur budget.

Supaya kamu memperoleh wedding card yang sesuai dengan keinginan, serta harganya masih masuk di kantong, WeddingMarket akan berikan tipsnya. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasannya di bawah ini, ya!

  1. Menyesuaikan Konsep Pernikahan

wm_article_img
Undangan: Icreation Card

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memilih undangan adalah menentukan konsep acara. Dalam hal ini, konsep acara pernikahan adalah sesuatu yang penting karena akan menentukan berbagai aspek lainnya seperti desain gaun, dekorasi pesta, hingga desain undangan.

Misalnya jika kamu ingin mengadakan pesta pernikahan dengan konsep adat, maka sebaiknya desain undanganmu juga bertemakan adat. Contohnya desain undangan dengan bentuk wayang yang cocok  untuk pesta pernikahan adat Jawa.

Di sisi lain, jika kamu ingin menggunakan konsep bertemakan modern dengan dekorasi mewah, dapat menggunakan undangan hard cover warna putih yang elegan. Dengan begitu undangan kamu tidak hanya terlihat mewah tapi juga elegan.

  1. Mencari Referensi

wm_article_img
Undangan pernikahan: Peony Design

Setelah menentukan konsep pernikahan, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mencari referensi desain undangan yang ingin dicetak. Dalam mengumpulkan referensi undangan, kamu dapat mencari dari berbagai sumber seperti google, pinterest hingga toko online.

Sebagai contoh, jika ingin menggunakan konsep pernikahan mewah dengan desain modern, maka kamu cukup memasukkan kata kunci “Desain undangan mewah”. Di sisi lain, jika kamu ingin menggunakan konsep pernikahan yang unik, kamu bisa memasukkan kata kunci di google seperti “Desain undangan unik dan lucu”.

Jika mengalami kesulitan mencari referensi desain undangan yang cocok, kamu dapat berkonsultasi dengan teman atau kerabat untuk meminta pendapatnya. Selain itu, untuk memudahkanmu, di WeddingMarket pun kamu juga bisa melihat-lihat berbagai portofolio vendor undangan pernikahan sebagai referensi sebelum menetapkan pilihan.

  1. Memasukkan Detail Informasi

wm_article_img
Wedding card: Parler Studio

Ketika kalian memilih desain undangan, jangan lupakan untuk menentukan informasi yang ingin dimuat dalam undangan tersebut. Informasi yang dapat kamu masukkan antara lain, nama kedua calon pengantin, tempat dan tanggal penyelenggaraan, serta menyantumkan denah lokasi diadakannya acara.

Tujuan penyantuman denah tersebut untuk memudahkan para tamu datang ke tempat acara dan mencegah mereka tersesat. Selain itu, kamu juga bisa menyantumkan permintaan khusus apabila ada, seperti menghimbau para tamu untuk menggunakan dress code yang sudah ditetapkan ataupun memberikan salam penghormatan kepada tamu-tamu tertentu.

  1. Menentukan Tempat Percetakan

wm_article_img
Undangan: Solitaire

Setelah berhasil menentukan desain undangan beserta isi yang termuat di dalamnya, kamu dapat langsung mencari referensi untuk tempat percetakan undangan. Pilihlah tempat percetakan yang sudah terkenal akan kualitas sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan hasilnya.

Mencari percetakan bagus dapat dengan berbagai cara, mulai dari menanyakan ke teman saudara hingga melakukan pencarian di internet. Khusus pencarian di internet, kamu juga dapat mengecek ke review percetakan tersebut untuk mengetahui testimoni pelanggan lain. Semakin bagus testimoni dan bintang yang diberikan oleh para pelanggan, maka semakin bagus pula kualitas yang dihasilkan.

  1. Mendiskusikan dengan Orang Tua

wm_article_img
Undangan: Papillon Card

Ketika menentukan undangan pernikahan, tidak ada salahnya jika kamu mengikutsertakan orang tua di dalamnya. Peran orang tua di sini dapat bermanfaat jika kamu bingung dengan berbagai hal. Misalnya bingung dalam menentukan satu desain undangan, kamu bisa menanyakan pendapat kepada orang tua desain seperti apa yang ingin mereka gunakan. Di sisi lain, jika kamu bingung menentukan tempat percetakan yang mempunyai kualitas bagus, kamu juga bisa menanyakan referensi kepada orang tua. 

  1. Berkunjung ke Pameran

wm_article_img
Foto: Papillon Card

Cara lain untuk mencari inspirasi desain undangan pernikahan adalah datang ke pameran wedding yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Biasanya dalam sebuah pameran, ada banyak vendor yang menampilkan karya-karya yang telah mereka hasilkan untuk menarik minat pengunjung. 

Selain menampilkan hasil karya, para vendor juga memberikan berbagai penawaran menarik seperti diskon besar-besaran agar orang-orang menggunakan jasa mereka. Dengan berbagai manfaat yang dimiliki, tidak ada salahnya untuk kamu mengunjungi pameran pernikahan. Kamu tidak hanya mendapatkan referensi desain undangan, tempat percetakan yang punya kualitas mumpuni namun kamu juga bisa menghemat budget dengan memanfaatkan diskon dan promo yang ditawarkan. 

  1. Gunakan Tipe Huruf yang Dapat Dibaca

wm_article_img
Undangan pernikahan: Pola Artistry Invitation

Tidak ada undangan yang lebih baik selain undangan yang bisa dibaca dengan jelas oleh tamu. Hal ini tentunya sangat penting diperhatikan, mengingat tamu yang akan datang dari berbagai kalangan. Dengan aplikasi huruf yang tepat, para tamu undangan akan mudah membaca informasi yang diberikan, mulai dari nama pengantin, tempat diselenggarakannya acara, hingga tanggal pesta pernikahan.

Seiring semakin berkembangnya zaman, ada banyak tipe huruf yang cocok untuk undangan pernikahan. Tentunya tipe huruf tersebut mempunyai tampilan yang cantik namun tetap terbaca jelas, sehingga kamu tidak perlu mengkhawatirkan jika style undangan kamu akan terlihat biasa-biasa saja.

Itulah beberapa tips yang dapat kamu gunakan dalam memilih undangan. Tips-tips tersebut diharapkan dapat membantu ketika bingung memilih undangan pernikahan. Selain itu, tips tersebut tidak hanya berguna untuk mendapatkan desain undangan yang tepat tetapi juga bermanfaat dalam menghemat budget pernikahan. Semoga kamu bisa mendapatkan undangan pernikahan impian, ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...