Pilih Kategori Artikel

Jenis-jenis Kertas untuk Undangan Pernikahan yang Mengesankan, Tambahkan Keindahan dalam Tiap Lembaran
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Hai kamu yang akan segera mengikat janji nan suci dengan pujaan hati! Kamu pasti setuju ‘kan bahwa pernikahan harusnya menjadi momen yang penuh kebahagiaan? Dan pastinya kamu ingin setiap detil acara pernikahanmu menyampaikan keindahan dan keistimewaan, bukan? Salah satu elemen krusial yang bisa membuat momen ini terasa istimewa adalah undangan pernikahan.

Wedding card atau undangan pernikahan adalah pengantar pesan kebahagiaan dan suka cita yang ingin dibagikan oleh pasangan yang menikah bersama mereka-mereka yang mendapatkan kehormatan untuk menyaksikan momen penyatuan cinta tersebut. Undangan pernikahan ini bisa dikatakan sebagai wajah dari sebuah pesta pernikahan, di mana akan tergambar seperti apa tema acara dan gaya di pesta tersebut. Oleh karena itu, perannya begitu penting walau kadang dianggap sepele. 

Tak jarang para calon pengantin menginginkan setiap detail pernikahannya sempurna dan mengisyaratkan rasa cinta. Kemudian mereka pun juga menuangkan harapan tersebut dalam undangan pernikahannya. Setiap lembaran kertas undangan pernikahan yang dipilih dengan seksama, bercerita dengan keindahannya dan keunikannya. Begitupun setiap aspek lainnya dalam wedding card tersebut, mulai dari jenis kertas, warna, tema dan konsep yang digunakan, hingga ukuran undangan pernikahan tersebut, semuanya merekam jejak perjalan cintamu dan kekasih. 

Itulah alasan kami, WeddingMarket, membuat ulasan ini. Melalui artikel ini, kami ingin memandu kamu, agar kamu bisa memilih undangan pernikahan yang mengesankan untuk momen istimewamu dan pasangan. 

Preferensi memilih jenis kertas undangan pernikahan, cerminan gaya dan ideologi 

wm_article_img
Undangan: Fornia Design

Selembar kertas mungkin tampak biasa saja, namun tahukah kamu setiap lembarnya telah mengalami proses panjang hingga bisa berada di genggamanmu saat ini. Pembuatan kertas itu sendiri memakan waktu yang tidak singkat, ada banyak energi dan sumberdaya yang turut terlibat. Maka dari itu, selayaknya kita mempertimbangkan untuk menggunakannya dengan bijaksana. 

Ada kertas yang permukaannya kesat, mengkilap, atau yang bertekstur unik. Setiap jenis kertas memiliki keindahannya tersendiri, memberikan banyak opsi untuk kamu pilih menjadi bahan kertas undangan pernikahanmu.  

1. Kertas Art Paper dan Art Carton: Kesolidan dan Keunikan

wm_article_img
Undangan: Memento Idea

Ini adalah pilihan kertas terbaik untuk membuat undangan pernikahan yang sederhana namun tetap indah. Ketika budget pernikahan kamu terbatas, art paper atau art carton adalah solusinya. Dua jenis kertas ini merupakan kertas seni dengan lapisan campuran (coating) di kedua sisi yang hasil akhirnya bisa doff atau glossy.  

Kertas art paper tersedia dalam berbagai ketebalan, mulai dari 85 hingga 150 gsm. Semakin tebal, tentu akan memerlukan anggaran yang lebih besar. Sementara itu, jika kamu menginginkan kesan undangan yang lebih kokoh dan tebal, kertas art carton bisa menjadi jawaban. 

Dengan kualitas yang mirip dengan art paper, art carton memiliki ketebalan berkisar antara 180 hingga 400 gsm. Kertas karton berkualitas tinggi ini memberikan bobot dan kekakuan yang membuat undangan terasa lebih eksklusif pada wedding card milikmu.

2. Kertas Linen dan Concorde: Kemewahan dan Elegansi

wm_article_img
Undangan: Pemberley Paperie

Kertas linen adalah pilihan yang populer untuk undangan pernikahan karena teksturnya berserat halus dan elegan, menyerupai serat linen alami dari bahan rami. Serat-serat halus tersebut memberikan kesan lembut pada permukaannya. Serat ini dapat terlihat dan terasa ketika kamu menyentuh atau melihat kertas secara dekat. Ketika kamu menyentuhnya, kertas ini akan memberikan kesan mewah dan klasik.

Kertas linen biasanya memiliki ketebalan yang cukup, memberikan kesan kokoh dan berkualitas. Oleh karena itu, kertas linen biasanya digunakan untuk pernikahan dengan tema formal. Warnanya yang netral, seperti putih atau ivory, membuatnya mudah untuk dikombinasikan dengan berbagai desain dan aksen.

Sedikit berbeda dengan kertas linen, permukaan kertas concorde dipenuhi dengan serat garis yang tidak teratur, dengan kesan sedikit timbul. Kertas concorde juga merupakan salah satu jenis kertas yang populer dijadikan bahan untuk undangan pernikahan mewah. Bahkan, bahan ini mampu menciptakan sentuhan romantis. 

Umumnya, kertas concorde digunakan sebagai isi undangan pernikahan dengan cetakan berwarna monokrom, seperti hitam atau putih, sehingga mempertahankan kesan romantisnya. Tekstur concorde yang tebal memberikan kesan mewah dan elegan, namun kurang cocok saat dilipat karena dapat meninggalkan jejak kerusakan, bahkan tampak patah-patah. Oleh karena itu kertas ini biasanya dicetak dengan pola desain tertentu sebagai fitur yang menarik dari sebuah undangan pernikahan yang berkesan. 

3. Kertas Jasmine: Elegansi dan Ekskusivitas

wm_article_img
Foto: via Handwritten Notes

Kertas jasmine merupakan pilihan kertas yang populer dalam mencetak undangan pernikahan, memberikan kesan eksklusif melalui taburan glitter yang melapisi permukaannya. Bahkan, jenis kertas ini juga sering dipakai untuk mencetak amplop undangan pernikahan. Meskipun harganya relatif lebih tinggi dibandingkan dengan jenis kertas undangan lainnya, namun kualitas yang diperoleh sebanding dengan tampilannya yang elegan dan eksklusif.

4. Kertas Matte Paper: Minimalis dan Modern

wm_article_img
Undangan: CC Card Invitation

Jenis kertas undangan yang satu ini menampilkan efek doff (matte) pada permukaannya. Kesan doff ini tidak menciptakan kilauan yang memantulkan cahaya. Selain itu, kertas ini memberikan perasaan kesat atau tidak lengket saat disentuh, berbeda dengan beberapa jenis kertas yang mungkin terasa licin. 

Kertas matte sering memberikan hasil cetakan yang baik, terutama untuk gambar atau teks dengan rincian halus. Warna dan detail dapat terlihat dengan jelas tanpa efek pantulan cahaya. Selain digunakan untuk mencetak undangan, kertas matte paper juga cocok untuk mencetak berbagai jenis materi seperti brosur, poster, buku tahunan, company profile, katalog, dan media massa seperti majalah. 

Untuk kamu menyukai kesan minimalis dan modern namun tak ingin kehilangan unsur elegan pada undangan pernikahanmu, kertas matte paper dapat menjadi pilihan yang lebih ekonomis daripada jenis kertas lain yang mungkin memiliki fitur khusus atau lapisan tambahan.

5. Kertas Glitter atau Foil: Kilauan Kemewahan

wm_article_img
Undangan: Parler Studio

Jika kamu menginginkan undangan pernikahan yang memancarkan kemewahan dan kesan glamor, kertas foil adalah pilihan sempurna. Kertas foil biasanya digunakan untuk membuat efek berkilau seperti logam, ini memberikan tampilan yang mewah dan eksklusif. Permukaannya sangat halus dan reflektif, menciptakan efek yang bersinar dan mencolok pada desain undangan.

Jenis kertas ini tersedia dalam berbagai warna dan gaya yang dapat menambahkan kilauan yang tak terlupakan pada undangan pernikahanmu, seperti emas, perak dan warna-warna logam metalik. Kesan glamor dari lembaran kertas ini cocok untuk pernikahan berkonsep mewah dengan tema yang berkilauan.

6. Kertas Vellum: Ketransparanan yang Menawan

wm_article_img
Foto: Etsy

Ada lagi kertas vellum, memberikan sentuhan transparan yang menawan pada undangan pernikahan. Wujudnya yang transparan mampu menampilkan desain di bawahnya, sehingga kertas ini menciptakan efek elegan dan unik. Jenis kertas ini cocok untuk pernikahan dengan tema yang ringan dan romantis.

7. Kertas Kraft: Kecantikan dalam Kesederhanaan

wm_article_img
Foto via Pinterest

Salah satu jenisnya adalah kertas samson kraft.  Kertas jenis ini adalah produk daur ulang, tampak dari warna coklatnya yang kurang cerah dan tekstur kasar. Sentuhan pada permukaannya bahkan akan membawa sensasi bulir-bulir pasir. Meskipun demikian, banyak yang memilih menggunakan jenis kertas ini dalam percetakan undangan karena memberikan hasil cetakan yang terlihat klasik.

Kertas kraft memberikan kecantikan dalam kesederhanaan. Dengan warna coklat alami yang hangat, kertas ini cocok untuk pernikahan dengan tema rustic atau vintage. Sentuhan kertas kraft untuk undangan pernikahan, memberikan kesan ramah dan dekat dengan alam.

8. Kertas Recycled: Keberlanjutan dengan Sentuhan Klasik

wm_article_img
Foto: Seed Paper Indonesia

Untuk pasangan yang peduli pada lingkungan, kertas recycled ramah lingkungan adalah opsi yang cerdas. Menggunakan bahan daur ulang, kertas ini memancarkan pesan keberlanjutan dan bertanggung jawab. Tak perlu khawatir, karena kini kertas daur ulang sudah tersedia dalam berbagai warna dan tekstur, bahkan ada pula kertas daur ulang yang dimodifikasi dengan benih atau biji-bijian tanaman (seed paper) yang bisa tumbuh jika ditanam. Dengan menambahkan kertas ramah lingkungan ini sebagai elemen pernikahan, kamu sekaligus menyampaikan pesan keperdulian akan keberlanjutan lingkungan para tamu-tamu undangan di pernikahan kamu.

9. Kertas Satin atau Silky: Kemewahan yang Lembut

Kertas satin atau silky memberikan kemewahan yang lembut dan sentuhan halus pada undangan pernikahan kamu. Cocok untuk pernikahan dengan tema yang lebih mewah dan romantis.

10. Kertas Custom: Keunikan yang Otentik

wm_article_img
Undangan: Fornia Design

Last but not least, terlepas dari pilihan yang sudah disebutkan sebelumnya, saat ini pun ada berbagai opsi kertas yang bisa kamu customize sesuai dengan keinginan. Misalnya, kertas dengan permukaan berbahan kayu, akrilik, velvet atau beludru, bahkan dengan sentuhan ala kain tradisional seperti songket dan sebagainya.

Dengan detail yang istimewa, jenis kertas ini tentu unik dan memberikan kesan otentik pada wedding card kamu. Proses pengerjaannya pun membutuhkan keahlian khusus. Namun, harga yang dibayarkan pun tentu lebih tinggi dibandingkan dengan kertas-kertas untuk mencetak undangan pada umumnya.

Desain dan Ukuran Undangan Pernikahan

Setelah memilih bahan kertas untuk undangan pernikahan, selanjutnya kita akan membahas tentang ukuran dan desain yang membuat wedding card kamu terlihat lebih berkesan dan elegan. Secara umum ada dua ukuran standar untuk undangan pernikahan yang biasa ditawarkan oleh vendor atau percetakan, yaitu ukuran A4 atau A5. Namun, kamu masih bisa custom size sesuai desain yang diinginkan.  

Undangan Ukuran A4

wm_article_img
Undangan: Memento Idea

Pilihan ukuran undangan pernikahan yang paling umum ditawarkan oleh vendor yakni ukuran kertas standar, size A4 (21cm x 29,7cm). Karena kertas ukuran ini cukup besar ketika dibentangkan, kamu bisa mengatur desainnya menjadi beberapa lipatan dan dipilih jenis kertas yang relatif tipis atau kertas yang mudah ditekuk, agar bentuk lipatannya lebih presisi.

Untuk dimensi lipatannya, kamu bisa memilih salah satu dari pilihan berikut: 

  • Undangan lipat dua dengan bagian yang sama persis, ukurannya 25 cm × 18 cm dalam posisi terbuka, atau dalam posisi tertutup 12,5 cm × 18 cm. 

  • Undangan dengan lipatan sedang, ukurannya 22 cm × 22 cm saat posisi terbuka, atau 22 cm × 11 cm saat tertutup. Pilihan lainnya, ukuran 21 cm × 21 cm saat terbuka dan 10,5 cm × 21 cm saat tertutup.

  • Undangan dengan tiga lipatan, ukurannya 15 cm × 15 cm tertutup atau 30 cm × 15 cm saat terbuka. 

Undangan Ukuran A5

wm_article_img
Undangan: Parler Studio

Ukuran kertas A5 dikonversikan adalah 21 cm x 14,8 cm. Biasanya kertas dengan ukuran A5 berupa board yang kaku, undangan jenis ini berbentuk single cover yang dapat dicetak kedua sisinya atau bolak-balik. Selain single board, undangan A5 ini juga bisa dikreasikan dalam bentuk lain sebagai berikut:

  • Single board, ini adalah jenis wedding card yang bisa dimasukkan pada amplop dengan warna senada. Amplop tersebut memiliki dimensi sekitar 21 cm × 15 cm, sementara undangannya berukuran 21 cm × 9,5 cm. Pilihan format lainnya, dengan dimensi 14,5 cm × 20 cm yang disertai amplop berukuran 15 cm × 21 cm, dan papan berukuran 18 cm × 12 cm dengan amplop sebesar 19 cm × 13 cm.

  • Double board, terbentuk dari gabungan 2 board, dalam kondisi terbuka memiliki ukuran 21 cm × 30 cm, dan ketika tertutup, memiliki dimensi sekitar 21 cm × 15 cm.

  • Triple board, memiliki dimensi 42 cm × 15 cm dalam kondisi terbuka dan 21 cm × 15 cm saat tertutup. Desain amplop dan bentuknya lebih simpel jika dibandingkan dengan format single dan double board.

Undangan Custom

wm_article_img
Undangan: Fornia Design

Untuk undangan pernikahan custom, kamu memiliki kebebasan untuk menyesuaikan ukurannya sesuai keinginan atau desain yang sudah ditentukan. Kamu dapat berkreasi dengan pilihan ukuran yang fleksibel serta menerapkan desain yang lebih atraktif dan tak biasa sekali pun. 

Jenis undangan custom ini memungkinkan kamu untuk memiliki undangan yang eksklusif dan tidak pasaran. Teknologi laser cut dalam dunia percetakan pun memungkinkan kamu untuk menuangkan imajinasi dan kreativitas melalui bentuk undangan pernikahan yang cantik dan indah, seperti wedding card dengan desain bunga, kupu-kupu dan lain sebagainya.

Pilihan Konsep Undangan Pernikahan

  • Klasik dan Formal: menggunakan kertas berkualitas tinggi dan desain yang bersih dengan menekankan pada keeleganan. Kamu bisa memilih warna-warna netral seperti putih atau krem.

  • Vintage atau Rustik: Untuk atmosfer yang lebih santai dan hangat, undangan dengan sentuhan vintage atau rustik sangat populer. Kertas yang bertekstur dan warna alami dapat memperkuat tema ini.

  • Modern dan Minimalis: Desain minimalis dengan font sederhana dan elemen desain yang bersih. Cocok untuk pasangan yang menginginkan gaya yang lebih modern dan simpel.

  • Tema Warna Spesifik: Undangan pernikahan dapat dirancang berdasarkan tema warna pernikahan. Pilih kertas dan desain yang sesuai dengan palet warna pilihan kamu.

Well, dalam memilih undangan pernikahan, penting untuk mempertimbangkan gaya pribadi kamu dan pasangan, serta anggaran yang dimiliki. Dengan terlibat dalam pemilihan berbagai detail seperti jenis kertas, ukuran, dan konsepnya, kamu dapat membuat undangan pernikahan dengan sentuhan personal dan sesuai dengan impian kamu. Bahkan, kamu bisa menyampaikan sekilas kisah perjalanan cintamu dalam setiap lembarannya.

Jangan ragu untuk berkreasi dan mengeksplorasi opsi yang ada, untuk menciptakan undangan pernikahan yang unik dan tak terlupakan. Semoga artikel ini memberikan panduan yang berguna dalam memilih undangan pernikahan yang sempurna untuk momen istimewamu, ya.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...