Menikah Tak Harus Mewah! Ini Kelebihan Pernikahan Sederhana yang Bisa Kamu Rasakan - Wedding Market

Menikah Tak Harus Mewah! Ini Kelebihan Pernikahan Sederhana yang Bisa Kamu Rasakan

17 Sep 2022 | By WeddingMarket | Viewers: 244
Menikah Tak Harus Mewah! Ini Kelebihan Pernikahan Sederhana yang Bisa Kamu Rasakan
Fotografi oleh Symphotoworks

Pernikahan memang merupakan momen berharga bagi sepasang kekasih, momen sakral yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Itulah mengapa, banyak orang mengupayakan hal-hal terbaik untuk pernikahannya. Sehingga, muncul paradigma di masyarakat bahwa pernikahan harus mewah dan menghabiskan banyak biaya. Benarkah demikian? 

Bagi pasangan yang sudah memiliki kebebasan finansial, tentu tak masalah menghabiskan banyak dana untuk mewujudkan pernikahan impian dengan mewah dan megah. Namun, lain halnya dengan orang-orang yang memiliki budget pernikahan terbatas. Dengan berbagai pertimbangan, pernikahan sederhana adalah pilihan paling bijaksana.

Nyatanya, dengan menggelar pernikahan secara sederhana pun kamu tetap bisa mendapatkan momen sakral dan menyimpan kenangan indah nan berkesan sepanjang usia. Meskipun hanya dengan perayaan kecil, kamu tak perlu berkecil hati. Sebab, pernikahan secara sederhana juga memiliki banyak kelebihan, antara lain sebagai berikut: 

1. Hemat Biaya Pernikahan


Ketika berbicara tentang biaya pernikahan, umumnya identik dengan budget yang tak sedikit. Biaya untuk mahar, sewa gedung, dekorasi, catering, gaun pengantin dan lain-lain. Padahal, hakikatnya biaya menikah secara agama dan negara tidaklah sebesar yang dibayangkan. Besar kecilnya biaya pernikahan sebenarnya juga tidak mempengaruhi maknanya.

Setelah melangsungkan akad nikah atau pemberkatan dan tercatat secara resmi secara hukum, kamu dan pasangan sudah menjadi suami istri yang sah. Maka dari itu, tak ada yang salah ketika kamu dan pasangan memutuskan merayakan pernikahan secara sederhana, meski dengan budget yang minim sekalipun. Justru, dengan pernikahan sederhana ini kalian akan merasa jauh lebih lega.

Ketika kamu merencanakan untuk menikah dengan pesta yang sederhana, keputusan tersebut memungkinkanmu untuk meminimalisir pengeluaran pernikahan yang berlebihan. Sehingga, biaya pernikahan dapat dihemat secara signifikan. Nantinya, dana tersebut dapat digunakan untuk keperluan lainnya, seperti bulan madu, membeli perabotan rumah baru, atau menjadi tabungan di masa depan. Satu hal lagi yang paling penting, kamu bisa merasa tenang dan tidak terbebani dengan utang, karena pernikahan dirayakan sesuai dengan kemampuan kantong. 

2. Acara Pernikahan Terasa Lebih Intim


Ketika merancang pernikahan sederhana, jumlah tamu yang akan diundang adalah poin penting untuk dipertimbangkan. Tentunya, semakin sedikit tamu undangan, semakin berkurang pula biaya yang harus dikeluarkan.

Baik dari pemilihan tempat pernikahan, yang tadinya memerlukan gedung berkapasitas besar, jika pernikahan sederhana hanya mengundang sedikit tamu, maka gedung dengan kapasitas kecil pun cukup. Atau, bisa juga menyelenggarakan pestanya di rumah untuk menghemat budget pernikahan. Tak hanya itu, biaya catering, undangan dan souvenir pun akan ikut terpangkas. 

Oleh karena itu, ketika menentukan siapa yang akan diundang ke pesta pernikahan, kamu akan mempertimbangkan orang-orang terdekat yang benar-benar penting bagimu. Tentu, pada akhirnya yang diutamakan adalah orang-orang yang punya kedekatan personal denganmu dan pasangan atau dari keluarga terdekat, bukan? Dengan demikian, suasana yang tercipta di pesta pernikahan nantinya akan terasa lebih intim.

Keintiman yang tercipta dari pesta sederhana ini pun akan menciptakan suasana yang hangat dan cair. Sebab, kamu bisa menyapa seluruh tamu undangan, bahkan lebih leluasa untuk bercengkrama dengan mereka. Sehingga, pesta pernikahan pun nanti akan terasa lebih menyenangkan dan berkualitas.

3. Terhindar dari Rasa Kewalahan


Persiapan pesta pernikahan tidak hanya menguras biaya, tetapi juga waktu dan tenaga. Banyak sekali daftar dalam checklist persiapan pernikahan yang harus diselesaikan. Ragam persiapan pernikahan itu, seperti memikirkan siapa yang akan diundang, memesan gedung pernikahan, mencari catering yang sesuai dengan selera, memesan undangan, fitting gaun pengantin dan masih banyak lagi. 

Apalagi, seandainya pesta digelar dengan mewah dan megah. Tentu semakin banyak persiapannya. Sementara di sela-sela itu, kamu dan pasangan mungkin juga punya kesibukan pribadi masing-masing. Karena hal tersebut, tak jarang calon pengantin akan mudah kelelahan hingga dilanda stres yang memunculkan rasa gelisah menjelang pernikahan. Hal tersebut sebenarnya normal, tetapi jika tak ditangani dengan cepat, tentunya akan membuatmu kewalahan. 

Namun, akan berbeda ketika kamu memutuskan untuk membuat pesta pernikahan dengan lebih sederhana. Pasalnya, berbagai kerumitan yang telah disebutkan di atas, dapat disederhanakan pula. Menangani pesta berskala kecil tentu tak akan sesulit dan serepot mengatur pesta berskala besar. 


Lebih simple lagi, apabila menggunakan jasa wedding organizer untuk membantu segala urusannya. Dengan waktu istirahat yang cukup, kamu bisa fokus dengan persiapan pribadi menjelang hari bahagiamu. Misalnya, melakukan perawatan calon pengantin sebelum pernikahan supaya di hari H kamu bisa tampil lebih glowing. 

Itu dia beberapa kelebihan apabila menggelar pesta pernikahan dengan sederhana. Jadi, berbahagialah karena bukan kemewahan yang menentukan seberapa indahnya hari penyatuan cintamu dan sang kekasih. Bukan pula besar kecilnya budget pernikahan yang dikeluarkan. Dengan gelaran pesta intimate yang sederhana pun, momen pernikahan bisa tetap berkesan dan bermakna. Mari wujudkan bersama WeddingMarket untuk melengkapi semua kebutuhan pernikahanmu. Temukan di sini!

Belanja Jasa dan Produk untuk Pernikahanmu di WeddingMarket Store!
Diskon hingga 20%*

Artikel Terkait


WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?