Cara Efektif Menyusun Pernikahan Sederhana, Hemat Budget dan Minim Stres - Wedding Market

Cara Efektif Menyusun Pernikahan Sederhana, Hemat Budget dan Minim Stres

28 Apr 2022 | By AM WeddingMarket | Viewers: 716
Cara Efektif Menyusun Pernikahan Sederhana, Hemat Budget dan Minim Stres
Ilustrasi Pernikahan via Instagram/kristo.immanuel

Sejatinya, esensi dari sebuah pernikahan adalah ijab qabul atau pengucapan janji setia sebagai sepasang suami istri. Pernikahan yang dianggap sah baik secara agama maupun negara, sebenarnya tidak terlalu membebani calon pengantin dengan biaya yang mahal. Bahkan, biaya nikah di KUA bisa gratis jika kamu melakukannya pada hari kerja.  

Namun, kebanyakan pasangan ingin momen pernikahan yang sakral dirayakan dengan sebaik mungkin, diadakan di lokasi yang indah, dekorasi pernikahan dengan konsep yang diidam-idamkan, mengenakan gaun pengantin tercantik, hingga memilih menu makanan terbaik untuk memuaskan para tamu undangan yang hadir. Tak jarang, calon pengantin harus mengeluarkan banyak biaya untuk mewujudkan pernikahan impian tersebut.  Tentu saja hal tersebut sebanding dengan kepuasan yang didapat, apalagi pernikahan adalah momen langka yang mungkin hanya dirasakan sekali seumur hidup.

Pada kenyataannya, tidak semua pasangan calon pengantin mampu secara finansial untuk menggelar pernikahan nan mewah. Di sisi lain, ada pula pasangan yang siap nikah secara finansial, tetapi lebih memilih untuk melangsungkan pernikahan sederhana. Hal itu sah-sah saja, apapun preferensi pernikahan impian yang kamu dan pasangan miliki tentunya harus disesuaikan dengan kemampuan pribadi kalian masing-masing. 

Terkait dengan fenomena tersebut, pernikahan sederhana dan elegan belakangan mulai dilirik banyak pasangan muda. Terlepas dari apapun alasannya, selain dapat lebih menghemat budget pernikahan, beberapa keuntungan pun dapat dirasakan apabila kamu menggelar pernikahan secara sederhana. Berikut beberapa kelebihan pesta pernikahan sederhana:

  1. Biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar sehingga lebih hemat

Kelebihan pertama yang paling terasa apabila menggelar pernikahan sederhana, yakni bisa menekan biaya yang harus dikeluarkan. Berbagai budget dapat dihemat dengan mengurangi jumlah tamu undangan. Hal tersebut sekaligus akan mengurangi biaya-biaya lainnya seperti undangan, konsumsi, suvenir, termasuk pula sewa gedung.

  1. Perencanaannya tak memakan waktu lama

Tentu akan berbeda ketika merencanakan pesta pernikahan mewah (besar-besaran) dengan pernikahan yang lebih sederhana. Proses perencanaan pernikahan sederhana cenderung menghabiskan waktu lebih singkat, sebab kamu hanya akan fokus pada hal-hal yang esensial saja. Tentu hal tersebut akan membuat waktu persiapan pernikahan yang dibutuhkan menjadi lebih efektif. Selain itu, pernikahan yang sederhana biasanya akan terasa lebih intim dan hangat.

  1. Mengurangi stres 

Kelebihan lainnya jika kamu menggelar pesta pernikahan sederhana adalah bisa mengurangi kekhawatiran dan tingkat stres yang dialami. Salah satunya terkait biaya pernikahan, karena kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. 

  1. Uangnya bisa ditabung untuk kebutuhan rumah tangga

Memang betul pesta pernikahan merupakan momentum yang istimewa, namun kehidupan setelah menikah juga tak kalah pentingnya. Kamu juga perlu memikirkan berbagai kebutuhan yang harus dipenuhi setelah berkeluarga nanti. Oleh sebab itu, dengan menggelar pesta yang sederhana, dananya bisa ditabung untuk masa depan.

Tips Mengadakan Pernikahan Sederhana

pernikahan sederhana tapi elegan Kristo Immanuel

Setelah mengetahui beberapa kelebihan menikah dengan pesta sederhana tersebut, lantas bagaimana cara mempersiapkannya? Berikut tipsnya untukmu.

1. Tentukan Prioritas

Langkah awal untuk mewujudkan pernikahan sederhana tapi elegan adalah menentukan skala prioritas. Definisi pernikahan sederhana yang diharapkan akan sangat bergantung dari caramu menentukan skala prioritas terkait berbagai persiapan dalam pesta pernikahanmu. Tentukanlah mulai dari jumlah tamu yang akan diundang dan lokasi pernikahan, barulah hal-hal yang lainnya bisa mengikuti.

2. Batasi Tamu Undangan

Pada pernikahan sederhana tentu tamu yang diundang tak sebanyak pada pernikahan mewah dan besar-besaran. Kamu bisa mulai memilah-milah siapa yang akan diundang dan tidak. Sebab, kamu tak bisa mengundang semua orang ke pesta intimate wedding-mu. Semakin banyak tamu yang diundang, maka akan semakin besar biaya yang perlu dikeluarkan. Untuk itulah, kamu perlu menyeleksi daftar tamu pernikahanmu. Jumlah tamu undangan juga akan berdampak pada pemilihan lokasi pernikahan, catering, undangan dan souvenir yang akan dipesan. 

Bagian ini mungkin akan menjadi hal yang paling melelahkan, karena menentukan tamu undangan pernikahan bukan perkara yang mudah. Apalagi jika jumlah tamu harus dibatasi. Namun, kamu dan pasangan harus berdiskusi dan duduk bersama untuk menetapkan daftar tamu yang akhirnya akan diundang. Pertimbangkan baik-baik siapa yang mau diundang dan tidak ke acara pernikahan sederhanamu.


3. Makanan

Umumnya biaya konsumsi atau hidangan untuk jamuan para tamu menjadi aspek yang paling menghabiskan banyak biaya. Biaya makanan dapat menelan sekitar 50% dari total biaya pernikahan. Maka dari itu, sangat penting untuk menetapkan anggarannya dari awal. Kamu juga perlu melakukan survei sebelum menetapkan catering pernikahan yang akan digunakan, supaya mendapatkan kualitas terbaik yang bisa memuaskan para tamu undangan. Bila perlu, lakukanlah food tasting terlebih dahulu.

Kamu bisa menyiasati pengeluaran untuk konsumsi ini dengan menggelar pesta pernikahan di luar jam makan seperti pada pukul 3-4 sore. Misalnya, dengan mengadakan resepsi dengan konsep pesta kebun di sore hari. Sebagai ganti makanan berat, kamu bisa menyediakan aneka snack atau camilan ringan dan buah-buahan. Tentu biaya yang dikeluarkan pun bisa ditekan. Selain itu, konsep pernikahan sederhana seperti ini juga terkesan lebih hangat dan akrab. 

4. Lokasi Pernikahan

Lokasi atau venue pernikahan juga sangat bermain peran dalam menentukan seberapa sederhananya sebuah pesta pernikahan. Kamu bisa memilih berbagai tempat untuk gelaran resepsi pernikahanmu, seperti aula hotel, gedung serba guna, restoran, resort, atau bahkan di pantai. Sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki. Namun, yang paling hemat adalah mengadakan resepsi pernikahan di rumah. Selain tak perlu membayar untuk sewa, kamu juga bisa menghemat biaya transportasi. 

Apabila kamu dan pasangan ini tetap menggelar acara di hotel atau gedung, pastikan untuk menghindari high season sebagai tanggal pernikahan. Sebab, pada masa-masa itu biaya sewa gedung atau hotel bisa lebih mahal daripada biasanya dikarenakan banyaknya orang yang menggelar acara di sana. 

5. Dekorasi

Meski konsep pernikahan yang dipilih sederhana, bukan berarti dekorasi pernikahan ala kadarnya, ya! Kamu tetap bisa kok menggelar pernikahan sederhana tapi elegan dengan beberapa trik. Salah satunya, dengan memilih lokasi yang sudah nampak indah tanpa perlu banyak dekorasi tambahan. Misalnya, lokasi pernikahan outdoor di taman, atau restoran dengan interior estetis. Hal ini jelas akan sangat membantu menekan biaya yang harus dikeluarkan. Kamu juga bisa melihat beberapa tips cara membuat dekorasi pelaminan sederhana terlihat menarik plus ramah di kantong dalam artikel yang pernah diulas oleh WeddingMarket sebagai referensi.

6. Baju atau Gaun Pernikahan


Busana pernikahan menjadi salah satu item penting yang menunjang penampilan sang pengantin. Pastinya kamu ingin mengenakan busana terbaik di hari istimewamu ‘kan? Tentu saja hal tersebut sangat wajar, tetapi jangan habiskan budget terlalu besar untuk busana pengantin, ya! Ada banyak cara untuk menekan biaya pernikahan dengan pemilihan gaun pengantin yang tepat.  Antara lain, memilih gaun dengan desain sederhana dan elegan atau dengan menyewanya. Kamu bisa baca lebih lanjut tipsnya dalam artikel berjudul “Tips dan Trik Menghemat Biaya Gaun Pernikahan”.

7. Hiburan atau Musik

Kehadiran musik atau berbagai hiburan akan sangat  berpengaruh untuk membangun suasana di pesta pernikahan. Musik seakan menjadi elemen yang tidak bisa dilepaskan dalam sebuah pesta, tak heran jika banyak orang yang rela menggelontorkan dana besar untuk mendapatkan hiburan yang ciamik untuk pesta pernikahannya. Lantas bagaimana dengan pernikahan sederhana? Tenang, kamu pun bisa tetap menikmati sajian musik dalam pesta pernikahan sederhanamu. 

Manfaatkanlah koneksi, jika ada sahabat atau dari pihak keluarga yang memiliki kenalan dengan band atau grup musik maka mintalah rekomendasi darinya.  Selain itu, kamu juga bisa memilih band atau grup akustik pendatang baru misalnya, tentu fee yang dibayarkan akan lebih hemat dibandingkan dengan grup musik yang sudah memiliki nama besar. 

8. Dokumentasi

Fotografer pernikahan memegang peranan penting untuk mengabadikan setiap momen saat pesta pernikahan. Oleh karena itu, bagian ini tidak boleh dilewatkan. Tidak apa menyewa seorang wedding photographer berpengalaman untuk momen sekali seumur hidupmu, karena tentu dengan segudang pengalaman yang dimilikinya, kualitas foto pernikahan yang dihasilkan akan lebih terjamin. 

Usahakan memilih fotografer dari kenalan terdekat terlebih dahulu ya, untuk menghemat pengeluaran. Jika kamu masih bingung menentukan fotografer pernikahanmu, coba deh cek berbagai vendor fotografer yang ada di WeddingMarket. Pastinya, kamu bisa menyesuaikan dengan budget dan lokasi pernikahanmu dilangsungkan.

9. Make-up

Untuk mendukung konsep pesta pernikahan sederhana, maka kamu sebaiknya juga menggunakan riasan yang sederhana namun tetap menawan. Dalam memilih MUA untuk acara pernikahan, kamu juga perlu mempertimbangkan berbagai hal. Seperti, kesesuaian gaya makeup dengan karakter wajahmu. Bila perlu, lakukan tes makeup menjelang hari pernikahan dan tanyakan 10 pertanyaan wajib kepada MUA tersebut. Diantaranya, terkait gaya makeup, produk yang digunakan, jadwal, hingga tarif yang dipatok oleh sang perias. 

10. Souvenir dan Undangan


Untuk souvenir pernikahan sederhana, ada berbagai alternatif yang dapat dipilih. Kamu bisa memilih jenis-jenis souvenir kekinian yang sesuai dengan budget pernikahan. Pilihannya ada banyak, contohnya: lilin aromaterapi, peralatan makan portable, teh herbal, bibit tanaman dan lain sebagainya. Pilihlah souvenir unik dan bermanfaat agar bisa lebih berkesan.

Sementara itu, untuk undangan pernikahan kamu bisa menggunakan bahan/kertas undangan yang biasa-biasa saja namun didesain dengan elegan. Banyak vendor yang bisa memberikan pilihan undangan pernikahan murah dengan berbagai range harga yang ditawarkan. Selain itu, jika kamu bisa mencetak sendiri atau menggunakan undangan pernikahan digital. Berbagai template undangan nikah siap cetak sudah banyak tersedia di berbagai situs gratis. Kamu pun hanya perlu mengedit informasinya agar sesuai dengan pelaksanaan pernikahanmu. Tentu cara ini akan bisa lebih menghemat budget pernikahan. 

Itu dia cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk menyusun pesta pernikahan sederhana tapi elegan. Jadi, jangan gengsi untuk menyelenggarakan pernikahan dengan konsep yang sederhana, karena meskipun lebih minimalis, pesta yang digelar tetap bisa berlangsung sakral dan meriah. Selain biaya pernikahan lebih murah, pernikahan sederhana pun bisa meminimalisir stres yang akan kamu alami dalam persiapannya. Dengan pesta sederhana juga nuansa pernikahanmu bisa jadi lebih hangat dan intim sehingga suasana akan terasa lebih cair. Yang paling penting, esensi pernikahan itu sudah terpenuhi. Demikianlah, semoga bermanfaat!

Fotografi oleh: Robin Budidharma

Pesan Tiket Gratis WeddingMarket Fair Sekarang!
13 - 14 Agustus 2022 | Hotel Bidakara Jakarta

Artikel Terkait


Menangkan Hadiah Ratusan Juta Rupiah di WeddingMarket Fair!

Pesan Tiket Gratis Sekarang
WeddingMarket

Hello, thank you for Visiting us. Any Question?