Pilih Kategori Artikel

8 Macam Kue Hantaran Lamaran Sederhana, Pilihan Elegan dengan Harga Terjangkau
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Salah satu list barang bawaan tunangan atau lamaran yang gak pernah ketinggalan adalah kue. Dalam acara lamaran, kue hantaran memiliki peran penting dalam menyempurnakan momen spesial. Baik itu lamaran modern ataupun yang mengusung tema adat seperti lamaran adat Jawa. Panganan bercita rasa manis dan lezat, pasti hadir di antara barang-barang yang menjadi seserahan. 

Namun, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkan kue hantaran yang lezat dengan tampilan memikat ini. Bila kamu masih bingung isi kue hantaran lamaran apa saja, terutama dengan budget yang tipis, nih, WeddingMarket akan berikan rekomendasinya. 

Dalam artikel ini akan mengulas tentang kue hantaran lamaran sederhana yang harganya murah, serta beberapa tips dalam memilihnya. Simak ulasan selengkapnya, yuk!

Kue Hantaran Lamaran Sederhana yang Harganya Murah

wm_article_img
Foto: Kue hantaran jakarta

Macam-macam jenis kue sebenarnya bisa menjadi hantaran lamaran yang elegan. Tidak perlu biaya yang mahal, aneka jenis jajan pasar misalnya, juga bisa kamu jadikan kue lamaran yang unik dan menarik.

Selain itu, apabila kamu tak memiliki banyak waktu  dalam menjajal kue tradisional yang khas,  jenis-jenis cake modern yang mudah ditemui pun juga bisa untuk kue lamaran. Untuk memudahkanmu menetapkan pilihan, berikut contoh kue lamaran yang budget-friendly buat inspirasimu!

1. Kue Kering 

wm_article_img
Foto: Tintje’s Kitchen

Kue kering seperti nastar, putri salju, atau kacang almond adalah pilihan yang elegan dan terjangkau. Dengan tampilan yang cantik dalam kotak atau wadah berbungkus, kue kering ini bisa memberikan sentuhan istimewa pada acara lamaranmu. Selain itu, kue kering bisa menjadi kue hantaran yang tahan lama. Sehingga, kamu bisa mempersiapkan atau menyimpannya dalam kurun waktu yang relatif lebih panjang daripada kue-kue basah. 

2. Cupcake

wm_article_img
Foto: Kue Hantaran Jakarta

Cupcake dengan hiasan minimalis tapi menawan bisa menjadi alternatif kue hantaran yang murah meriah. Terlebih lagi, desainnya yang fleksibel memungkinkan untuk berkreasi. Kamu dapat memilih warna dan hiasan yang sesuai dengan tema lamaran. Tak cuma menjadi kue lamaran yang cantik, cupcake juga memberikan variasi rasa yang menyenangkan dengan berbagai topping atau hiasan sesuai selera. 

3. Brownies atau Bolu

wm_article_img
Foto: Bake Haven

Kue-kue sederhana seperti brownies atau bolu dengan dekorasi ringan tetapi menarik adalah pilihan praktis dan hemat. Cake cokelat atau bolu pandan dapat menjadi pilihan klasik yang lezat dan disukai banyak orang. Bila menginginkan kesan lebih modern untuk kue hantaran lamaran, kamu bisa memilih varian cake yang lebih kekinian seperti tart atau bolu gulung dengan rasa red velvet, green tea atau tiramisu. 

4. Kue Tart Mini

wm_article_img
Foto: Kue Hantaran Jakarta

Memiliki berbagai varian rasa yang tersedia, kue tart mini adalah alternatif kue hantaran lamaran unik dan cantik yang bisa dipertimbangkan. Dengan dekorasi yang sederhana tetapi menarik, kue ini bisa menjadi hiasan yang menawan di meja hantaran. Soal harga kamu tak perlu khawatir, sebab kue tart lamaran berukuran mini pastinya lebih murah dibanding yang berukuran full-size. 

5. Kue tradisional khas daerah

wm_article_img
Foto: Kue Hantaran Jakarta

Selain contoh kue hantaran modern di atas, pilihan menarik lainnya yang juga pastinya murah adalah kue-kue tradisional. Di setiap daerah memiliki kue tradisional atau jajan pasar khasnya masing-masing. Kamu tinggal menyesuaikan dengan ketersediaan yang ada di lokasimu. 

Sebagai contoh, kue hantaran lamaran adat Jawa biasanya berisi kue jadah, jernang, wajik, kue lapis dan kue-kue lainnya yang manis dan bertekstur lengket. Dalam lamaran suku Bugis-Makassar ada kue-kue tradisional yang memiliki filosofi, seperti kue nona manis, kue kembang seruni, kue barongko, kue katirisala dan sebagainya. 

Beda lagi untuk wilayah Sumatera, pilihannya pun lebih bervariasi dengan ciri khas otentik sesuai daerah masing-masing. Contohnya kue keukarah dari Aceh, kue maksuba khas Palembang, kue putri kandis dari Jambi, kue asidah dari Riau dan lain sebagainya.

6. Aneka jenis roti 

wm_article_img
Foto: Morning Bakery

Siapa, sih, yang tidak suka roti? Selain rasanya yang bisa diterima hampir setiap lidah, harga roti pun relatif murah, sehingga bisa menjadi alternatif menarik untuk kue hantaran lamaran sederhanamu. Dengan rasa yang lezat mulai dari manis hingga gurih, dan tampilan yang cantik, roti bisa memberikan kesan istimewa pada acara lamaran. Contohnya roti buaya yang menjadi ikon dalam lamaran pernikahan adat Betawi

7. Kue Bercita Rasa Gurih

wm_article_img
Foto: Holland Bakery

Memang, sih, umumnya kue hantaran identik dengan rasa yang manis. Namun, bila kamu ingin memberikan sentuhan yang berbeda, aneka kue bercita rasa gurih pun bisa menjadi alternatif menarik untuk mengisi nampan kue hantaran lamaran. Banyak sekali pilihan jajanan dengan rasa gurih dan asin yang menggoda selera, contohnya lemper, semar mendem, lumpia, risoles, pastel, talam abon dan sebagainya. Untuk harganya pun tentu masih sangat terjangkau. 

8. Puding dan Agar-agar

wm_article_img
Foto: Sweet and tasty dishes

Kue manis sudah, yang asin dan gurih pun ikut mengisi kotak hantaran lamaran. Pilihan menarik selanjutnya adalah kue yang memberi sensasi segar.  Yup, kamu bisa memilih puding atau agar-agar.  Jenis dessert yang satu ini menawarkan berbagai varian rasa yang bisa disesuaikan dengan selera kamu dan pasangan.

Dari rasa buah-buahan segar hingga rasa klasik seperti cokelat dan vanilla, memberikan kamu banyak pilihan. Di samping itu, dengan tampilan yang warna-warni dan menggugah selera, puding dan agar-agar dapat menambahkan sentuhan visual yang menawan pada meja hantaran lamaran kamu. Soal harganya, tentu saja masih sangat ramah di kantong!

Tips Memilih Kue Hantaran Lamaran yang Tepat

wm_article_img
Foto: Dapur Sarina

1. Siapkan budget yang jelas

Tetapkan anggaran khusus untuk kue hantaran. Dengan mengetahui anggaran yang tersedia, kamu dapat mencari pilihan kue yang sesuai dengan batas biaya.

2. Cek kualitas rasa

Meskipun harga murah, pastikan kualitas rasa tetap lezat. Kamu dapat mencari rekomendasi dari teman atau keluarga mengenai kue yang memiliki rasa yang enak, atau agar lebih praktis bisa juga memesan di toko kue langganan terdekat.

wm_article_img
Foto: Kue Hantaran Jakarta

3. Desain simpel

Tak jarang tampilan kue juga sedikit banyak ikut mempengaruhi harganya. Semakin rumit dekorasi kue, maka makin mahal pula harganya. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pilih desain yang sederhana namun elegan. Terlalu banyak hiasan bisa membuat kue terlihat berlebihan. Pilihlah desain yang sesuai dengan tema acara dan tetap menawan.

wm_article_img
Foto: Oikos

4. Pemesanan di awal

Sebaiknya lakukan pemesanan kue hantaran dengan waktu yang cukup. Pemesanan awal membantu memastikan ketersediaan kue yang kamu inginkan dan menghindari keterburu-buruan. Sebab jika terburu-buru, tak jarang hal tersebut ikut menambah cost untuk harga kue lamaran yang kamu pesan. Apalagi bila kue yang diinginkan tidak tersedia. 

5. Konsultasikan dengan penjual kue

Terakhir, jika kamu kesulitan memilih kue hantaran yang tepat, maka jangan ragu untuk berkonsultasi dengan penjual kue atau orang-orang yang berpengalaman. Mereka dapat memberikan saran yang berguna sesuai dengan kebutuhanmu.

wm_article_img
Foto: Kue Hantaran Jakarta

Dengan pilihan kue hantaran lamaran sederhana yang harganya murah dan mengikuti tips di atas, kamu dapat membuat momen lamaran menjadi lebih istimewa tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Ingatlah bahwa kesederhanaan dapat memberikan pesona tersendiri, dan kue hantaran yang tepat dapat menjadi simbol kebahagiaan dan harapan di awal perjalanan kehidupan bersama pasangan.

Demikianlah ulasan kali ini, jangan lupa juga untuk hadir di pameran pernikahan WeddingMarket Fair 2023 yang akan berlangsung pada 26-27 Agustus mendatang di The Grand Krakatau Ballroom, Green Terrace. Kamu dapat memperoleh berbagai inspirasi  sekaligus berburu vendor-vendor pernikahan terbaik dengan harga yang lebih murah. 

Sebab, akan ada banyak diskon dan promo menarik yang bisa kamu dapatkan selama bertransaksi di WeddingMarket Fair, serta kesempatan memenangkan grand prize dengan total nilai ratusan juta rupiah! Yuk, segera lakukan pemesanan tiket secara gratis melalui tautan ini. Amankan tempatmu dan wujudkan wedding dream bersama WeddingMarket!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...