Pilih Kategori Artikel

17 Referensi Backdrop Lamaran Dekorasi Minimalis hingga Mewah, Bikin Acara Semakin Istimewa!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Buat kamu yang ingin menggelar acara pertunangan atau lamaran pernikahan dalam kurun waktu dekat, tentu perlu menyiapkan berbagai hal, bukan? Salah satu checklist persiapan lamaran yang penting adalah dekorasi. Dengan dekorasi yang indah momen tersebut akan semakin berkesan dan berwarna, khususnya menggunakan backdrop atau background lamaran.  

Ada berbagai elemen dalam dekorasi acara pertunangan atau lamaran pernikahan, mulai dari backdrop, bunga, hiasan meja, tempat duduk tamu, pencahayaan, dan masih banyak lagi. Diantara semua itu, backdrop lamaran yang seringkali menjadi focal point atau pusat perhatian para tamu undangan. Sebab, dekorasi tersebut dapat menciptakan suasana yang indah, romantis, dan mengesankan bagi para tamu serta kedua mempelai. 

Nah, khusus untuk kamu yang sedang mencari referensi dekorasi lamaran kekinian, beberapa desain backdrop rekomendasi WeddingMarket berikut bisa jadi opsi. Ada yang minimalis sederhana, hingga yang mewah dan megah! Tentunya dengan visual yang indah dan elegan. Langsung saja cek, yuk!

1. Backdrop putih, minimalis namun elegan

wm_article_img
Dekorasi: Nois Artdecoration

Backdrop lamaran minimalis bernuansa putih adalah salah satu dekorasi elegan yang tak lekang oleh waktu. Warna putih ini merupakan pilihan yang netral karena bisa berpadu dengan baik ketika dikombinasikan dengan berbagai palet warna lainnya. 

Untuk kamu yang menyukai dekorasi dengan kesan yang clean dan sederhana, cukup gunakan dua atau tiga warna saja, ya. Misalnya, dengan menambahkan rangkaian bunga putih dan dedaunan kering yang memberikan nuansa romantis namun hangat, atau kombinasikan putih dan hijau untuk kesan klasik nan timeless

Ingat, agar tetap terkesan minimalis cukup gunakan rangkaian bunga seperlunya saja pada beberapa sisi. Tak perlu sampai menutupi seluruh dinding backdrop putih yang bertuliskan inisial kamu dan pasangan. Gunakan pula furniture yang senada dengan warna backdrop, agar dekorasi keseluruhannya tetap tampak serasi dan indah dipandang.  

2. Backdrop putih sederhana dengan bunga artifisial

wm_article_img
Dekorasi: Kimikayo Decoration

Buat kamu yang punya budget tipis namun tetap ingin menciptakan dekorasi yang manis, menggunakan bunga artificial adalah solusinya. Kamu bisa membuat background lamaran sendiri dengan bahan yang mudah ditemui, seperti triplek atau GRC. Bisa pula menyewanya dari vendor dekorasi pernikahan. 

Selanjutnya, aplikasikan bunga pada dinding backdrop polos tersebut dengan arah vertikal di sisi kanan dan kiri sehingga memberikan kesan lush. Hal ini demi meminimalisir penggunaan bunga sebagai hiasan. Meski dekorasi hanya menggunakan sedikit bunga, dengan metode tersebut ternyata cukup efektif untuk membuat suasana lamaran pernikahan menjadi lebih romantis dan indah.

3. Backdrop nuansa pastel, minimalis dan modern

wm_article_img
Dekorasi: Rustique Decoration

Suasana romantis dan elegan juga bisa tercipta dengan menggunakan backdrop lamaran berwarna pastel, seperti peach, beige dan dusty blue. Perpaduan warna-warna pastel lembut yang diaplikasikan sebagai background, memberi semarak namun tetap terkesan clean. Dengan menggunakan bentuk geometris yang variatif, instalasi tersebut memberi kesan lebih modern. 

Cukup menambahkan beberapa rangkaian bunga bernuansa senada tanpa perlu ada banyak hiasan lainnya untuk mempermanis dekorasinya. Siapa yang tak ingin berfoto dengan background cantik ini?! 

4. Backdrop modern rustic 

wm_article_img
Dekorasi: Rustique Decoration

Rekomendasi selanjutnya adalah backdrop lamaran simple bernuansa rustic. Ini bisa jadi ide dekorasi lamaran sederhana di rumah. Kamu dapat memanfaatkan dinding putih polos, kemudian menghiasinya dengan rangkaian bunga dedaunan hijau, serta tambahan tekstur unik dari tumbuhan kering agar tampak lebih indah. 

Selain daun palem kipas, kamu juga bisa menggunakan jenis dried plants lainnya untuk menambah kesan rustic di ruangan tersebut. Misalnya rumput pampas, daun kayu putih (eucalyptus), daun pakis, cabang lunaria, bunga kapas, dan lain sebagainya. Dekorasi lamaran rustic modern ini pun jadi semakin semarak namun tak kehilangan kesan naturalnya!

5. Backdrop rustic vintage yang estetis

wm_article_img
Dekorasi: Akarsuara Art

Kebalikan dari dekorasi sebelumnya yang modern, inspirasi backdrop yang satu ini khusus buat kamu pecinta konsep rustic vintage. Penggunaan background kayu yang natural mempertahankan warna alaminya, berpadu dengan elemen hijau dan bunga-bunga berwarna syahdu. 

Desain backdrop tunangan sederhana ini pun tampak semakin estetis karena instalasi kayu dibuat dengan potongan asimetris namun tetap proporsional. Akan lebih baik bila desain ini diterapkan untuk dekorasi lamaran yang digelar di venue outdoor. Sebab, desainnya tampak menyatu dengan alam sekitar.

6. Gebyok Jawa berhiaskan bunga

wm_article_img
Dekorasi: Rustique Decoration

Butuh dekorasi  yang relevan dengan konsep lamaran adat Jawa? Nah, backdrop gebyok ini adalah jawabannya. Tambahkan gugusan bunga segar berwarna netral seperti putih dan pastel untuk mempermanis sekaligus memberikan kesan romantis pada dekorasi lamaran bernuansa tradisional ini. 

7. Backdrop monokrom dengan bunga cerah

wm_article_img
Dekorasi: Rustique Decoration

Warna monokrom seperti hitam dan abu-abu juga menarik untuk dipadupadankan dengan palet yang lebih cerah seperti merah, ungu dan biru. Berkat perpaduan tersebut, kesan misterius dan tenang dari warna abu-abu, bisa tampil lebih romantis dan manis dengan sentuhan lembut dari rangkaian bunga yang disematkan. 

Jangan lupa tambahkan lampu sorot untuk memusatkan perhatian pada backdrop. Dekorasi lamaran sederhana dan elegan seperti ini pun tidak masalah bila kamu aplikasikan di ruang yang sempit. Dengan eksekusi yang tepat, hasilnya justru terlihat lebih intimate, bukan?!

8. Backdrop biru dengan bunga diagonal

wm_article_img
Dekorasi: Kamanda Decoration & Tent

Warna biru adalah pilihan populer yang banyak disenangi orang-orang. Pun untuk dekorasi lamaran pernikahan yang lebih intimate. Kombinasi biru pastel dengan putih dan warna turunannya menjadi perpaduan yang sempurna untuk memberikan kesan mewah nan elegan.

Agar backdrop polos tampak lebih indah dan tidak membosankan, kamu bisa mencoba berkreasi dengan berbagai bentuk dan pola desain pada ornamen hiasannya. Seperti aplikasi bunga membentuk garis diagonal pada desain backdrop lamaran yang satu ini. Tampak unik dan lebih menarik. Apalagi dengan bentuk rangkaian bunga cascade, memberi efek dramatis yang lebih mengesankan!   

9. Backdrop gapura dengan bunga pastel 

wm_article_img
Dekorasi: Rustique Decoration

Ada banyak kreasi dan desain backdrop lamaran yang menarik untuk dicoba. Background berbentuk gapura seperti ini salah satunya. Bunga-bunga sebagai ornamen dapat disematkan di sisi-sisi gapura seolah menggantung, sehingga memberi efek lushy yang manis dan dramatis. 

Backdrop lamaran mewah yang satu ini pastinya jadi poin istimewa di hari spesialmu. Kamu dan pasangan pun pasti sayang untuk tak mengabadikan foto di antara keindahannya!

10. Memanfaatkan teralis minimalis

wm_article_img
Dekorasi: Kimikayo Decoration

Ada teralis yang tak terpakai di rumah? Kamu bisa manfaatkan juga untuk jadi backdrop yang unik. Penggunaannya pun tak rumit, karena cukup hiasi dengan menyematkan beberapa rangkaian bunga dari kombinasi palet warna favoritmu. Backdrop lamaran minimalis ini pun jadi lebih elegan. 

Karena celah-celah pada teralis tak membatasi pandangan, dekorasi seperti ini akan sangat cocok untuk acara lamaran yang digelar di area outdoor. Sebab, keindahan backdrop bisa tetap berpadu dengan suasana asri dari alam sekitar.

11. Teralis emas dan bunga pink

wm_article_img
Dekorasi: Kamanda Decoration & Tent

Cara lain membuat dekorasi lamaran pernikahan dengan memanfaatkan teralis adalah menggunakan konsep mewah dan elegan. Penggunaan warna emas menjadikan teralis sebagai pusat perhatian dengan menyulapnya menjadi backdrop yang mewah, serta kesan romantis nan lembut dari sentuhan warna pink pada bunga dekorasi

Perpaduan warna emas dan merah muda seperti ini tentu menciptakan ambience yang lebih intim dan hangat. Agar tampilan keseluruhannya semakin menyatu, gunakan pula kursi dan furniture yang senada dengan tema warna dekorasinya. 

12. Wall of flowers

wm_article_img
Dekorasi: Cassia Decoration

Sejak dahulu, bunga merupakan elemen tak terpisahkan dalam suatu dekorasi. Berbagai konsep dan tema bisa diwujudkan dengan dekorasi bunga yang indah, tak terkecuali untuk backdrop lamaran pernikahan. 

Dekorasi yang satu ini memanfaatkan aneka warna bunga menjadi backdrop yang indah dan mewah. Bunga disusun menutupi seluruh dinding background sehingga menjadi satu kesatuan wall of flowers. Dekorasi penuh warna ini tak hanya mewah, tapi juga memberi semarak di momen pertunanganmu!

13. Backdrop full bunga untuk ruangan sempit

wm_article_img
Dekorasi: Kimikayo Decoration

Ide selanjutnya untuk dekorasi lamaran sederhana di rumah. Bagaimana jika ingin menggunakan dekorasi wall of flowers namun lamaranmu diadakan di ruangan yang relatif sempit? Maka solusinya adalah dengan menyesuaikan ukuran backdrop dengan kapasitas ruangan. 

Tak perlu membuat dekorasi dengan background yang besar jika memang tak memungkinkan. Namun, sesuaikanlah dengan proporsi ruangan agar tak terlihat terlalu penuh dan sumpek. Kamu bisa membuat backdrop dengan ukuran yang lebih kecil. Setidaknya cukup untuk menjadi background ketika kamu dan pasangan berdiri berdua di sana.

14. Sentuhan flora tropis

wm_article_imgwm_article_img

Dekorasi: Keola Project

Backdrop bertema flora tropis adalah ide menarik lainnya yang patut dipertimbangkan. Sesuai dengan namanya, dekorasi lamaran ini didominasi dengan penggunaan tumbuhan-tumbuhan eksotis khas hutan tropis. 

Kombinasi elemen tumbuhan hijau dengan aneka bentuk dan tekstur, serta penambahan statement dari warna dominan seperti merah dan oranye memberikan visual unik dan berkesan. Agar tampak lebih natural, dekorasi istimewa ini sebaiknya dipadukan dengan elemen kayu, misalnya untuk kursi dan meja. Dengan tampilan eksotis ini, acara lamaran dan pertunanganmu jadi semakin unik dan tak biasa!  

15. Semarak jingga

wm_article_img
Dekorasi: Keola Project

Buat kamu pecinta warna-warna bold yang tegas dan dominan, dekorasi lamaran berikut ini bisa disontek. Pada contoh ini adalah warna jingga sebagai bintang utamanya. Aneka bunga bernuansa jingga memenuhi instalasi yang dipasang, sehingga menjadi backdrop yang istimewa. 

Sentuhan mewah dari semarak warna jingga dan gold menjadikan dekorasi lamaran ini tak hanya terkesan eksklusif, tetapi juga hangat dan intimate. Pastinya, berkarakter kuat!  

16. Backdrop bernuansa Oriental

wm_article_img
Dekorasi: Cassia Decoration

Penggunaan partisi ruangan khas oriental ini cocok untuk acara lamaran menggunakan adat Tionghoa misalnya, sangjit dan tingjing. Bisa pula menjadi referensi backdrop lamaran buat kamu yang sekedar ingin menambahkan sentuhan oriental di acara istimewamu itu.

Kesan kuat dari elemen dekorasi khas Tionghoa ini tak hanya memberi visual yang indah, tapi juga bisa menjadi focal point di venue acara lamaranmu. Kombinasikan dengan elemen emas dan warna merah agar kesan orientalnya semakin kuat. 

Agar tak kehilangan kesan romantisnya, tetap sediakan proporsi yang seimbang untuk palet warna netral seperti putih atau warna-warna pastel. Dengan demikian, dekorasi mewah dengan sentuhan oriental ini tetap terkesan romantis, lembut dan elegan.

17. Dekorasi wall art

wm_article_img
Dekorasi: Kamanda Decoration & Tent

Lastly, dekorasi lamaran estetis dengan menggunakan backdrop wall art yang artistik. Kombinasi wall art yang menampilkan lukisan indah, serta rangkaian bunga bernuansa senada memberikan visual yang ‘mahal’ serta kesan yang begitu eksklusif di acara pertunangan yang intimate. Opsi yang satu ini patut dicoba!

Adanya dekorasi di pesta pertunangan atau lamaran pernikahan, tentu dapat menciptakan suasana yang istimewa dan memperindah ruangan atau area tempat acara berlangsung. Dekorasi ini dapat membantu menciptakan atmosfer yang sesuai dengan tema dan gaya yang kamu inginkan. Nah, dari referensi di atas adakah dekorasi impianmu?

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...