Pilih Kategori Artikel

Rekomendasi Menu Catering Nikahan di Gedung dan Rumah
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Ketika melangsungkan pernikahan, kamu tentu harus mempersiapkan berbagai menu catering yang menarik dan mengunggah selera. Jika kamu masih kebingungan dengan menu catering nikahan, rekomendasi berikut ini akan membantumu mendapatkan menu yang enak dan nikmat.

Jika melangsungkan pernikahan di gedung sewaan, memilih menu yang tepat bisa akan membuat persiapan menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Begitu pula dengan proses membersihkan ruangan selepas resepsi dilakukan, kamu bisa menghemat banyak waktu jika menu catering yang kamu pilih habis dikonsumsi oleh tamu undangan.

Agar kamu tidak salah dalam memilih menu catering di hari bahagiamu, berikut menu adalah tips dan rekomendasi yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Tips Memilih Menu Catering yang Tepat di Hari Pernikahan

wm_article_img
Foto: LElik83 on iStock

Ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan ketika hendak memesan menu catering, diantaranya adalah sebagai berikut:

Budgeting

Anggaran dana atau budgeting merupakan hal penting yang harus kamu lakukan, apalagi ini terkait dengan menu catering nikahan yang hendak kamu pesan. Sebelum mencari vendor catering yang hendak dipakai, ada baiknya kamu menentukan terlebih dahulu berapa budget yang akan kamu gunakan untuk bagian ini.

Jika anggaran yang kamu miliki terbatas, jangan merasa ragu mendapatkan makanan enak untuk tamu undangan. Kamu bisa mencari vendor yang menyediakan paket catering pernikahan murah untuk digunakan. Menentukan anggaran sedini mungkin juga akan membuatmu lebih mudah mengatur dana agar tidak kebobolan.

Tentukan Konsep Pesta Pernikahan

Kamu tentu ingin memberikan hidangan yang enak dan membuat tamu undangan menikmati pesta pernikahanmu dengan maksimal. Kamu bisa mulai dengan menentukan konsep pernikahan yang hendak dilakukan, kemudian tentukan jenis makanan yang hendak dihidangkan. 

Agar tidak terjadi pembengkakan dana ketika proses pemesanan catering dilakukan, sebaiknya kamu disiplin dengan dana yang sudah kamu tentukan. Jika melebihi budget yang telah dipersiapkan, kamu bisa mengurangi bagian pernikahan yang bisa diganti dengan sesuatu yang lebih terjangkau.

Pilih Menu Berdasarkan Konsep

Setelah memilih tema dan konsep pernikahan yang tepat, kamu sebaiknya juga memesan menu catering nikahan yang sesuai dengan tema. Jika tema yang dipilih adalah pernikahan adat, sediakan sajian khusus makanan adat khas daerahmu untuk menjamu tamu undangan.

Jika ingin mencari hidangan yang aman, kamu bisa menyediakan makanan nasional yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia secara umum. Misalnya menyediakan bakso, siomay, atau menu lain yang mudah ditemui dan cukup mudah dibuat. Kamu juga bisa secara praktis langsung memilih menu paket catering pernikahan yang tersedia dari jasa atau vendor.

Rekomendasi Makanan untuk Pesta Pernikahan

Setelah menentukan dengan seksama vendor atau jasa catering pernikahan yang hendak digunakan, saatnya kamu memilih menu dan jenis variasi makanan yang bisa kamu pesan. Berikut ini adalah rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan, diantaranya adalah:

1. Aneka Olahan dari Nasi

wm_article_img
Foto: cclickclick on iStock

Nasi menjadi makanan yang sering ditemukan dalam berbagai kesempatan, salah satunya ketika melangsungkan acara pernikahan. Kamu bisa menyajikan nasi di sebagai menu utama pada catering pernikahan.

Ada berbagai olahan nasi yang bisa kamu gunakan, diantaranya adalah nasi putih hangat untuk teman makan berbagai lauk, nasi merah, hingga nasi liwet atau nasi rawon. Ingin memberikan kesan yang lebih mewah, kamu bisa menyajikan nasi goreng dengan berbagai toping.

2. Olahan Ayam

wm_article_img
Foto: GEOLEE on iStock

Menu catering nikahan lain yang cukup populer adalah olahan ayam, yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis pernikahan yang kamu langsungkan. Ingin memberikan kesan yang mewah, ayam dengan lapis keju atau ayam cesnut bisa menjadi pilihan.

Jika pernikahan yang kamu langsungkan lebih minimalis, kamu bisa menyajikan rica rica ayam, sate yang terbuat dari ayam, hingga ayam dengan berbagai baluran bumbu. Ayam dipilih karena ia mudah didapatkan dan bisa diolah dengan berbagai bumbu, baik secara tradisional atau modern.

3. Sup sebagai Makanan Pendamping

wm_article_img
Foto: amarita on iStock

Memberikan hidangan penuh dengan daging memang tidak salah, tapi jangan lupa menyisipkan sup berupa sayuran untuk memberikan keseimbangan menu makanan. Apalagi jika ada tamu undangan yang pantang makan daging, maka memberikan sayuran merupakan pilihan yang tepat.

Ada banyak jenis sup yang bisa kamu coba, mulai dari sum kimlo, jagung, sayur bening, dan masih banyak lagi. Kamu bisa membebaskan tamu undangan untuk mengambil sendiri sayuran yang ia kehendaki.

4. Sayuran Berbagai Jenis

wm_article_img
Foto; Kanawa_Studio on iStock

Jika sebelumnya sayuran telah dibuat sebagai sup, kamu bisa menawarkan menu catering pernikahan dari sayuran yang diolah dalam bentuk yang lain. Misalnya sayuran dalam bentuk salad Bangkok, capcay, lotek, atau bahkan gado-gado.

Menu ini bisa menjadi pilihan yang ringan untuk dikonsumsi oleh tamu undangan yang tidak ingin mengkonsumsi nasi. Kamu bisa mencampurkan sayuran segar sebagai lalapan, atau menyajikannya dengan buah dan menu lain untuk dijadikan sebagai makanan penutup.

5. Aneka Olahan Mie

wm_article_img
Foto: bhofack2 on iStock

Mie juga menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk menu pernikahan di meja catering. Mie bisa diolah dengan berbagai bahan makanan lain, dari sayuran ataupun daging. Ia juga mudah disajikan dan terkesan praktis.

Mie yang paling sering disajikan adalah mie goreng atau bihun goreng, yang dilengkapi dengan sayuran tambahan atau topping. Kamu bisa memberikan menu utama dengan variasi yang beragam, jadi tamu undangan tidak hanya fokus dengan nasi semata.

Menu Tambahan untuk Catering di Pernikahan

Masih kurang puas dengan menu catering nikahan yang telah disebutkan sebelumnya? Kamu bisa menambahkan berbagai menu berikut ini sebagai side dish atau pencuci mulut, diantaranya adalah:

1. Minuman yang Menyegarkan

wm_article_img
Foto: binabina on iStock

Kamu bisa menyediakan es, air mineral, bahkan jus sebagai pilihan minuman untuk tamu undangan yang hadir. Kalau mau, kamu juga bisa menyajikan minuman bersoda untuk membuat suasana pesta menjadi lebih meriah.

2. Snack untuk Camilan

wm_article_img
Foto: momcilog on iStock

Ingin melangsungkan pernikahan secara non-formal dengan konsep yang lebih fleksibel? Kamu bisa menambahkan camilan di meja prasmanan yang disediakan, sehingga tamu yang kamu undang bisa bebas memilih makanan yang mereka inginkan.

3. Buah-buahan

wm_article_img
Foto: kondor83 on iStock

Buah-buahan juga bisa kamu sajikan pada menu pernikahan di meja prasmanan. Buah-buahan yang kamu sajikan sebaiknya mudah dikonsumsi dan memiliki rasa yang manis. Kamu juga bisa menjadikannya sebagai dessert sebagai pelengkap menu prasmanan yang kamu pesan.

d4 Pudding

wm_article_img
Foto: yumehana on iStock

Jika kamu kurang puas dengan menu catering nikahan bagian pencuci mulut, kamu juga bisa menambahkan pudding sebagai tambahan menu. Pudding memiliki rasa yang beragam, lembut, dan disukai oleh banyak orang. Pilihan rasa pudding juga variatif, sehingga tamu bisa memilih apa yang mereka inginkan.

Ketika hendak menyajikan catering, pastikan kamu juga menyiapkan dekorasi tambahan dan perlengakapnnya. Diantaranya adalah meja, peralata makan, hinga dekorasi untuk membuat tampilan meja semakin cantik.

Kamu juga bisa memberikan menu makanan lain yang belum disebutkan dalam rekomendasi menu catering nikahan tersebut. Misalnya kerupuk, sambal, maupun lalapan, menu yang umum ditemukan dalam masakan khas Indonesia. Semoga informasi tersebut dapat membantu kamu yang masih bingung menentukan pilihan yang tepat untuk menu catering prasmanan pernikahanmu.  

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...