Pilih Kategori Artikel

Menu Prasmanan Sederhana ala Masakan Rumahan di Acara Pernikahan, Favorit Para Tamu!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Buffet atau lebih dikenal dengan prasmanan merupakan metode penyajian hidangan dengan cara diletakkan diatas meja panjang. Metode prasmanan di acara pernikahan akan memudahkan para tamu untuk mendapatkan makanan. Karena para tamu bisa memilih sendiri makanan yang diinginkan sesuai dengan porsi yang dibutuhkan.

Ada banyak menu prasmanan sederhana yang bisa menjadi pilihan untuk menjadi jamuan di hari istimewa. Salah satunya yakni hidangan ala masakan rumahan. Walaupun sederhana, namun nyatanya menu-menu rumahan yang malah menjadi favorit banyak tamu.

Dengan menyediakan menu prasmanan yang sederhana namun banyak yang suka seperti masakan ala rumahan, juga dapat membantu pasangan pengantin menghemat budget untuk makanan di acara pernikahan. Harga menu prasmanan sederhana pun pastinya lebih terjangkau dibandingkan menu ala restoran.

Rekomendasi Menu Prasmanan Sederhana

Tidak perlu makanan yang mewah apalagi mahal. Asal para pasangan pengantin pandai memilih menu bercita rasa lezat dan nikmat, pastinya akan menggugah selera para tamu. Makanan yang disajikan pun menjadi tidak sia-sia dan banyak yang memakannya. 

Berikut WeddingMarket rekomendasikan beberapa variasi menu makanan ala masakan rumahan namun dijamin banyak para tamu yang akan menyukainya! Jadi, sangat ideal untuk dimasukkan ke daftar variasi menu prasmanan sederhana tapi bercita rasa mewah.

1. Ayam Goreng Laos

wm_article_img
Menu Prasmanan Ayam Lengkuas | Foto: Sawargi Catering Service

Ayam goreng adalah makanan yang sangat familiar bagi banyak orang. Jika yang disajikan ayam goreng biasa, pasti rasanya standar saja. Berbeda jika yang disajikan adalah ayam goreng laos. Menu makanan tradisional ala rumahan ini memiliki aroma dan rasa rempah yang lebih kuat dibandingkan ayam goreng biasa.

Apalagi, biasanya ada remahan rempah-rempah goreng dari bumbu laos ayam goreng. Remahan ini akan semakin menggugah selera para tamu yang menyantap. Lebih afdol lagi jika dimakan bersama dengan nasi putih yang juga disajikan.

2. Capcay Seafood dan Sayur

wm_article_img
Menu Prasmanan Capcay | Foto: dcostseafood.id

Dalam menu prasmanan wajib hukumnya ada makanan dengan bahan utama sayuran. Banyak pasangan pengantin yang kebingungan masakan sayuran apa yang ideal untuk prasmanan. Capcay bisa menjadi pilihan yang tepat, selain dengan sayur isiannya juga bisa dipadu dengan seafood.

Capcay berisi sayuran yang sangat lengkap dan bervariasi, rasanya gurih membuat orang tidak bosan memakannya. Apalagi, hidangan Chinese food satu ini sangat cocok jika dipadukan dengan masakan yang lainnya. Membuat menu ini bisa menyeimbangkan menu lauk yang lain.

3. Sate Ayam

wm_article_img
Menu Prasmanan Sate Ayam | Foto: Asoka Catering Service

Sate ayam adalah alternatif menu makanan prasmanan olahan ayam yang tidak membosankan. Apalagi, banyak sekali orang Indonesia yang menggemari sate ayam. Jadi, dijamin menu lauk ini akan menjadi primadona di meja prasmanan acara pernikahan.

Lebih baik, jika menyajikan sate ayam secara terpisah dengan bumbu kacangnya. Dengan begitu, para tamu bisa mengambil sendiri seberapa banyak bumbu kacang yang diinginkan. Lengkapi pula sajian ini dengan potongan daun merah untuk menambah cita rasa dari sate ayam.

4. Soto Ayam

wm_article_img
Menu Prasmanan Soto Ayam | Foto: jambi.tribunnews.com

Makanan berkuah juga diperlukan dalam menu prasmanan acara pernikahan. Makanan berkuah bisa menjadi makanan yang menyegarkan dan membuat cita rasa para tamu tidak terlalu berat karena terlalu banyak pilihan lauk.

Soto ayam bisa menjadi pilihan yang bagus untuk menu makanan yang berkuah. Rasa soto ayam yang gurih dan menyegarkan. Bisa memberi sensasi segar pada lidah para tamu setelah memakan banyak varian lauk. Selain itu, rasa soto ayam sudah cukup familiar di lidah banyak orang. Jadi, pasti banyak yang ingin mencicipi menu prasmanan satu ini.

5. Ikan Asam Manis

wm_article_img
Menu Prasmanan Ikan Asam Manis | Foto: Wifa Catering

Menu berbahan dasar ikan juga bisa menjadi opsi bagus untuk menu prasmanan acara pernikahan. Daging ikan bisa memberikan variasi rasa dan tekstur pada menu yang disajikan pada prasmanan pernikahanAda banyak olahan ikan yang bisa dipilih untuk acara prasmanan. Namun, olahan ikan yang paling ideal adalah ikan asam manis.

Rasa asam dan manis dari bumbu ikan bisa menyegarkan lidah para tamu dan tekstur ikan yang lembut juga akan berpadu dengan sangat pas. Selain itu, ikan asam manis merupakan menu yang sangat praktis, gampang untuk diisi ulang pada meja prasmanan. Jadi, tidak akan merepotkan nantinya.

6. Nasi Goreng

wm_article_img
Menu Prasmanan Nasi Goreng | Foto: Sawargi Catering Service

Hampir semua set menu prasmanan selalu menyajikan nasi goreng, ternyata hal ini terjadi bukan tanpa alasan. Walaupun sederhana, nasi goreng tetap menjadi favorit dan incaran banyak tamu di meja prasmanan.

Tidak semua orang ingin makan nasi putih jika mendatangi acara pernikahan. Sebagian, mungkin ini cita rasa yang berbeda, karena itu kebanyakan memilih nasi goreng. Nasi goreng adalah sajian yang pas di acara pernikahan di Indonesia.

Karena orang Indonesia sering kali merasa tidak lengkap jika makan tidak menggunakan nasi. Jika budget terbatas, para pasangan pengantin bisa menyajikan nasi goreng saja tanpa didampingi lagi dengan nasi putih.

7. Mie Goreng

wm_article_img
Menu Prasmanan Mie Goreng | Foto: primadaily.com

Nasi goreng dan mie goreng adalah kombinasi menu yang tepat bagi orang Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum, bahwa banyak orang di Indonesia menggemari mie goreng. Bahkan, mie goreng seringkali dimakan bersama dengan nasi walaupun sama-sama karbohidrat.

Karena itu, tidak ada salahnya untuk memasukkan mie goreng sebagai salah satu menu prasmanan. Dengan adanya mie goreng, para tamu jadi memiliki variasi karbohidrat yang lebih banyak.

Menu ini juga sangat universal, bisa menjadi pilihan para orang tua yang ingin memberikan makanan pada anak-anak di saat acara. Jadi, siapapun bisa memakan menu makanan satu ini.

8. Bistik Daging

wm_article_img
Menu Prasmanan Bistik Daging | Foto: Sawargi Catering Service

Jika para pasangan pengantin ingin memasukkan lauk daging pada menu prasmanan. Menu bistik daging bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain, harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan olahan daging lainnya. Bistik daging juga praktis dan ideal untuk prasmanan.

Karena potongan daging bisa lebih mudah di-refill pada meja prasmanan. Untuk melengkapi cita rasa daging, bisa ditambahkan juga potongan sayuran seperti daun bawang, bawang bombay, dan paprika. Bistik daging bisa dibumbui dengan bumbu lada hitam. Namun, lebih baik tidak dibuat terlalu pedas. Jadi, siapapun bisa menikmati sajian daging ini di meja prasmanan.

9. Sup Sayuran

wm_article_img
Menu Prasmanan Sup Sayuran dan Jamur | Foto: Asoka Catering Service

Sup sayuran juga bisa menu alternatif untuk menghadirkan sayuran di menu prasmanan.  Harga menu sup sayuran juga cenderung lebih terjangkau dibandingkan menu berkuah lain. Sup sayur bisa memberikan sensasi segar dan sehat pada para tamu yang menyantapnya.

Untuk menyajikan sup sayuran ini, pastikan sup selalu dalam kondisi hangat. Karena itu, sediakan panci di atas kompor portable pada meja prasmanan. Dengan begitu, setiap tamu yang mengambil sup, selalu dalam keadaan yang hangat untuk disantap.

Itulah berbagai menu prasmanan sederhana ala masakan rumahan yang bisa menjadi pilihanmu untuk menjamu para undangan di hari pernikahanmu kelak. Walaupun sederhana, menu-menu di atas adalah makanan favorit banyak orang. Bukankah yang terpenting bisa menyenangkan tamu dengan hidangan yang lezat dan sekaligus menghemat budget, bukan?

Lihat juga rekomendasi menu prasmanan ala restoran Padang sebagai referensi hidangan lezat dan nikmat lainnya untuk pernikahanmu. Semoga bermanfaat!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...