Pilih Kategori Artikel

8 Model Gaun Pengantin Muslimah yang Cocok untuk Orang Bertubuh Pendek
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Para calon pengantin wanita pastinya memiliki gaun pernikahan impian yang ingin dikenakan pada saat hari bahagianya. Termasuk pula bagi para calon pengantin muslimah, yang mana harus memilih gaun pernikahan tidak hanya cantik, tetapi juga menutup aurat dengan sempurna. Dalam hal pemilihannya, gaun pengantin muslimah syar'i harus memperhatikan beberapa hal, antara lain desainnya tidak boleh terlalu ketat maupun transparan, karena harus menutup aurat. 

Model gaun pengantin muslimah yang dapat menjadi opsi untuk dikenakan pun beragam. Namun, bagi wanita yang bertubuh pendek tidak disarankan menggunakan baju pengantin dengan model bagian roknya terlalu mengembang. Sebab justru akan membuat kesan terlihat semakin pendek. 

Rekomendasi Gaun Pengantin Muslimah yang Cocok untuk Orang Pendek

Menggunakan gaun pengantin yang tepat bisa membuat calon pengantin semakin percaya diri di hari H. Bagaimana tidak, karena pada hari itu setiap pengantin wanita pasti ingin terlihat bagaikan ratu sehari. Bagi para calon pengantin yang memiliki postur tubuh yang tak terlalu tinggi, berikut ini beberapa rekomendasi gaun pengantin muslimah yang bisa dikenakan untuk membuat tubuh terlihat lebih jenjang.

1. Gaun Pengantin A Line

wm_article_img

Gaun pengantin A line bisa menjadi model yang sempurna untuk wanita bertubuh pendek. Potongan jenis ini membuat proporsi tubuh semakin baik antara atas dengan bagian bawah. Kesan yang diberikan pun memberi tampilan terlihat lebih tinggi dan mewah, karena memang proses pembuatannya perlu bahan lebih banyak dari model gaun mermaid di bagian rok. Tidak heran kalau gaun dengan potongan A line banyak dipilih.

Selain itu, warna dari wedding dress juga tidak harus selalu putih. Kamu bisa memilih berbagai macam warna gaun pernikahan sesuai keinginan. Jika ingin berkesan tinggi dan tidak masalah menggunakan warna agak gelap, maka pilih warna seperti maroon atau navy. Kedua warna ini bisa memberi efek tubuh seakan lebih ramping yang otomatis terlihat tinggi juga.

2. Gaun Empire Waist 

wm_article_img

Model gaun pengantin muslimah berikutnya yang dapat dipilih untuk wanita bertubuh pendek adalah empire waist dress. Gaun dengan potongan ini memiliki model petite wedding dress dengan proporsi atas yang pendek. Umumnya, terdapat rok yang dimulai dari pinggang atau sedikit lebih tinggi dari pinggang. Desain yang demikian membuat rok terlihat panjang dan otomatis membuat tubuh pengantin wanita tampil tinggi.

Apalagi, jika pada bagian dress dibuat lebih panjang dan pengantin wanita menggunakan heels setinggi 5 cm. Tidak disarankan untuk menggunakan heels yang jauh lebih tinggi lagi dengan alasan untuk menjaga kestabilan saat berjalan. Pada gaun model empire waist, bagian roknya seringkali menggunakan bahan seperti sifon atau lace, yang mana bersifat ringan dan lemas sehingga mudah dibentuk.

3. Gaun Ekor Panjang

wm_article_img

Wanita bertubuh petite juga disarankan untuk mengenakan gaun pengantin dengan model ekor panjang. Bagian rok yang berekor panjang menjuntai ke belakang bisa memberikan kesan tubuh tampak tinggi, sekaligus juga memberikan kesan mewah dan elegan. Apalagi kalau di bagian ekornya diberikan berbagai macam kristal dan monte, maka dijamin tampilan semakin mewah.

Jika tema dari busana yang digunakan merupakan pakaian adat, sebaiknya bagian rok bagian belakang dibuat panjang sampai satu atau dua meter. Berikan juga aksen payet dengan alur vertikal sehingga mengesankan tubuh semakin tinggi. 

4. Gaun dengan Bordiran Arah Vertikal

wm_article_img

Cara lain yang dapat diterapkan agar tubuh terlihat tinggi yakni menggunakan gaun dengan bordiran arah vertikal menjuntai sampai ke bagian rok bawah. Biarkan bagian tengah dari gaun memiliki warna yang lain. Misalnya, menggunakan gaun dengan bordiran warna emas dan bagian kain dasar berupa kain jacquard. Jenis gaun dengan model potongan ini akan sukses membuat tampilan pengantin juga semakin kurus.

Bisa juga menggunakan gaun dengan bahan tulle sebagai bagian terluar, dimana renda pinggiran kain tulle diarahkan ke bagian tengah. Renda pinggiran bahan tulle dikenal memiliki motif yang lebih indah pada saat diperlihatkan langsung dengan menggunakan potongan model ini. Kemudian pilih kain dasar yang berwarna sedikit gelap sehingga bisa semakin menonjolkan motif dari kain tilenya

5. Hindari Gaun yang Menggunakan Belt

wm_article_img

Dalam pemilihan gaun pengantin muslimah juga tidak disarankan bagi wanita bertubuh pendek menggunakan belt. Pemberian aksen belt ataupun semacam obi justru akan mempertegas bentuk proporsi dari panjang gaun. Dengan bagian pinggang punya jarak sedikit, yang mana justru akan membuat pengantin terlihat pendek. 

Ada banyak sekali gaun yang tidak menyertakan desain belt namun tetap terlihat cantik. Penggunaan belt pada gaun lebih cocok bagi orang kurus dan tinggi. Bahkan gaun pengantin dengan tubuh berisi juga kurang disarankan menggunakan belt agar terlihat lebih langsing. 

6. Hindari Menggunakan Gaun Terlalu Ketat

wm_article_img

Membuat gaun juga tidak disarankan terlalu ketat karena justru akan mempertegas tubuh yang pendek. Selain membuat tubuh terlihat pendek juga tidak disarankan oleh agama Islam dengan alasan dilarang mempertontonkan lekuk tubuh yang masuk aurat. Maka dari itu, kamu perlu memilih gaun yang lebih longgar. Potongan gaun dengan bagian rok longgar sendiri juga dapat memberikan kesan gaun pengantin muslimah simple tapi elegan. Ada banyak model yang longgar dan dapat membuat kamu tampil tinggi.

7. Gaun Trumpet dengan Ekor Panjang

wm_article_img

Rekomendasi gaun pengantin muslimah modern selanjutnya yang bisa membuat tampilan tubuh lebih tinggi yakni gaun model terompet dengan bagian pinggang sedikit lebar. Kemudian pada bagian rok bawah dapat ditambahkan dengan sentuhan organza yang melebar. Pastikan untuk membuat bagian ekor menjuntai ke belakang juga untuk memberikan kesan terlihat tinggi.

Pemberian bahan organza bisa membuat tampilan gaun juga lebih eksklusif. Sementara itu pada bagian atas sebaiknya menggunakan korset agar membuat tampilan semakin ramping sehingga juga memberi kesan seolah terlihat lebih tinggi.

 8. Gaun dengan Sayap yang Lebar ke Belakang

wm_article_img

Cara lain untuk membuat kesan pengantin tampil lebih tinggi adalah menggunakan gaun pernikahan yang ada tambahan sayap lebar ke belakang. Kain sayap tambahan biasanya dapat dilepas pasang sesuai keinginan pengantin. Sedangkan model dasar dari gaunnya dapat berupa gaun trumpet maupun empire waist.

wm_article_img

Pemesanan gaun lepas pasang biasanya dilakukan oleh pengantin yang ingin mendapatkan tampilan look berbeda dengan memanfaatkan gaun yang sama. Tentu saja ini dapat dilakukan untuk menghemat budget penyelenggaraan pernikahan. Pembuatan tambahan model sayap lepas pasang sangat cepat. Namun, tetap saja tidak boleh mendadak karena butuh waktu paling tidak 2 hari.

Itu dia 8 rekomendasi model gaun pengantin muslimah yang bisa dikenakan untuk kamu yang bertubuh pendek. Untuk memaksimalkan penampilan di hari istimewamu, baca juga "Serba-serbi Pengantin Muslimah" ulasan mengenai tips memilih make up, hijab, gaun, hingga sepatu pengantin yang elegan. Selain itu, untuk mendapatkan gaun pernikahan impian, kamu juga bisa vendor atau desainer gaun pernikahan terbaik di WeddingMarket. Temukan juga berbagai diskon menarik untuk persiapan pernikahanmu. Cek sekarang, ya!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...