Pilih Kategori Artikel

Suka Dengan Sesuatu yang Sederhana? Inilah 6 Inspirasi Backdrop Pelaminan Minimalis Untuk Pesta Pernikahanmu
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Pesta pernikahan merupakan impian sebagian besar orang. Dalam acara tersebut, seorang individu dapat bersatu dengan pasangannya dan berjanji untuk setia sehidup semati. Oleh karena pentingnya pernikahan, maka tidak heran jika orang-orang ingin menggelar pesta pernikahan sebaik mungkin. Termasuk mendesain backdrop pelaminan agar terlihat bagus dan menawan.

Backdrop sendiri adalah latar yang dapat terbuat dari papan, tembok, kain hingga tanaman yang digunakan sebagai aksesoris untuk menghias pelaminan. Backdrop biasanya ditempatkan di belakang kursi pengantin. 

Desain backdrop sendiri ada berbagai macam, dari yang minimalis hingga yang mewah. Jika kamu berminat untuk mengadakan pesta pernikahan sederhana dengan backdrop pelaminan yang minimalis, dapat mengecek ulasan berikut ini.

1. Backdrop Pelaminan Desain Putih

wm_article_img
Dekorasi: Sejiwa Creation

Rekomendasi backdrop pelaminan yang pertama adalah backdrop dengan desain warna putih. Dalam pesta pernikahan, warna putih sangat umum untuk digunakan. Selain karena alasan dapat dipadu padankan dengan warna lain, putih juga mempunyai simbol sebagai kesucian. Tidak heran jika warna tersebut sering digunakan untuk desain dekorasi pernikahan, termasuk backdrop pelaminan.

Dalam desain backdrop satu ini, bahan yang digunakan adalah papan instalasi yang dicat berwarna putih. Papan tersebut terdiri dari beberapa papan persegi panjang atau potongan asimetris yang di letakkan melebar hingga dapat menutupi panggung pelaminan. 

Sebagai dekorasi tambahan, pada backdrop tersebut dapat ditambahkan hiasan bunga hidup yang ditempelkan di dinding backdrop. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan nama pengantin di tengah backdrop sebagai identitas nama pengantin yang menikah pada pesta tersebut.

2. Backdrop Pelaminan Desain Bunga

wm_article_img
Dekorasi: Keira Decoration

Inspirasi backdrop pelaminan selanjutnya adalah backdrop pelaminan terbuat dari rangkaian bunga yang dibentuk menjadi arch atau pintu gerbang. Tentunya backdrop ini sangat unik, karena kapan lagi kamu mengadakan pesta pernikahan dengan latar pelaminan yang lain daripada yang lain.

Sesuai namanya, backdrop bunga terbuat dari susunan bunga yang terdiri dari berbagai warna dan berbagai bentuk yang dirangkai hingga membentuk sebuah arch. Susunan bunga tersebut lalu diletakkan di belakang kursi pelaminan. Backdrop pelaminan desain bunga cocok digunakan untuk pesta pernikahan yang digelar di luar ruangan.

Kamu dapat menempatkan backdrop tersebut di depan sebuah tembok putih untuk memberikan kesan lebih hidup. Setelah itu, di depan backdrop, dapat ditempatkan dua kursi yang dapat digunakan untuk pengantin. Kamu juga dapat membangun suasana lebih meriah dengan menambahkan lampu kecil-kecil di atas pelaminan. Backdrop satu ini memang terlihat sederhana dan tidak banyak hiasan di dalamnya. Meskipun begitu, backdrop ini tetap dapat dijadikan inspirasi untuk orang lain.

3. Backdrop Pelaminan Desain Full Color

wm_article_img
Foto: Sejiwa Decoration

Jika kamu menyukai desain yang ceria dan penuh warna, backdrop pelaminan dengan desain full color cocok untuk digunakan. Desain pelaminan satu ini mengkombinasikan instalasi atau papan bunga warna-warni dan lampu gantung sebagai hiasan. Dalam desain full color, kamu menggunakan tiga instalasi papan putih minimalis sebagai desain utama.

Selanjutnya, dapat ditambahkan rangkaian bunga hidup berwarna-warni, misalnya kombinasi palet merah, orange pastel dan putih untuk menghiasi dinding papan. Hal ini dilakukan untuk menghindari backdrop yang terlihat sepi dan terlalu polos. Selain itu, kamu juga dapat menambahkan rangkaian bunga di kanan kiri pelaminan dan lampu gantung sebagai penerangan tambahan. 

4. Bckdrop Pelaminan Desain Biru dan Putih

wm_article_img
Dekorasi: Keira Decoration

Inspirasi backdrop pelaminan selanjutnya adalah backdrop yang menggunakan kombinasi warna putih dan biru. Seperti yang diketahui bersama bahwa pesta pernikahan identik dengan warna putih, maka tidak heran jika warna tersebut banyak diaplikasikan pada berbagai hal, termasuk dalam hal backdrop.

Hanya saja untuk menghindari desain yang monoton karena hanya menggunakan warna putih, kamu dapat mengkombinasikan dengan warna lain yaitu biru. Dalam hal ini, warna putih digunakan sebagai warna dasar backdrop, sedangkan warna biru didapatkan dari rangkaian bunga yang ditempatkan di dinding backdrop

Untuk membuatnya lebih menarik, kamu bisa menggunakan bunga berbagai warna yaitu ungu dan biru, sehingga ketika warna putih, biru dan ungu bertemu memberikan perpaduan yang serasi dan lembut ketika dipandang.

5. Backdrop Pelaminan Desain Gunungan Wayang

wm_article_img
Dekorasi: Keira Decoration

Jika menyukai hal-hal yang berhubungan dengan adat dan berasal dari Jawa Tengah, desain backdrop gunungan wayang cocok untuk digunakan di pesta pernikahan. Gunungan wayang sendiri adalah sebuah benda berbentuk segitiga yang mirip seperti gunung yang sering digunakan dalam pementasan wayang kulit. Gunungan wayang ini sangat erat kaitannya dengan kebudayaan Jawa sehingga tidak heran jika benda tersebut tidak hanya digunakan di pementasan wayang saja tetapi juga digunakan di acara lain, misalnya pernikahan.

Dalam pengaplikasian gunungan wayang, kamu dapat mencampurkan unsur adat dan modern. Contohnya saja, untuk unsur modern menempatkan backdrop berbahan papan putih sebagai dasar. Backdrop tersebut terdiri dari tiga komponen dengan bentuk persegi panjang. Masing-masing sisi mempunyai panjang yang berbeda-beda dengan sisi tengah mempunyai panjang yang lebih tinggi dari yang lain. Sedangkan untuk unsur adat, dapat dengan menempatkan gunungan wayang berwarna emas di depan papan yang dihiasi dengan rangkain bunga berwarna merah, pink dan biru.

Desain backdrop satu ini memang tergolong unik karena tidak hanya memadukan unsur budaya dan modern, namun juga unsur alam dengan menambahkan rangkaian bunga di dalamnya. Dengan desain backdrop tersebut, pelaminanmu nampak cantik dan unik.

6. Backdrop Pelaminan Desain Putih Emas

wm_article_img
Foto: Anita Omah Dekorasi

Jika kamu menyukai tampilan yang terlihat elegan, mahal namun tetap minimalis, backdrop pelaminan dengan desain gabungan warna emas dan putih adalah pilihan terbaik. Dalam hal ini, warna putih yang merupakan warna netral sangat cocok digabungkan dengan warna emas yang dapat memberikan kesan mewah.

Dalam desain backdrop putih emas, menggunakan papan sebagai konsep dasar yang terdiri beberapa bagian : Bagian pertama, papan dasar yang mempunyai ukuran paling besar. Papan ini berwarna putih yang diletakkan di bagian paling belakang menjadi backdrop utama. Bagian kedua, di letakkan papan berwarna emas yang mempunyai ukuran lebih kecil ditempatkan di depan background putih. Bagian ketiga, papan instalasi yang diletakkan di tengah-tengah dengan potongan yang asimetris.

Selain menjadikan papan sebagai bahan dasar utama, penambahan hiasan bunga artifisial juga dapat memberikan nilai lebih pada backdrop putih emas. Bunga artificial ini dapat diletakkan beberapa bagian yaitu di atas kursi pelaminan, dan di bagian atas sudut-sudut papan. Jika dilihat secara seksama, desain backdrop satu ini memang terlihat simpel dan tidak banyak aksesoris, meskipun begitu dengan desain dan pemilihan warna yang tepat tetap dapat terlihat mewah.

Itulah enam inspirasi desain backdrop pelaminan minimalis. Desain backdrop tersebut cocok digunakan untuk kamu yang mengadakan pesta pernikahan di tempat yang kecil dan tidak terlalu luas. Namun meskipun desain backdrop tersebut minimalis dan sederhana, kamu tetap dapat membuat tampilan backdrop pelaminan yang bagus dan mempesona.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 27-28 Juli 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...