Pilih Kategori Artikel

Detail Pernikahan Denny Caknan dan Bella Bonita, Sarat akan Tradisi Jawa
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Kabar bahagia sekaligus mengejutkan muncul dari penyanyi pop Jawa, Denny Caknan. Setelah mengumumkan bahwa ia memiliki seorang kekasih bernama Bella Bonita melalui media sosial Instagram, pasangan ini kemudian menggelar pernikahan hanya selang beberapa hari. Walau baru-baru ini saja mereka go public, ternyata keduanya sudah mengenal satu sama lain karena sering berada dalam satu project yang sama.

Pernikahan mereka digelar pada 7 Juli 2023 di The Sun Hotel, Madiun, Jawa Timur. Sama-sama berasal dari Jawa Timur, pasangan ini menggelar pernikahan dalam adat Jawa yang meriah. Seperti apa detailnya? Kita simak, yuk, selengkapnya!

Pernikahan digelar dalam adat Jawa

wm_article_img

Pasangan ini menggelar pernikahan dalam adat Jawa yang lengkap dengan berbagai prosesinya. Setelah akad nikah yang meriah karena ‘selebrasi’ yang dilakukan Denny, mereka melangsungkan prosesi panggih atau lebih mudah dipahami sebagai temu manten. Pada saat inilah pasangan akan bertemu dan bersama-sama menuju pelaminan. Upacara panggih sendiri terdiri dari serangkaian ritual yang panjang dan sarat akan makna.

Upacara ini diawali dengan balangan gantal atau saling melempar sirih kepada pasangan sebagai bukti bahwa suami berhasil mengambil hati sang istri dan istri akan berbakti kepada suami. Setelah itu, ritual dilanjutkan dengan ngidak tigan atau menginjak telur. Denny Caknan melakukannya sebagai arti bahwa ia siap untuk melanjutkan keturunan dengan sang istri. Bella kemudian menyeka kaki tersebut sebagai bentuk tanda sayang.

wm_article_img

Nah, setelah semua terlewati, pasangan Denny dan Bella kemudian menjalani ritual sinduran. Sinduran adalah bagian tak terpisahkan dari prosesi panggih, dari kata 'sindur' dimana secara harfiah berarti kain warna merah. Sesuai dengan namanya, pada ritual ini kedua mempelai pengantin dengan dibalut kain sindur yang memiliki warna merah dan putih diantar ke pelaminan oleh sang ayah. Prosesi ini memiliki makna simbolis bahwa sang ayah dari mempelai wanita telah merelakan anaknya untuk membina kehidupan baru bersama pasangan pilihannya.

Tidak berhenti sampai di situ saja, saat sampai di pelaminan prosesi dilanjutkan dengan kacar-kucur, yaitu mengucurkan bahan pokok, seperti beras dan uang logam sebagai makna bahwa Denny akan bertanggung jawab atas kehidupan Bella. 

wm_article_imgwm_article_img

Terakhir, pasangan ini melakukan dulangan atau saling menyuapi yang merupakan simbol bahwa pasangan ini akan selalu ada dan menolong satu sama lain dan menjaga untuk selamanya. 

Selain prosesi demi prosesi yang terlewati, ada hal menarik dari pernikahan Denny dan Bella, yaitu adanya kembar mayang yang memang hampir selalu ada dalam pernikahan adat Jawa. Kembar mayang merupakan aksen dekoratif yang terbuat dari janur, bunga, dan dedaunan. Hal ini merupakan simbol masa peralihan dari gadis atau perjaka menjadi seseorang yang telah menikah.

wm_article_img

Selain berfungsi sebagai aksen dekoratif, kembar mayang juga biasanya dibawa oleh perjaka dan gadis yang berada di belakang pengantin. Mengenai posisi sendiri, setiap masyarakat memiliki kepercayaan yang berbeda-beda. Ada yang percaya bahwa kembar mayang harus diangkat di atas kepala untuk menandakan bahwa pengantin masih gadis dan perjaka, tapi ada juga yang memiliki kepercayaan berbeda tergantung daerah masing-masing.

Pakaian elegan adat Jawa

wm_article_img

Tentu saja bukan hanya prosesi pernikahan saja yang kental akan adat Jawa. Pasangan ini juga berdandan dengan pakaian adat Jawa yang membuat keduanya tampak elegan dan anggun sepanjang acara.

Denny mengenakan beskap berwarna putih dengan hiasan benang emas lengkap dengan payet yang dipadukan dengan bawahan batik. Ia juga mengenakan blangkon atau penutup kepala khas Jawa. 

Senada dengan Denny, Bella mengenakan atasan kebaya kutubaru berwarna putih yang memiliki panjang hingga menyentuh lantai. Aksen lengan yang bervolume di bagian atas membuat kebaya ini terlihat memiliki sentuhan klasik. 

Kebaya ini juga dihias dengan motif dari benang berwarna emas yang membuatnya terlihat mewah. Bagian pinggang Bella dililit dengan stagen berwarna merah yang berkilau juga dengan warna emas. Bawahan yang dikenakan adalah batik sarimbit dengan yang dikenakan Denny.

Riasan paes yang memesona

wm_article_img

Mengimbangi pakaiannya yang anggun, Bella menggunakan riasan pengantin paes Solo Putri yang memesona. Riasan ini membuat matanya terlihat lebih tajam tanpa berlebihan. Sementara lipstik yang dipoleskan membuatnya terlihat fresh dengan finishing yang glossy. 

Tentu saja, hal yang mencuri perhatian adalah bagian rambut yang ditata dengan sanggul. Paes ini terdiri dari gajahan, citak, pangapit, penitis, hingga godheg. Kemudian, hiasannya terdiri dari roncean melati, gunungan, centhong, dan cunduk mentul yang berjumlah ganjil, yaitu sembilan buah.

Acara resepsi dengan sentuhan modern

wm_article_img

Setelah melangsungkan akad, acara pernikahan dilanjutkan dengan acara resepsi. Pada kesempatan ini, pasangan ini tampak mengenakan baju yang berbeda. Bella mengenakan kebaya semi gaun off shoulder berwarna abu-abu yang dilengkapi dengan cape. 

Serasi, Denny mengenakan beskap abu-abu dengan kerah berwarna hitam. Untuk bawahan, pasangan ini mengenakan batik dari corak dan bahan yang sama. Sementara itu, riasan dan tatanan rambut terlihat sama dengan ketika pelaksanaan akad.

Dekorasi meriah layaknya di taman

wm_article_img

Acara pernikahan pasangan ini digelar di dalam ruangan, yaitu di ballroom hotel. Namun, ruangan ini disulap layaknya taman yang indah dan penuh dengan dekorasi bunga-bunga. Mulai dari jalan masuk ke area pernikahan hingga pelaminan, bunga-bunga yang meriah mendominasi venue

Tak hanya itu, bunga yang manis juga berpadu dengan hiasan lain, yaitu lampu-lampu yang digantung sepanjang area menuju pelaminan. Lampu-lampu ini memiliki bentuk yang unik, seperti bola dan burung-burung yang seolah berterbangan sambil menyala. Area akad juga dihias dengan chandelier di bagian langit-langit yang membuatnya tampak lebih mewah.

Di tengah area pelaminan ditambahkan pula huruf “D” dan “B” yang merupakan inisial dari nama Denny dan Bella sehingga bagian ini bisa muncul saat tamu berfoto di pelaminan.

Mahar istimewa yang didapatkan dari Mekah

wm_article_img

Ada detail istimewa lainnya dari pernikahan Denny Caknan dan Bella Bonita, yaitu bentuk, jumlah, dan asal dari mahar yang diberikan. Mahar yang diberikan Denny berbentuk emas 12 gram yang didapatkan dari Mekah. Selain itu, ia juga memberikan uang tunai 12.000 riyal atau senilai 48 juta dalam rupiah.

wm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_imgwm_article_img

Itu dia beberapa detail dari pernikahan Denny Caknan dan Bella Bonita yang baru-baru ini digelar. Kabarnya, mereka akan kembali melaksanakan pesta ngunduh mantu pada Agustus 2023 mendatang di rumah Denny Caknan di Ngawi, Jawa Timur. Kita doakan supaya pernikahan mereka diliputi kebahagiaan dan akan bertahan selama-lamanya.


Photo & Video: Faralljibrill Official | MUA: Asri Leksono Parasasri Official | Attire: Amor Couture by Asril Leksono | Decoration: Keeya Decor | Venue: The Sun Hotel Madiun | Wedding Planer: Asra Event Planner | Catering: Sonokembang Surabaya, Kambing Guling Ajiib | Entertainment: DC Production Official

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...