Pilih Kategori Artikel

Persiapan Sebelum Menikah untuk Wanita: Matangkan Fisik dan Mental!
Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Pernikahan merupakan salah satu momen paling indah sekaligus menantang di hidup seorang wanita. Dengan pernikahan, ia akan menjalani hidup bersama pria impiannya. Melalui pernikahan juga ia harus berusaha menjadi wanita terbaik untuk calon suami dan keluarga barunya.

Karena, menikah bukan hanya tentang kebahagiaan. Menikah adalah momen suci menyatukan dua keluarga besar dengan gaya hidup, gaya didik, dan sifat berbeda-beda. Sepasang muda mudi perlu memikirkan dengan matang apakah kedua keluarganya bisa saling menerima satu lain dan memikirkan apa mereka bisa menerima segala kelebihan dan kekurangan pasangannya hingga maut memisahkan.

Persiapan Sebelum Menikah untuk Para Calon Pengantin Wanita

wm_article_img
Gaun Pengantin: Archiera Brides

Pernikahan memerlukan kesiapan fisik dan mental, terutama bagi calon pengantin wanita. Sebab baginya, menikah adalah momen sakral yang akan dilakukan hanya sekali seumur hidup. Selama menikah, seorang wanita akan mengalami perubahan yang tak jarang akan menambah beban baru baginya.

Seperti mengurus suami, beradaptasi dengan keluarga suami, mengandung anak hingga melahirkan, ketakutan akan perubahan bentuk fisik, mengurus anak dan suami, dan perubahan besar lainnya. Seluruh hidupnya akan terasa berbeda ketika menikah, makanya diperlukan kesiapan fisik dan mental agar pernikahan tidak hanya menjadi kisah bahagia sementara baginya.

Agar kamu siap menikah secara fisik dan mental, serta bisa tampil paripurna di momen nan sakral tersebut, beginilah persiapan sebelum menikah khusus untuk wanita yang perlu dilakukan.

1. Menjaga kondisi badan dan melakukan perawatan sebelum menikah

wm_article_img
Sumber foto: Pexels.com/John Tekeridis

Rencana pernikahan bukan serta merta diadakan secara dadakan. Lazimnya para pasangan calon pengantin pasti membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk melakukan persiapan sebelum menikah. Selagi mempersiapkan pernikahan, kamu bisa mulai menjaga kondisi badan dengan melakukan olahraga secara rutin, mengonsumsi makanan sehat, menjaga waktu tidur, dan banyak minum air putih.

Mulai membiasakan untuk hidup sehat akan membuat pikiran dan mental kamu ikut sehat. Berolahraga akan membuat pikiran lebih tenang dan bahagia. Sementara itu, mengonsumsi makanan sehat akan membantu kamu memiliki berat badan ideal. Begitu pula dengan menjaga waktu tidur, bisa menjauhkan diri segala penyakit dan banyak minum air putih akan menyehatkan kulit.

Selain menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat, perawatan sebelum menikah untuk tetap cantik juga diperlukan. Bagi wanita, mulai dari ujung rambut hingga ujung kepalanya adalah investasi masa depan. Oleh karena itu, kita akan menemukan banyak sekali macam-macam perawatan untuk tubuh wanita bagian luar dan dalam.

Sebelum kamu mengarungi bahtera rumah tangga dan berlayar di atas derasnya ombak, kamu bisa memanjakan diri dengan merawat kuku, merawat diri di spa, memasang bulu mata, merawat wajah di klinik kecantikan, mengganti gaya rambut, dan mencoba perawatan yang mungkin belum pernah kamu lakukan.

Buat diri kamu sesenang mungkin, sebelum nantinya menikah dengan pria yang kamu cintai. Jadi, persiapan sebelum menikah satu ini wajib kamu lakukan untuk tampil mempesona sebagai ratu sehari di pernikahan!

2. Memastikan finansial kamu sudah matang sebelum menikah

wm_article_img
Foto Ilustrasi: pexels.com/ Nataliya Vaitkevich

Menikah dan hidup bahagia tidak hanya membutuhkan kasih sayang dari masing-masing pasangan. Kasih sayang memang akan membuat pernikahan menjadi bahagia, tetapi tidak bisa dipungkiri kecakapan finansial adalah kunci untuk hidup lebih sejahtera.

Kamu pasti memiliki pernikahan impian dan untuk mewujudkannya memerlukan uang. Nanti ketika sudah menikah kamu dan pasangan akan mengelola keuangan keluarga untuk memenuhi kehidupan rumah tangga bersama. Sebelum menikah, pastikan kamu sudah memiliki penghasilan tetap agar bisa membantu suami memenuhi kebutuhan rumah tangga atau sekadar memenuhi kebutuhan pribadi kamu.

Dengan penghasilan tetap, kebanyakan wanita bisa lebih mudah mengatur keuangannya setelah menikah. Setelah memiliki penghasilan tetap, kamu dan pasangan bisa menabung bersama untuk persiapan pernikahan. Menabung tidak hanya dilakukan dengan mengumpulkan uang kamu dan dia di satu tempat bersama. Kamu bisa ikut berinvestasi agar uangmu bisa tersimpan dengan aman dan bertambah sesuai dengan kondisi pasar saham masa itu.

Dengan begitu, kamu dan pasangan tidak hanya mempersiapkan finansial untuk kebutuhan pernikahan, kalian juga sudah mempersiapkan kebutuhan finansial hingga masa tua nanti. Berinvestasi bersama dengan pasangan bisa menjadi salah satu bukti cinta dan kalian telah berkomitmen untuk hidup bersama hingga tua.

3. Mempersiapkan mental untuk menjadi istri, ibu, menantu dan ipar

wm_article_img
Foto: Republik Gambar Photography

Setelah menikah, kamu akan mendapatkan empat gelar baru. Menjadi istri untuk suami, ibu bagi anak nantinya, menantu dari orang tua suami, dan ipar bagi kakak serta abang dari suami kamu. Keempat gelar baru kamu ini tidak mudah dijalani.

Mungkin, kamu bisa merasa yakin akan menjadi istri terbaik bagi suami karena sudah lama mengenalnya. Bagaimana dengan menantu, ibu, dan ipar? Apakah kamu yakin sudah siap? Kamu harus bisa menjawab pertanyaan itu sebelum memutuskan untuk melaju dengan anggun ke pelaminan.

Kamu bisa belajar menjadi menantu dan ipar dengan mencari sebanyak-banyaknya informasi tentang calon keluarga barumu lewat calon suami. Setelah mencari tahu tentang mereka, susun strategi untuk mendekatkan diri. Salah satunya, dengan aktif berkomunikasi dan bertegur sapa secara langsung maupun tidak langsung.

Hilangkan canggung di dalam diri dan beranikan untuk memasuki keluarga calon suami. Berikan kesan pertama yang baik dan menandakan kamu adalah wanita paling tepat bagi anak dan adik mereka. Tetap tampil apa adanya dirimu dan tunjukkan versi terbaikmu, karena setiap orang memiliki versi terbaik dari dirinya!

Kemudian, menjadi seorang ibu memerlukan proses belajar panjang. Ada banyak hal yang harus kamu pelajari tentang seorang ibu. Kamu bisa mengambil contoh seperti apa ibu impianmu. Sekarang ini, banyak ibu-ibu muda di media sosial dengan senang hati membagikan tips pengasuhan anak versinya.

Selain itu, kamu bisa belajar dari ibumu dan ibu calon suami. Momen ini bisa kamu jadikan cara untuk lebih dekat dengan calon mertua. Jangan biarkan rasa takutmu mengalahkan semuanya, semangat belajar menjadi istri, ibu, menantu, dan ipar. Kamu pasti bisa menjadi wanita terbaik bagi mereka!

4. Bahagiakan diri dengan melakukan liburan sendiri

wm_article_img
Foto ilustrasi: Pexels.com/ Te lensFix

Sebelum nantinya kamu dan suami akan sering pergi bersama-sama, kamu harus menikmati waktu-waktu terakhirmu dengan dirimu sendiri. Lakukan 'me time' dengan berlibur sendirian, nikmati bagaimana keindahan ketika kamu belum menjadi istri orang.

Kebanyakan wanita akan sulit memikirkan dirinya sendiri ketika sudah menikah. Belum lagi wanita karir yang akan mempertahankan pekerjaannya setelah menikah. Mencari waktu untuk memikirkan diri sendiri akan jauh lebih sulit.

Maka dari itu, sebelum resmi dipersunting calon suamimu, kamu bisa melakukan perjalanan ke kota impian atau melakukan banyak kegiatan yang sangat ingin kamu coba sendirian. Bersenang-senanglah dengan diri sendiri terlebih dahulu sebelum resmi menjadi seorang istri.

5. Menyusun pernikahan impian

wm_article_img
Fotografi: Maximus Pictures

Persiapan sebelum menikah terakhir khusus untuk wanita adalah menyusun bagaimana konsep pernikahan impian dan menyelaraskan dengan tampilannya sebagai 'ratu' di pesta itu. Tentu, langkah kelima ini bisa dilakukan setelah empat langkah sebelumnya sudah mantap.

Adapun persiapan yang satu ini harus mencakup semua elemen-elemen penting didalamnya seperti, baju pengantin, make up, maupun berbagai aksesoris yang akan dikenakan di hari nan spesial itu. Semua komponen yang terkait dengan tampilan calon pengantin wanita tersebut jangan sampai terlupakan.

Perlu diingat juga, ketika menyusun konsep pernikahan, kamu harus mengajak pasangan untuk ikut serta dan meminta pendapatnya agar kalian bisa sama-sama mewujudkan bagaimana konsep pernikahan yang akan dikenang selamanya. Agar memudahkanmu dan pasangan, berbagai inspirasi menarik terkait persiapan pernikahan dapat dikunjungi di kanal WeddingMarket!

Setelah kelima langkah, khususnya persiapan fisik dan mental kamu sudah sangat matang, artinya kamu siap berjalan menuju ke kehidupan barumu yang akan menjadi petualangan panjang. Lakukan persiapan sebelum menikah dengan sebaik mungkin, agar momen pernikahanmu menjadi bagian terindah di dalam hidup. Semoga berhasil, dears!

Sedang mencari vendor pernikahan?,
Kunjungi WeddingMarket Fair 2024 dan
temukan ratusan vendor pernikahan terbaik

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...