Pilih Kategori Artikel

7 Inspirasi Penggunaan Veil Pengantin dari Pernikahan Artis Muslimah, Mana Favoritmu?
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Menjadi momen yang sangat berkesan karena hanya terjadi sekali dalam seumur hidup, setiap pengantin baik wanita maupun pria pasti menginginkan tampilan yang terbaik di hari pernikahannya. Banyak faktor yang membuat pernikahan berjalan dengan lancar dan menjadi kebahagiaan tersendiri bagi kedua pengantin. Misalnya seperti dekorasi yang apik, makanan yang enak, souvenir yang indah, musik pengiring yang mencairkan suasana, hingga gaun yang cantik dan menawan, yang membuat setiap tamu memuji penampilan sang ratu dan raja sehari.

Bila pengantin pria hanya mengenakan setelan jas, pada pengantin perempuan, khususnya yang berhijab, ada banyak sekali ornamen pendukung yang membuat penampilannya tampak lebih menawan. Tak hanya makeup-nya yang mungkin sangat flawless, terlihat effortless, namun terlihat “manglingi”, tapi juga gaun pengantin dan segala aksesoris yang dikenakannya bisa membuat pengantin wanita lebih percaya diri karena tampilannya jadi terlihat sangat cantik. 

Salah satu aksesoris tambahan yang bisa dikenakan saat hari pernikahan adalah veil pengantin. Meskipun kamu mengenakan hijab, aksesoris ini tetap bisa digunakan kok, dan malah akan membuat kamu terlihat lebih glamour. Untuk menambah inspirasi kamu, tengok beberapa tampilan para artis berhijab yang mengenakan veil di hari pernikahannya berikut deh!

Tentang Veil dan Sejarahnya

wm_article_img
Gaun pengantin: Hian Tjen

Aksesoris veil untuk pengantin wanita bukanlah hal yang baru, melainkan telah menjadi sebuah aksesoris yang tak terpisahkan dari perayaan pernikahan, yang berfungsi untuk meningkatkan estetika dan keindahan pengantin wanita. Awalnya, veil digunakan sebagai sarana untuk menutupi wajah pengantin, dengan tujuan melindungi mereka dari ancaman roh jahat, serta untuk menjaga ketenangan dan kelancaran selama upacara pernikahan berlangsung.

Makanya, di awal penggunaannya pada masa kerajaan Romawi, penutup kepala pengantin perempuan ini sengaja dibuat berwarna merah terang, bukan putih bersih seperti sekarang. Namun, seiring berjalannya waktu, peran veil dalam pernikahan telah berubah secara signifikan. Kini, veil telah bertransformasi menjadi elemen dekoratif yang tak terpisahkan dalam dunia pernikahan, yang tidak hanya menambahkan kecantikan pada penampilan pengantin, tetapi juga mengungkapkan pesona dan gaya pribadi mereka. 

Sebagai sebuah simbol romantisme dan kemewahan, veil pengantin memberikan sentuhan yang elegan dan berkelas pada keseluruhan tampilan pengantin. Sekaligus, menjadi bukti perubahan budaya dan tradisi dalam perayaan pernikahan yang berlangsung selama berabad-abad.

Bahan dan Ukuran Veil

wm_article_img
Fotografi: Hijaz Pictura

Sekilas terlihat, veil memiliki ukuran dan bahan yang sama antara satu dan yang lainnya. Namun ternyata, hiasan baju pengantin wanita ini punya banyak ukuran yang berbeda dan pilihan bahan yang berbeda pula, loh

Ada veil yang berukuran sangat pendek dengan panjang hanya belasan sentimeter dan disematkan di sanggul belakang rambut. Bahkan, ada pula yang panjangnya hingga belasan meter dengan model menjuntai di lantai. 

Beberapa veil dengan ukuran yang berbeda-beda tersebut di antaranya adalah blusher veil  yang menutupi seluruh wajah dari atas kepala hingga bahu, shoulder-length veil yang panjangnya hanya mencapai bahu, elbow-length veil yang panjangnya mencapai siku, dan ada juga fingertip-length veil yang panjangnya mencapai ujung jari tangan.

wm_article_img
Gaun pernikahan Cut Meyriska: by Ayu Dyah Andari

Untuk ukuran yang lebih panjang, ada waltz-length veil yang mencapai antara lutut dan pergelangan kaki. Dan ketiga veil berikut adalah veil yang ukurannya super besar dan panjang, yakni chapel-length veil dengan panjang hingga 2,4 meter, cathedral-length veil dengan panjang 3 meter bahkan lebih, dan yang paling panjang adalah royal-length veil yang panjangnya mencapai 4,5 meter dari kepala. Wah, kira-kira beratnya berapa ya?

Untuk jenis atau bahan veil-nya sendiri, biasanya yang menjadi pilihan favorit para pengantin wanita adalah tulle, satin,organza, chiffon, lace dan dupioni. Tidak hanya polos, tapi ada beberapa vendor baju pengantin yang menambahkan ornamen-ornamen kecil untuk memperindah tampilan veil, seperti renda, payet manik-manik, bordir tangan, pita, bunga, hiasan bulu, hiasan kain, permata dan juga bros. 

Untuk pemilihan veil ini sendiri, kamu bisa menyesuaikannya dengan gaun pengantin, dan preferensi pribadi kamu sendiri, supaya nanti kamu lebih percaya diri saat mengenakannya. Butuh inspirasi tampilan veil dengan menggunakan hijab? Intip gaya para artis berikut yang menikah dengan menggunakan veil dan juga hijabnya!

  1. Anisa Rahma

wm_article_img
Fotografi: Hijaz Pictura

Mantap berhijab setelah keluar dari girl group Cherrybelle, Anisa Rahma konsisten menggunakan hijab dan berbagi tentang pengalamannya dalam perjalanan hijrahnya di tahun 2016. Di tahun 2018, Anisa diperistri oleh Anandito Dwi, di mana sebelumnya keduanya dipertemukan dalam proses ta’aruf.

wm_article_img
Fotografi: Hijaz Pictura

Di hari akad nikahnya, Anisa dan Anandito kompak mengenakan busana pengantin serba putih. Keduanya menggunakan pakaian khas pengantin Muslim, dimana Anisa menggunakan gaun panjang putih, lengkap dengan kerudung panjang yang menjulur panjang. 

Tampilan Anisa tampak elegan dengan tambahan headpiece di dahinya, dan juga veil panjang yang menjuntai hingga kaki, namun tak terlalu panjang hingga terjatuh ke lantai. Veil berbahan tile tersebut tampak indah dengan tambahan manik-manik di pinggir veil yang mengelilingi wajah, dan hiasan kain di ujung veil yang menjuntai ke bawah.

wm_article_img
Fotografi: Hijaz Pictura

Pernikahan Impian, tajuk dari pernikahan Anisa dan Anandito digelar di hari yang sama dengan akad nikah, yakni pada tanggal 16 September 2018. Di acara resepsinya, Anisa mengenakan gaun berwarna merah muda karya Laksmi Muslimah, lengkap dengan headpiece berupa mahkota dan juga tak ketinggalan, fingertip-length veil berwarna senada dengan payet di pinggir veil yang menambah cantik tampilannya.

  1. Ria Ricis

wm_article_img
Fotografi: Clinovic Photography

Berbeda dengan Anisa Rahma yang konsisten menggunakan veil di acara akad nikah dan resepsinya, Ria Ricis justru menggunakan aksesoris kepala ini hanya di acara resepsinya saja. Dengan dua warna baju yang berbeda, content creator sekaligus Youtuber ini tampil mempesona bak putri kerajaan dengan ball gown berwarna ivory dan baby blue karya desainer Lisa Ju

Adik dari ustadzah Oki Setiana Dewi ini menggunakan dua ukuran veil yang berbeda dalam dua balutan gaun yang mewah, dimana veil yang digunakan pada gaun berwarna baby blue merupakan veil berukuran elbow-length veil, sementara veil yang digunakan pada gaun berwarna ivory ukurannya jauh lebih panjang, yakni chapel-length veil yang panjangnya hingga menjuntai ke lantai.

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Kedua veil ini memiliki desain yang sama, dimana veil untuk gaun berwarna ivory dan baby blue mendapat tambahan ornamen berupa payet batuan yang nampak kemilau jika dipandang dari kejauhan. Namun untuk veil berwarna ivory ditambahkan dengan aksesoris tiara di atas kepala Ria Ricis, yang menambah kesan anggun dan glamour.

Kedua veil tersebut dibiarkan menjuntai dan jatuh mengenai gaun Ria Ricis yang begitu indah. Ia pun tampak sangat senang dan percaya diri dengan riasannya. Terpancar dari fotonya ya!

  1. Vebby Palwinta

wm_article_img
Foto via instagram/Vebby Palwinta

Mantan kekasih dari Rizky Febian ini memutuskan untuk melepas masa lajangnya dengan seorang pengusaha bernama Razi Bawazier, pria keturunan Arab yang dikenalnya melalui proses ta’aruf. Setelah memutuskan untuk berhijab di tahun 2018, ia pun terus mengenakan hijabnya hingga kini, dengan model hijab panjang yang menjulur menutupi dada. 

Model hijab ini pula yang ia kenakan di hari bahagianya, pada bulan April 2020. Karena saat itu sedang pandemi dan terjadi pembatasan kegiatan dimana-mana, akhirnya Vebby dan sang suami memutuskan untuk menikah di KUA saja, dan menunda pelaksanaan resepsi pernikahan. 

wm_article_img
Gaun pengantin: via Rasya Shakira

Karena prosesi pernikahan dilakukan dengan sangat sederhana dan hanya mengundang keluarga terdekat saja, kesakralan dan keintiman dari acara akad nikah ini terasa begitu kental. Vebby sendiri mengenakan gaun panjang berwarna putih karya desainer Renzi Lazuardi, dengan detail lengan balon dan payet-payet di seluruh permukaan gaun tersebut. 

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Untuk hijabnya, artis jebolan ajang pencarian bakat menyanyi ini menggunakan kain berwarna senada, lengkap dengan hiasan berupa mahkota dan juga veil sepanjang mata kaki. Meski tampak sederhana, namun kecantikan Vebby begitu terpancar, dan terlihat sangat cocok bersanding dengan suaminya yang saat itu mengenakan baju khas Timur Tengah. Ternyata veil bisa juga dipadukan dengan adat apapun ya. Bisa jadi inspirasi buat kamu yang berhijab syar’i nih!

  1. Citra Kirana

wm_article_img
Fotografi: Imagenic

Berselang seminggu dari prosesi akad nikah, pasangan artis Citra Kirana dan Rezky Aditya melangsungkan resepsi pernikahan mereka pada tanggal 1 Desember 2019. Jika pada saat akad nikah keduanya kompak mengenakan pakaian adat Sunda, maka di resepsi pernikahan yang pertama keduanya pun kembali mengenakan baju adat khas Jawa Barat, namun berwarna krem, senada dengan dekorasi di pesta pernikahan mereka. 

Yang berbeda dari dua tampilan busana adat Sunda tadi adalah, adanya penambahan veil, tepatnya waltz-length veil dengan aksen brokat yang menjuntai hingga ke mata kaki untuk busana akad nikah. Aksesoris siger dan juga bunga melati menambah apik tampilan Citra pada saat itu. Wah, ternyata baju tradisional juga bisa dipadukan dengan veil, ya!

wm_article_img
Gaun pengantin: Ancha Wedding

Tidak hanya pada saat akad nikah, di resepsi keduanya pun Citra kembali menggunakan veil berbahan tulle putih yang merupakan chapel-length veil dimana panjangnya lebih dari dua meter dari bagian kepala. Tanpa menggunakan tambahan aksesoris mahkota, veil ini tampak begitu indah dengan tambahan aksen brokat motif bunga di sepanjang bagian kepala, dan bertabur payet juga manik-manik yang tersebar di seluruh permukaannya. 

Tampilan veil yang elegan berpadu indah dengan ball gown berwarna senada. Kebayang bagaimana beratnya veil dan gaunnya ini? Tapi tentu sepadan dengan look Citra Kirana yang begitu memesona!

  1. Sivia Azizah

wm_article_img
Fotografi: Terralogical

Mendobrak kebiasaan dan juga hal-hal yang biasa terjadi dalam pernikahan di Indonesia, Sivia Azizah ramai dibicarakan di media sosial karena konsep pernikahannya yang terbilang sangat unik dan lain daripada yang lain. Bukan berpatokan pada adat atau tema-tema rustic yang kekinian, penyanyi yang satu ini justru membuat trennya sendiri dengan membuat konsep dekorasi pernikahan yang sesuai dengan kepribadiannya, yakni bold, eclectic, aesthetic and elegant. 

Meskipun tak lepas dari pakaian adat khas Minangkabau yang bernuansa silver dan putih gading. Namun, tampilan Sivia di hari pernikahannya saat itu benar-benar mencuri perhatian para tamu undangan, karena begitu cantik dengan baju adat yang sederhana, dan mix and match turban dengan suntiang khas Minang.

wm_article_img
Gaun pengantin: via Sanggar Minang Djusmasri

Tak hanya tampil ekstra untuk akad nikahnya, mantan personil girl grup Blink ini juga tampil memukau untuk acara resepsinya. Meskipun hanya mengenakan gaun satin putih dengan potongan lurus yang nampak elegan. Namun Sivia tau bagaimana cara untuk menjadi lebih maksimal, yakni menambahkan veil pada turbannya. 

wm_article_img
Fotografi: Terralogical

Bukan sembarangan veil, karena aksesoris yang merupakan chapel-length veil ini ditambahkan aksen tulisan “always and forevermore” pada bagian bawah tulenya. Tak hanya polos, kain panjang yang ia kenakan menutupi kepalanya ini juga bertaburan payet di bagian kepala, dan juga dikelilingi gantungan payet-payet hingga ke bagian siku. 

Wah, unik banget ya! Kalau kamu sendiri, kira-kira bisa tidak menggunakan pakaian yang sesuai kepribadian kamu kayak Sivia gini?

  1. Dian Pelangi

wm_article_img
Fotografi: The Uppermost

Desainer asal Palembang ini melangsungkan pernikahannya yang kedua pada bulan November 2019 lalu dengan seorang pengusaha bernama Sandy Nasution. Untuk akad nikahnya, Dian membuat sendiri gaun pernikahannya yang berwarna broken white itu, dengan aksen bordir berwarna keemasan, dan dilengkapi dengan detail jubah di bagian belakang gaunnya yang menjuntai hingga menyapu lantai. 

wm_article_img
Fotografi: The Uppermost

Jubah ini begitu mencuri perhatian, karena saat ia menuruni tangga, Dian tampak seperti putri kerajaan yang siap menerima pinangan seorang pangeran. Untuk tambahan aksesoris, dia melengkapi bagian depan gaunnya dengan kalung payet yang bertingkat dari bagian leher di bawah hijabnya, hingga ke bagian perut. 

wm_article_img
Foto via instagram/dininurdianimua

Setiap detailnya benar-benar ia perhatikan dengan baik, dan tidak heran kalau tampilannya di hari pernikahan kala itu benar-benar membuat setiap mata tertuju pada Dian. She looks so stunning!

Mengenakan hijab warna senada dengan tampilan yang clean, Ibu anak satu ini menambahkan aksesoris veil sebagai pelengkap penampilannya. Namun veil yang ia kenakan tampak berbeda dari beberapa model veil yang dikenakan beberapa artis di atas, karena Dian mengenakan blusher veil yang menutupi bagian wajahnya, dan menjuntai hingga ke bagian bawah bahunya. 

wm_article_img
Foto via instagram/dianpelangi

Veil yang terbuat dari bahan tulle tersebut ditambahkan payet di bagian pinggir bawahnya, sehingga pada saat veil tersebut dibuka dan disematkan di atas kepala, payet-payet tersebut tepat berada di atas kepala Dian, dan menghilangkan kesan minimalis pada tampilan di kepalanya. 

Wah, benar-benar sangat diperhatikan ya setiap detailnya! Buat kamu yang mau menggunakan veil menutupi wajah, kamu bisa contek tampilannya Dian Pelangi ini ya!

  1. Gita Savitri

wm_article_img
Fotografi: Ink Photos

Memutuskan untuk menikah dengan pacarnya yang merupakan teman lamanya, Paul Partohap, Gita Savitri atau lebih dikenal dengan nama Gitasav melangsungkan akad dan resepsi pernikahan keduanya di tanah kelahirannya, Palembang pada bulan November 2018. Pada saat akad nikah, Gita dan Paul kompak mengenakan baju adat Palembang bernuansa kuning keemasan lengkap dengan mahkotanya. 

Di hari yang sama, Gita melangsungkan resepsi bernuansa garden party dengan tema rustic yang pada saat itu sedang sangat ngetren. Di pesta yang digelar pada malam hari ini, gitasav tampil begitu elegan dengan gaun pengantin berpotongan a-line, dengan tambahan detail payet-payet di seluruh permukaan gaunnya.

wm_article_img
Wedding Organizer: via Makna Wedding

Untuk menambahkan detail agar tak terlihat terlalu minimalis, gita mengenakan kerudung segi empat berbahan satin, dan juga veil berukuran fingertip-length veil dengan aksen bordir besar pada seluruh pinggiran veilnya. Yang uniknya, veil ini Gita kenakan pada saat ia memasuki area resepsi pernikahan, bersama dengan suaminya, yang pada saat itu disambut oleh gemerlap kembang api yang dibawa oleh para tamu undangan. 

Namun beberapa saat kemudian, ia melepas veil tersebut, dan menyisakan ia dengan gaun dan hijab putihnya yang tampak begitu elegan, kontras dengan gelapnya malam kala itu. Ternyata, memang konsep veilnya bisa lepas pasang ya, bisa kamu jadikan referensi jika nanti kamu merasa ribet dengan veil yang kamu gunakan. Selamat mencoba!

Mengenakan veil atau tidak pada dasarnya tergantung pada preferensi masing-masing mempelai wanita. Kamu juga bisa mempertimbangkan hal ini dengan melihat kembali tema pernikahan kamu, baju yang dikenakan, dan juga venue yang digunakan. 

Apalagi, aksesoris kepala yang satu ini memang bisa menambah indah penampilanmu, khususnya di hari paling bahagia kamu. Dari tujuh tampilan artis di atas yang mengenakan veil dengan berbagai ukuran dan motifnya, tampilan mana yang paling kamu suka dan akan kamu tiru?

Nah, selain inspirasi dari tampila para publik figur di atas, kamu juga bisa menemukan aneka busana pengantin beserta aksesorisnya di pameran WeddingMarket Fair yang akan diselenggarakan pada tanggal 4-5 November 2023 di The Grand Krakatau Ballroom, Green Terrace.

Gak cuma busana pengantin, berbagai kebutuhan untuk pernikahanmu juga tersedia di sana. Nikmati berbagai penawaran spesial, bonus langsung, potongan harga, dan kesempatan memenangkan hadiah utama senilai ratusan juta rupiah! Jangan lewatkan kesempatan ini, segera dapatkan tiketnya di sini!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...