Pilih Kategori Artikel

11 Rekomendasi Cincin Pernikahan dengan Berbagai Bentuk Unik yang Lagi Ngetren!
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Cincin pernikahan menjadi sebuah lambang ikatan bagi dua hati yang telah menjadi satu dalam janji suci. Bentuknya yang tidak berujung juga memberikan arti bahwa kehidupan pernikahan ini diharapkan akan berlaku selamanya. 

Penggunaan cincin ini ternyata sudah dimulai sejak 5000 tahun lalu di Mesir. Dilansir dari beberapa sumber, sejak 5.000 tahun lalu rakyat Mesir Kuno telah mengenakan cincin rumbai yang dibuat dari rerumputan. Oleh sebab itu, cincin ini jadi tidak awet dan harus sering diperbarui. Meskipun begitu, orang-orang sudah mengerti konsep dari cincin yang penuh makna ini.

Setelah itu, pada zaman Yunani, cincin dikembangkan dengan bahan yang lebih awet mulai dari kulit hingga tulang belulang. Baru setelah masa Romawi, cincin mulai dibuat dari logam sehingga lebih tahan lama. 

Semakin ke sini, pilihan logamnya pun semakin beragam, bahkan bisa disesuaikan dengan budget dan preferensi masing-masing. Beberapa toko perhiasan juga menyediakan jasa untuk para pengantin melakukan kustomisasi sehingga cincin benar-benar sesuai dengan kepribadian pemakainya.

Begitu banyaknya pilihan mungkin justru membuatmu bingung. Namun, beberapa inspirasi model cincin kawin unik ini bisa kamu gunakan sebagai referensi, lo. Simak, yuk, seperti apa saja!

1. Cincin berbentuk ranting pohon

wm_article_img
Foto: Rock.ologist

Cincin yang satu ini terlihat unik karena bentuknya yang seperti ranting yang dibuat melingkar. Cincin buatan tangan ini dibuat dengan warna emas yang menawan. Di bagian tengahnya adalah berlian berwarna biru yang cantik. 

Untuk menyesuaikan, cincin yang dikenakan oleh pihak laki-laki bisa dipilih yang lebih tebal, sementara pengantin perempuan bisa mengenakan yang berukuran lebih kecil.  Cincin ini akan cocok jika pernikahanmu digelar dengan tema pernikahan rustic yang sarat akan elemen kayu.

2. Cincin yin dan yang

wm_article_img
Foto: Rock.ologist

Konsep yin dan yang berasal dari Tionghoa tentang kepercayaan bahwa segala hal di muka bumi ini memiliki dua unsur yang berlawanan, tapi justru saling menyempurnakan dan membuat hidup ini menjadi seimbang. Hal ini meliputi energi maskulin dan feminin, terang dan gelap, hingga sesuatu yang baik dan buruk.

Cincin yang satu ini terinspirasi dari konsep tersebut. Jika disatukan, keduanya akan bertemu di tengah dan membentuk simbol infinity (∞) yang artinya tidak terbatas atau abadi. Hal ini menunjukkan bahwa sepasang kekasih yang menikah memiliki ikatan yang melampaui waktu dan tempat. Bagian tengah yang akan menempel saat cincin disatukan memiliki dua berlian yang memiliki warna berlawanan membuat cincin ini lebih cantik.

3. Cincin pasangan dengan bentuk yang berbeda

wm_article_img
Foto: Rock.ologist

Biasanya, cincin nikah memiliki bentuk yang sama walaupun memiliki ukuran yang berbeda. Namun, cincin ini memiliki bentuk yang cukup berbeda dan hanya warnanya saja yang sama. Cincin untuk pengantin laki-laki memiliki bentuk yang terlihat kokoh dengan ukuran cukup besar yang melambangkan bahwa cincin ini cocok untuk laki-laki yang harus kuat dan tegas walaupun jalan ke depannya akan banyak tantangan.

Sementara itu, cincin yang akan dikenakan pengantin wanita memiliki bentuk berkelok yang tetap simetris dan seimbang menunjukkan bahwa seorang perempuan dalam rumah tangga memiliki pemikiran yang juga seimbang dengan perasaan. Untuk memperindah, cincin ini ditambahkan juga dengan sebuah berlian berwarna biru. Keduanya model cincin nikah unik ini bagai simbol pasangan yang akan saling mendukung satu sama lain. 

4. Cincin simpel yang kokoh 

wm_article_img
Foto: Adelle Jewellery

Cincin yang satu ini dibuat dari bahan platinum yang membuatnya kokoh. Meskipun harga platinum relatif mahal, bahan ini memiliki kelebihan yaitu aman dari panas dan tidak begitu terpengaruh jika terkena gesekan sehingga awet. Namun, bahan ini juga sulit untuk dibentuk sehingga biasanya cincin pun memiliki bentuk yang sederhana.

Meskipun demikian, tidak perlu takut cincin akan terlihat membosankan karena hasilnya bisa elegan seperti pada gambar. Apalagi, warnanya biasanya terlihat sudah cantik dan tidak perlu dilapisi lagi dengan bahan yang lainnya. Bagian tengahnya bisa ditambahkan dengan permata jika ingin membuatnya makin manis.

5. Cincin yang berbentuk tipis

wm_article_img
Foto: V&Co Jewellery

Jika sebelumnya cincin memiliki bentuk tebal dan terlihat kokoh, cincin yang satu ini memiliki bentuk yang lebih tipis. Cincin ini akan cocok untukmu yang ingin mengenakannya dalam aktivitas sehari-hari, tapi tidak terlihat terlalu menyolok sehingga tidak terlalu mencuri perhatian. Cincin ini juga lebih mudah dipadukan dengan outfit yang akan dipakai.

Untuk menambah cantik cincin nikah sederhana ini, hiasan berupa berlian atau bahkan swarovski bisa ditambahkan di bagian tengahnya. Pilih yang berwarna putih jika ingin membuatnya tetap terlihat sederhana.

6.  Cincin batik

wm_article_img
Foto: V&Co Jewellery

Jika kamu tipe orang yang ingin mengenakan sesuatu yang lebih ekstra dan kurang menyukai sesuatu yang minimalis, cincin yang satu ini cocok untukmu. Dengan motif batik di permukaannya, cincin ini akan terlihat manis dan mencuri perhatian saat acara pernikahan digelar dengan konsep tradisional. Cincin ini juga akan cocok jika kamu menyukai sesuatu yang bersifat etnik. Pilihan warna emas dengan lapisan hitam akan membuat cincin ini semakin paripurna.

7. Cincin dengan dua warna

wm_article_img
Foto: V&Co Jewellery

Jika biasanya cincin terdiri dari satu warna utama saja, seperti emas atau silver, cincin yang satu ini memiliki dua warna sekaligus. Bagian berwarna emas seolah memeluk hiasan batu di sepanjang bagian tengahnya yang membuatnya terlihat unik. Ketebalan cincin untuk laki-laki maupun perempuan bisa dibuat sama. Pun, tidak masalah jika ingin menghilangkan bagian batu untuk laki-laki.

8. Cincin berbentuk drapery

wm_article_img
Foto: Adelle Jewellery

Cincin yang satu ini terinspirasi dari gaun yang memiliki aksen drapery sehingga memiliki bentuk yang unik. Drapery sendiri adalah sebuah aksen lipatan atau kerutan yang berpusat pada satu atau dua titik, biasanya diterapkan dalam pakaian.

Selain poin unik tersebut, keunikan yang lain adalah bagian tengah yang dihiasi dengan berlian dengan ukuran lebih besar dari ukuran biasanya. Berlian ini juga disusun secara acak untuk memberikan kesan yang berbeda dari cincin biasanya. Bentuk yang asimetris akan membuat cincin ini sukses mencuri perhatian.

9. Cincin rustic

wm_article_img
Foto: Izza Jewelry

Cincin ini memiliki bentuk yang sederhana, tapi tetap terlihat menarik dengan aksen rustic yang diberikan. Meskipun terlihat polos, sekeliling cincin ini memiliki tekstur yang unik seolah diukir dan terbuat dari bahan kayu. 

Warnanya juga terlihat berbeda dari cincin yang biasanya berwarna emas atau silver. Namun, kamu bisa membuat cincin bentuk ini dari berbagai bahan yang berbeda, lo. Batu putih di bagian tengahnya tampak menyolok dan menjadi pusat perhatian cincin cantik ini.

10. Cincin berbentuk mahkota bunga

wm_article_img
Foto: Izza Jewelry

Cincin ini juga memiliki bentuk khas pernikahan rustic, yaitu mahkota bunga. Cincin mahkota bunga ini adalah yang dikenakan oleh pengantin wanita. Terdapat dedaunan yang menjalar, sementara bunga digantikan dengan batu berwarna biru. Sulurnya yang tipis membuat cincin ini terlihat memiliki ukuran yang pas.

Sementara itu, cincin yang dikenakan pengantin laki-laki memiliki bentuk tebal sehingga terlihat kokoh. Bagian depannya dibuat datar dengan inisial nama dan batu yang juga berwarna biru di pojoknya untuk membuat cincin ini tampak seperti cincin yang berpasangan.

11. Cincin dengan bentuk menyilang

wm_article_img
Foto: Maisya Jewellery

Cincin ini memiliki bentuk menyilang di setiap sisinya. Bentuk ini juga menyiratkan simbol infinity atau keabadian yang diharapkan dalam sebuah pernikahan. Bagian tengah yang kosong diberikan berlian berwarna putih transparan untuk mengisi sehingga cincin terlihat lebih elegan apalagi dengan warna silver pada logamnya.

Kedua cincinnya dibuat dengan model yang sama persis sehingga benar-benar tampak seperti cincin pernikahan sungguhan. Meskipun begitu, batu berlian pada cincin laki-laki juga bisa dihilangkan jika tidak ingin aksen yang satu ini.

Nah, itu dia beberapa bentuk cincin yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat cincin pernikahanmu unik dan terlihat indah. Untuk membuatnya lebih personal, kamu juga bisa meminta vendor perhiasan untuk menambahkan inisial namamu dan pasangan atau tanggal menikah kalian berdua.

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...