Pilih Kategori Artikel

15 Rekomendasi Kue Bolu untuk Hantaran Lamaran, Rasa Manisnya seperti Simbol Cinta Dua Sejoli
Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Salah satu makanan yang tidak pernah absen dibawa saat memberikan hantaran lamaran adalah bolu. Makanan dengan tekstur lembut satu ini menjadi kue favorit bagi banyak orang. 

Kue bolu juga merupakan salah satu makanan yang kerap hadir di acara-acara penting. Tidak hanya hantaran, kue bolu juga hadir di acara pernikahan, khitanan, dan berbagai kegiatan seremonial lainnya. 

Bentuk sederhana dan rasa manisnya tidak pernah gagal membuat siapapun yang menikmati bahagia. Pencinta kue bolu jangan bingung lagi setelah membaca tulisan ini. Karena, WeddingMarket akan memberikan rekomendasi kue bolu untuk hantaran lamaran dengan berbagai macam rasa, mulai dari klasik hingga modern. Dijamin kamu pasti akan suka!

  1. Bolu gulung

wm_article_img
Foto: Lacrou Patisserie

Bolu gulung masih menjadi salah satu makanan manis paling disukai. Kamu bisa dengan mudah menjumpai bolu gulung di berbagai occasion. Bahkan, seringkali bolu gulung disajikan sebagai hidangan menyambut tamu yang datang ke rumah.

Selain mudah dijumpai dan harganya tidak terlalu mahal, tekstur, bentuk, serta ragam rasanya juga memiliki daya tarik yang memikat banyak kalangan. Resep klasik dari lapisan kue yang dibentuk menjadi gulungan ini sangat sulit untuk ditolak.

Walaupun terkesan biasa, bolu gulung masih sangat cocok dibawa sebagai hidangan lamaran. Kamu bisa memilih rasa cokelat, matcha, red velvet, vanilla, blueberry, dan lainnya.

  1. Bolu lapis legit

wm_article_img
Foto: thebakeology.id

Selain bolu gulung, terdapat lapis legit yang terdiri dari banyak lapisan. Namun, karena proses pembuatannya yang memakan waktu lama, bolu lapis legit ini cenderung mahal. Sama seperti sebelumnya, lapis legit juga merupakan kue klasik dengan bentuk sederhana.

Bolu ini hanya terdiri dari lapisan kuning dan cokelat tanpa isian apapun. Karena, di setiap lapisannya, kamu sudah bisa merasakan bagaimana nikmatnya lapis legit istimewa ini. Lapis legit Surabaya merupakan salah satu bolu paling terkenal saat ini.

Kalau kamu ingin nuansa elegan dan mewah, lapis legit bisa membantu melengkapinya. Makanan ini wajib menjadi salah satu kue bolu untuk hantaran lamaran kamu. Jika kamu bosan dengan lapis legit biasa, bisa memilih bolu yang menambahkan buah prunes atau kismis diatasnya. Rasa manis dan asamnya buah kering tersebut akan membawa kamu bernostalgia ke masa-masa kecil dulu.

  1. Bolu cokelat

wm_article_img
Foto: Ann’s Bakehouse & Creamery

Satu lagi bolu klasik yang cocok dibawa saat hantaran. Tidak perlu banyak rasa dan bentuk, cukup dengan olesan selai dan sponge cake cokelat. Rasa manis akan memberikan kebahagiaan bagi siapapun yang menikmatinya.

Lelehan cokelat ganache yang lumer di dalam mulut menambah kenikmatan. Untuk membuat tampilan lebih atraktif dan menarik, kamu bisa meminta tambahan topping meises, cookies, dan lain sebagainya.

  1. Bolu pandan

wm_article_img
Foto: Doyanresep.com

Kalau tadi ada cokelat, sekarang kue pandan dengan bentuk klasik dan sederhana. Bolu pandan hanya memiliki satu rasa dan cukup sering dijumpai di tengah-tengah acara resmi. Aroma khas pandan dan warna hijaunya cukup menggugah selera.

Tekstur sponge cake yang lembut akan lumer ketika dimasukkan ke dalam mulut. Nikmatnya rasa pandan akan memenuhi ruang di dalam mulut. Tekstur dan rasa dari bolu pandan ini membuat siapapun bakalan ketagihan.

Bolu pandan juga bisa diberikan berbagai macam topping kesukaan kamu sebagai penyempurna tampilannya. Tenang saja, apapun toppingnya rasa yang kuat dan aroma khas dari bolu pandan tidak akan bisa disembunyikan.

  1. Marble cake

wm_article_img
Foto: thebakeology.id

Bolu satu ini sama seperti kue pada umumnya. Namun, desain marble dengan kombinasi dua warna yang menjadi keunikannya. Biasanya, warna dari marble cake yang belang-belang merupakan hasil dari campuran vanilla dan cokelat.

Pada dasarnya, marble cake berasal dari resep pound cake yang dituang ke dalam loyang sebelum menambah dan mengaduk layer cokelat di dalamnya untuk menimbulkan motif marmer. 

Marble cake ini sangat mudah ditemukan, loh. Karena, tidak sedikit baker yang menjadikan marble cake sebagai kue bolu andalannya. Cocok sebagai kue bolu untuk hantaran lamaran yang rasanya akan disukai banyak orang.

  1. Bolu kemojo

wm_article_img
Foto: instagram/my.appetite

Sudah pernah dengar kue basah satu ini? Bolu kemojo menjadi salah satu kue hantaran karena bentuknya yang unik. Umumnya bolu kemojo dengan rasa pandan ini berbentuk bunga dan memiliki tekstur yang lebih padat.

Bolu kemojo merupakan kue khas dari Melayu, yang dibuat menggunakan campuran air pantan atau daun suji, tepung, santan, dan telur. Aroma khas dari bolu kemojo yang menggiurkan bisa membuat semua orang ketagihan. 

  1. Bolu lapis modern

wm_article_img
Foto: Resepkekinian.com

Kamu pasti pernah menyantap bolu lapis modern berbentuk kotak dengan berbagai warna, kan? Nah, itulah yang dinamakan bolu lapis modern. 

Proses pembuatannya memerlukan tepung terigu, pengembang kue, gula pasir, dan mentega yang akan membentuk sponge cake bertekstur lembut. Dikatakan modern karena setiap lapisannya menghasilkan warna-warna unik masa kini, salah satunya bolu talas dengan lapisan kuning dan ungu.

Bolu lapis satu ini juga seringkali diberikan topping bermacam-macam rasa. Kamu bisa memberi topping keju, cokelat, parutan kelapa, butter cream, bahkan buah-buahan. Berbagai topping ini akan membuat rasa bolu lapis yang manis menjadi lebih beragam.

  1. Bolu mini

wm_article_img
Foto: Exquise Patisserie

Mau bentuk kue hantaran modern yang lebih unik? Bolu mini ini akan mewujudkan keinginan kamu. Berbeda dengan bolu biasanya, kue satu ini berbentuk bulat dan jauh lebih kecil.

Walaupun bentuknya kecil, jangan sepelekan daya tariknya. Bolu mini bisa dibuat dengan berbagai toping, seperti caramel sauce, butter cream, buah-buahan, crackers, kue kering, cookies, red velvet, dan berbagai rasa kesukaan kamu lainnya.

Karena bentuknya kecil, kamu bisa memilih banyak rasa. Jadi, dalam satu hidangan, ada berbagai macam rasa kue. Bolu mini ini juga sangat sesuai dengan misi kamu yang tidak ingin membuang-buang makanan. Karena, bentuknya sudah sangat pas untuk sekali makan saja. 

  1. Bolu tape

wm_article_img
Foto: Tropicana Slim

Duh, kalau bicara tape jadi mengingatkan kita pada masa masih anak-anak dulu. Sore-sore enaknya memang ngemil tape sambil main sama anak-anak sekitar. Untuk mengingatkan kenangan tersebut, kamu bisa membawa bolu tape untuk hantaran lamaran. Bentuknya memang sederhana, tidak berbeda dari bolu klasik lainnya tetapi rasanya pasti luar biasa.

  1. Bolu klemben

wm_article_img
Foto: cookpad/Susi Agung

Pernah tau kue madeleines dari Paris? Nah, ini dia versi Indonesianya, si bolu klembem. Bentuknya mirip sekali dengan si manis dari Paris tersebut.

Bolu klemben berasal dari Banyuwangi dan bentuknya seperti cangkang kerang tiram. Teksturnya sama seperti kue bolu pada umumnya tetapi bagian luar lebih keras. Rasanya juga tidak macam-macam. 

Saat masuk ke dalam mulut, kamu hanya akan merasakan manisnya gula. Bentuknya yang simple dapat menggambarkan hubungan cinta kamu yang manis dan sederhana.

  1. Kue bhoi

wm_article_img
Foto via TokoWahab

Tekstur dan rasanya sama seperti bolu klemben. Namun, kue bhoi yang berasal dari Aceh ini memiliki berbagai macam bentuk, seperti bunga, ikan, dan lainnya. Kue bhoi ini sering dijumpai di pasar tradisional. Hayo, siapa dulu yang suka minta kue bhoi waktu nemenin mamanya ke pasar?

Sebagai pencinta kue bhoi, harus banget menjadikan makanan satu ini pelengkap hantarannya.

  1. Opera cake

wm_article_img
Foto: Project Vegan Baking

Kue lapis yang berasal dari Prancis ini merupakan salah satu hidangan mewah dengan rasa luar biasa. Cocok buat konsep lamaran glamour kamu. Dinamakan opera cake karena setiap lapisannya seakan menggambarkan megahnya gedung pertunjukan opera.

Lapisannya terdiri dari joconde (bolu almond), krim kopi, dan lelehan cokelat ganache. Dengan tiga bahan utama itu, opera cake selalu menjadi tamu istimewa yang kehadirannya ditunggu-tunggu di setiap acara.

  1. Korean cake

wm_article_img
Foto: instagram/Dhari Tepung

Bolu ini biasa disebut lunch box cake karena bentuknya kecil dan desainnya minimalis. Penggemar kerapian, keunikan, dan kesederhanaan bakalan cocok sama desain-desain Korean cake satu ini.

Jarang-jarang bolu ini dipilih sebagai salah satu hidangan lamaran. Mungkin kamu bisa menjadi salah satunya. Bentuknya yang kecil dan minimalis akan membuat dekorasi hantaran lamaran kamu jadi lebih cantik.

14. Letter cake

wm_article_img
Foto: Sweetgill Dessert

Lebih unik lagi kalau kamu membawa kue bolu hantaran bertema huruf, kamu bisa memuat inisial kamu dan pasangan pada bolu dengan topping kesukaan kamu di atasnya. Letter cake menjadi lebih istimewa karena inisial nama kamu dan pasangan terukir dengan indah bersama topping-topping kesukaan kamu.

  1. Fruit cake

wm_article_img
Foto: Lacrou Patisserie

Sebelumnya terdapat beberapa macam kue yang bisa diberi topping buah sebagai pelengkap. Namun, buah di bolu ini bukan sebagai pelengkap, melainkan bintang utama. Bolu berbentuk sponge cake bulat akan dilapisi cream berwarna putih. 

Kemudian diatasnya akan disusun berbagai jenis buah segar yang dapat kamu nikmati bersama pasangan dan keluarga. Fruit cake mampu menggugah selera dengan warna-warni buah yang segar. Kemudian, ia membuat orang ketagihan lewat rasa asam buah dan manisnya krim.

Tuh, udah ada 15 jenis kue dengan banyak rasa dan bentuk yang bisa kamu pilih untuk dibawa waktu hantaran nanti. Yuk, langsung aja pesan kuenya pada vendor di WeddingMarket store, ya!

Diskon dan Penawaran Eksklusif Menantimu!
Kunjungi WeddingMarket Fair 26-27 Oktober 2024
di Balai Kartini (Exhibition & Covention Center)

Article Terkait

Loading...

Article Terbaru

Loading...

Media Sosial

Temukan inspirasi dan vendor pernikahan terbaik di Sosial Media Kami

Loading...